Jumat, 03 Maret 2017

Resep Singkong Thailand yang Manis dan Legit



Singkong mungkin tergolong salah satu bahan pangan yang sederhana dan kadang sering dipandang sebelah mata. Biasanya singkong hanya digunakan sebagai bahan dasar olahan kue-kue tradisional, kolak atau keripik, tapi belakangan ini singkong sering muncul sebagai hidangan penutup ketika kita bersantap di resto. 

Tentunya sebagian besar dari foodies pasti pernah mencicipi olahan singkong yang manis dan legit ini. Namanya singkong Thailand atau sweet cassava, singkong yang direbus dalam cairan gula hingga empuk kemudian disajikan dengan siraman saus santan nan kental, sederhana memang tapi sajian ini terbukti bisa memikat hati banyak penikmatnya. Hal ini terbukti dengan semakin mudahnya menemukan si singkong manis ini disajikan di resto-resto maupun kedai-kedai makanan. 




Kalau di Denpasar sih kita dengan mudah bisa menikmati singkong Thailand ini di kedai-kedai yang menjual hidangan khas Bali seperti rujak dan kawan-kawannya. Sayapun pertama kali mencoba si manis nan legit ini di salah satu warung rujak di kawasan Renon dan sejak itu saya jadi punya keinginan kalau suatu hari mau bikin sendiri singkong Thailand ini biar makannya bisa puas. 

Nah buat yang ingin mencoba membuat sendiri berikut ini saya share resepnya yang saya dapat dari mba Vania, katanya sih ini dari salah satu bundle majalah Femina. Nah siapa tau diantara foodies ada yang lagi bingung mencari menu penutup untuk disajikan saat acara keluarga, bisa banget nyobain resep yang satu ini.



Resep Singkong Thailand (Singkong Manis)

Bahan-Bahan:
  • 500 gram singkong, kupas potong 5 cm atau sesuai selera 
  • 200 ml air jeruk manis (kurleb dr 500 gr sunkist atau jeruk mandarin)
  • 500 ml air
  • 150 gram gula 
  • 1/2 sdt garam
  • additional daun pandan


Kuah Santan:
  • 150 ml santan rebus
  • 1/8 sdt garam
  • 1 sdm tepung beras (Campur, aduk rata dan didihkan)


Cara Membuat:
  1. Rendam singkong dengan air jeruk kurang lebih 30 menit lalu tiriskan
  2. Didihkan air, rebus singkong hingga empuk, masukkan gula dan garam, dan daun pandan jika pakai. masak hingga larut gunakan api kecil. Singkong jangan diaduk terus menerus supaya tidak hancur, balik sekali-sekali saja agar seluruh permukaan terlapisi cairan. 
  3. Masak terus hingga cairan gula meresap kedalam singkong. Setelah empuk sajikan dengan saus santan. 
  4. Selamat menikmati 


Baca selengkapnya