Minggu, 31 Mei 2015

KBB-46: Cheesy Almond Crispy

Cheesy Almond Crispy

Camilan satu ini belakangan sedang ngehits ya dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya.  Kalo dulu ke Surabaya ingetnya bandeng presto dan bolu mandarin sekarang ada varian baru lagi, dikenal dengan sebutan almond crispy. Sejenis cookies yang bentuknya bulat tipis, texturenya mirip lidah kucing  hanya saja di bagian atasnya biasanya di beri topping keju dan almond slice. 

Ini adalah kali pertama saya membuat almond crispy, jika bukan karena tantangan KBB mungkin saya tidak akan pernah membuat sendiri, jujur saja sejak oven yang besar sudah pindah tangan, saya malas sekali kalau harus bikin jenis cookies-cookiesan karena daya tampung oven listrik yang ada sekarang sangat kecil. Untuk membuat almond crispy ini sekali masuk hanya bisa muat 6 buah dan itu harus dipanggang selama kurang lebih 20 sampai 30 menit. Kebayang kan untuk menghabiskan 1 resep adonan ini pasti bakal butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikan sampai semua adonan habis. Kalau soal rasa sih cookies ini memang enak, renyah, gurih dari keju dan ada rasa milky dari penambahan susu bubuk dalam adonannya.

Overall proses pembuatan adonan dan bahannya tidak susah didapat, proses yang agak ribet adalah ketika membentuk almond crispy ini. mau nyetaknya agak susah karena saya tidak punya cetakan khusus, jadi cuman pakai bagian atas papercup untuk cupcake yang saya potong lalu ditaruh diatas loyang. Kemudian baru dituangi 1 sdt adonan dan ditipiskan, diberi taburan keju lalu di panggang kurang lebih 20 menit. Nah bagian yang tricky adalah ketika melepas cookies saat sudah kering, saya sarankan lebih baik pakai silpat atau alas khusus yang anti lengket, karena saya pakai kertas roti ngelepasnya bener-bener susah. Walaupin bisa dilepas tapi butuh waktu lumayan lama karena harus melepasnya pelan-pelan supaya cookiesnya tidak hancur. Oh ya karena saya sedang kehabisan stock slice almond dan kemarin ke toko langganan cuman ada almond bubuk jadi hasilnya Cheesy almond crispy tanpa almond hehehhe.  

Kesan-kesan setelah bikin tantangan kali ini adalah lain kali saya mendingan beli dari pada bikin hihi, ngk kuat nungguin antrian oven yang hanya bisa masuk 6 cookies saja. Tapi bagi yang punya oven besar saya rasa ngk masalah ya tinggal amankan dengan menggunakan alas yang benar-benar anti lengket.

Berikut adalah resep yang di pakai untuk tantangan kali ini.

Cheesy Almond Crispy

Cheesy Almond Crispy

Cheesy Almond Crispy


CHEESY ALMOND CRISPY
by Rachmah Setyawati

Bahan-Bahan:
  • 3 butir kuning telur
  • 2 putih telur
  • 180gr gula pasir
  • 25gr mentega, dilelehkan
  • 20gr susu bubuk
  • 130gr tepung terigu protein sedang/rendah
  • 6gr bubuk perenyah
Topping
  • keju cheddar, parut memanjang tipis (tidak tebal)
  • almond slices, panggang sebentar agak kecoklatan
Cara Membuat :
  1. Kocok telur + gula pasir hingga kental dengan speed sedang
  2. Masukkan mentega leleh, aduk rata
  3. Masukan smua bahan kering (susu bubuk + tepung). aduk rata
  4. Siapkan cetakan, tuang 1 sdt adonan ke dalam setiap lubang dan ratakan, pastikan tipis dan merata
  5. Taburkan keju parut dan almond slice pada permukaannya.
  6. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya pada suhu 125-130 derajat celcius sampai dengan matang kecoklatan (kurang lebih 20menit)
Note:
  • apabila tidak punya cetakan khususnya, bisa dibuat sendiri dari kertas atau plastik mika yang dilubangi sebesar diameter 7cm
  • penggunaan kertas silpat sebagai alas loyang sangat membantu memudahkan pembuatan CAC
Step by step Cheesy Almond Crispy





Horeeee... Lulus, 
Terimakasi Duo Host KBB-46 : Mba Rini dan Mba Mariam





Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

Bagikan

Baca Juga

KBB-46: Cheesy Almond Crispy
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

4 comments

Tulis comments
avatar
1 Juni 2015 06.12

Malam... mb mau tanya bubuk perenyah apa? klo ga ada apa bisa di skip? Trus telurnya itu maksudnya 2 telur utuh+1kuning telur kan ya di mixer jadiin 1 ? makasiii mb...

Reply
avatar
3 Juni 2015 02.40

Hi Mba Dian, kalo ngk salah bubuk perenyah itu emplex ya tapi kemarin saya ngk pakai kok mba, hasilnya sama aja cuman nanti ngk kuat renyah lama kalo ngk pake bubuk perenyah, saya sih kemarin langsung habis jadi ngk tau bisa tahan berapa lama renyahnya tanpa bubuk yg dimaksud. Iya bener mba itu 2 telur utuh plus 1 kuning telur.

Reply
avatar
11 Desember 2015 18.37

Mba beli slipatnya di mn? Sy berminat mba

Reply
avatar
11 Desember 2015 18.42

Hi mba saya sampe hari ini belum punya silpat mba, jadi mohon maaf ngk bs kasi info beli dimana

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih