Es Kelapa Muda Durian Gula Merah

resep Es Kelapa Muda Durian Gula Merah yang Seger Banget
Es Kelapa Muda Durian Gula Merah yang Seger Banget


Pernah mendengar nama durian kane (cane) ? beberapa tahun belakangan durian yang satu ini sedang jadi primadona di Bali. Ukurannya yang jumbo serupa durian bangkok adalah salah satu kelebihannya.  Disamping itu daging buahnya juga tebal, manis dan legit dengan biji yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan durian biasa. Aroma buahnya  tidak telalu menyengat dan pohonnya itu tumbuhnya mini, pada tinggi dua meter sudah bisa menghasilkan buah. Durian Kane ini merupakan komoditas unggulan dari kabupaten Singaraja, tepatnya di Desa Sudaji. 



Duarian Kane dari Singaraja - courtesy photo Dhina_Gabhenk



Nah ngomongin soal durian kane, sekarang ini sudah mulai musim, jadi kita sudah bisa menjumpai beberapa penjual durian kane di seputaran wilayah Denpasar juga. Dibanding durian biasa harganya memang lebih mahal, tapi dengan kualitas buah yang di dapat rasanya tak rugi membayar harga segitu. Kemarin saya sempat beli durian ini, kebetulan ada teman yang bibinya merupakan pengepul dan penjual durian dari Singaraja.





resep es kelapa muda durian gula merah
Es Kelapa Muda Durian Gula Merah yang Seger Banget


cara membuat es kelapa muda durian gula merah
daging durian kane yang tebal semakin menggugah selera


Saking enaknya, kami sampai beli 3 kali dan sekarang masih punya stocknya di kulkas. Karena stock inilah saya jadi tergoda untuk mengolah durian ini jadi desserts yang menyegarkan, kebayang dingin, manis dan legitnya es kelapa muda, dengan gula merah dan durian. Apalagi cuaca di Bali sedang panas-panasnya saat ini, jadi bikin Es Kelapa Muda Durian Gula Merah kayaknya pilihan yang tepat. 

Bikinnya sih gampang banget, tinggal cemplung-cemplung ada tapi segarnya jangan ditanya deh .. endeuss banget. 


resep Es Kelapa Muda Durian Gula Merah
Es Kelapa Muda Durian Gula Merah




RESEP ES KELAPA MUDA DURIAN 
GULA MERAH



Bahan-Bahan:
  • Kelapa muda secukupnya, kerok daging buahnya
  • Air kelapa muda
  • Daging buah durian
  • Es Batu


Bahan Sirup Gula Merah:
  • Gula Merah ( 1:1 dengan air)
  • Air
  • Daun Pandan 


Cara Membuat Sirup Gula Merah:
  1. Masak gula merah dan air dengan perbandingan ukuran 1:1 , 
  2. Masukkan daun pandan masak hingga gula larut dan agak mengental. 
  3. Matikan api dan sisihkan.



Cara Penyajian:
  1. Letakkan satu sendok teh sirup gula merah di bagian bawah gelas , lalu masukkan es batu sesuai selera. 
  2. Masukkan daging kelapa muda hingga gelas agak penuh
  3. Tuangkan air kelapa muda
  4. Letakkan daging buah durian tanpa biji di bagian atasnya lalu kucuri lagi dengan sirup gula merah sesuai dengan manis yang diinginkan.
  5. Sajikan




2 komentar :

  1. Ngelihat penampakannya aja udah bikin ngiler, gimana kalo ngerasain beneran hehe.
    Salam kenal dari Bogor, mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, terimakasih sudah mampir kesini ya :)

      Hapus

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih

Copyright © Sashy Little Kitchen: Home Cooking and Food Traveller. Designed by Sashy Little Kitchen