Jumat, 03 April 2015

Homemade Thin Crust Pizza dan Il Mondo Pizza Jogja

homemade thin crust pizza
Keisengan membuat Pizza ini berawal dari liburan saya ke Jogja, waktu itu saya dan suami sempat mampir ke Il Mondo Pizza yang berlokasi di Jalan Cendrawasih - Demangan, Jogjakarta. Ditemani seorang sahabat kami Omar yang berbaik hati mengantarkan kesana, karena memang dari awal saya ingin sekali berkunjung ke tempat ini maklum kalo ke Jogja rasanya kurang lengkap jika tidak dapat mengunjungi tempat yang berbau Sheila on 7, hehehe ya tempat ini memang salah satu usaha milik mba Adel istri dari vokalis favorit saya siapa lagi kalau bukan Duta Sheila on 7. 

Begitu sampai di parkiran, saya langsung jatuh hati pada bangunan resto ini, dibuat dengan desain klasik dimana seluruh dinding bangunan terbuat dari batu bata dengan aksen warna putih pada bagian pintu dan jendelanya. Cantik dan langsung mengingatkan saya pada foto-foto bangunan klasik khas negeri Pizza Italia. Memasuki pintu utama resto terdapat sebuah ruangan yang bersebelahan dengan dapur dimana semua hidangan disiapkan, dinding ruangan ini dihiasi bagian badan motor vespa dengan warna-warna vintage... kemudian beranjak ke sisi kanan ruangan terdapat area makan terbuka dengan atap pergola berwarna putih lengkap dengan bunga thunbergia yang merambat cantik. Kursi dan mejanya bergaya vintage klasik seperti kursi-kursi pipa besi dengan finishing rustic. Tempat ini benar-benar penuh dengan barang-barang yang saya sukai, seandaianya bisa diangkut dibawa pulang pasti seneng banget hhaha tapi masak iya isi resto orang mau dibawa pulang. Sayangnya Il Mondo ini hanya ada di Jogja jadi susah bagi saya untuk sering-sering kesini. Bagunan resto ini sejatinya terdiri dari dua lantai tapi saya tidak sempat naik ke lantai dua jadi sama sekali tidak bisa menjelaskan bagaimana interiornya.

Selain bangunan dan interiornya yang benar-benar terkonsep dengan baik, menu di resto ini juga di banderol dengan harga yang tergolong murah. Tidak heran kenapa tempat ini selalu dipenuhi anak muda atau anak kuliahaan. Tempat nongkrong yang asik dengan hidangan nikmat tapi harganya masih tetap terjangkau. Berbagai jenis pizza dan pasta menjadi menu andalan Il Mondo, satu loyang pizza ukuran medium di banderol pada kisaran harga 30.000 kemudian pizza dengan ukuran besar hanya 50 ribuan. Aneka olahan pasta bisa dinikmati dengan rentan harga 20 sampai 30 ribu rupiah saja. Untuk minuman kita memesan aneka fresh juice, shake, ice blend dan lassi dengan harga termahal tidak lebih dari 15.000 rupiah. 

Yang menarik dari pizza yang disajikan Il Mondo adalah semua pizza disini dihidangkan mirip dengan pizza di negeri asalnya yaitu pizza dengan crust yang tipis dan renyah pada bagian pinggirnya. Saya sendiri lebih suka dengan crust pizza jenis ini karena tidak cepat mengenyangkan dan ringan jadi cocok untuk teman santai atau ngobrol rame-rame. 

Nah crust pizza inilah yang membuat saya tertarik dan penasaran, bagaimana cara membuat roti pizza yang tipis dan renyah pada sisi luarnya. Sampai sempat berdiskusi dengan suami dan dia bilang kalo base pizza sejenis ini dibuat setipis kulit martabak telor. Katanya sih dia sering lihat di kitchen waktu masih bekerja di hotel dulu. Tapi saya pikir masak iya sesusah itu, pasti ada resep lain yang lebih gampang dibuat tanpa harus bikin adonan setipis martabak... ngebayanginnya aja langsung mumet. Setelah beberapa kali blogwalking akhirnya saya ketemu satu resep crust pizza yang menarik untuk dicoba, resepnya dari www.thekitchn.com yang diberi judul homemade thin crust pizza. 

Tanpa menunggu lama, langsung saya eksekusi dan hasilnya memang tipis dan renyah dibagian pinggirnya tapi masih bisa dilipat atau ditekuk sehingga mudah ketika dimakan. Jatuh hati sama resep pizza crust ini, bakal jadi salah satu resep andalan kalo lagi kangen sama pizza nya il Mondo. Waktu saya menipiskan adonan saking asiknya saya tidak sadar kalo adonan sudah lebih lebar dari loyang yang saya punya alhasil bagian tepinya harus saya potong menyesuaikan ukuran loyang dan bisa ditebak crustnya jadi ngk secantik kalau tanpa dipotong. Karena bagian tepinya jadi tidak mau menggembung lagi. Tapi overall soal rasa dan texture, resep ini recomended :)

Nah yang males nyoba bikin atau berdomisili di Jogja silahkan langsung datang ke Il Mondo Pizza saja ya, dijamin bisa makan pizza dengan puas tanpa bikin dompet jebol.

Il Mondo Pizza 
Jalan Cendrawasih No. 21 
Demangan, Yogyakarta
telp: (0274) 543422 


homemade thin crust pizza

homemade thin crust pizza

homemade thin crust pizza


Homemade Thin Crust Pizza 
Recipe from The Kitchn.com


untuk 2 buah pizza 25 cm 

Adonan Crust : 
  • 3/4 cup air hangat
  • 1 sdt  ragi instant
  • 2 cup terigu protein tinggi atau sedang
  • 1 1/2 sdt garam
Cara Membuat :
  1. Set oven pada suhu 260 derajat celcius kira-kira setengah jam sebelum memanggang pizza. 
  2. Campur ragi instant dengan air hangat pada wadah besar, aduk hingga tercampur rata dan biarkan sebentar.
  3. Masukkan tepung dan garam yang sudah diayak kedalam campuran ragi, aduk hingga tercampur rata.
  4. Uleni adonan hingga kalis, jika masih lengket bisa tambahkan 1 sdm tepung tapi jangan menambahkan terlalu banyak nanti crustnya akan keras. 
  5. Tutup adonan dengan lap bersih atau cling wrap, diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat kurang lebih selama 1 jam. 
  6. Kempiskan kembali adonan kemudian bagi menjadi dua bagian.
  7. Pipihkan adonan dimulai dari bagian tengah ke pinggir, untuk mendapatkan adonan yang extra tipis gunakan rolling pin untuk melanjutkan memipihkan adonan sampai ketebalan yang diinginkan. 
  8. Taruh adonan crust pada loyang yang sudah disiapkan, olesi bagian permukaannya dengan saus tomat atau pure tomat ( saya pakai instant pizza spread) kemudian beri topping sesuai selera. Tambahkan keju mozzarela di bagian atas pizza ( saya hanya pakai saus putih).
  9. Panggang selama kurang lebih 5 menit kemudian putar loyang agar matangnya merata, panggang lagi selama 3 sampai 5 menit hingga crustnya coklat keemasan dan kejunya kelihatan meleleh. 
  10. Pizza ini paling nikmat dinikmati saat panas, karena ketika dingin kerenyahan crustnya akan berkurang. 
Topping yang saya pakai :
  • Saus pizza instant ( instant pizza spread)
  • Tomat di potong tipis
  • Daging dicincang kasar 
  • Saus Putih ( dibuat dari bawang bombay tumis, susu cair, keju cheddar, merica dan kaldu dimasak hingga mengental )
  • Daun bawang , pakai batangnya saja diiris tipis


thin crust pizza













Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

Bagikan

Baca Juga

Homemade Thin Crust Pizza dan Il Mondo Pizza Jogja
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

4 comments

Tulis comments
avatar
6 Januari 2016 19.42

Kalo saus pizza diganti sama saus tomat, enak gak mba? terimakasih :)

Reply
avatar
6 Januari 2016 19.55

Nggak enak karena rasanya beda, saus pizza itu sudah ada campuran daging, kaldu dan rempah daunnya. tapi kalau mau bikin saus pizza sendiri bisa kok. bisa pakai resep ini
4 buah tomat ukuran besar, 6 sdm saus tomat, 1 sdm saus sambal , 5 siung bawang putih, 1 buah bawang bombay, 1/2 sdt garam, 1/2 sdt gula, 1/2 sdt bubuk oregano, 1/2 sdt bubuk basil, 2 sdm olive oil


Rebus tomat hingga layu.
Kupas tomat rebus dan uleg/blender.
Tumis bawang putih hingga layu. Masukan semua bahan dan tumis hingga meletup. Dinginkan dan masukan dalam toples kaca kedap udara. ( resep by Labunda)

Reply
avatar
20 Desember 2016 06.07

Kak. Difoto kakak itu menggunakan tepung apa? Protein tinggi atau all purpose?

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih