Minggu, 03 Mei 2015

Homemade Tortilla: Empuk dan Mudah Digulung

Homemade Tortilla: Empuk dan Mudah Digulung

Setelah dari pagi niat banget bikin homade tomato salsa kemudian lanjut bikin homemade tortilla wrap dengan tujuan akhir menikmati Burrito isi daging dan sayuran untuk makan siang. Tapi rencana tinggalah rencana, ketika asik menggilas dan mematangkan tortilla tiba-tiba gas habis. Duh mana pak suami baru aja berangkat pulkam bareng pamannya hiks... apa yang harus diperbuat saat-saat seperti ini, masakan belum kelar tiba-tiba gas habis dan diluarpun sedang hujan gerimis. Akhirnya ngumpulin nyali dulu mau ke warung buat beli gas sendiri, ya elah beli gas pake ngumpulin nyali segala ?? yup kalo saya yang jarang keluar rumah, jarang ke warung, nggak pernah beli gas sendiri butuh nyali dan keberanian untuk keluar rumah sambil nenteng tabung gas. Beberapa saat kemudian saya mulai ngider keliling areal sekitar rumah sambil bawa-bawa tabung gas dan setelah mampir ke 4 warung ternyata semua warung sedang kehabisan gas, jiah cobaan apalagi ini ? masih belum patah semangat nyoba ke satu warung lagi dan ternyata hasilnya sama gasnya kosong. Dengan berat hati pulang kerumah, dan terpaksa menunggu pak suami balik dari kampung supaya bisa beli gas ke pertamina. 

Duh ini tortilla jadi nganggur deh, baru setengah jalan harus mandeg ngk bisa dilanjutin. Dasarnya saya ngk bisa liat dapur nganggur, sambil nungguin pak suami datang sempetnya-sempetnya bikin adonan roti canai aka roti maryam jadi hari ini ada banyak stock makanan yang belum bisa dimakan sampai pak suami datang bawa gas. Akhirnya jam 4 sore dia sampai rumah dan berbaik hati beliin gas, langsung lanjut ngegiles dan manggang si tortilla diatas wajan. Resep tortillanya nyontek punya mba Endang Just Try & Taste. Hasil tortillanya memang lemas dan empuk, enak banget buat menggulung burrito dengan isian super melimpah. Nyammmm sudah terbanyang nikmatnya gigitan demi gigitan burrito made from scratch muali dari salsanya, tortillanya dan tumis dagingnya semua dibikin sendiri. Memang repot sih tapi hasilnya memuaskan, salsanya yang super spicy itu seger dan nendang banget dicampur bersama daging dan sayuran, kali ini si burrito berubah jadi menu makan malam bukan makan siang gara-gara tragedi gas habis.
Oh ya selain bikin roti canai aka maryam, saya sempet juga nyemilin si tomato salsa dengan keripik tortilla hasil beli di warung, kriuk-kriuk asem pedesnya bikin nagih dan hasilnya  habis satu mangkok sendiri hihihihihi. Oh ya kemarin bikin tomato salsa dapet 2 jar sudah ludes dalam 3 hari, yang makan saya sendiri :)

Nyemilin tomato salsa sebagai cocolan tortilla chips

Berikut ini saya tuliskan resep Tortilla wrapnya dulu ya , nanti menyusul tumis daging paprikanya lalu Burrito.
step by step homemade tortilla wrap

Bahan kulit tortila:
  • 200 gram tepung terigu serba guna
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh baking powder
  • 40 ml minyak sayur
  • 125 ml air hangat 
Cara Membuat : 
  1. Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan kulit tortilla. Aduk dan uleni hingga lembut. Jika adonan agak lengket, tambahkan sedikit tepung saja, dan uleni hingga rata. Bagi adonan menjadi 8 bagian, masing-masing sekitar 40 gram. Bulatkan, tutup dengan kain bersih dan istirahatkan selama 15 menit. 
  2. Taburi permukaan meja dan kayu penggilas dengan sedikit tepung, letakkan satu bola adonan tortila. Gilas perlahan hingga melebar dan berbentuk bulat dengan diameter sekitar 18 – 20 cm. Pastikan permukaan meja anda ditaburi tepung dengan baik agar adonan tidak lengket.
  3. Panaskan penggorengan datar anti lengket dengan api kecil saja. Panggang adonan kulit tortila yang telah digilas tipis hingga permukaannya tampak mengeluarkan gelembung udara. Balikkan, tekan permukaannya dengan spatula dan panggang sisi lainnya beberapa detik saja dan angkat. Bungkus rapat tortila dengan kain bersih agar tetap lembab. Lakukan hingga semua bulatan adonan habis.
Note :
  • Selalu bungkus adonan tortilla dan tortilla yang telah dipanggang dengan dengan kain, jangan terkena udara langsung agar tortilla tetap lembab dan lemas.  
  • Untuk menyimpannya, anda bisa membekukan tortilla di freezer hingga 1 bulan lamanya. Caranya letakkan potongan kertas baking di setiap lembaran tortilla, masukkan ke plastik, ikat rapat dan bekukan. Ketika akan menggunakannya kembali, keluarkan tortilla dari plastik, bungkus rapat dengan kain bersih dan microwave selama 30 detik hingga lemas. Atau diamkan di dalam bungkusan kain hingga lemas di suhu ruang. 
 




Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

Bagikan

Baca Juga

Homemade Tortilla: Empuk dan Mudah Digulung
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih