Resep Es Krim Mangga yang Lembut (Homemade Mango Ice Cream )

Homemade Mango Ice Cream


Merasa dehidrasi dan kelelahan karena cuaca panas yang akhir-akhir ini semakin menyengat? dari pada  bete dan ngedumel nggak jelas mendingan kita cari solusi menyegarkan badan. Misalnya dengan meracik aneka minuman dingin atau es krim, seperti yang saya buat sabtu kemarin. Memanfaatkan stock buah mangga yang ada di kulkas, dicampur dengan fresh cream dan susu kental manis  dan taraaaa keesokan harinya saya punya persediaan sekotak besar es krim mangga homemade yang lembut, segar dan pastinya bikin adem di siang yang terik. Paling tidak dengan bikin es krim sendiri dirumah, saya tidak perlu keluar rumah berpanas-panas ria hanya sekedar untuk membeli es krim atau minuman dingin. Selain hasilnya jauh lebih banyak, es krim buatan sendiri pasti lebih aman karena bebas dari bahan-bahan pengawet atau pewarna yang kurang baik bagi kesehatan. 

Nah sebelum saya tuliskan resep homemade mango ice cream, bagaimana kalau kita mengenal sedikit perbedaan antara es krim, gelato dan sorbet. Saya sendiri sering salah dan bingung mengenali ketiga varian ini, sekilas memang nampak serupa tapi ternyata ketiganya memiliki perbedaan dan ciri khasnya tersendiri. 


Es Krim (Ice Cream)
Es krim merupakan salah satu jenis frozen desserts berbahan dasar susu (dairy based product) yang dibuat dari campuran susu, cream dan gula kadangkala dicampur juga dengan telur atau perasa. Komposisi es krim mengandung 10%-16% butterfat (lemak susu) dan 50% udara ketika telah membeku. Semakin besar jumlah udara yang terjebak dalam adonan akan menghasilkan produk yang semakin lembut dan mudah meleleh. 

Gelato 
Gelato memiliki bahan dasar campuran yang sama dengan es krim yaitu susu, cream dan gula tapi gelato mengandung lebih sedikit lemak susu dibandingkan dengan es krim. Kandungan butterfat pada gelato berkisar antara 6%-8% hampir 50% lebih sedikit dibanding yang terkandung dalam es krim. Lebih sedikit lemak susu berarti lebih sedikit pula udara yang tertinggal, hal ini menyebabkan gelato lebih padat dari es krim. Gelato memiliki texture lebih lembut dari es krim dan biasanya dibuat dalam porsi lebih kecil. 

Sorbet 
Berbeda dari gelato dan es krim, sorbet termasuk dalam golongan non-dairy frozen desserts yang tidak mengandung bahan susu atau lemak susu. Bahan utamanya terbuat dari air, gula, dan puree buah ( buah yang dihaluskan) atau kadang ditambahkan perasa untuk memperkuat aroma dan rasa yang dihasilkan. Karena tidak mengandung lemak susu, texture sorbet tidak bisa selembut gelato atau es krim. Nah bagi yang sedang diet rendah lemak, sorbet merupakan pilihan yang paling tepat.

Jadi foodies lebih suka yang mana nih, es krim, gelato atau sorbet ? saya sih dikasi yang mana aja saja suka cuman nggak sukanya kalo disuruh bayar gelato yang enak tapi menyiksa dompet hehehhe. Anyway sesuai janji saya tadi berikut ini saya tuliskan kembali resep homemade mango ice cream yang tempo hari saya buat.

Homemade Mango Ice Cream

Homemade Mango Ice Cream


Homemade Mango Ice Cream 


Bahan-Bahan :
  • 4 buah mangga yang sudah matang sekali ( saya pakai manalagi)
  • 1/2 cup susu kental manis putih
  • 1 cup fresh cream atau bisa memakai whipping cream yang di cairkan. 
  • Additional : 1 buah mangga dipotong dadu


Cara Membuat
  1. Kupas dan iris mangga lalu blender hingga halus.
  2. Campurkan puree mangga dengan susu kental manis aduk rata
  3. Dalam wadah lain kocok fresh cream atau whipped cream hingga mengembang dan kaku.
  4. Campurkan puree mangga dan cream yang sudah dikocok, aduk hingga rata.
  5. Taruh campuran es krim dalam wadah yang diinginkan
  6. Bekukan dalam freezer sampai setengah beku, kemudian keluarkan dan mixer kembali hingga lembut.
  7. Bekukan lagi es krim dalam freezer kurang lebih 2 sampai 3 jam, keluarkan dan mixer kembali. Ulangi proses ini sekali lagi untuk mendapatkan texture es krim yang lembut. 
  8. Pada pengocokan yang ke tiga kali campurkan es krim dengan potongan buah mangga , aduk rata dan bekukan kembali sampai saat dihidangkan. 
  9. Keluarkan es krim mangga sesaat sebelum disajikan selamat, menikmati
Homemade Mango Ice Cream










My Instagram

Copyright © Bali Food Blogger: Resep dan Review by Sashy Little Kitchen.