Minggu, 25 November 2012

Steamed Carrot Brownies - Brownies Kukus Wortel

Kali ini nyobain bikin brownies berbahan tepung beras biasanya brownies selalu pakai tepung terigu. Resepnya hasil nyontek di blognya mba Rina Audie  ( Makasi ya mba udah diijinin nyontek). Selain pakai tepung beras, brownies ini juga memakai wortel parut sebagai bahan utamanya. Karena ini pertama kalinya saya bikin brownies pakai tepung beras jadi rasanya ada seperti textur berpasir didalam browniesnya, mungkin textur dari tepung berasnya yang ngk sehalus tepung terigu. Untuk soal rasa masih tergolong enak, tapi saya sepertinya lebih suka dengan brownies yang berbahan tepung terigu serta DCC rasanya lebih nyoklattt bangettt. Tapi bagi yang mau mencoba brownies yang lebih sehat bisa mencoba yang satu ini.
























Bahan :
  • 50 gr wortel  ( saya pakai 100 gram , heheh terlanjur marutnya kebanyakan)
  • 2 sdm tepung beras
  • 3 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 60 gr tepung beras campur*
  • 40 gr coklat bubuk ( saya pakai 3 sendok makan niatnya biar lebih nyoklat )
  • 50 ml minyak sayur

Cara membuat :
  1. Siapkan loyang ukuran 18x18 cm alasi kertas roti, olesi minyak goreng. Panaskan kukusan dengan api kecil.
  2. Parut wortel dan 2 sdm tepung beras, aduk rata sisihkan.
  3. Kocok telur, gula dan garam menggunakan speed tinggi sampai putih, kental, mengembang dan kaku selama 15 menit.
  4. Masukkan tepung beras campur dan coklat bubuk sambil diayak, dalam 3 tahap, aduk balik menggunakan spatula sampai rata. Masukkan wortel parut, aduk balik sampai rata.
  5. Terakhir masukkan minyak goreng, aduk balik sampai rata.
  6. Tuangkan ke dalam loyang. Kukus di dalam kukusan yang telah beruap banyak selama 30 menit menggunakan api sedang sampai matang. Alasi tutup dandang dengan serbet supaya kue tidak ketetesan uap air.
  7. Setelah matang, balik kue dan lepaskan kertas rotinya. Potong-potong dan sajikan.


* Tepung beras campur dibuat dari 7 bagian tepung beras, 2 bagian tepung kanji/tapioka, 1 bagian tepung maizena. Misalnya akan membuat stok tepung sebanyak 1 kg, membutuhkan 700 gr tepung beras, 200 gr tepung kanji dan 100 gr tepung maizena. Campur sampai rata dan simpan dalam toples rapat.
 
Baca selengkapnya

Selasa, 20 November 2012

Jamie Oliver Crunchy Raw Beetroot Salad with Feta & Pear

Crunchy Raw Beetroot Salad with Feta & Pear

Pertama kali saya kenal beetroot adalah waktu saya bikin red velvet cake, dari milis NCC saya dapat resep untuk menggunakan beetroot sebagai bahan pewarna merah alami jadi ngk masalah mau bikin warna semerah apapun karena bahan pewarnanya alami. 

Setelah itu saya sama sekali ngk pernah memakai buah beetroot lagi karena tidak pernah tau bisa dipakai sebagai apa selain pewarna, sampai suatu ketika saya makan di sebuah restaurant kecil dekat kantor tempat saya bekerja dan salah satu menu andalannya adalah crunchy beetroot salad. Karena penasaran akhirnya saya memesan satu porsi salad ini, sebelum pesanan saya datang saya pikir rasanya pasti langu seperti ubi mentah tapi ternyata begitu saya coba rasanya enak banget. 

Paduan beetroot yang renyah dengan buah peer yang manis dan biji bunga matahari yang gurih ditambah dressing olive oil dan jus lemon plus taburan daun mint dan feta cheese. Lengkap, sehat , renyah dan enak yang akhirnya membuat saya ketagihan. Tapi saya ngk mau beli terus-terusan , pengen nyoba juga bikin sendiri. Pencarianpun dimulai, jurus pertama adalah browsing resep bersama om google dan tanpa disangka resepnya ketemu di sitenya chef favorit saya "Jamie Oliver". Langsung deh ngk sabar pengen nyobain , dan hasilnya benar-benar persis seperti salad yang pernah saya makan sebelumnya. Seneng banget akhirnya bisa bikin sendiri , jadi bisa dibawa buat bekel makan siang ke kantor . Bagi yang mau mencoba berikut ini resepnya :

Bahan :
4 buah beetroot, bersihkan, kupas dan potong bentuk korek api
3 buah pear yang matang, kupas , buang bijinya dan potong bentuk korek api (pear bisa diganti dengan apel bila suka)
1 genggam daun mint segar
1 genggam  biji bunga matahari sangrai
Feta cheese 


Lemon oil dressing:
Siapkan botol bekas selai
Masukkan 6 sendok makan extra virgin olive oil
Tambahkan sedikit garam dan lada hitam
Beri perasan air jeruk lemon
Tutup dan kocok botol selai agar seluruh bahan menyatu.

Cara Menyajikan:

Tata beetroot dan pear diatas piring saji
Siram dengan lemon oil dressing
Taburi daun mint dan biji bunga matahari
Remas feta cheese dan taburkan diatasnya.

Penyajian untuk 4 orang




Baca selengkapnya

Senin, 19 November 2012

Bulung Buni Kuah Pindang

Bulung Buni Kuah Pindang




Bagi yang berasal dari pulau Bali pasti sudah tidak asing dengan makanan khas satu ini. Bulung atau dalam bahasa indonesia disebut dengan rumput laut.  Tanaman laut ini terdiri dari banyak jenis, tersebar hampir diseluruh wilayah di dunia dengan varian yang berbeda-beda.

Beberapa hari yang lalu salah satu teman food blogger memposting resep bulung dengan sebutan latoh. begitu saya liat kok rasanya penampakannya mirip sekali dengan bulung buni. Setelah di cek ternyata memang sama, awalnya saya pikir bulung buni hanya ada di Bali dan ternyata saya salah. Di Bali sendiri bulung buni hanya dihasilkan di daerah pantai serangan sehingga agak sedikit langka dibandingkan bulung jenis lainnya. Textur bulung yang satu ini sangat unik, seperti daun tapi memiliki kantong yang berisi cairan. kalau kita makan rasanya klenyes klenyes bikin ketagihan. Pada umumnya disini bulung buni dijual dengan bumbu rujak dengan pelengkap kuah pindang atau dicampur dengan bumbu kacang se.perti gado-gado atau dibali disebut tipat cantok.

Bulung Buni Kuah Pindang


Kali ini saya berjanji pada mba Analisa Ummu Abel kalau saya akan posting latoh versi Bali. Berikut ini saya posting janji saya pada mba Analisa. Semoga bisa menambah wawasan kuliner kita :)

Bahan :
  • 300 gram bulung buni segar
  • 1 sendok sayur kuah pindang
  • Air untuk merebus
  • air es untuk merendam

Bumbu kelapa :
  • 1/4 butir kelapa yang dibakar (parut)
  • 1 cm lengkuas (parut)
  • campur kedua bahan ini, tambahkan kuah pindang. sisihkan

Bumbu Rujak:
  • 2 buah cabe merah ( sesuai tingkat kepedasan yang diinginkan)
  • sedikit terasi bakar
  • garam sesuai selera
  • sedikit gula pasir
  • Ulek seluruh bahan hingga halus.

Cara menyajikan:
  1. Didihkan air, masukkan bulung buni sebentar saja. 
  2. Angkat dan langsung masukkan pada air es. tiriskan 
  3. Tata bulung buni diatas piring.
  4. Campur bumbu kelapa dan bumbu rujak, taruh diatas bulung buni. 
  5. Beri perasan jeruk limau. Siap disajikan 
Note :
Bagi penikmat rasa pedas pasti akan suka dengan hidangan ini, rasa gurih kuah pindang, dengan bumbu rujak yang pedas dan asin klenyes-klenyes bulung buni saya jamin bisa membuat ketagihan.  Di Bali hidangan ini adalah ciri khas dari warung khas buleleng, biasanya dijual bersama dengan aneka rujak buah serta tipat cantok (gado-gado) dan es rumput laut. Jika suatu saat berkunjung ke Bali bisa mencoba hidangan ini atau silahkan mencoba membuatnya sendiri dirumah.


Host :
http://bonitofood.blogspot.com/2011/10/indonesian-food-party-ifp-round-up.html
Baca selengkapnya

Minggu, 18 November 2012

Milky Vanilla Puding and Mango Jelly

Pas libur tanggal merah kemarin, saya dan suami pulang ke rumah mertua dan kembali dengan oleh-oleh mangga harum manis yang banyak banget. Kebetulan disana sedang musim mangga, jadi gampang banget untuk nyari mangga yang masak dipohon dengan harga yang sangat murah. Sebenarnya mangga yang satu ini dimakan biasa saja sudah enak tapi karena terlalu banyak jadi mencoba untuk buat alternative penyajiannya. 

Kebetulan liat puding coconut mangonya jessie-cookingmoments jadi pengen buat juga, tapi kali ini saya ngk pake coconut milk alias santan dan saya ganti bagian bawah pudingnya dengan puding vanilla. Jadilah puding vanila dan mango jelly karena bagian atasnya saya pakai jelly bubuk dicampur buah mangga segar. 
Bahan utama vanilla pudingnya adalah susu evaporasi dan susu cair jadi rasanya milky banget trus saya tambahin vanilla bean jadi wangi vanillanya bener-bener fresh jauh lebih harum daripada vanili bubuk. 
Hasilnya pudding vanillanya benar-benar lembut sampe ngk kerasa tau-tau sudah habis dan ludes dari kulkas. Berikut ini adalah resep dan cara membuatnya:

Bahan Vanilla Puding :
  • 1 kaleng susu evaporasi
  • 700 ml susu cair ( bisa diganti air)
  • 1 batang vanila bean
  • 1/2 cup gula pasir ( bisa ditakar sesuai selera, masukkan gula perlahan-lahan bila sudah cukup manis jangan ditambahkan lagi)
  • 1/2 sdt garam 
  • 1 bungkus agar-agar putih 
Cara Membuat :
  1. Campur susu evaporasi, susu cair dan aga-agar , aduk dan didihkan.
  2. Masukkan vanilli bean yang sudah dibelah dua
  3. Tambahkan garam dan gula pasir sesuai dengan tingkat kemanisan yang diinginkan.
  4. Aduk-aduk terus dan biarkan mendidih selama kuarng lebih 3 - 5 menit 
  5. Saring larutan pudding dan cetak kedalam cetakan agar-agar 
  6. Biarkan agak dingin dan simpan dalam lemari pendingin.
Bahan Mango Jelly:
  1. 1 bungkus jelly bubuk
  2. 1 buah mangga harum manis matang (yang agak besar)
  3. 1/4 cup gula pasir
  4. 500 ml air 
  5. 1 sdm air jeruk lemon

Cara Membuat :
  1. Kupas dan potong-potong mangga kecil memanjang, sisihkan.
  2. Campur air dan jelly bubuk aduk hingga tercampur rata
  3. Tambahkan gula pasir sesuai selera, saya hanya tambahkan 1/4 cup supaya tidak terlalu manis karena mangganya sudah manis sekali
  4. Biarkan mendidih selama 3-5 menit.
  5. Masukkan air jeruk lemon , bisa tidak pakai kalau mangganya sudah asam.
  6. Matikan api dan masukkan mangga 
  7. Tuang kedalam cetakan agar-agar yang sudah berisi vanilla pudding sebelumnya
  8. Atur posisi mangga saat jelly masih panas
  9. Biarkan dingin dan simpang dalam kulkas



Baca selengkapnya

Minggu, 11 November 2012

idfb challenge #7 : Kari Ayam Nanas


Awalnya hampir tidak mau ikut tantangan ini, karena selama ini belum pernah membuat kari sendiri biasanya di buatkan oleh ibu :). Tapi kalo tidak pernah dicoba kapan bisanya , ya kan? akhirnya keliling dunia maya dengan bantuan om google untuk mencari resep yang kiranya pas, nemu beberapa resep kari tapi sepertinya biasa aja seperti kari pada umumnya ngk ada yang unik.

Sempet kepikiran mau bikin kari kepiting tapi males bersihinnya dan takut dicapit juga, akhirnya niatnya dibatalkan. Kepikiran lagi bikin kari ikan tapi suami ngk mau, mau bikin pake daging sapi saya allergi akhirnya ya balik lagi bikinnya pake ayam. Supaya rasanya ngk terlalu santan banget saya tambahin nanas dan wortel dalam karinya jadi ada sensasi rasa asem segernya, selain itu saya juga ngk pake santan saya ganti santannya pake susu evaporasi. Waktu itu lupa dimana saya pernah baca kalo santan bisa diganti susu evaporasi bagi yang ingin mengurangi kadar kolesterolnya. Rasanya hampir ngk ada bedanya sih buat saya, gurihnya masih ada malah tidak terlalu berminyak dan bikin enek seperti santan aslinya.

Karinya agak kering dan tidak begitu berkuah karena diawal saya niatkan untuk disantap dengan roti prata tapi apa daya rotinya jadi lembek dan lengket gara-gara listrik mati dan kulkas ikutan mati. Karena ngk jadi pake roti terpaksa disantap pake nasi saja tapi rasanya sama enaknya kok (pe de). Berikut ini resep dan cara membuatnya : 


Bahan-Bahan:
  • 1/2 kg daging ayam ( saya pakain bagian dada tanpa tulang )
  • 4 butir cengkeh 
  • 3 lembar daun jeruk 
  • 3 batang serai 
  • 1 buah nanas potong dadu 
  • 1 buah wortel potong dadu
  • 1 gelas Susu evaporasi
  • minyak/margarin untuk menumis
  • daun ketumbar / corriander

Haluskan:
  • 100 gr cabai merah
  • 10 bh bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan putih
  • 1 sdt jintan manis
  • ½ bh pala
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1 cm jahe
  • 4 bh kapulaga
  • 2 cm kunyit 
  • 1 sdt merica hitam
Cara Membuat :
  1. Haluskan semua bumbu, sisihkan.
  2. Potong daging ayam bentuk dadu, cuci bersih
  3. Panaskan wajan, beri sedikit minyak atau margarin. Tumis bumbu , tambahkan daun jeruk dan serai. Tumis sampai harum. 
  4. Tambahkan cengkeh dan sedikit air , sekitar setengah gelas biarkan mendidih. Masukkan ayam aduk hingga tercampur rata . biarkan ayam empuk dan matang.
  5. Masukkan susu evaporasi , beserta wortel dan nanas . Masak hingga matang , kuah mengetal sambil terus diaduk. 
  6. Setelah kuahnya bener-benar kental , matikan api beri daun ketumbar cincang. 
  7. Hidangkan dengan roti prata atau nasi  

idfb challenge 7



 



Baca selengkapnya

Kamis, 08 November 2012

Ayam Bakar Sambal Mangga ala Happy Call

Minggu kemarin saya baru beli double pan happy call, jadi semangat empat lima untuk nyobain masak pake pan ini. Pertama saya nyoba bikin martabak manis tapi hasilnya agak mengecewakan karena pori-porinya kurang banyak. Karena takut gagal lagi akhirnya cari-cari resep apa ya yang gampang dan bisa menggunakan si happy call ini. Setelah dipikir-pikir knapa nggak nyoba bakar ayam aja kan lumayan sekalian bisa buat bekel lauk besok pagi , kebetulan juga ada banyak mangga dikulkas yang masih setengah matang alias mengkal , jadilah diputuskan untuk bikin ayam bakar pake sambel mangga . Berikut ini penampakan dan resepnya :



Bahan Ayam Bakar :
  • 1 kilogram ayam ( saya pakai paha atas)

