Korean Twist Donut (Donut Plintir ala Tous les Jours)

resep dan cara membuat donut plintir ala tous les jours
Korean Twist Donut dengan baluran gula dan cinnamon, manis, wangi dan crunchy di luar tapi tetap empuk di dalam


Masih hasil dari #dirumahaja segala jenis peralatan baking mulai diberdayakan kembali, dari mulai oven, bread maker yang saking lama nggak disentuh sampai lupa cara pakainya dan loyang-loyang kue yang entah sudah berapa lama ditinggalkan. Ya anggap saja situasi sekarang ini adalah jalan lain buat kembali ke hobby yang lebih positif, sekaligus bisa update lagi isi blog ini dengan artikel resep seperti tujuan awal blog ini dibuat. 

Kalau diingat-ingat masih banyak sekali check list resep yang dulu sempat ditandai tapi belum pernah dicoba karena alasan sok sibuk padahal aslinya cuman main kesana kemari nggak jelas judulnya hehehehe (curcol lagi). 

Salah satu yang ada di deretan check list itu adalah Korean Twist Donut aka donut plintir seperti yang dijual salah satu bakery kenamaan asal Korea , TLJ atau Tous les Jours. Karena ini masih awal-awal kembali ke dunia baking jadi maafkan kalau hasilnya rada kurang memuaskan dari segi tampilan ya kalo tekstur donutnya sih udah okeh banget luarnya agak crispy tapi di bagian dalamnya tetap empuk (ngeles padahal sih emang amatiran doang). Awalnya niat mau bikin yang ada isiannya tapi ternyata nggak punya stock bahan isiannya, jadi untuk percobaan pertama kita bikin yang polosan dulu ya dengan taburan gula icing dan bubuk kayu manis. Yang polosan begini aja udah enak banget kok, donutnya empuk disajikan hangat buat nemenin ngeteh atau ngopi udah paling pas deh.









RESEP KOREAN TWIST DONUT 
(aka donut plintir ala tous les jours)


Bahan-Bahan Adonan Donut (dough):
  • 3 cups tepung terigu protein tinggi
  • 3 sdm mentega dicairkan
  • 1 cup susu cair
  • 1 buah telur utuh
  • 6 sdm gula castor
  • 1/2 sdt garam 
  • 1 pack ragi instant

Bahan-Bahan untuk taburan:
  • 1/4 cup icing sugar/gula donut
  • 1 sdm bubuk kayu manis / cinnamon powder
Bahan lainnya:
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat:
  1. Dalam saucepan, hangatkan susu dan mentega cair sampai suam-suam kuku (hangat kuku), jangan terlalu panas nanti raginya mati. Masukkan ragi kemudian diamkan sebentar hingga buih-buih busa muncul sebagai pertanda kalau ragi masih hidup / active. 
  2. Dalam wadah yang lebih besar, masukkan tepung yang sudah diayak, gula castor dan garam, campurkan. 
  3. Tuangkan adonan cair campuran susu, mentega dan ragi secara perlahan sambil diuleni hingga tercampur rata dan agak kalis. Jika adonannya lengket, tambahkan sedikit lagi tepung agar adonan tidak menempel lagi di tangan. Pada proses ini saya menggunakan bread maker untuk mencampur dan menguleni adonan hingga kalis. 
  4. Diamkan adonan untuk berfermentasi dan mengembang dua kali lipat. 
  5. Setelah adonan mengembang kempeskan dan bagi menjadi 16 bagian. 
  6. Siapkan alas untuk membentuk adonan, taburi dengan sedikit tepung agar tidak lengket.
  7. Ambil satu bagian adonan, bentuk memanjang dengan menggunakan telapak tangan sambil di gelindingkan. 
  8. Tekuk adonan yang sudah dibentuk panjang tadi membentuk huruf u, kemudian lakukan gerakan selang seling hingga terbentuk seperti adonan yang diplintir. Satukan bagian ujungnya dengan cara ditekan, lakukan hingga semua adonan habis. 
  9. Letakkan adonan yang sudah dibentuk di atas baking paper, beri jarak karena nanti adonan akan mengembang lagi. diamkan sekitar 15 menit sambil menyiapkan minyak untuk menggoreng.
  10. Setelah minyak cukup panas, dengan api kecil ke sedang goreng donut hingga matang kuning kecoklatan. sementara itu campur gula donut dan bubuk kayu manis. 
  11. Setelah donut matang langsung angkat dan taburi dengan campuran gula dan cinnamon tadi. 
  12. Sajikan donut dalam keadaan hangat, apabila ada sisa simpan dalam freezer dan hangatkan dengan microwave sesaat ketika akan disajikan, Selamat mencoba.

My Instagram

Copyright © Bali Food Blogger: Resep dan Review by Sashy Little Kitchen.