Rabu, 15 April 2015

Bangga Masakan Indonesia Bersama Zomato - 5 Kuliner Nusantara Favorit Saya

Indonesia selain terkenal akan keindahan alamnya juga kaya akan ragam kulinernya, bahkan beberapa masakan khas Indonesia pernah berjajar di deretan makanan paling enak sedunia. Jadi patutlah kita bangga akan kekayaan kuliner Indonesia yang telah diapresiasi hingga ke mancanegara. Pada kesempatan ini Indonesian Food Blogger bekerjasama dengan Zomato mengajak kita untuk menggali dan Bangga akan kekayaan kuliner Nusantara dengan berbagi cerita mengenai Makanan atau Hidangan Favorit kita.  Nah dari sekian banyak kuliner khas Indonesia yang menggoda selera, tentunya kita punya makanan favorit dong ya ? dan berikut ini adalah 5 Makanan Indonesia Favorit saya ( terutama 5 makanan enak yang sulit dibuat sendiri dirumah)  :

1. Crispy Duck ( Bali )

Photo credit : Bebek Tepi Sawah
Dimulai dari hidangan berbahan dasar bebek, Crispy Duck atau bebek yang digoreng garing merupakan salah satu makanan favorit saya terutama bebek yang disajikan dengan beraneka jenis sambal, seperti sambal matah khas Bali atau sambal tomat dan terasi. Meskipun daging bebek tidak setebal daging ayam tapi gurihnya sangat jauh berbeda, daging bebek texturenya cenderung alot dengan daging yang tipis dan riskan akan bau amis jika tidak diolah dengan benar. Ini adalah beberapa faktor yang membuat saya jarang bahkan belum pernah masak bebek sendiri dirumah, kalo lagi pengen makan bebek crispy mau tidak mau harus makan diluar. Di Bali ada sebuah restaurant yang cukup terkenal akan hidangan bebeknya, dan resto ini merupakan restoran favorit saya kalau lagi kangen makan bebek. "Bebek Tepi Sawah", sebuah resto nyaman berlokasi di pinggir sawah di daerah Ubud. Menu yang selalu saya pesan ketika berkunjung kesini adalah " Tepi Sawah Crispy or Grilled Duck" yaitu hidangan bebek yang digoreng garing dan disajikan dengan sayur kacang khas Bali ( jukut bejek) serta dilengkapi dengan tiga pilihan sambel yaitu sambel matah, sambel tomat dan sambal terasi. Sebagai penggila pedas, 3 jenis sambal ini merupakan poin plus yang membuat ketagihan. Kebayang kan gurih dan garingnya bebek dan bisa dimakan sampai ketulang-tulangnya dicocol beraneka jenis sambal .. duh jadi ngecess sendiri ngebayanginnya. Bagi yang penasaran dan mau nyobain silahkan temukan dan kunjungi cabang resto "Bebek Tepi Sawah" terdekat dengan pencarian menggunakan "Zomato". Jika saya tidak salah sekarang sudah ada 6 cabang resto iniyang tersebar di Bali dan Jakarta





2. Rendang Daging (Padang)

Photo Credit : Wikipedia
Siapa sih yang tidak kenal Rendang, yup hidangan berbahan daging ini pernah menduduki posisi pertama untuk hidangan terenak di dunia. Hebat yah kuliner Ranah Minang satu ini, tapi memang tidak heran sih soalnya rendang itu beneran enak. Gimana tidak enak memasak rendang ini butuh perjuangan dan pengorbanan waktu yang luar biasa. Daging yang dimasak perlahan dengan bumbu khas Indonesia yang kaya rempah serta santan yang melimpah menghasilkan hidangan daging empuk nan wangi. Karena jumlah santan yang dipakai tergolong amat sangat banyak, jadi bisa dipastikan kalo hidangan satu ini kandungan kolesterolnya juga lumayan tinggi. Saya juga belum pernah masak rendang sendiri, alasan pertama karena masaknya lama, kemudian yang kedua karena kalo masak sendiri jumlahnya banyak otomatis akan makan banyak jadi terancam menaikkan kadar kolesterol saya, jadi supaya keinginan makan rendang terpuaskan tanpa merasa berdosa yang berlebihan karena makan kebanyakan, saya lebih memilih makan rendang di resto Minang saja. Meskipun Bali bukan asal dari hidangan ini, tapi disini ada satu resto Padang yang terkenal akan kenikmatan rendangnya, biasanya sih saya dibeliin kakak perempuan saya yang menjadi pelanggan setia resto ini.. Namanya Rumah Makan Sederhana, jangan salah biarpun namanya Sederhana tapi cita rasa rendangnya ruarr biasa. Untuk lokasinya silahkan temukan dengan bantuan Zomato lagi ya :)




3. Ayam Betutu (Bali)

Photo Credit : Sashy Little Kitchen
Ayam betutu merupakan salah satu hidangan ayam khas Bali, sebenarnya selain ayam, bebek-pun bisa dijadikan betutu tapi saya lebih suka ayam betutu karena kalau bebek sampai sekarang belum ketemu bebek betutu yang tidak amis. Ayam betutu adalah olahan ayam yang dibalur dengan bumbu rajang khas Bali biasanya disebut base genep atau dalam bahasa Indonesia bumbu lengkap. Ayam yang sudah dibersihkan dan diremas-remas kemudian dibalur dengan bumbu, bagian dalam perutnya biasanya diisi daun ubi yang sudah direbus dan dibumbui, lalu ayam dibungkus daun pisang dan dikukus. Setelah dikukus untuk menyempurnakan aromanya, biasanya ayam dibakar atau dipanggang lagi dengan bara jadi wangi asapnya membuat ayam betutu semakin menggoda selera. Kalo mau makan ayam betutu di Bali yang paling nikmat dan pedasnya poll ada didaerah Bali Barat di kawasan pelabuhan Gilimanuk. Namanya "Men Tempeh", warung makan ini merupakan salah satu yang paling terkenal di Bali biasanya para wisatawan lokal akan menyempatkan makan disini ketika berkunjung ke Bali via jalur darat. Kebetulan kampung halaman saya sama-sama berada di Bali barat jadi setiap pulang disempatkan mampir untuk numpang "mandi keringat" di warung ini. Di denpasar hidangan sejenis bisa temui di banyak tempat mulai dari yang murah sampai yang bisa bikin kantong kewalahan. Nah biar aman tidak ada salahnya mencari info via Zomato dulu agar ketemu tempat yang menyajikan Ayam betutu nikmat dengan harga terjangkau.






4. Ayam Taliwang  (Lombok)

Photo credit : Sashy Little Kitchen
Sebagai fans berat cabai, pastinya makanan favorit saya tidak akan jauh-jauh dari yang bercitarasa pedas dan kaya akan kandungan cabai :). Setelah ayam betutu super pedas, hidangan berikutnya adalah Ayam Taliwang khas Lombok. Sama-sama hidangan ayam dan cara memasaknya pun mirip namun bedanya Ayam taliwang ini dibumbui dengan campuran bumbu sederhana yang dipadukan dengan santan. Ayam dimasak bersama bumbu dan santan hingga airnya menyusut kemudian dibakar dan disajikan dengan plecing kangkung dan beberok terong yang pedas. Ayamnya jadi empuk dengan bumbu wangi dan gurih, plecing kangkung dan beberok yang pedas bemberikan nilai extra, apalagi segarnya tomat dan terong mentah yang menjadi bahan dari beberok terong.  Ketika dimakan ada sensasi kriuk-kriuk yang segar dan pedas. Biasanya dilengkapi dengan  taburan kacang tanah goreng yang makin membuat hidangan ini komplit, duh bisa makan sampai nambah 2 porsi kalau saya ketemu paket hidangan ini. Saya suka masak Ayam taliwang diruah, tapi kalau lagi males yang makan diluar sambil jalan-jalan. Kalau di Bali yang saya sering kunjungi adalah Ayam Taliwang Bersaudara di daerah Imam Bonjol - Denpasar.







5. Karedok ( Sunda - Jawa Barat)

Photo credit : Sashy Little Kitchen
The last but not the least, ini dia satu-satunya sayuran yang masuk kedalam 5 makanan favorit saya. Setelah chart 1 sampai 4 ditempati ayam-ayaman dan daging-dagingan, akhirnya ada juga sayurannya ya hehhehe. Karedok adalah hidangan khas Sunda - Jawa Barat yang terbuat dari aneka sayuran mentah seperti tauge, kol, terong, kacang panjang yang diiris tipis serta daun selada, disajikan dengan saus kacang seperti gado-gado tapi bedanya bumbu dari karedok ini kaya akan rasa dan aroma kencur. Kalau dirumah yang sering request untuk  dibikinkan karedok ini adalah suami saya, saking sukanya kadang dia rela pergi kepasar untuk membeli semua bahan yang dibutuhkan jadi saya tinggal masak saja dirumah. Kalau saya makan Karedok sukanya versi pedas (tetep) dan dimakan tanpa nasi, jadi makan karedoknya sampai bener-bener kenyang hihihi, kadang kalau pas jam makan siang dan kepingin karedok, saya suka pergi ke warung khas Sunda di dekat kantor. Namanya warung Parahyangan, berlokasi di jalan cemara dekat pantai Semawang Sanur. Disini tersedia karedok yang super enak menurut saya, sayurannya selalu segar dan campuran bumbunya pas. Selain Karedoknya yang enak, warung ini juga terkenal akan sop ikannya. Bagi yang sedang lewat ke daerah Sanur bisa sesekali mampir untuk sekedar mencoba atau membuktikan sendiri. Tapi kalau kewarung ini jangan pas sedang lapar ya, karena antriannya suka lumayan lama maklum semua hidangan langsung dimasak ketika dipesan jadi semua yang disajikan ke pelanggan selalu segar dan baru.








Oh ya dari tadi saya selalu menyebut Zomato ketika menyarankan untuk mencari restaurant atau tempat makan terdekat. Bagi yang belum tau apa itu Zomato yuk saya kenalkan sedikit, kan pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang ...siapa tau setelah baca dan mengenal Zomato bisa membantu bagi anda yang suka susah atau kesulitan menemukan restaurant/ tempat makan yang tepat.

Zomato merupakan panduan pencarian restoran online dan mobile yang menyediakan informasi mendalam untuk lebih dari 370,000 restoran di 22 negara. Fitur utama konten Zomato meliputi menu, foto, koordinat dari setiap restoran sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengulas restoran serta berinteraksi antar Foodie lainnya. Pada 6 November 2013, Zomato secara resmi membuka operasionalnya di Jakarta-Indonesia dengan lebih dari 12,000 daftar restoran. Pada September 2014, Zomato telah membuka kota baru yaitu Bali.

Saat ini situs dan platform ponsel Zomato telah diakses oleh lebih dari 80 juta pengguna setiap bulannya secara global untuk mencari tempat makan diluar, mencari layanan pesan antar, berkumpul di kafe, atau menikmati kehidupan malam. Platform yang fokus kepada pengguna memudahkan pemilik restoran berinteraksi langsung dengan konsumennya.

Sekian cerita tentang 5 makanan Indonesia Favorit versi saya, bagaimana dengan anda ? yuk berbagi cerita dan makin bangga akan kuliner Nusantara :)




Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

Bagikan

Baca Juga

Bangga Masakan Indonesia Bersama Zomato - 5 Kuliner Nusantara Favorit Saya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih