Minggu, 29 September 2013

Idfb Challenge #12 : Singkong & Yogurt

Cupcake tape with strawberry yogurt frosting
Tantangan idfb kali ini sukses bikin saya ngeblank dan kehabisan ide. Hampir saja saya ngk setoran kali ini gara-gara susahnya nyari ide buat nyatuin singkong dan yogurt, sampe akhirnya bang ilham muncul tiba-tiba di akhir bulan sehingga saya masih sempat untuk setoran di tantangan yang ke-12 ini.

Awalnya saya hanya terpaku pada singkong dalam bentuk mentah, saya ngk pernah berfikir tentang olahan dr singkong yg bs diolah lagi untuk disandingkan dgn yogurt. Makanya hampir sebulan ini ngk satupun ide muncul untuk diekseskusi, sampe ketika saya lihat postingan teman-teman lain yg memakai tape. Barulah saya sadar heheh tape kan dasarnya dr singkong juga jadi bisa diolah dgn lebih mudah untuk menjadi desserts ketimbang singkong mentahan. Muncullah ilham tentang cupcake tape yang lembut dengan topping yogurt yang segar. Kayaknya bakalan enak deh apalagi ditambah potongan keju didalamnya ... langsung penasaran mau kedapur :)

bagian dalam Cupcake tape with strawberry yogurt frosting

Untuk cupcake tapenya saya pakai resep dari cakefever.com karena dulu saya sudah pernah nyoba bikin dan hasilnya cake tape nan lembut, wangi dan gurih pokoknya enak banget. Begitu keluar dari oven wanginya menuhin seluruh ruangan, bau khas tape yang agak keras dengan wangi mentega makin membuat aromanya nikmat. Potongan keju yang dibuat seperti dadu memberi sensasi gurih diantara cake yg lembut dan manis. Untuk frostingnya saya pakai heavenly blush yogurt rasa starwberry yang dicampur dengan whipping cream. Hasilnya frosting lembut nan creamy dengan sensasi asam segar. Begitu di gabungkan dengan cupcake tape rasanya jadi makin komplit, ada manis, gurih dan asem seger yg creamy. Saya jamin makan satu pasti mau nambah lagi. Soalnya kemarin saya sudah buktikan ke dua temen yg main kerumah hehehe. 1 lusin cupcake habis kita nikmati sambil ngobrol ngalor ngidul.

Cupcake tape with strawberry yogurt frosting
Oh ya saya hanya membuat separuh dari resep aslinya karena hanya ada 250 gram tape dikulkas, tapi hasilnya lumayan banyak.  Setengah resep ini menghasilkan sekitar 15 - 17 buah cupcake ukuran standard.

Berikut ini adalah resep dan takaran yang saya pakai, untuk resep aslinya bisa lihat disini :

Cupcake Tape
Resep by Cakefever.com

Bahan-Bahan:
  • 4 telur utuh
  • 1 kuning telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt cake emulsifier
  • 200 gram tape matang haluskan dengan garpu
  • 50 gr terigu segitiga (ayak)
  • 90 gr mentega + margarin cair
  • 6 lembar keju slice potong kotak-kotak kecil ( saya pakai sekitar 100 gram keju cheddar dipotong kotak-kotak kecil)
Cara Membuat :
  1. Kocok telur, gula dan cake emulsifier hingga mengembang dan kental
  2. Masukan tape yang sudah dihaluskan bergantian dengan terigu
  3. Masukan mentega cair, aduk rata. Terakhir masukan potongan keju slice
  4. Tuang kedalam loyang muffin yang sudah dialasi papercup, tuang 3/4 bagian saja.
  5. Panggang dengan suhu 180C hingga matang
Bahan Frosting :
  • 200 gram Whipping cream bubuk
  • 400 ml Heavenly blush yogurt rasa strawberry ( 2 kotak)
Cara Membuat :
  • Kocok whipping cream dengan yogurt hingga mengental 
  • Semprotkan diatas cupcake dengan bentuk sesuai selera.



Baca selengkapnya

Jumat, 27 September 2013

KBB#36-White Wedding Cakes: White KBB 6th Birthday Cake (2007-2013)

KBB#36-White Wedding Cakes: White KBB 6th Birthday Cake (2007-2013)
Akhirnya bisa setoran juga untuk challenge KBB kali ini, sama sekali ngk ada niat SKS atau males bikin tapi kebetulan bulan ini kesibukan saya bertambah karena ada event nikahan salah satu temen baik dan juga pesenan yang mulai lumayan jumlahnya. Syukurnya sabtu ini dikasi libur jadi bisa eksekusi white wedding cake ini. Sebelum lanjut mau mengucapkan "Selamat ulangtahun yang ke-6 bagi KBB, semoga selalu bisa jadi penyemangat belajar kami dengan tantangan-tantangannya yang semakin oke"

Happy 6th Birthday dear KBB
Jujur saja ini pertama kalinya saya pegang yang namanya fondant, sebelumnya belum pernah liat apalagi dekor kue pake fondant sama sekali ngk pernah. Jadi challenge kali ini benar-benar menantang pasalnya bukan cuman harus mendekor mini cake dengan fondant tapi juga harus bikin fondantnya sendiri. Nggak kebayang sama sekali gimana cara buatnya, totally ngeblank hehehhe ... tapi berkat menyimak obrolan di milis akhirnya sedikit-sedikit saya ada bayangan bagaimana mengolah fondantnya. 

Untuk base cakenya memang ngk begitu susah dan ngk pakai mixer, hanya diaduk-aduk saja. Textur cake yang didapat mirip dengan butter cake, agak berat dan beremah alias gampang hancur. Di resep tercantum pemakaian buah apricot kering tapi karena saya ngk nemu yang jual buah jenis itu disini jadi saya ganti dengan manisan mangga yang dipotong kecil-kecil. Rasa cakenya enak hanya saja agak terlalu manis di lidah, harusnya saya kurangi penggunaan gulanya. Tahapan yang agak susah dari cake ini adalah saat trimming atau merapikan cake, karena texturenya yg rapuh jadi cepat sekali hancur saat dipotong sehingga harus hati-hati banget saat trimming supaya kuenya ngk berantakan. 

Bagian dalam cake sblm dihias

Saya bentuk kuenya jadi 3 susun dengan ukuran yang berbeda-beda dari besar ke kecil , bayangannya sih biar kayak wedding cake tingkat heheh tapi ternyata ngk semudah yang saya bayangkan. covering pake fondant ternyata susah apalagi saya sama sekali ngk punya peralatan fondant, saya hanya punya 2 set plugger bunga yang dulu saya beli untuk bikin cookies dan kali ini diberdayakan untuk motong fondant. Finally hasil cakenya biasa saja dan jauh banget dari kata bagus heheh mohon dimaklumi ya karena ini pertama kali saya pegang-pegang fondant yang asing banget bagi saya (ngeles), semoga aja kedepannya saya bisa bikin modeling fondant kayak temen-temen yang lain . 

Step by Step pembuatan Fondant

Berikut ini adalah resep yang saya copy paste dari blog KBB :


White Chocolate dan Apricot Mud Cake

Sumber: AWW Cupcakes, Cheesecakes, Cookies. ACP Books, 2001.



  • 125g mentega, cincang kasar
  • 75g white chocolate, cincang kasar
  • 220g gula caster
  • 125ml susu
  • 105g tepung terigu
  • 75g tepung self-rising
  • 75g manisan apricot kering, cincang kecil-kecil
  • ½ sdt ekstrak vanila
  • 1 btr telur
  • 110g apricot jam, hangatkan, saring
  • 80g icing sugar
  • 900g fondant putih

Modelling fondant

  • 2 sdt gelatin
  • 1 ½ sdM air
  • 2 sdt glucose syrup
  • 240g pure icing sugar (bukan icing sugar mixture)
  • 80g ekstra pure icing sugar

Cara Membuat Modelling fondant:

Tabur gelatin di atas air dalam mangkuk (atau cup); letakkan di atas panci berisi air panas di atas api kecil, aduk-aduk hingga gelatin larut; tambahkan glucose. Letakkan sebagian dari icing sugar yang telah diayak ke dalam mangkuk ukuran sedang, masukkan campuran gelatin. Masukkan sedikit demi sedikit sisa icing sugar. Uleni sampai lembut, di atas meja kerja yang telah ditaburi ekstra icing sugar. Bungkus dengan plastik sampai nanti diperlukan.


Royal icing

  • 240g pure icing sugar
  • 1 putih telur
  • ½ sdt lemon juice

Cara membuat Royal Icing:

Ayak icing sugar dengan ayakan dengan saringan sangat halus. Kocok ringan putih telur dengan mixer, tambahkan icing sugar sedikit demi sedikit (sesendok makan). Ketika icing sudah mencapai pucuk lancip, gunakan sendok kayu untuk mengaduk lemon juice ke dalamnya; tutup rapat dengan plastic wrap.



Cara Membuat White Wedding Cakes

  1. Buatlah Modelling fondant terlebih dahulu (lihat cara membuat modelling fondant di atas). Di meja kerja, taburi icing sugar ekstra, gilaslah fondant dengan ketebalan kira-kira 3mm. Buatlah bunga menggunakan cetakan bunga ukuran 3,5cm dan 1,5cm. Bentuklah bunga dengan ball tool; keringkan di atas serbet dapur yang bersih.
  2. Panaskan oven suhu 170C atau 150C fan-forced. Alasi Texas muffin tins (cetakan cupcake/muffin yang besar ukuran ¾ cup atau 180ml) dengan cupcake cases.
  3. Campur mentega, chocolate, gula dan susu di dalam panci; aduk dengan api kecil hingga lembut. Pindahkan adonan ini ke dalam mangkuk berukuran sedang, biarkan mendingin selama 15 menit.
  4. Masukkan tepung-tepung yang telah diayak, apricot, ekstrak dan telur sambil diaduk rata; bagi rata ke dalam cetakan muffin.
  5. Panggang selama sekitar 45 menit. Angkat cakes dan pindahkan ke atas wire rack supaya dingin.
  6. Sementara itu, buatlah royal icing (lihat cara membuat royal icing di atas). Sendokkan icing ke dalam piping bag dengan spuit polos kecil, tetaplah tutup icing dengan serbet lembab supaya tidak kering.
  7. Keluarkan cake dari kertasnya. Trim pinggiran cakes sehingga bisa membentuk silinder yang rapi ketika ditumpuk. Satukan dua cakes (menjadi tiga silinder) dengan apricot jam; olesi cakes dan sisi-sisinya dengan sisa apricot jam.
  8. Di atas meja kerja yang sudah ditaburi icing sugar, uleni fondant hingga lembut. Bagi tiga bagian yang sama. Gilas setiap bagian dengan ketebalan sekitar 5mm. Tutup ketiga silinder cake dengan masing-masing fondant. Trim alasnya dan haluskan permukaan fondant.
  9. Semprotkan royal icing di belakang masing-masing bunga; tempelkan ke atas cake. Semprotkan bentuk titik di tengah setiap bunga dan di sekeliling base cake (untuk border di cake sebelah bawah).




Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Senin, 23 September 2013

Tiramisu Kukus

Tiramisu kukus
 Beberapa hari yang lalu ada mertua mau nginep di rumah sebelum berangkat ke Jakarta sama suami, jadi saya mulai bingung mau bikin apa ya buat disuguhin ke mertua. Kebetulan saya lagi penasaran sama tiramisu kukus yang lagi ngetrend di milis , akhirnya saya sekalian nyoba bikin tiramisu kukus ini dan lumayan bisa disuguhin sebagai temen ngopi dan ngeteh sambil ngobrol-ngobrol sama mertua.

Tanpa panjang lebar ceritanya, berikut ini saya share resepnya yang saya copy dari file BKR. Resep aslinya adalah karya dari mba Sri Purwanti Dinda Cake. 


Tiramisu kukus

TIRAMISU KUKUS
Resep by
Sri Purwanti Dinda Cake

Bahan:
  • 6 btr kuning telur
  • 2 btr telur utuh
  • 1 sdm cake emulsifier (aku pake SP/Starkies)
  • 1/2 sdt garam halus
  • 200 gr gula pasir halus
  • 225 gr terigu protein sedang (200 Terigu + 25 susu bubuk)
  • 1/4 sdt baking powder
  • 125 ml minyak goreng
  • 125 ml santan kara
  • 25 grm coklat bubuk (ini boleh di skip ya...diganti dengan pasta coklat saja)
  • 2 sdm kopi instan larutkan dg sedikit air jadi pasta (ini juga boleh diganti dengan pasta mocca)2 bks meises @90 gr 50gr keju parut
Cara Membuat:
  1. Panaskan dandang/kukusan biarkan sampai air mendidih dan beruap banyak.
  2. Kocok telur, cake emulsifier, gula n garam sampai putih kental.
  3. Ayak terigu dan baking podwer masukkan ke dalam adonan aduk pelan2 dengan spatula
  4.  Masukkan santan kara, dan minyak goreng. Aduk pelan2 sampai tercampur rata.  
  5. Bagi adonan menjadi 3 bagian .Satu bagian kasih coklat bubuk aduk rata pelan2 tuang di loyang 20×20cm.Kukus adonan coklat selama 10 menit. Angkat adonan dari kukusan, tabur meises merata.Tuang adonan putih di atas adonan coklat. Kukus lagi selama 10 menit.
  6. Sementara itu siapkan adonan kopi. Tuang ‘pasta kopi ke dalam adonanlalu aduk sampai rata.Kalau si adonan putih sudah 10 menit dikukus, angkat dari kukusan, taburi keju parut.Tuangkan sisa adonan kopi.. Kukus lagi sampai keseluruhannya matang, kira20 menit. Dinginkan. Hias sesuka hatiiii….
  7.  
     
Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Minggu, 08 September 2013

Lapis Legit Keju




Lapis legit keju
Berkat kebaikan hatinya mba Widya yang mau berbagi resep lapis legit karya bunda Mache akhirnya kemarin saya bikin lapis legit dirumah. Rasa penasaran selama ini terbayar sudah, akhirnya saya tau bagaimana rasanya nungguin tiap layer demi layer  lapis legit matang, buka tutup oven setiap 3 menit berulang kali dan menekan-nekan adonan yang sudah dipanggang agar padat dan rata. Rasanya sesuatu banget hahhaha, beruntungnya percobaan pertama saya berhasil walaupun ngk serapi yang dijual di toko-toko , paling ngk masih berwujud lapis legit dan bener-bener enak dimakan. 



Rasanya memang beda dengan lapis legit yang dijual kemasan, buatan rumah jauh lebih legit dan basah pokoknya nikmat. Setelah bikin sekali saya jadi paham kenapa harga lapis legit soloyang bisa beratus-ratus ribu, karena memang sesuai dengan waktu, tenaga dan bahan yang dibutuhkan. Kemarin saya hanya bikin setengah resep karena takut gagal, sesuai dengan info dari Mba Widya saya pakai loyang brownies dan memang takarannya pas untuk setengah resep. 



Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah resep lapis legitnya  :

LAPIS LEGIT 
Resep by Bunda Mache 
Via Widya (Vimalakirti Rusdianti )





































Bahan : 
  • 30 kuning telur 
  • 300 gr gula tepung 
  • 600 gr mentega 
  • 100 gr tepung terigu 
  • 4 sendok makan susu kental manis 
  • 2 sendok teh bumbu spekuk 
  • Vanili dan prune/keju secukupnya "optional"


Cara membuat : 
  1. Olesi Loyang dengan mentega, alasi dg baking paper, lalu olesi mentega lagi dan taburi tepung 
  2. Kocok mentega sampai putih dan sisihkan 
  3. Kocok kuning telur dengan gula sampai putih 
  4. Masukkan tepung dikit2 ke telur, aduk rata 
  5. Tambahkan mentega, kocok dikit2 hingga rata 
  6. Terakhir masukkan susu, aduk rata 
  7. Bagi adonan jadi dua, yang satu masukkan bumbu spekoek, satunya lagi biarkan putih. 
  8. Ambil satu sendok sayur adonan putih dan tuang ke Loyang, bakar dengan api atas 3 menit 
  9. Keluarkan, taruh adonan spekoek, bakar lagi 3 menit, ulangi seterusnya sampai adonan habis 
  10. Setelah habis, masukkan ke oven selama 15 menit dg suhu 150'C .


Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya