Resep Dori Panggang Sambal Matah Kecombrang, Menu Nikmat dan Hemat Modal 20 Ribuan.

resep olahan dori sashy little kitchen
Nikmat dan sehatnya ikan dori panggang ditaburi sambel matah kecombrang yang wangi dan pedas menggigit.




Sebulan lebih sudah kita berada pada masa-masa yang mungkin amat sangat membingungkan dan butuh banyak sekali penyesuaian. Akibat pembatasan aktivitas di luar rumah demi menekan penularan virus, berimbas besar bagi kelangsungan perekonomian termasuk ekonomi keluarga. Banyak perusahaan yang terpaksa harus merumahkan karyawan dan menutup sementara usahanya, atau sebagian lainnya tak lagi bisa bekerja harian seperti biasanya karena aturan dan kebijakan yang ditetapkan.


Minggu pertama mungkin belum terasa ya, masih santai menikmati masa-masa diam di rumah yang serasa liburan, tapi begitu waktu berlalu semakin lama apalagi setelah melewati sebulan mulai terasa mau dibawa kemana kita ? apakah keadaan berangsur membaik, jalan di tempat atau bahkan memburuk ? tak ada satupun yang bisa menjamin jawabannya. 


resep dori panggang sambal matah kecombrang
lapisan crust kecoklatan pada ikan yang terbentuk dengan melapisi tepung maizena




Sebagian orang dalam sebulan sudah mampu menemukan perubahan ritme keseharian atau pemasukan keuangan. Yang dulunya kerja kantoran sekarang mencoba peruntungan berjualan makanan rumahan secara online. Mengembangkan skill terpendam dan jeli melihat peluang, saat pandemi terjadi orang mulai berusaha ekstra menjaga kesehatan dan moment ini ditangkap sebagai peluang untuk menjual aneka produk herbal seperti jamu. Semoga saja semua orang bisa menemukan ritme baru untuk menjaga kelangsungan hidup selama masa-masa sulit ini. Dan bagi kita yang harus tetap bergumul dengan dapur, sudah mulai harus mengatur dan menyiasati anggaran dapur agar bisa lebih berhemat lagi. 


Mencari cara agar tetap bisa menyajikan makanan yang bergizi tanpa menggunakan bahan-bahan yang terlalu mahal, nah berikut ini saya mau share satu resep olahan ikan yang mungkin bisa menjadi referensi menu terjangkau namun tetap sehat, bergizi dan tentunya nikmat. Olahan ikan dori ini hanya menghabiskan sekitar 20 ribu untuk porsi berdua. Gunakan dori fillet frozen karena harganya lebih terjangkau, 1 kg berisikan 4-5 fillet ikan dibanderol seharga 40 ribuan saja. 


Dori Panggang Sambal Matah Kecombrang, Menu Nikmat dan Hemat Modal 20 Ribuan.
sambal matah dengan campuran bunga kecombrang yang memiliki rasa dan aroma wangi yang khas, ampuh membangkitkan selera makan 


Untuk tetap menjaga nilai gizinya, ikannya cukup dipanggang saja jangan digoreng selain hemat minyak, juga menjadikan menu ini lebih sehat. Lapisi dori dengan tepung maizena agar bagian luar ikan tidak terlalu lengket dan hancur saat dipanggang. Disamping itu lapisan tepung ini juga membentuk crust luar membuat warnanya terlihat lebih menggiurkan.


Sementara untuk sambal matahnya sendiri, kuncinya jangan pernah menambahkan bawang putih pada sambal matah yang disajikan benar-benar mentah karena rasanya akan jadi langu. Gunakan minyak kelapa asli untuk mendapatkan aroma yang maksimal. Kali ini saya menambahkan kecombrang untuk menambah nikmat si sambal matah ini, setelah diiris-iris kecombrang ditumis sebentar sampai layu saja baru dicampur dengan bahan sambal matah lainnya.


Dori panggang sambal matah kecombrang paling nikmat disajikan langsung sesaat setelah matang , ditemani nasi hangat dijamin bakal nambah nasi lagi.



Dori Panggang Sambal Matah Kecombrang, Menu Nikmat dan Hemat Modal 20 Ribuan.
ditemani nasi hangat, dori panggang sambal matah kecombrang bakal bikin ketagihan









RESEP DORI PANGGANG SAMBAL MATAH KECOMBRANG 
By Sashy Little Kitchen


Bahan-Bahan:
  • Fillet ikan dori 
  • Tepung maizena 
  • Garam secukupnya 
  • Merica secukupnya 
  • Bawang putih bubuk secukupnya 
  • Jeruk nipis 

Bahan Sambal Matah Kecombrang: 

  • 8 siung bawang merah 
  • 8 buah cabe rawit merah & hijau (sesuai selera) 
  • 2 lembar daun jeruk / perasan air jeruk limau 
  • 1 buah kecombrang (iris dan tumis dengan sedikit minyak hingga layu) 
  • terasi secukupnya (dibakar) 
  • garam secukupnya 
  • minyak kelapa asli secukupnya 

Cara Membuat: 

  • Defrost fillet ikan dori jika menggunakan yang frozen kemudian tiriskan airnya dan keringkan dengan tissue. 
  • Lumuri ikan dengan air jeruk nipis kemudian taburi garam, bawang putih bubuk dan merica, ratakan pada kedua sisi ikan. 
  • Balur ikan dengan tepung maizena hingga seluruh permukaannya rata. 
  • Panggang ikan diatas pan yang sudah diolesi sedikit minyak hingga matang dan kecoklatan, sisihkan. 
  • Dalam wadah lain, campur semua bahan sambal matah, remas-remas hingga layu dan tercampur rata, tambahkan minyak kelapa secukupnya, aduk rata. 
  • Siapkan ikan dori panggang dalam piring saji kemudian tuangkan sambal matah kecombrang diatasnya, lauk sehat dan nikmat siap disajikan dengan nasi hangat.







My Instagram

Copyright © Bali Food Blogger: Resep dan Review by Sashy Little Kitchen.