Kamis, 29 Desember 2016

5 Destinasi Wisata Favorit untuk Liburan Akhir Tahun


5 Destinasi Wisata Favorit untuk Liburan Akhir Tahun
 
Menjelang pergantian tahun, kadang banyak dari kita yang masih bingung tentang apa yang ingin dilakukan untuk menghabiskan malam tahun baru. Rencana-rencana seperti berkunjung ke kota atau bahkan negara lain kerap kali menjadi pilihan, ada pula yang lebih memilih untuk tetap berdiam diri di rumah dengan membuat pesta kecil-kecilan bersama kerabat atau sanak saudara terdekat.
 
Nah bagi kalian yang masih bingung untuk memilih destinasi berlibur akhir tahun, sepertinya tidak harus pergi sampai ke luar negeri karena di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali destinasi dan tempat wisata yang tak kalah indah serta layak untuk kita kunjungi.
 
Tak hanya tentang tempat yang indah, Indonesia juga memiliki berbagai perayaan atau festival-festival unik yang kerap kali digelar di masing-masing kotanya. Ketika kita nanti sudah memilih tujuan untuk berlibur, maka segeralah mencari tiket pesawat murah promo sebelum mendekati hari yang ditentukan.

Sebagai referensi pilihan destinasi wisata di Indonesia, berikut ini adalah 5 tempat wisata favorit yang sayang untuk dilewatkan:
 
 
Sunrise di Pantai Karang - Sanur, Bali (photo courtesy Arsa Wijaya Made)
 
1. Bali 
 
Siapa yang tidak kenal dengan Bali? Pulau yang terkenal akan keindahan dan berbagai macam tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi ini selalu ramai oleh para pengunjung, terutama wisatawan mancanegara.

Selain kulinernya yang sangat lezat dan nikmat, pulau Dewata ini juga memiliki sederetan pantai yang selalu menjadi tujuan favorit para pelancong. Beberapa pantai di Bali yang sangat terkenal dan sering dikunjungi antara lain; Pantai Kuta, Sanur, Legian, Seminyak, dan Tanah Lot.

Saking ikoniknya bahkan sebagian orang sering berkata, bahwa jika ke Bali belum mampir ke Pantai Kuta belum lengkap lah rasanya. Jika anda sudah menginjakan kaki di Bali nanti, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Bali yang sangat terkenal, yaitu Ayam Betutu. 
 
 
Candi Prambanan, Sleman - Yogyakarta (dokumentasi pribadi sashylittlekitchen)
 

2. Yogyakarta 

Tempat wisata yang kedua setelah Bali adalah Yogyakarta. Hampir sama dengan Bali, tempat ini juga sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. 
 
Biasanya tempat favorit di Jogja selain Malioboro adalah Alun-alun Yogyakarta. Banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat ini, selain berfoto kita juga bisa mencicipi sejumlah jajanan khas Yogyakarta yang berada di area Alun-alun Jogja ini. Tak hanya kuliner saja, kamu juga bisa mencoba odong-odong khas Jogja dengan lampu yang warna-warni dijamin seru banget deh!

Kalau anda ingin mencoba aktivitas lainnya seperti bermain masangin yang konon katanya jika anda bisa dan berhasil melewati kedua pohon besar yang berada di lapangan itu, semua doa anda akan terkabul. Hmm, percaya atau tidak sih? 
 
Yogyakarta juga sangat kaya akan berbagai festival terutama yang berkaitan dengan Keraton, seperti Sekaten dan dirayakan setiap maulud nabi selama sebulan penuh. Tak hanya budaya dan tempat-tempat menarik yang bisa dinikmati di sini, kuliner-kuliner khas Jogja juga amat sayang untuk dilewatkan, ke Jogja akan terasa kurang lengkap tanpa menikmati gudegnya yang melegenda atau sambel krecek yang pedas menggigit. 
 
 
Candi Borobudur, Magelang - Jawa Tengah (dokumentasi pribadi sashylittlekitchen)

3. Magelang 

Tak jauh dari Yogyakarta, Magelang juga termasuk salah satu tempat wisata paling favorit yang kerap dikunjungi para wisatawan. Magelang sangat populer terutama karena keberadaan beberapa candi-candinya yang menawan.  Salah satu yang paling terkenal adalah Candi Borobudur. Banyak dari para wisatawan mengira jika candi ini berada di Yogyakarta padahal walaupun sama-sama masuk kedalam kawasan Jawa Tengah tapi Borobudur sejatinya berada di Magelang bukan Yogyakarta. 

Kalau anda sudah berada di Candi Borobudur nanti jangan lupa juga untuk berkunjung ke tempat wisata lain, di antaranya seperti rafting sungai Progo dan Elo, trekking di Gunung Merapi, dan jangan lupa untuk menikmati budaya Jawa yang masih sangat kental di kota ini. 
 
 
Kawah Putih - Bandung (By Crisco 1492 (Own work) [CC BY-SA 4.0 via Wikimedia Commons)
 
 
4. Bandung 

Tempat ke empat ini letaknya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Kota terbesar ketiga di Indonesia ini juga selalu menjadi tujuan wisata paling populer yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Banyaknya tempat wisata untuk berlibur bersama keluarga dan kulinernya yang seakan tidak pernah kehabisan ide untuk memberikan hal baru dan unik. 
 
 
View Gunung Rinjani dari Gili Terawangan (Photo Courtesy Wikipedia - public domain)
 

5. Lombok

Jika Bali sudah terasa terlalu mainstream, mungkin Lombok bisa  dijadikan sebagai destinasi untuk menghabiskan libur tahun baru. Banyak sekali tempat wisata yang berada di Lombok, salah satunya adalah Gili Trawangan. Di tempat ini kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah, dimulai dengan pasir putih berbulir haklus, air yang jernih, dan langit yang biru, kombinasi yang sempurna untuk menemani liburan akhir tahun.

Selain itu, Lombok sendiri tak hanya ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara. Kuliner-kuliner khas Lombok seperti ayam taliwang atau kerajinan kerang dan tenun juga bisa menjadi pilihan untuk dinikmati di pulau ini. 
 
Nah setelah membaca referensi diatas, apakah kalian sudah menentukan ingin menghabiskan liburan tahun baru kemana? Jika sudah yuk buruan hunting tiket pesawat paling murah, cek harga tiket murah di reservasi.com.


Baca selengkapnya