Bumbu Halus :
  • Bawang putih 5 siung 
  • Bawang merah 8 butir
  • Cabe merah 4 buah 
  • Cabai rawit secukupnya 
  • Merica bubuk 1 sdt  
  • Kecap manis 5 sdm 
  • Jahe Parut 
  • Gula merah 1 sdm 
  • Gula pasir secukupnya  
  • Garam secukupnya 

Cara Membuat :
  1. Cuci bersih ayam ,sisihkan
  2. Haluskan semua bumbu kemudian lumuri ayam dengan bumbu halus, sisakan sedikit bumbu untuk olesan saat memanggang. 
  3. Diamkan ayam dengan bumbu sekitar satu jam agar bumbu meresap
  4. Panaskan double pan dengan api kecil 
  5. Tata ayam diatas pan , olesi bagian atasnya dengan sisa bumbu halus tadi 
  6. Masak hingga matang , sekitar 15 sampai 20 menit ( balikkan pan dan cek apakah warna ayam sudah kecoklatan, saat membalik olesi lagi dengan bumbu )

Catatan:
  • Ayam yang dipanggang dengan double pan ini matangnya merata sampai kedalam jadi tidak perlu khawatir ada bagian dalam ayam yang masih mentah.Biasanya saya merebus ayam dulu sebelum dipanggang karena takut ada bagian dalam yang tidak matang saat dipanggang tapi dengan double pan ini saya tidak perlu merebus ayam terlebih dahulu.
  • Waktu yang dibutuhkan untuk memanggang jauh lebih cepat dari pan biasa

Sambal Mangga ( Spicy Manggo Relish )

Bahan : 
  • 8 buah cabai merah 
  • Terasi bakar 
  • Garam 
  • Gula Merah 
  • Mangga mengkal atau mangga muda 

Cara Membuat :
  1. Potong-potong mangga menyerupai korek api atau bisa diparut memanjang 
  2. Haluskan cabai, garam , terasi dan gula merah 
  3. Masukkan mangga dalam sambal yang sudah dihaluskan, aduk rata
  4. Siap disajikan 
Baca selengkapnya

Kamis, 01 November 2012

ChocoNut (Choco Peanut) Truffles


Dulu waktu awal belajar bikin cookies, truffles ini adalah favorit saya. Paduan rasa coklat dan kacangnya enak banget tapi bikinnya agak sedikit ngebosenin alias lama terutama pas bikin buletan-buletannya. Kadang-kadang saking bosennya sampai minta tolong suami buat bantuin biar cepet kelar atau kalau bikinnya lagi sendirian pasti bentuk trufflenya jadi gede-gede hahhahaa biar adonannya cepet habis , tapi ujung-ujungnya karena bentuknya kegedean makannya ngk bisa sekali gigit dan susah dimasukin ke toples.

Kemarin malam tiba-tiba pengen buat truffles lagi kebetulan ada biskuit marie di kulkas. Jadilah malam-malam begadang bulet-buletin truffles. Bagi yang mau buat caranya gampang kok , bahannya juga sedikit ngk susah dicari. 

Bahan-Bahan:
  • 1 Bungkus biskuit marie
  • Susu kental mani ( saya pakai susu coklat )
  • Kacang tanah sangrai (dihancurkan)
  • Dark cooking coklat 
  • Messes 

Cara Membuat :
  1. Hancurkan biskuit marie dan kacang tanah, campur dalam satu wadah .
  2. Tambahkan susu kental manis perlahan-lahan sambil di aduk, jumlah susu yang dituang sampai adonan kalis atau bisa dibulatkan. 
  3. Bulatkan adonan kecil-kecil atau sesuai selera, sisihkan
  4. Cairkan DCC dengan cara di tim tambahkan sedikit mentega bila suka
  5. Celupkan bulatan-bulatan adonan kedalam coklat leleh, angkat dan gulingkan dalam meses
  6. Ulangi sampai seluruh bulatan truffles habis
  7. Simpan dalam kulkas agar coklatnya benar2 menempel dan tidak lengket 
  8. Masukkan dalam toples kering dan siap dinikmati 

Baca selengkapnya