Senin, 20 Februari 2017

Ingin Menyusun Rencana Perjalanan Sendiri? Yuk Ikuti 10 Langkah Sederhana Ini!



Ketika kamu berpikir untuk berlibur, hal yang penting dan utama untuk dilakukan adalah bagian perencanaan. Tahap ini menjadi penting mengingat keseruan dan nasib seluruh liburanmu akan berpegang pada titik awal ini.

Mungkin diantara kamu banyak yang tidak mau repot dan menyerahkan pada jasa travel atau teman-teman yang membuka open trip. Tapi tidak sedikit juga kan yang ingin merasakan keseruan dan kehebohan perencanaan perjalanan wisata.

Bagi kamu yang belum pernah, mungkin akan banyak menemui kegalauan dalam tahap persiapan ini; apa saja yang perlu dipersiapkan, bagaimana langkah-langkahnya, serta kekhawatiran-kekhawatiran lainnya. Kali ini, postingan artikel saya akan membahas seputar langkah-langkah dalam merencanakan liburan pribadi. Yuk simak detilnya berikut!


1.Tentukan Destinasi Wisata



Bagian ini adalah tahap krusial dalam setiap perencanaan, yaitu tahap penentuan tujuan. Bagaimana kita menentukan lain-lainnya jika tujuan belum jelas? Nah, untuk penentuan tujuan ini disarankan kamu dapat menyesuaikan dengan karakter atau ketertarikan pribadimu.
Untuk memulai, kamu bisa memilih negara dan kemudian mengkategorikan tujuan berdasarkan tipe liburan, seperti liburan untuk belanja, untuk hiking, untuk sekedar menikmati keluhuran dan adat istiadat warga sekitar yang khas, ataupun wisata alam yang menjauhkanmu dari riuhnya suasana kota! Kemudian setelah itu baru deh kamu bisa menentukan tujuan wisata yang sesuai!


2.Cari Tahu tourist attraction di Sekitar Tujuan Wisatamu

 
Selain tujuan wisata secara garis besar, ada baiknya jika kamu turut mengetahui keseruan-keseruan dari acara-acara sekitar yang sedang berlangsung ketika kamu bertandang ke lokasi wisata tujuanmu. Tak hanya itu, kamu pun bisa mulai mencari tahu lebih banyak tentang tempat-tempat tersembunyi namun asyik di dekat tujuan wisata untuk menambah keseruan perjalananmu!

Dengan tidak hanya terpaku pada tujuan wisata utamamu, tentunya kegiatan liburan akan lebih seru mengingat banyak hal yang tidak terduga yang mengejutkanmu. Sehingga, bisa menjadi referensi untuk tujuan catatan perjalananmu, bahan untuk sharing informasi ke teman-temanmu, atau bahkan inspirasi caption pada Instagrammu!

3.Tentukan Waktu Berlibur yang Tepat


Jika kamu mempunyai rutinitas seperti bekerja atau bersekolah, baiknya mempersiapkan dengan baik tanggal-tanggal di mana kamu benar-benar bisa meluangkan waktu untuk liburan. Dan sebaiknya tidak terlalu mengganggu kegiatan utamamu ya.

Sebagai saran, untuk kamu yang sekolah, kamu bisa memanfaatkan jadwal-jadwal liburan sekolah. Namun bagi yang bekerja, ada baiknya juga untuk memanfaatkan jatah cuti dan melakukan perjalanan di hari biasa atau tidak libur. Selain tiket-tiket yang berharga lebih terjangkau, wisata tujuanmu pun tidak terlalu ramai sehingga kamu bisa menikmati tanpa memusingkan kerumuan pengunjung yang terlalu padat!


4.Kalkulasi Anggaran Dana yang Tersedia atau Dialokasikan


Saat tujuan sudah ditentukan, saatnya bagi kamu untuk melihat jumlah tabungan atau anggaran yang tersedia. Jangan sampai kebablasan sampai menjadi miskin mendadak selepas liburan ya! Untuk itu, sebaiknya kamu tidak menghabiskan seluruh tabunganmu dan menyisakan beberapa persen untuk kehidupan sesudahnya.

Dalam merancang anggaran, tidak ada salahnya kamu juga melebihkan 10-25% dari anggaran untuk mengantisipasi kenaikan atau biaya tidak terduga. Dan jika anggaranmu tetap tidak cukup, jangan terlalu bersedih dan coba periksa serta pertimbangkan beberapa perampingan. Misalnya pada anggaran pesawat atau hotel yang lebih terjangkau, makanan, atau pada tourist attraction di tempat tujuan wisatamu nanti.


5.Buat Rancangan Kasar Jadwal Perjalanan


Ketika berbagai tujuan, titik-titik tourist attraction, rentang waktu liburan, serta jumlah anggaran yang disediakan sudah diketahui, saatnya kamu mulai merancang rundown atau itinerary perjalanan. Untuk urusan ini pun tidak ada aturan baku, dan sebaiknya kenali karakter pribadi atau kelompok perjalananmu.

Bagi kamu yang menyukai keteraturan dan tidak terlalu menyukai ketidakpastian dalam perjalanan, alangkah baiknya untuk mengatur itinerary sedetil mungkin dengan berbagai rencana cadangan jika plan A tidak berlangsung secara seharusnya. Namun jika kamu sosok dengan jiwa petualangan dan sedikit banyak menyukai tantangan, maka itinerary medium dengan tidak banyak detil akan cocok untukmu. Terakhir bagi kamu yang ekstrim, itinerary bukanlah hal penting karena kamu memang bermaksud untuk mencari kejutan dan berjalan apa adanya ketika berkunjung ke suatu tempat. Manakah tipemu? 

6. Kenali Satu Dua Budaya dan Kebiasaan Sekitar (Do and Don’t)




Perbedaan budaya selalu menjadi isu utama ketika kamu melakukan perjalanan ke tempat yang berbeda. Jika kamu merencanakan liburan kamu di lokasi yang masih satu negara, terkadang budaya dan adat istiadat yang berlaku tidak jauh berbeda. Namun ketika kamu merencanakan liburanmu ke wilayah negara lain, maka aspek do dan don’t adalah hal yang penting untuk kamu ketahui.

Cari tahulah kebiasaan lingkungan sekitar, terutama pada aspek-aspek larangannya pada berbagai referensi. Pahami dan cobalah untuk mentaati-nya, karena jika kamu melanggar, apalagi di negeri orang, tentu saja hal ini akan menyulitkan dan tidak menyenangkan bagi liburanmu. Mulai dari hal kecil tentang kebiasaan buang sampah, sampai pada etika berpakaian, berbicara, dan hal-hal/barang-barang yang tidak boleh dilakukan/dibawa.


7.Persiapkan Akomodasi yang Sesuai


Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, urusan akomodasi mempunyai andil besar terhadap besar kecilnya anggaran yang perlu kamu siapkan. Untuk itu, maka dari awal kamu sebaiknya menentukan tipe perjalananmu, apakah itu perjalanan hemat ala backpacking atau perjalanan mewah ala liburan artis/raja.

Kemudian, kamu bisa mulai menentukan dari anggaran tiket yang paling sesuai, jenis hotel atau tempat menginap yang paling diidamkan, sampai pada perhitungan makan dan jajan selama perjalanan! Untuk urusan tersebut, kamu pun bisa mengandalkan Skyscanner di mana kamu bisa melakukan pemesanan tiket pesawat, hotel, serta akomodasi lainnya dari berbagai penyedia akomodasi sesuai anggaran yang kamu tentukan.

Skyscanner juga memberikan fitur perbandingan sehingga kamu bisa mengetahui selisih harga suatu tiket atau hotel yang sama dari berbagai jenis travel. Tentunya akan sangat membantu bukan?

8.Jangan Lupa Cek Kelengkapan Dokumen


Dokumen perjalanan adalah hal kecil yang menjadi jantung dari setiap rencana perjalanan. Jika dokumen-dokumen yang dibutuhkan tidak lengkap, sangat mungkin jika rencana perjalanan berakhir menjadi angan tanpa perwujudan. Untuk itu pastikan segala dokumen legal sudah dikantongi ya sebelum liburan dilakukan.

Misalnya ketika kamu berencana keluar negeri, maka pastikan segala dokumen untuk urusan visa, paspor, kartu identitas, tiket, asuransi kesehatan dan vaksin, atau bahkan surat rekomendasi/guarantor (untuk jenis perjalanan tertentu) sudah beres sehingga tidak mengganggu menjelang dan selama keberangkatan.  


9.Buatlah Daftar Barang-barang yang Harus Dibawa (travel kits) 


Agar tidak terlupa, tidak ada salahnya untuk selalu menuliskan daftar barang yang harus dibawa. Selain sebagai pengingat menjelang keberangkatan dan mencegah barang-barang tertentu tidak ketinggalan, daftar ini juga akan menjadi rem bagi kamu ketika melakukan review dan menyadari betapa banyaknya barang yang ingin kamu bawa dan tidak terlalu perlu.

Dalam mengatur daftar ini, pastikan kebutuhan pokok seperti baju, dokumen penting, alat komunikasi, uang yang cukup, serta obat-obatan yang dibutuhkan sudah terdaftar. Untuk urusan baju, sesuaikan juga jenis liburanmu ya, jangan sampai baju yang kamu bawa tidak sesuai dengan tujuan wisata atau terlalu berlebihan yang hanya menjadi beban dalam koper atau tas backpackingmu.  

10.Pastikan untuk Mengetahui Nomor-Nomor Penting di Lokasi Tujuan

Untuk urusan nomor-nomor penting dan lokasi-lokasi darurat, sebaiknya jangan terlalu meremehkan. Ingatlah bahwa kemungkinan-kemungkinan tidak terduga dan sesuatu yang tidak diinginkan dapat selalu terjadi. Dan kamu mungkin membutuhkan pertolongan dari kontak-kontak darurat tersebut.

Bukannya menakut-nakuti, karena negara dan lokasi paling aman pun mengandung risiko, seperti misalnya perampokan atau bencana alam. Jadi, pastikan kamu sudah mengantongi informasi kontak darurat atau setidaknya jalur dan lokasi di mana kamu bisa meminta bantuan di area sekitar wisatamu.  


Nah gimana, setelah membaca tips dan langkah-langkah dalam merancang perjalanan di atas, apakah kamu sudah mendapatkan gambaran untuk rencana perjalananmu? Jangan sungkan untuk memberikan komentar juga ya ketika kamu memiliki langkah atau tips lainnya yang terlupakan.

Semoga kamu sukses merencanakan liburanmu! 
 





Bagikan

Baca Juga

Ingin Menyusun Rencana Perjalanan Sendiri? Yuk Ikuti 10 Langkah Sederhana Ini!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

4 comments

Tulis comments
avatar
21 Februari 2017 01.50

ah harusnya emang direncanakan kek diatas yak, gak asal brangkat aja kek gw biasanya wkwkkwwk

Reply
avatar
22 Februari 2017 20.04

seperti step ke 5, kamu itu termasuk kelompok traveler ekstrem yang memang bermaksud untuk mencari kejutan dan berjalan apa adanya ketika berkunjung ke suatu tempat. Hahahaha tapi siapa tau next trip mau nyoba versi terplaning yak

Reply
avatar
22 Februari 2017 23.07

Menyusun rencana terlihat gampang teryata tak mudah ya mba. Hihihii

Reply
avatar
23 Februari 2017 18.25

Hiii iya mba bener kalo dibayangin rasana gampang dan suka kita sepelekan tapi pas dilakuin lumayan juga ribetnya. tapi ibaratnya bersusah2 dahulu pas traveling lebih aman

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih