Vanilla Cupcakes with Blueberry Cream Cheese Frosting

Vanilla Cupcake with Blueberry Cream Cheese Frosting

Ini adalah kali kedua saya bikin cupcake di minggu ini, setelah kemarin nyoba bikin eggless chocolate cupcake maka hari ini saya bikin vanilla cupcake dengan topping bluebbery cream cheese. Sebenernya ada yang lucu dibalik pembuatan cupcake ini, karena ini adalah request dari suami, kenapa saya bilang lucu ? Ceritanya sebelum-sebelumnya suami selalu menolak kalo saya mau bikin atau beli cupcake katanya terlalu manis dan dia ngk mau makan, saya tanya tau dari mana kalo cupcake terlalu manis ? trus dia bilang waktu itu pernah dikasi bossnya dikantor, dan cupcakenya super manis sampe dia ngk mau makan yang namanya cupcake lagi. Saya sempet jelasin kalo ngk semua cupcake kayak gitu, mungkin saja kebetulan yang dibeli bukan cupcake kwalitas bagus, biasanya harga berpengaruh pada rasa. 

Vanilla Cupcake with Blueberry Cream Cheese Frosting

Untuk membuktikan ke dia kalau perkiraannya salah maka kemarin itu saya nyoba bikin cupcake coklat dengan resep dasar eggless chocolate cake, saya kasi topping ganache coklat , begitu cupcakenya jadi langsung saya suruh suami nyobain dan dia bilang "kok beda? yang ini enak kayak es krim" hahaha saya sampe ketawa sendiri denger reaksinya. Setelah cupcakenya dingin, dia ngk berhenti-berhenti bolak balik ke kulkas ambil cupcake lagi, sampe akhirnya habis dalam dua hari. Begitu habis dia malah request lagi tapi rasa yang berbeda, dan jadilah saya bikin cupcake vanilla dengan frozting blueberry cream cheese ini. 

Vanilla Cupcake with Blueberry Cream Cheese Frosting

Resep vanilla cupcakenya saya ambil dari Natashakitchen.com, texture cupcakenya lembut dan moist , wangi vanilla bene-bener harum. Manisnya pass, suami juga bilang enak. Untuk resep aslinya bisa dilihat disini dan berikut adalah resep yang sudah saya alih bahasakan dengan sedikit modifikasi :

Vanilla Cupcake with Blueberry Cream Cheese Frosting

Perfect Vanilla Cupcake 
by Natashakitchen.com

 Bahan-Bahan:
  • 1 1/4 cup cake flour *
  • 1 1/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 2 butir telur 
  • 3/4 cup gula
  • 1 1/2 sdt vanilla extract atau essense vanilla
  • 1/2 cup canola oir atau vegetable oil
  • 1/2 cup butter milk **
*Saya pakai 1 1/4 cup tepung terigu yang dikurangi 2 sdm , kemudian diganti dgn 2 sdm corn flour atau maizena.
**Saya pakai air jeruk lemon dari setengah lemon ditambah susu cair hingga mencapai 1/2 cup, diamkan selama 5 menit sblm digunakan.
Cara Membuat : 
  1. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat celcius, lapisi baking pan dengan paper case. Sisihkan.
  2. Dalam wadah ukuran sedang, campur cake flour, baking powder, baking soda dan garam. Sisihkan.
  3. Dalam wadah lainnya, kocok telur dengan kecepatan sedang selama kurang lebih 15 sampai 20 detik.
  4. Tambahkan gula, kemudian kocok lagi dengan kecepatan sedang hingga 30 detik.
  5. Masukkan vanilla extract dan minyak canola/ vegetable oil, kocok lagi hingga rata.
  6. Kurangi kecepatan mixer, masukkan buttermilk dan tepung secara bertahap dan bergantian, kocok hingga tercampur rata. 
  7. Tuangkan adonan pada loyang atau papercase yang sudah disiapka, isikan 1/2 penuh saja. 
  8. Panggang dalam oven selama 12 sampai 14 menit hingga matang.
  9. Setelah matang keluarkan dari oven dan biarkan dingin.
Vanilla Cupcake with Blueberry Cream Cheese Frosting

Blueberry Cream Cheese Frosting 
Bahan-Bahan:
  • 1/2 cup butter
  • 150 gram cream cheese
  • Selai blueberry secukupnya
  • Gula halus sesuai selera 
Cara Membuat:
  1. Kocok butter dan cream cheese hingga lembut
  2. Tambahkan selai blueberry secukupnya, kemudian tambahkan gula halus sesuai selera. Tergantung tingkat kemanisan yang dibutuhkan. Saya hnya memakai sekitar 4 sdm gula halus agar tidak terlalu manis. 
  3. Ambil cupcake, beri isian selai blueberry, kemudian tambahkan frosting diatasnya. 
  4. Simpan dalam kulkas , cupcake ini lebih nikmat dinikmati saat dingin.


36 komentar :

  1. Perpaduan antara vanilla cake yg moist dengan blueberry creamcheese frosting pasti enaaaaaak banget *ngiler dan cantiiik tampilannya. Mau nyoba resepnya tp nunggu kelar diet dulu bulan januari (T,T). Thanks for sharing the recipe. Nona :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo Nona silahkan dicobain semoga sesuai selera ya... iya nih makannya jadi agak was was karena terganjal diet hehehehehe

      Hapus
    2. Topping cupcakenya nampak enak bangat.

      Hapus
  2. Mba sashy,ijin nyontek resep ya...makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mba Liza silahkan dicoba semoga berkenan ya

      Hapus
    2. Salam kenal Mba Sashy, mau tny kalo ukuran nya pake cup, kira-kira berat nya brp ya mba? Trims ya mba,,Nana,

      Hapus
    3. Mba Liza untuk ukuran cup setiap bahan beda konversinya , berikut ini coba saya konversikan ya :

      1 cup cake flour = 95 gram
      1 cup gula halus = 125 gram
      1 cup vegetable oil dan buttermilk = 250 ml

      untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah link konversi bahan makanan dr cup ke gram. http://www.lingism.com/2010/11/konversi-takaran.html

      Hapus
  3. Hai mba mau tanya, mba pake cream cheese nya merk apa yaa?
    Thank you :)
    Ohiya saya mba pake selai blueberrynya berapa banyak?
    Saya juga nggak suka kalo terlalu mania soalnya.. Makasih mbaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai Calf mbak. untuk selai bluerry tergantung selera aja , ngk ada aturan bakunya kok, bisa tuang sedikit2 disesuaikan dengan selera Mba Rima aja jadi ngk terlalu manis hasilnya. Tx

      Hapus
  4. Ini gk dikocok smpe jambul petruk ya mba .?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seinget saya ngk sampe jambul petruk mba, hanya tercampur dan kental saja. 15 menit dengan speed sedang

      Hapus
  5. hi mba sashy.

    di step by step sepertinya canola oir ga dimasukin ya...

    tar malam mau coba juga.pas bahannya ada semua. sepertinya enak deh ^^

    salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Windy makasi koreksinya ya ... iya saya lupa masukin step canola oilnya. Tadi sudah saya update. silahkan di cek ya

      Hapus
    2. Mba Sashy. kemaren udah coba. tapi gagal. cakenya gak mau ngembang. bantet. trus pas dingin jadi basah bagian atasnya. ada 3 biji yang bawahnya ngembang tapi atasnya menciut. saya cicip bagian yg ngembang rasanya empuk dan wangi. sayangnya bagian yang menciut keras dan bertepung. kira kira salah di mana ya? thanks.

      Hapus
    3. Wah kok bisa gagal ya mba? biasanya kalo pengalaman saya cupcake bantat dan bertepung karena waktu mencampur tepungnya ngk rata atau ada bagian tepung yg bergerindil. Vegetable oilnya juga ngk boleh ada yang ngendap harus rata campuranya, ini juga bisa bikin cakenya bantat.

      Hapus
  6. Mba Sashiiiy, salam kenal yaa
    Saya barusan cobain juga resepnya Natasha ini mba. Emang enyak bangeet, cupcake paling enak yang pernah saya cobain :D
    Saya pakenya blackberry frosting, dari blog Natasha juga..agak kemanisan mnurut selera saya. Sayang nemu posting mba Sashy ini telat, mustinya kaya mba Sashy yah, bisa dikurangin aja ya takaran powdered sugarnya.. mo utak atik resep sendiri takut gagal :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga Mba, terimakasih sudah mampir ke blog saya. Iya mba Resep cupcake ini memang enak saya selalu pakai resep ini untuk cupcake vanilla. Kalo soal frosting memang manisnya kadang beda-beda tiap orang, saya sendiri cenderung ngk suka kalau terlalu manis jadi pada beberapa resep saya suka kurangi gulanya, tapi kalo yang beresiko biasanya pertama kali saya ngikutin resep plek takut gatot :)

      Hapus
    2. Makasih responnya mba. Ijin follow blog nya yah ;)

      Hapus
    3. hai mba sashy.. resep mba oke bgt niy utk dicoba.. tp ada yg saya mau tanya mba.. dapet buttermilk nya dimana ya? agak susah nyarinya.. dan mba pake merk apa? thanks yaa

      Hapus
    4. Hai mba , buttermilk saya buat dengan mencapur susu cair dan air jeruk nipis/lemon/cuka. bisa disimak tips berikut dari cakefever.com:

      Untuk membuat satu cangkir buttermilk, campurkan satu cangkir susu full cream (hangat atau suhu ruang) dengan satu sendok makan air perasan jeruk lemon atau bisa juga dengan satu sendok makan cuka putih. Setelah susu dituang air lemon atau cuka, biarkan selama 15 menit atau lebih. Biasanya bila proses pengasaman susu ini berhasil, bisa terlihat adanya gumpalan-gumpalan di dalam susu tersebut yang menandakan susu ini sudah bisa digunakan sebagai pengganti buttermilk.

      Bisakah air jeruk lemon diganti dengan air jeruk nipis? Sepengalamanku sih bisa. Yang paling penting adalah jangan gunakan susu dingin yang baru dikeluarkan dari kulkas. Biarkan suhu ruang ya, atau hangatkan sebentar (jangan sampai mendidih).

      Selain mencampur susu dengan air lemon atau cuka, bisa juga dengan memasukkan cream of tartar ke dalam secangkir susu. Cream of tartar yang digunakan sebanyak 2 sendok teh atau menurut eHow.com sebanyak 1 3/4 sendok teh. Karena aku tidak pernah punya persediaan Cream of tartar di rumah, metode ini belum pernah aku coba.
      Foodieblogroll

      Atau bila memiliki plain yoghurt, nah ini juga bisa digunakan sebagai pengganti buttermilk. Gunakan dengan ukuran yang sama seperti ukuran buttermilk yang tercantum di resep. Atau bila plain yoghurtnya tak cukup secangkir, dapat dicampur dengan susu cair full cream, perbandingannya kira-kira 3/4 cangkir yoghurt dicampur dengan 1/4 cangkir susu cair.

      http://www.cakefever.com/pengganti-buttermilk-dan-sour-cream/#axzz3E6mJ9LRW

      Hapus
  7. Mbak mau tanya donk,,klo adonan terlalu manis,diperbaikinya gmn ya?tambah tepung atau butter lagi bisa ga?aku dah bikin,tp kemanisan..kayaknya salah baca takaran gula nya..mohon bantuannya ya mbak..makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo diperbaiki mungkin susah mba, tapi bisa dikurangi dengan menambahkan konsentrat jeruk , tapi nanti cupcakenya jadi rasa jeruk. Asamnya bisa mnegurangi rasa manisnya

      Hapus
  8. Mau tanya dong mba, cream cheese nya bisa diganti atau dihilangkan aja ga? Soalnya ditempatku susah banget nyarinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Hana mohon maaf baru balas, cream cheese sebenernya bisa diganti dengan bikin cream cheese gadungan. berikut link kalau mau mencoba http://www.cakefever.com/resep-home-made-cream-cheese/#axzz3Nubj9Cyg. kalau mau ngk pakai cream cheese juga bisa kok, bisa diganti dengan frosting yang lain disesuaikan dnegan selera saja

      Hapus
  9. Hai mba mampir disini, salam kenal...kmrn aku coba buat cc nya. Yg digbr pakai diva ukuran berapa ya mba ? Karena kemarin aku coba pakai diva yang seukuran momma cuma jadi 9 cup itupun ngga naik sampai bibir cup, cuma 3/4. Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Mba Fitri, saya pakai ukuran standard mba yang seukuran momma itu juga dan adonan naik sampai bibir cup.

      Hapus
    2. jadi berapa cup mba ? thank you :)

      Hapus
    3. Halo Mba Fitri kalo saya ngk salah ingat sekitar 10 atau 12 biji cup standard

      Hapus
  10. hai mba salam kenal..mau tanya yaa hehe..kalau lapis surabaya dibuat birthday cake kira2 frosting yang cocok rasa apa ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasa paka ganache mba utuk filling dan froztingnya, atau whipped cream soalnya saya ngk suka buttercream :)

      Hapus
  11. Hi mba,saya mau tanya...kalau misalnya saya mau add butter bahan apa yang disubtitusi dan berapa bagaimana perhitungan pengurangannya?saya sudah coba dan resep chocolate cupcake yang pernah saya coba lebih tahan lama moistnya drpd resep ini dengan memakai butter dan putih telur dikocok kaku terpisah.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba mohon maaf baru balas commentnya .... kalau mau diganti butter, canola oilnya yang dikurangi tapi butternya dicairkan dan ukur dengan takaran yang sama.

      Hapus
  12. hallo mba.. aq buat frostingnya kok seperti tdk kokoh gt yah? knp yah? apa pengaruh creamcheesenya ditaruh kulkas dl? trus saya pakai whisk pas pengocokannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dikulkas malah harusnya lebih kokoh mba, mungkin karena pakai whisk karena saya sama sekali blm pernah ngocok frozting tanpa mixer.

      Hapus
  13. Hallo mbak Sashy, baru aja nyoba resep nya kemarin malam.
    Setelah jadi dan cukup dingin saya coba, enak dan moist, warna kuning terang, atasnya agak basah ya, lengket2 gitu.
    Lalu pagi ini saya potong tapi kok agak kecoklatan ya mbak, jadi kayak banana cake gitu, kenapa ya mbak?
    Saya simpan di 2 tempat, sebagian saya simpan di kulkas (pagi ini warnanya kuning dgn sedikit semburat coklat), sebagian saya simpan suhu ruang di kotak makan (pagi ini warnanya mirip banana cake, agak coklat yg merata)

    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba terimakasih sudah mencoba resepnya, itu cupcakenya sudah dikasi isian belum ya mba ? kalau sudah kemungkinan selainya yang merembes. tapi kalau belum disi isian saya juga bingung nih, karena belum pernah nemu texture dan warnanya berubah.

      Hapus

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih

My Instagram

Copyright © Bali Food Blogger: Resep dan Review by Sashy Little Kitchen.