Resep dan Video Mudahnya Membuat Dalgona Coffee yang Kini Viral di Korea

Cara membuat dalgona coffee yang viral di korea
Dalgona Coffee dengan coffee foam yang lembut


Korea memang seperti tak pernah habis dengan trendnya yang selalu berhasil mencuri perhatian. Setelah Inkigayo Sandwich, kini muncul sajian kopi kekinian yang diberi nama “Dalgona Coffee” 


Dalgona sendiri merupakan sebutan untuk permen khas Korea Selatan yang dalam bahasa Koreanya dikenal dengan nama ppopgi. Permen ini terbuat dari campuran gula dan minyak lalu dikeraskan dengan mencampurkan baking soda sehingga terbentuk permen yang ringan berwarna kecoklatan dengan tekstur berlubang-lubang di bagian tengahnya. Lubang-lubang yang menyerupai sarang lebah ini menjadi cikal bakal nama lain permen dalgona yaitu honeycomb toffee.  Permen dalgona pernah sangat hits di Korea Selatan sekitar tahun 1970 sampai tahun 1980an, kemudian perlahan menghilang karena dianggap kurang bersih pada proses pembuatannya. Walaupun demikian saat ini permen dalgona ini masih bisa dijumpai di beberapa tempat di wilayah Korea sebagai jajanan nostalgia.


Nah Dalgona Coffee ini muncul dan viral ketika orang-orang merasakan banyaknya waktu luang saat menjalani social distancing yang belakangan sedang diberlakukan di berbagai belahan dunia dalam rangka mengurangi tingkat penyebaran virus Covid_19 termasuk di wilayah Korea Selatan sendiri.  Dalgona Coffee pada dasarnya merupakan sajian sejenis late dengan campuran kopi yang dikocok hingga membentuk foam kental, takarannya sendiri di dominasi oleh susu yang kemudian diberi topping foam kopi kental di atasnya.



cara mudah membuat dalgona coffe yang viral di korea
Coffee foam lembut berwarna kecoklatan yang mengingatkan akan permen dalgona dengan warna yang serupa



Menghasilkan tampilan akhir yang menarik layaknya sajian cafe bukan berarti dibutuhkan keahlian khusus atau bahan-bahan yang ribet untuk membuat kopi kekinian ini. Kita hanya membutuhkan 3 bahan utama untuk membuat foam kopi serta es dan susu cair sebagai basenya. Yang terpenting adalah pada pemilihan kopi yang digunakan, kalian harus menggunakan kopi bubuk tanpa ampas sehingga bisa menghasilkan foam yang lembut tanpa serat ampas kopi di dalamnya. Salah satu merk kopi bubuk kemasan yang bisa dipakai adalah Nescafe classic. Perbandingan takarannya sendiri adalah 1:1:1 yaitu 1 takaran kopi bubuk, 1 takaran gula pasir dan 1 takaran air hangat, tinggal dikalikan saja sesuai jumlah yang dibutuhkan atau berapa porsi yang akan dibuat.


Untuk resep dalam video yang saya buat ini, saya menggunakan 1/2 cup setiap bahan dan hasilnya lumayan banyak mungkin cukup untuk 6 gelas  dalgona coffee. Nah berikut ini saya tuliskan resep dan cara membuatnya, untuk tutorial lengkapnya silahkan dilihat pada video “Mudahnya cara membuat Dalgona Coffee” yang sudah saya sertakan pada postingan ini.







RESEP DAN CARA MEMBUAT DALGONA COFFEE


Bahan Coffee Foam:

1/2 cup kopi bubuk tanpa ampas
1/2 cup air panas/hangat
1/2 cup gula pasir

Bahan lainnya:

Susu cair
Es batu

Cara Membuat:

-Campur semua bahan foam kopi dalam wadah bersih kemudian kocok dengan menggunakan mixer atau baloon whisk hingga membentuk foam kental. jika menggunakan mixer waktu yang dibutuhkan untuk mengocok hingga kental tak sampai 1 menit.

-Siapkan gelas saji, beri es batu lalu tuang susu cair hingga memenuhi 3/4 bagian gelas.

-Beri kopi foam yang sudah dibuat diatas susu dan es, garnish sesuai selera. Yes Dalgona Coffee sudah siap menemani kamu beraktivitas di rumah. 









My Instagram

Copyright © Bali Food Blogger: Resep dan Review by Sashy Little Kitchen.