Senin, 23 Januari 2017

Rujak Jeruk, Simple Tapi Seger

Rujak Jeruk
Rujak Jeruk

Hari minggu kemarin ceritanya saya habis nemenin suami seharian keliling Denpasar, niatnya dia sih mau ngecek harga sepeda bmx dan sepeda gunung. Padahal dulu tiga tahun lalu sewaktu kita masih ngekost dan program car fee day lagi marak-maraknya, kita sudah pernah beli dua sepeda gunung. Dengan penuh semangat dan keyakinan bahwa kita berdua bakal rajin naik sepeda tiap pagi biar sehat, tapi apa daya nggak sampai setahun itu sepeda sudah ngganggur di pojokan dan akhirnya dijual ke salah satu temen hahahaha. Lalu sekarang tiga tahun berlalu, doi mulai tergiur lagi sama sepeda sampe bela-belain ngecekin harga sepeda siang-siang yang panas cetar begini. Perginya naik motor pula, jadi kebayang kan panas dan gerahnya kayak apa, langsung berasa dehidrasi.

Pas lagi keliling itu, kita ngelewatin warung rujak yang dulu jadi langganan, mau mampir karena udah kebayang segernya menikmati rujak kuah pindang siang-siang sembari nyeruput es campur dan plecing kangkung. Eh taunya tempatnya lagi rame banget, antri bahkan sampe nggak ada tempat duduk kosong. Bawaannya bete lah panas-panas harus nunggu antrian sepanjang itu, akhirnya saya rada ngambek dan memutuskan buat pulang saja. 

Jeruk Manis - Jelungkah

Sampai di rumah ternyata bayangan rujak itu masih belum hilang, uh malah makin menjadi-jadi serasa bener-bener pengen makan rujak saat itu juga. Mulai deh ngubek-ngubek seisi dapur berharap ketemu buah yang bisa dijadikan rujak, lalu tiba-tiba keinget kalo beberapa hari lalu habis pulang kampung dan bawa seplastik jeruk manis. Ternyata jeruknya masih utuh dikulkas, jeruk manis ini kalau di Bali sering disebut dengan jelungkah. Kulitnya agak tebal dengan juring-juring yang menyatu sehingga akan susah jika dikupas dengan tangan, jadi harus dikupas pakai pisau dan isinya dipotong-potong. Rasanya cenderung asam bukan manis ya, walaupun namanya jeruk manis tapi rasanya dominan asam makanya jeruk ini sering dipakai sebagai bahan es jeruk dengan cara diambil airnya saja. 

Rujak Jeruk


Balik lagi ke soal rujak, akhirnya saya bikin rujak jeruk, kedengeran aneh ya ? tapi jangan salah rujak ini seger banget apalagi kalau disajikan dingin dengan es batu diatasnya makin mantep buat nyegerin tenggrokan di siang yang terik. Bikinnya juga nggak susah, cuman butuh beberapa bahan bumbu rujak standard seperti gula merah, terasi bakar, garam dan cabe, tinggal diulek dan dicampur dengan potongan jeruk manis yang sudah dikupas. Nah buat yang mau nyoba bikin sendiri, berikut ini saya share resepnya ya. 

Rujak Jeruk



Rujak Jeruk 
Resep Sashy Little Kitchen


Bahan-Bahan:
  • 5 buah jeruk manis, kupas dan potong-potong sesuai selera
  • es batu secukupnya

Bahan Bumbu:
  • 1 sdt garam 
  • 1 sdm gula pasir 
  • 1 sdm gula merah (gula palem)
  • 5 buah cabe (sesuaikan selera, kalo doyan pedes silahkan ditambahin)
  • 1/2 sdt terasi bakar 
Cara membuat : 
  1. Ulek semua bahan bumbu hingga halus lalu campurkan dengan jeruk yang sudah dikupas dan dipotong-potong. Aduk rata kemudian simpan sebentar dalam kulkas. 
  2. Sajikan rujak dingin dengan tambahan es batu diatasnya.
  3. Selamat mencoba




Bagikan

Baca Juga

Rujak Jeruk, Simple Tapi Seger
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih