Minggu, 11 November 2012

idfb challenge #7 : Kari Ayam Nanas


Awalnya hampir tidak mau ikut tantangan ini, karena selama ini belum pernah membuat kari sendiri biasanya di buatkan oleh ibu :). Tapi kalo tidak pernah dicoba kapan bisanya , ya kan? akhirnya keliling dunia maya dengan bantuan om google untuk mencari resep yang kiranya pas, nemu beberapa resep kari tapi sepertinya biasa aja seperti kari pada umumnya ngk ada yang unik.

Sempet kepikiran mau bikin kari kepiting tapi males bersihinnya dan takut dicapit juga, akhirnya niatnya dibatalkan. Kepikiran lagi bikin kari ikan tapi suami ngk mau, mau bikin pake daging sapi saya allergi akhirnya ya balik lagi bikinnya pake ayam. Supaya rasanya ngk terlalu santan banget saya tambahin nanas dan wortel dalam karinya jadi ada sensasi rasa asem segernya, selain itu saya juga ngk pake santan saya ganti santannya pake susu evaporasi. Waktu itu lupa dimana saya pernah baca kalo santan bisa diganti susu evaporasi bagi yang ingin mengurangi kadar kolesterolnya. Rasanya hampir ngk ada bedanya sih buat saya, gurihnya masih ada malah tidak terlalu berminyak dan bikin enek seperti santan aslinya.

Karinya agak kering dan tidak begitu berkuah karena diawal saya niatkan untuk disantap dengan roti prata tapi apa daya rotinya jadi lembek dan lengket gara-gara listrik mati dan kulkas ikutan mati. Karena ngk jadi pake roti terpaksa disantap pake nasi saja tapi rasanya sama enaknya kok (pe de). Berikut ini resep dan cara membuatnya : 


Bahan-Bahan:
  • 1/2 kg daging ayam ( saya pakain bagian dada tanpa tulang )
  • 4 butir cengkeh 
  • 3 lembar daun jeruk 
  • 3 batang serai 
  • 1 buah nanas potong dadu 
  • 1 buah wortel potong dadu
  • 1 gelas Susu evaporasi
  • minyak/margarin untuk menumis
  • daun ketumbar / corriander

Haluskan:
  • 100 gr cabai merah
  • 10 bh bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan putih
  • 1 sdt jintan manis
  • ½ bh pala
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 1 cm jahe
  • 4 bh kapulaga
  • 2 cm kunyit 
  • 1 sdt merica hitam
Cara Membuat :
  1. Haluskan semua bumbu, sisihkan.
  2. Potong daging ayam bentuk dadu, cuci bersih
  3. Panaskan wajan, beri sedikit minyak atau margarin. Tumis bumbu , tambahkan daun jeruk dan serai. Tumis sampai harum. 
  4. Tambahkan cengkeh dan sedikit air , sekitar setengah gelas biarkan mendidih. Masukkan ayam aduk hingga tercampur rata . biarkan ayam empuk dan matang.
  5. Masukkan susu evaporasi , beserta wortel dan nanas . Masak hingga matang , kuah mengetal sambil terus diaduk. 
  6. Setelah kuahnya bener-benar kental , matikan api beri daun ketumbar cincang. 
  7. Hidangkan dengan roti prata atau nasi  

idfb challenge 7



 



Bagikan

Baca Juga

idfb challenge #7 : Kari Ayam Nanas
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih