Jumat, 17 Februari 2017

Sensasi Sarapan yang Berbeda di Sukun Restaurant by Alaya Resort Kuta

Breakfast Package at Sukun Restaurant by Alaya Resort Kuta

Jika membayangkan sarapan di hotel pastinya mayoritas dari kita akan terbayang buffet breakfast dimana segala jenis hidangan tersaji dalam waktu bersamaan dan para tamu bisa memilih item yang diinginkan dari satu sisi ke sisi lainnya dalam jumlah yang tidak terbatas. Tapi ternyata tak semua hotel menawarkan konsep sarapan yang serupa, jika ingin mencoba sensasi sarapan di hotel yang lebih personal dan berbeda mungkin foodies bisa mencoba sarapan di Alaya Resort-Kuta. 

Alaya Resort-Kuta sendiri merupakan salah satu hotel berbintang empat yang berdiri di kawasan utama Kuta tepatnya di seputaran jalan Kartika Plaza. Lokasinya terbilang sangat strategis dengan desain hotel yang memadukan antara gaya urban dan sentuhan sisi etnik Indonesia. Disini sarapan disajikan setiap harinya di Sukun Restaurant, dengan areal resto semi terbuka yang nyaman. Nama Sukun resto sendiri terinspirasi dari keberadaan pohon Sukun yang berada di areal pintu masuk hotel. 

Interior Sukun Restaurant - Alaya Resort Kuta
Begitu memasuki kawasan resto kita akan merasakan ambience yang berbeda, ada unsur alam yang sangat kentara dengan view taman yang hijau serta pool di sisi kiri resto. Tak hanya itu, resto ini juga memiliki atap yang dilukis menyerupai langit biru, elemen lukisan ini bertujuan untuk menguatkan suasana musim panas (summer) serta lingkungan alam tropis. Landscape taman dengan tanaman hijau nan rindang serta gemericik air dari pancuran yang ada di dalam kolam-kolam kecil semakin membuat betah berlama-lama duduk disini. Tak mengherankan bila suasana di tempat ini jadi begitu nyaman, ternyata ada peran tangan dingin alm. Made Wijaya seorang landscaper ternama dalam desainnya.

Kursi rotan dengan cushion berwarna terang

Warna-warna terang seperti hijau, kuning dan merah mendominasi dekorasi resto, terutama pada warna cushion yang menempel serasi dengan kursi-kursi rotan di ruangan ini. Pilar-pilar besar yang kokoh dengan finishing warna alam semakin menguatkan sisi natural dan segar dari Sukun Resto. Tembok yang memisahkan resto dengan bagian lain dari hotel juga tak kalah unik, ada ornamen mozaic berbentuk bunga yang menepel di dinding dan di bagian lain dinding dibuat lubang membentuk bunga. Lubang-lubang bunga ini tak hanya berfungsi sebagai ornament yang mempercantik tampilan ruangan tapi sekaligus bisa membantu menciptakan siklus udara yang baik, maka tak heran jika resto ini tetap sejuk meskipun ruangannya berupa semi open area. 

Dekorasi Sukun Restaurant - Alaya Resort Kuta
Welcome drink at Alaya Resort Kuta

Beralih dari dekorasi ruangannya yang unik, di Sukun resto ini kita juga bisa menikmati sarapan yang berbeda dari hotel kebanyakan. Disini sarapan disajikan dalam sistem American breakfast set/package yang lebih mendekati kepada  sistem menu ala carte, dimana tamu akan mendapatkan satu set sajian sarapan mulai dari roti hingga main course.  Nah yang berbeda disini kita bisa memilih sendiri main course yang ingin dipesan dari deretan list menu yang disiapkan. Menunya pun bisa dipesan dan disesuaikan dengan selera kita, jadi setiap hidangan yang tersaji lebih personal dan selalu fresh karena hanya dibuat berdasarkan order atau pesanan dari tamu. 


