Kamis, 26 Maret 2015

Martabak Brownies

Martabak brownies
Setelah berkali-kali mencoba bikin martabak manis, berkali-kali gagal dan adonan terbuang percuma, akhirnya beberapa hari lalu saya berhasil bikin martabak manis untuk pertama kalinya. Melihat bagian dalamnya bersarang tapi kulitnya tetep mulus ngk gosong, dan ada pinggiriannya yang seperti pagar itu rasanya seneng banget. Rasanya lega sekali ketika kutukan martabak manis bisa ditaklukkan hihihihihi.

Dan setelah sekali berhasil sekarang saya ketagihan bikin martabak manis, kemarin bikin lagi tapi versi coklatnya inspirasi dari mba Nina ... martabak coklat ini diberi nama martabak brownies.  Kalo mba Nina bikin toppingnya macem-macem sampai ada wafernya yang makin membuat saya mupeng ketika melihat foto-fotonya, kali ini saya hanya beri topping cchocolate spread dan meises arena hanya itu yang tersisa di dapur :). 

Walaupun isiannya simple, tapi texture martabak dan sarangnya itu sudah membuat saya nyengir-nyengir sendiri... masih belum percaya kalau akhirnya bisa bikin martabak manis sendiri dirumah. 
Bikinnya juga hanya dengan wajan teflon kecil, tidak pakai cetakan khusus dengan catatan selama mematangkan adonan menggunakan api kecil dan adonan dimasukkan saat wajan sudah benar-benar panas hingga timbul suara cessssss ketika adonan dituang. 

Resep martabak brownies ini saya pakai resepnya mba Nina (Catatan Nina), makasi sharingnya ya mba ... benar-benar menginspirasi. Berkat mba Nina saya bisa bikin martabak manis sendiri :) 

Lihat deh texturenya :) udah mirip belum sama martabak abang-abang :)
martabak brownies




MARTABAK BROWNIES 
Resep dari Catatan Nina

untuk 2 loyang martabak ukuran 22 cm 


Bahan : 
  • 235 gr tepung terigu protein sedang 
  • 15 gr coklat bubuk 
  • 1 sdt baking powder 
  • 85-90 gr gula pasir 
  • 1/4 sdt garam 
  • 1 kuning telur 
  • 350 ml air 
  • 1/2 sdt pasta coklat (optional) 
gula pasir secukupnya untuk taburan 
butter / margarin secukupnya untuk olesan 

Bahan Tambahan per Loyang : 
  • 1/4 sdt soda kue 
  • 1/4 sdt baking powder 
Isian / Topping : 
  • chocolate spread 
  • keju parut 
  • atau sesuai selera 
Cara Membuat : 
  1. Campur dan ayak tepung terigu, coklat bubuk dan baking powder. Masukkan garam, gula pasir dan kuning telur. Aduk rata. 
  2. Tuang pasta coklat ke dalam air, aduk hingga rata kemudian tuang sedikit demi sedikit ke adonan sambil dimixer hingga halus teksturnya. 
  3. Tutup adonan dengan lap / serbet bersih, diamkan selama kurang lebih 60 menit. 
  4. Panaskan cetakan martabak dengan api kecil hingga benar-benar panas. Bagi 2 adonan, dan sebelum dituang ke cetakan masukkan soda kue serta baking powder. Tuang ke dalam cetakan. 
  5. Biarkan adonan berbuih atau berbusa kecil-kecil, taburi gula pasir dan tutup cetakan. Masak dengan api kecil hingga matang. 
  6. Angkat dari cetakan, oles seluruh permukaan dengan butter / margarin dan beri topping atau isian. 
  7. Potong-potong sesuai selera. Siap dihidangkan.
martabak brownies




Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

Bagikan

Baca Juga

Martabak Brownies
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
Anonim
28 Maret 2015 04.19

Hai, kak, mau tanya kalo buat martabak manis emang harus pake loyang yg tebal ya? Soalnya aku udh coba pake teflon dan hasilnya gagal hehe di balas yah kak

Reply
avatar
30 Maret 2015 00.17

Halo maaf baru bisa jawab, ngk masalah kok pake teflon asal apinya kecil dan rata. Ini saya pakai teflon kok bukan wajan khusus martabak, pakai api yang kecil saja tapi pastikan loyangnya sudah benar-benar rata atau kalau mau repot sedikit bisa pakai 2 lapis loyang. Loyang bawah diisi pasir ratakan, baru diatasnya taruh telfon, jadi panasnya rata.

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih