Gochujang (Pasta Cabai ala Korea)

Gochujang (Pasta Cabai ala Korea)
Gochujang (Pasta Cabai ala Korea)


Bagi Foodies yang ngaku doyan serial Drama Korea pastinya sudah tidak asing lagi dengan hidangan Tteokbokki . Biasanya cemilan dengan texture kenyal dan saos merah menggoda ini kerap kali muncul di beberapa adegan drakor populer. Saking seringnya muncul sampai-sampai si cemilan ikutan populer sepopuler drama seriesnya .

Tteokbokki merupakan salah satu jajanan kaki lima atau street food yang populer di Korea, terbuat dari tteokk atau kue beras yang dimasak dalam saos berbahan gochujang. Nah pada postingan hari ini saya akan sharing resep membuat tteokbokki homemade. Namun sebelum membuat tteokbokki saya akan membuat gochujang atau pasta cabai ala Korea terlebih dahulu. 

Sebernarnya pasta cabai ini banyak dijual di supermarket besar, namun sayangnya saya belum pernah menemukan gochujang dijual  di supermarket yg saya kunjungi disini. Sempat juga kepikiran untuk beli secara online, tapi ternyata ongkos kirimnya jauh lebih mahal dari pada harga gochujang-nya sendiri. 

Niat saya untuk membuat tteokbokki pun sempat tertunda beberapa lama karena belum menemukan gochujang. Sampai beberapa hari lalu mba Ayu Momylicious memposting resep gochujang hingga tteokbokki, melihat postingan mba Ayu yang super menggiurkan akhirnya saya nyontek resepnya dan ikutan bikin. Terimakasi  sharing resepnya ya mba :) kiss kiss.

Gochujang pada dasarnya merupakan perpaduan tepung ketan dan bubuk cabai yang dicampur dengan beberapa bahan lain, kemudian difermentasikan untuk memaksimalkan rasanya. Konon semakin lama proses fermentasi, rasa gochujang akan jadi semakin enak. Nah kemarin saya sudah memfermentasikan gochujang yang saya buat selama 4 hari dan hasilnya seperti yang nampak di foto-foto ini. 

Untuk foodies yang  mau nyoba bikin sendiri, berikut ini saya tuliskan kembali resep gochujang yang super simple dan mudah dibuat. 

Gochujang (Pasta Cabai ala Korea)
Gochujang (Pasta Cabai ala Korea)





Gochujang (Pasta Cabai ala Korea)
Resep by Ayu Diah Respatih


Bahan-Bahan:
  • 3 sdm tepung ketan
  • 4 sdm cabai bubuk*
  • 5-6 sdm kecap asin 1,5 sdm gula pasir
  • 2 sdm cuka
  • 4 sdm air matang, atau hingga dicapai kekentalan yang mirip spt gochujang asli. Kira kira aja.
  • 5 siung bawang merah (parut halus)


Cara Membuat:
  1. Campurkan ketan dengan cabai bubuk , aduk rata, tambahkan sisa bahan lain. Aduk terus hingga terbentuk pasta. 
  2. Simpan di wadah kedap udara di suhu ruang untuk difermentasikan. Konon semakin lama semakin enak. 


Note :
*Untuk cabai bubuk bisa menggunakan cabai bubuk korea atau cabai lokal.
Jika menggunakan cabai bubuk korea konon warnanya kaan jauh lebih merah ngejreng, sementara jika menggunakan cabai lokal warnanya tidak secerah cabai korea tapi rasanya lebih mantap. 






Gochujang (Pasta Cabai ala Korea)
Gochujang (Pasta Cabai ala Korea) 


My Instagram

Copyright © Bali Food Blogger: Resep dan Review by Sashy Little Kitchen.