Beberapa menu main course yang bisa dipesan di Sukun Resto : French Toast, Eggs Benedict dan Seafood and Wild Mushroom Vol Au Vent
Beberapa menu main course yang bisa dipesan di Sukun Resto
Dalam satu set breakfast, setiap tamu akan mendapatkan bread basket yang berisi beberapa jenis roti, pastry dan cake lengkap dengan butter dan aneka selai untuk melengkapi penyajiannya. Lalu ada sepiring potongan buah segar dan yoghurt, pilihan kopi atau teh serta jus buah segar. Nah untuk hidangan utamanya kita bisa memilih salah satu dari deretan list menu yang disediakan. Oh ya untuk menunya sendiri dalam satu minggu ada dua pilihan list menu yang berbeda, hal ini bertujuan untuk menghindari rasa bosan bagi tamu yang menginap lama di hotel ini.

Secangkir capuccino di Sukun Resto
Fruit Platter dengan yoghurt dan fresh fruit juice
Bread Basket dengan aneka selai dan butte - Sukun Resto Alaya Resort Kuta
Sukun Eggs Benedict - Sukun Resto by Alaya Resort Kuta
Pilihan main coursenya sendiri tergolong lumayan lengkap dan kesemuanya menggugah selera. Terutama untuk menu-menu yang memang merupakan menu andalah atau signature dish dari Sukun resto, salah satunya "Sukun" Eggs Bennedict, pilihan yang sempurna bagi foodies yang menyukai main course komplit, lapisan terbawahnya terdiri dari crispy hash brown yang diikuti dengan lapisan spinach/bayam yang direbus, kemudian ada irisan smoked salmon dan yang terakhir adalah poach egg dengan tingkat kematangan yang pas. Tak ketinggalan hollandaise sauce yang creamy menjadi bagian penting dari hidangan ini. Kuning telur yang meleleh sempurna ketika bersentuhan dengan pisau dan garpu semakin menggugah selera untuk segera menikmati hidangan ini. Untuk isian dari eggs bennedict ini sendiri, tersedia tiga varian isian yaitu smoked salmon, ham dan bacon, jadi silahkan pesan isiannya sesuai dengan selera masing-masing. 

Sukun Eggs Benedict - Sukun Resto by Alaya Resort Kuta

Bagi foodies yang menggemari sarapan dari jenis roti-rotian, saya sarankan untuk mencoba French toast yang ditawarkan. Toast yang tebal nan lembut disajikan dengan apple compote, nutella, potongan buah strawberry segar, selai blueberry serta siraman madu. Sungguh pilihan yang sempurna apalagi jika disandingkan dengan secangkir kopi. 

French Toast - Sukun Resto by Alaya Resort Kuta
French Toast - Sukun Resto by Alaya Resort Kuta

Satu lagi pilihan menu yang sempat saya coba disini adalah Seafood and Wild Mushroom Vol Au Vent yang disajikan dengan saus hasil reduksi dari buah beet serta green peas mushy. Vol Au Vent sendiri adalah istilah dalam bahasa Perancis untuk pastry shell atau hollow pastry dimana puff pastry ditumpuk menjadi tumpukan tebal dengan bagian kosong atau lubang di tengahnya. Nah di bagian tengah ini nantinya diisi dengan aneka isian, seperti seafood dan wild mushroom ini.

Seafood and Wild Mushroom Vol Au Vent at Sukun Restaurant by Alaya Resort Kuta

Puff pastrynya sendiri ringan dan mengembang dengan sempurna, katanya sih semua pastry dan bread yang disajikan disini dibuat langsung di dapur Sukun resto. Isiannya terasa gurih, creamy tapi tetap ringan, seafood yang digunakan pastinya seafood segar karena kualitas rasanya masih benar-benar terjaga, sementara jamur dan cream selalu menjadi pasangan yang serasi. Sebagai asupan karbo, hidangan ini disajikan dengan kacang polong yang dihaluskan serta sentuhan sedikit rasa manis dari saus buah beet. Pilihan menu yang mengenyangkan dengan takaran yang pas tidak terlalu berat untuk mengawali hari.

H2O - Refreshing juice berbahan dasar watermelon, ginger, lime dan mint - Sukun restaurant by Alaya Resort Kuta
Salah satu mocktail yang wajib dicoba, "Mango Moon" pepaduan smoothies mango, mint dan soda
Alaya Lemonade yang menyegarkan, terbuat dari Lemon, soda, dan mint. Rasanya mirip virgin mojito tapi versi lemon bukan lime

Bagi foodies yang tak menginap di Alaya Resort-Kuta tak usah khawatir karena menu breakfast package ini juga dibuka bagi tamu di luar tamu hotel (outsider). Foodies bisa menikmati set menu sarapan yang komplit ini hanya dengan membayar IDR 150.000 perorang, harga yang sangat masuk akal untuk kualitas rasa dan pelayanan serta suasana yang didapatkan. 

Oh ya diluar menu-menu tadi, Sukun resto tetap menyediakan menu ala carte yang bisa dipesan di luar breakfast package termasuk aneka mocktail dan cocktail yang tak kalah menggoda. Silahkan mencoba menikmati santai siang atau dinner di resto ini, Sukun resto buka mulai jam 06.30 pagi sampai jam 11.00 malam.
Jadi bagaimana foodies tertarik untuk mencoba sarapan hotel yang berbeda ? Sukun Resto by Alaya Resort-Kuta biasa jadi salah satu alternative pilihan yang patut dipertimbangkan.


Bagikan

Baca Juga

Sensasi Sarapan yang Berbeda di Sukun Restaurant by Alaya Resort Kuta
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

13 comments

Tulis comments
avatar
19 Februari 2017 15.08

Bagus foto2nya makanannya menggoda pengen coba

Reply
avatar
19 Februari 2017 18.57

Hai Wenda thank you ya .. kalo ke Bali cobain deh nggak bakal nyesel :)

Reply
avatar
21 Februari 2017 03.13

dang!!!! gambar2nya superb quality banget mbak ><

Reply
avatar
21 Februari 2017 21.51

Hai mba Sashy, fotonya bagus dan makanannya juga enak enak banget. SMoga suatu saat ke BAli aku bisa mencoba. MAkasih sudah berbagi ya

Reply
avatar
21 Februari 2017 23.21

150ribu untuk menu yang mewah banget ya. Masih termasuk standar juga sih. Dari semua yang terlihat enak2 banget, Sukun Egg yang menurut saya paling unik.

Reply
avatar
22 Februari 2017 00.23

Restonya bikin happy dengan warna terang pada cushion-nya yaa.

Reply
avatar
22 Februari 2017 09.32

Warna-warni interior restonya cantik banget mbak :D
Makanannya bikin ngiler terutama seafor dan mushroomnya itu
TFS reviewnya :)

Reply
avatar
22 Februari 2017 20.07

Thank you Maya. makasi sudah mampir kesini ya :)

Reply
avatar
22 Februari 2017 20.07

Hai mba Alida, makasi udah mampir ya mba, Amiin semoga segera bisa ke Bali yak :)

Reply
avatar
22 Februari 2017 20.16

iya mba bener 150 masih standard untuk menu yang didapet, itu buah dll bisa nambah2 juga jadi makan sampe puas. Ah sama ak juga suka banget sama sukun egg bennedictnya, enak

Reply
avatar
22 Februari 2017 20.18

Enaknya aduh, bikin laper dan baper mba
pengen mamm

Reply
avatar
22 Februari 2017 20.40

iya mba suasana ala-ala summer gitu ya :). btw makasi sudah mampir ya mba

Reply
avatar
23 Februari 2017 18.33

thank you mba April, ah akupun masih suka ngiler kalo buka postingan ini. Seafood and mushroomnya yang creamy tapi nggk bikin eneq itu memang enak. Makasi sudah mampir ya mba :)

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih