Kamis, 31 Maret 2016

REMAKE : Melon Bingsu ala Cantare

Melon Bingsu
Patbingsu atau patbingsoo merupakan dessert khas dari Korea yang sangat digemari terutama ketika musim panas menjelang. Awal mulanya patbingsu hanya berupa es serut dengan topping kacang merah yang dijual pedagang kaki lima, namun seiring berjalannya waktu desserts yang satu ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. 

Patbingsu yang sekarang kita kenal terdiri dari berbagai jenis dan topping namun pada dasarnya kesemuanya berupa es serut dengan topping buah atau kacang-kacangan dan susu. Salah satu dari varian Patbingsu yang populer dan menarik perhatian saya  adalah Melon Bingsu. 
  
Melon bingsu sendiri memiliki tampilan yang sangat menggiurkan, dibuat dari buah melon utuh yang dibelah dua menyerupai mangkok lalu diisi dengan es serut susu (snow ice) dan topping buah melon serta susu.

Munculnya trend Kpop dan Drakor menjadikan aneka hidangan ala Korea dikenal luas di Indonesia, bahkan belakangan tak sedikit gerai dessert khas Korea bermunculan di kota-kota besar termasuk di Bali. Tapi herannya di Bali saya sama sekali belum pernah menemukan jenis bingsu yang persis seperti melon bingsu ala Cantare ini. Sebagian besar dessert Korea disini topingnya berupa black pearl, mochi atau aneka buah yang dicampur jadi satu. Oleh karena itu kali ini dalam rangka meramaikan challenge REMAKE yang diadakan group tercinta kita IDFB, maka saya mencoba membuat melon bingsu sendiri.

Berhubung setoran kali ini bener-bener di detik-detik terakhir, jadi tanpa panjang lebar saya tuliskan kembali resepnya. Tampilan desserts ini memang kelihatan mewah tapi cara membuatnya sama sekali tidak susah loh. Hanya butuh senjata pamungkas berupa mellon baller maka kita bisa membuat melon bingsu ala resto dessert korea di rumah. Tentunya lebih murah dan memuaskan dari segi porsi :)

Melon Bingsu


MELON BINGSU 
(Remake ala Cantara Kokas)

Bahan-Bahan:
  • 1/2 buah melon (bisa gunakan melon jenis apa saja sesuai selera anda)
  • 2 cup susu cair
  • 1/2 cup gula castor
  • 1 scoop vanilla es krim (atau sesuai selera)
  • Susu kental manis secukupnya

Cara Membuat:
  1. Bersihkan bagian biji melon, melukian keluarkan daging buah melon dengan menggunakan melon baller atau sendok hingga tersisa mangkok dari kulit dan sebagian daging melon. Sisihkan daging buah melon yang sudah dibentuk.
  2. Simpan  mangkok melon dalam kulkas supaya dingin
  3. Campur susu cair dan gula, aduk hingga gula larut.
  4. Tuang campuran susu dalam ice maker , bekukan 
  5. Setelah beku, serut es tadi dengan alat serut es atau bisa menggunakan blender biasa. 
  6. Keluarkan mangkok melon yang sudah didinginkan, letakkan es serut tadi didalam mangkok.
  7. Hias dengan buah melon yang sudah dibentuk tadi.
  8. Beri topping es krim di bagian atas lalu siram dengan susu kental manis
  9. Yuhu melon bingsu siap menemani hari yang terik. 

Postingan ini khusus saya buat untuk mengikuti  Cookblog challenge -Remake- yang diadakan oleh Indoesian Food Blogger (IDFB)


versi asli dan versi remake



Baca selengkapnya

Air Terjun Sekumpul, Keindahan Tersembunyi di Bali Utara

Air Terjun Sekumpul - Bali Utara


Bali selain terkenal dengan pantai-pantainya  yang indah juga memiliki banyak spot air terjun yang menawan. Sebagian besar air terjun ini berada di wilayah Singaraja - Bali Utara. Salah satu yang terindah adalah  air terjun Sekumpul (Sekumpul waterfall). Sesuai dengan namanya air terjun yang satu ini berlokasi di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng atau sekitar 76 km dari daerah Denpasar . 

1 kilometer pertama
Untuk mencapai lokasi air terjun Sekumpul, kita harus berkendara selama kurang lebih satu setengah jam dari daerah Denpasar dengan melewati areal wisata kebun Raya Eka Karya - Bedugul. Sesampainya di lokasi, kita disediakan tempat parkir diatas, atau bisa turun sedikit di parkiran bawah. Disana akan ada pemuda desa setempat yang membantu kita untuk parkir atau bersedia menjadi pemandu menuju ke air terjun. Jika kita membawa mobil lebih baik parkir di atas, di areal jalan raya karena jalan turunan menuju air terjun tidak begitu besar dan lumayan terjal. Tarif parkir yang dikenakan untuk satu unit mobil sebesar Rp. 10.000 (terbilang lumayan murah untuk areal pariwisata)

Perbukitan dan pemandangan ke arah kota singaraja
Dari Parkiran menuju ke air terjun kita harus berjalan sejauh kurang lebih 2,5 km. Tapi bagi pengunjung yang enggan berjalan kaki, kita bisa menyewa ojek yang tersedia disana , tarif ojek sebesar Rp. 20.000 untuk sekali jalan atau Rp. 35.000 untuk pulang pergi. Tapi saya sendiri meutuskan untuk berjalan kaki karena ingin menikmati pemandangan yang hijau dan indah di sepanjang perjalanan turun. Kami baru menyewa ojek ketika kembali naik ke atas karena nafas sudah terengah-engah hehehe. 

terasering
Perjalan di satu kilometer pertama terasa amat menyenangkan, sepanjang jalan sudah di beton dan pemandangannya indah. Hamparan sawah dan perbukitan sangat memanjakan mata, belum lagi pohon manggis dan durian yang kala itu sedang lebat-lebatnya berbuah. Nah medan terjal mulai terasa begitu kita memasuki loket tiket, sebenernya untuk masuk ke areal air terjun ini kita tidak dikenakan biaya tiket masuk tapi hanya dikenakan sumbangan sukarela atau dana punia. Jadi kita bisa memberi bayaran sesuai dengan kemauan dan kemampuan kita. 


sawah dan bukit nan hijau
Baca selengkapnya

Senin, 21 Maret 2016

Killer Soft Bread

Killer Soft Bread

Yuhuu foodies kali ini saya mau posting resep roti yang kekinian , sebenernya mungkin agak telat yah postingnya karena roti ini sudah wara wiri di media sosial sejak beberapa pekan lalu. Bagi yang hobi baking pasti sudah tidak asing lagi dengan roti yang satu ini, yups namanya Killer Soft Bread. Dari namanya saja pasti sudah kebayang ya gimana kelembutannya.

Killer Soft Bread
Sesuai dengan namanya, hasil rotinya memang lembut banget, seratnya panjang. Hampir sama sih dengan hasil dari roti metode water roux tapi yang ini step by stepnya lebih singkat karena tidak ada proses pembuatan roux dan fermentasinya juga hanya sekali saja. Jadi resep ini recomended deh buat yang mau dapet roti lembut dalam waktu yang relatif singkat.

Killer Soft Bread
Resep aslinya adalah resep dari Victoria Bakes namun saya memakai resep yang sudah diterjemahkan dan disesuaikan dari blognya mba Nina Agustina. Bagi yang mau mencoba berikut ini saya tuliskan lagi resepnya ya.

Killer Soft Bread


KILLER SOFT BREAD 
by Victoria Bakes via Catatan-Nina

Bahan-Bahan :

  • 260 gr tepung terigu protein tinggi 
  • 30 gr gula pasir 
  • 3 gr ragi instan 
  • 1 butir telur yang ditambah susu cair hingga berat 160-180 gr
  • 30 gr butter / margarin 
  • sejumput garam 
  • saya tambahkan sedikit pasta pandan 

Olesan : 
  • 1 butir telur 
  • 3 sdm susu cair 

Cara Membuat : 
  1. Campurkan tepung terigu, gula pasir dan ragi instan hingga tercampur rata.
  2. Masukkan campuran telur dan susu, uleni hingga kalis kemudian tambahkan butter dan garam. Uleni kembali hingga kalis dan elastis.
  3. Bagi adonan (saya timbang @50 gr), diamkan selama 10 menit. Beri isian sesuai selera.
  4. Tata adonan di loyang yang sudah dioles tipis margarin / minyak sayur dan diamkan hingga mengembang 2x lipat. Saya tadi proofing selama kurang lebih 30 menit sudah mengembang tinggi.
  5. Oles dengan bahan olesan dan beri topping bila suka, panggang dengan suhu 170'C selama kurang lebih 30-40 menit.
  6. Keluarkan dari oven, panas-panas olesi dengan butter. Siap dinikmati. 

Killer Soft Bread


Killer Soft Bread
Baca selengkapnya

Kamis, 17 Maret 2016

Apple Pancake dengan Tepung Gluten Free

Apple Pancake dengan Tepung Gluten Free

Pancake merupakan salah satu alternative menu sarapan yang nikmat dan praktis. Untuk memperkaya rasa dan tampilan dari pancake kita bisa menambahkan aneka topping seperti buah-buahan, kacang-kacangan, selai dan madu. Nah kali ini saya ingin berbagi resep pancake apel dengan menggunakan tepung gluten free dari ladang lima.

Apple Pancake
Kebetulan masih punya sisa tepung gluten free dan apel dikulkas. Jadi sarapan kali ini bikin yang praktis tapi tetep enak aja. Bahan-bahannya mudah didapat dan bagi yang sedang menjalani diet rendah gluten, varian resep ini mungkin bisa dijadikan salah satu referensi untuk dicoba.

Apple Pancake dengan blueberry sauce

Apple Pancake dengan Tepung Gluten Free
Untuk 3 porsi


Bahan-Bahan:
  • 2 butir telur (kocok ringan)
  • 1 1/2 Cup susu cair + perasan air jeruk nipis dari 1 buah jeruk nipis ( aduk dan diamkan sebentar)
  • 2 Cup tepung terigu serbaguna ( saya pakai tepung gluten free dari Ladang Lima)
  • 1 sdt baking powder
  • 1/4 cup gula castor
  • 2 buah apel ( kupas dan parut kasar)

Topping:
  • 1/2 buah apel , kupas dan iris tipis ( rendam dalam air jeruk nipis supaya tidak berubah warna)
  • Bluebbery sauce secukupnya
  • Jeruk nipis diiris


Cara Membuat:
  1. Campur kocokan telur, dan susu dalam wadah yang agak besar
  2. Dalam wadah lain campur dan ayak, tepung, baking powder dan garam secara bersamaan
  3. Tuangkan campuran tepung kedalam adonan telur, aduk ringan hingga tercampur rata
  4. Masukkan parutan apel, aduk rata ( jangan mengaduk berlebihan)
  5. Panaskan wajan, beri sedikit olesan margarin atau mentega. Tuang 1 sendok sayur adonan pancake masak sebentar hingga lapisan bawah berwarna coklat keemasan. Kemudian balik pancake hingga sisi satunya berubah warna juga. Angkat dan ulangi hingga semua adonan habis.
  6. Tata pancake dalam piring saji, beri potongan apple diatasnya , kemudian siram dengan saus blueberry. Untuk rasa yang lebih segar beri perasan jeruk nipis diatas pancake.
  7. Selamat mencoba  
Baca selengkapnya

Rabu, 16 Maret 2016

Brownies Snickers dengan Tepung Gluten Free

Brownies Snickers dengan Tepung Gluten Free

Bagi pencinta coklat, brownies yang satu ini mungkin bisa jadi salah satu resep yang wajib dicoba.
Texture browniesnya yang fudge (padat dan basah) di dalam dan crunchy diluar, dengan rasa coklat yang bener-bener nyoklat banget plus tambahan topping snickers dan coklat leleh pastinya bisa memuaskan selera penikmat coklat. 


Saya sendiri sudah mencoba membuat brownies dengan beberapa resep berbeda, namun brownies kali ini agak berbeda karena saya memakai tepung gluten free dari Ladang Lima sebagai pengganti terigu.  Meskipun terbuat dari singkong namun ketika diolah menjadi satu dengan coklat, rasa tepungnya sama sekali tidak kentara. Hasilnya hampir tidak bisa dibedakan dengan brownies yang dibuat dari terigu pada umumnya.


Resep dasar browniesnnya saya pakai resep brownies 1/2 kg teh Nicke Dewi Kania yang tersohor itu ( maafkan karena sekian kali bikin tetep blm ketemu shinny crustnya heheh).  Tapi kali ini saya hanya membuat 1/2 resep untuk 1 loyang ukuran 25 x 25 cm. Untuk toppingnya sendiri bisa dimodifikasi sesuai selera, snicker bisa diganti dengan silverqu**n maupun coklat lainnya. Yang pengen nyoba berikut ini saya tuliskan resepnya kembali ya :)



Brownies Snickers dengan Tepung Gluten Free 
(Resep dimodifikasi dr resep brownies 1/2 kilo teh Nicke Dewi Kania)

Bahan-Bahan :
  • 1/2 kg telur (8 butir)
  • 1/2 kg gula pasir
  • 1/2 kg tepung terigu
  • 50 gram Coklat Bubuk (pake van houten)
  • 1/2 kg DCC (Dark Cooking Coklat) di lelehkan.

Bahan cair 500 gr (mentega dan minyak) :

  • 250 gr mentega
  • 250 gr minyak
 
Tambahan untuk selera (optional) :
  • Vanili
  • 100 gr susu bubuk/ 2 sdm Sussu Kental manis
  • 2 sdm nescafe cairkan dulu sedikit dengan air panas 

Topping :
  • Snicker di potong-potong
  • Chocochips
  • Coklat leleh

Cara membuat :
  1. siapkan 4 buah loyang (25x10x4) alasi kertas kue.
  2. panaskan oven,
  3. lelehkan (coklat dan mentega di masing2 tempat),
  4. Kocok telur dan gula larut dan adonan mengental,
  5. masukan tepung, coklat bubuk,
  6. lalu masukkan bahan cair (coklat, minyak, mentega)
  7. bagi di 4 loyang, Panggang dalam oven selama kurang lebih 30 menit atau hingga matang dengan suhu 180'C.
  8. Sekitar 10 menit sebelum matang, keluarkan adonan dan beri taburan topping lalu masukkan kembali dalam oven dan panggang hingga matang. 

Note:
  • Resep diatas untuk 4 buah loyang 25 x 10 x 4
  • Saya hanya membuat setengah resep dari yang tercantum diatas untuk 1 loyang 25x25x4
  • Untuk mendapatkan permukaan yang Shiny dan Crust, Pastikan oven sudah cukup panas sewaktu adonan dimasukkan (20 menit), Oven yang sudah cukup panas akan memunculkan lapisan coklat tipis transparan di permukaan brownies, membuat tampilan brownies semakin cantik. Kalau suhu oven kurang panas, lapisan ini tidak akan muncul. Selain itu pengocokan gula juga harus sampai larut. Bila dua hal ini sudah terpenuhi, biasanya lapisan tipis mengkilap ini akan muncul di bagian atas brownies.
  • Untuk tips dan trick lebih lengkap silahkan meluncur kesini https://www.facebook.com/notes/natural-cooking-club/brownies-setengah-kilo-by-nicke-dkania-hoesein/10152155392916887






Baca selengkapnya

Selasa, 15 Maret 2016

Mudahnya Membuat Roti dengan Panasonic Bread Maker SD-P104


Beberapa bulan yang lalu saya sempat ngebet banget pengen punya bread maker, apalagi setelah dipamerin roti hasil bread makernya mba Anne di group WA. Duh makin mupenglah saya, sampai setiap hari nyempetin buat browsing bread maker di beberapa e-commerce juga. Tapi waktu itu melihat harganya yang lumayan jadi berifkir banget buat beli, apalagi saya yang bakingnya suka moody. Kalau beli barang biasanya suka dan disayang-sayangnya cuman seminggu, lalu abis itu terlupakan begitu saja hehehe. 


Khusus si bread maker ini, keinginan saya lumayan lama bertahan loh. Sampai waktu itu saya juga stalking dan comment di akun instagram dan facebooknya Panasonic Indonesia. Kebetulan Panasonic sedang hgencar-gencarnya posting produk bread maker terbarunya di medsos. 

Beberapa waktu berselang, masih berharap bisa beli si bread maker ini, tapi waktu itu cuman bisa ngarep ada yang berbaik hati mau beliin ( sambil ngelirik pak suami). Bak gayung bersambut, harapan saya bisa jadi kenyataan, dari hasil mengikuti Panasonic Cooking Competition 2016 saya akhirnya bisa punya bread maker yang selama ini saya impikan. 


Duh rasanya masih nggak percaya ya (agak lebay), bisa dapet apa yang kita inginkan dengan gratis pula (muka gratisan). Terimakasih banyak Panasonic Indonesia. 

Hari-hari pertama ketika si PBM dibawa pulang kerumah, saya langsung nggak sabaran mau unboxing. Nah begitu kemasan dan dus dibuka saya malah kasian mau nyoba si PBM ini, soalnya bentuknya cantik banget, minimalis (saya suka benda-benda dapur yang berwarna putih). Sampai seminggu berlalu, saya masih belum mau ngotorin bread maker ini tapi lama-lama gatel juga deh pengen menjajal kemampuannya. 


Akhirnya sehari sebelum Nyepi kemarin, saya niatkan untuk nyoba bikin roti tawar sederhana dengan bread maker ini. Dulu sih nggak percaya kalau bikin roti bisa segampang ini ya, tinggal cemplungin bahan, set menu yang diinginkan dan tunggu deh .. tara rotinya langsung jadi. Nunggunya bisa sambil ngerjain hal lain atau bahkan sambil ditinggal tidur, begitu bangun rotinya sudah siap.

Membuat roti dengan PBM ini kemungkinan gagalnya sangat kecil, selama kita memasukkan takaran bahan-bahan dengan benar.  Jika biasanya kita harus menguleni roti dengan susah payah supaya menghasilkan roti dengan serat yang lembut dan empuk, maka dengan Panasonic Bread Maker ini nggak ada lagi cerita pegal di bagian lengan atau mixer yang kerja rodi untuk ngulen roti. 

Panasonic Bread Maker selain bisa membuat aneka macam roti-rotian, juga bisa digunakan untuk membuat aneka jenis adonan (dough) seperti kulit pizza, croissant, bagels maupun membuat kulit pangsit dan cake.  

Panasonic Bread Maker SD-P104 ( Photo by Panasonic)


Untuk percobaan pertama ini saya hanya membuat roti tawar sederhana dengan menggunakan resep soft bread bawaan dari buku panduan PBM. Hasilnya roti yang empuk dan lembut, cocok banget untuk roti sandwich atau disajikan bersama telur dan selai untuk sarapan. 

Bagi yang tertarik ingin tau lebih banyak mengenai si putih ini bisa mengunjungi situs resmi Panasonic Indonesia di http://www.panasonic.com/id/ atau untuk info tentang kitchen appliance dari Panasonic bisa kunjungi instagramnya di @PanasonicCooking

Spesifikasi singkat:

Kapasitas   4,2 g - 280 g
Pemanas   360-428 Watt
Pelindung panas berlebih   Ya
Timer   sampai 13 jam
Panjang Kabel   0,9



making bread with Panasonic Bread Maker SD-P104


BASIC SOFT BREAD 
Recipe by Panasonic


Bahan-Bahan 
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi 
  • 15 gram mentega 
  • 2 sdm gula pasir 
  • 1 sdm susu bubuk 
  • 1 sdt garam 
  • 190 ml air ( saya pakai susu)
  • 1 sdt ragi kering 

Cara Membuat :
  1. Pasang mata pisau oada loyang bread maker
  2. Masukkan semua bahan-bahan kecuali ragi kedalam loyang
  3. Masukkan loyang kedalam unit bread maker, dan letakkan ragi di dalam dispenser ragi
  4. Tekan menu pilih no. 3 untuk soft bread dan no 2 untuk rapid bread ( saya pakai soft bread)
  5. Tekan menu crust untuk memilih warna crust roti ( light atau medium)
  6. Setel timer dan tekan start 
  7. Ketika ada bbunyi beep, tekan stop dan keluarkan loyang. Biarkan di ushu ruangan selama kurang lebih 2 menit. keluarkan roti dari loyang dan siap disajikan 


Roti Panggang dengan Pouched Egg/ Selai Coklat
untuk 2 orang


Bahan -Bahan:
  • 4 lembar roti tawar 
  • mentega untuk olesan 
  • selai coklat untuk topping
  • 2 butir telur 
  • air untuk merebus
  • garam dan merica secukupnya 

Cara Membuat ;
  1. Panaskan loyang anti lengket
  2. Olesi kedua sisi roti tawar dengan mentega, panggang sebentar kedua sisinya diatas loyang hingga kecoklatan. Sisihkan
  3. Untuk pouched egg, panaskan wajan kecil dengan air didalamnya. saat air mengerluarkan buih-buih kecil (bukan mendidih), masukkan telur tanpa kulit.
  4. Gunakan api kecil, gunakan sendok untuk melipat bagian putih telur kearah dalam, sehingga kuning telur tertutupi.
  5. Masak sebentar hingga putih telur set, angkat dan letakkan diatas roti panggang tadi . taburi dengan erica dan garam. Sobek kuning telur dengan garpu ketika disajikan. 
  6. Untuk roti dengan selai coklat, tinggal oleskan selai favorit masing-masing. 
  7. Have a good breakfast 



Baca selengkapnya

Senin, 14 Maret 2016

Bakpao Mawar isi Daging Lada Hitam yang Empuk dan Lembut (Tanpa tepung tangmien)

 Bakpao Mawar isi Daging Lada Hitam yang Empuk dan Lembut  (Tanpa tepung tangmien)
Bakpao merupakan salah satu kekayaan kuliner warga Tionghoa yang masuk dan populer di Indonesia. Kata Bakpao sendiri berasal dari bahasa Hokkian yaitu Pao yang berati "bungkusan", dan bak berarti daging. Jadi secara harfiah Bakpao memiliki arti daging dalam bungkusan atau daging yang dibungkus. (Wikipedia)

Berdasarkan pengertiannya, bisa disimpulkan bahwa dahulu kala yang disebut bakpao adalah pao yang isiannya berupa daging terutama daging babi pada umumnya. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan semakin populernya bakpao, maka isian bakpao pun jadi sangat bervariasi. Kita bisa dengan mudah menemukan bakpao dengan varian isian yang beragam seperti daging ayam, sayur-sayuran, serikaya manis, keju, coklat, kacang merah, kacang hijau, dan sebagainya, sesuai selera. 

 Bakpao Mawar isi Daging Lada Hitam yang Empuk dan Lembut  (Tanpa tepung tangmien)
Untuk menikmati bakpao tentunya tidak sulit, banyak sekali penjual yang menawarkan aneka varian bakpao mulai dari  abang-abang bersepeda sampai kios-kios khusus bakpao. Tapi saya sendiri agak was-was kalau membeli bakpao diluaran sana, mungkin karena efek tayangan reportase tv yang banyak membahas pedagang-pedagang nakal. Pedagang-pedagang yang rela melakukan segala cara untuk mendapat keuntungan lebih, meskipun tidak semua begitu ya. Saya yakin masih banyak penjual diluar sana yang jujur dan menjaga kwalitas barang dagangannya dengan baik. 

 Bakpao Mawar isi Daging Lada Hitam yang Empuk dan Lembut  (Tanpa tepung tangmien)
Tapi untuk lebih amannya ada beberapa varian makanan yang saya lebih suka membuat sendiri, dari pada was-was dan makannya nggak tenang hehehe. 

ah untuk membuat bakpao ada tepung khusus yang digunakan, dari info beberapa teman membuat bakpao yang mengkilap kita harus menggunakan tepung tang mien, sementara untuk bakpao yang putih bersih kita mesti menggunakan tepung Hongkong. 

Lalu bagaimana jika kita kesulitan menemukan kedua tepung tersebut ? apakah bikin bakpaonya harus batal ? tentu tidak, karena tanpa kedua tepung itu kita masih bisa membuat bakpao yang empuk dan lembut loh. 

 Bakpao Mawar isi Daging Lada Hitam yang Empuk dan Lembut  (Tanpa tepung tangmien)

Saya sudah membuktikannya sendiri, kemarin saya nyontek resep bakpao tanpa tepung tangmien hasil karya dari Ibu Malka di cookpad. Bukan hanya tidak memakai tangmien tapi saya juga mengganti tepung terigu dalam resep menjadi tepung terigu serbaguna, dan hasilnya tetap empuk dan lebut. 

Berhubung kemarin dapet contekan membentuk bakpao mawar dari mba Ning (Kokifrustrasi), iseng aja sekalian nyoba bentuk paonya jadi bentuk bunga mawar. Untuk isiannya saya pakai daging lada hitam. Bagi yang mau mencoba silahkan bisa nyoba resep berikut ini dan isiannya bisa dimodifikasi sesuai selera masing-masing. 

 Bakpao Mawar isi Daging Lada Hitam yang Empuk dan Lembut  (Tanpa tepung tangmien)

Bakpao Mawar isi Daging Lada Hitam
(resep dimodifikasi dari cookpad Ibu Malka)

Bahan Kulit Bakpao 

  • 250 gr tepung protein rendah ( kunci biru)/ saya pakai protein sedang
  • 1/2 sachet ragi instan
  • 45 gr gula pasir butiran halus
  • 140 ml susu cair
  • 30 gr butter tawar
  • 1/4 sdt garam

 Isian Daging Lada Hitam

  • 100 gr daging ( bisa pakai ayam,babi atau sapi)  cuci, potong kotak-kotakkecil
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah daun bawang, iris halus
  • 1/2 cm jahe geprek
  • 1 sdm saos tiram
  • 1 sdt kecap manis 
  • 1/2 sdt lada hitam di gerus kasa
     Garam dan gula secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat :
  1. Campur susu dan gula, aduk rata. Sisihkan
  2. Campur tepung dan ragi, aduk. Tuang susu kedalamnya perlahan sambil diaduk dgn sendok kayu. Aduk merata.
  3. Masukkan butter dan garam. Uleni hingga kalis elastis
  4. Bagi adonan dan timbang masing-masing seberat 35 gr, bulatkan. Tutup dgn serbet lembab. Diamkan selama 30 menit
  5. Setelah 30 menit, tipiskan adonan, beri isi, bulatkan kembali, lalu diamkan selama 20 menit (tutup kembali dgn serbet lembab). (untuk membentuk bunga mawar silahkan lihat step by step dibawah)
  6. Setelah 20 menit, bakpao akan mengembang ringan. Kukus selama 10-15 menit dgn api sedang.
 
Isian Daging lada hitam:

  1. Panaskan sedikit minyak, tumis bawang putih cincang dan jahe hingga wangi.
  2. Masukkan daging, aduk-aduk. Tambahkan air.
  3. Setelah agak empuk, beri kecap, saos tiram, gula, garam dan lada hitam.
  4. Masak hingga matang. Sesaat sebelum diangkat, tuang irisan daun bawang, aduk-aduk sebentar. Angkat 

Step by Step Membentuk Bakpao Mawar 

Step by Step Membentuk Bakpao Mawar

  1. Ambil satu bulatan adonan, kemudian giling hingga pipih. Ambil gelas kecil atau ring cutter, taruh ditengah-tengah lembaran adonan pao untuk membentuk areal tempat isian. Bagi bagian luar adonan menjadi 8 bagian seperti pada gambar. 
  2. Taruh 1 sendok makan isian di tengah-tengah lembaran adonan, kemudian mulai tangkupkan sisi-sisi yang berhadapan kearah tengah ( saya mulai dari sisis F dan E)
  3. Tangkupkan lagi sisi-sisi berikutnya  ( A dan B)
  4. Kemudian sisi lainnya ( H dan G)
  5. Lanjutkan dengan sisi D dan C hingga semua sisi-sisi adonan habis
  6. Tara jadi deh bakpao mawar.

Baca selengkapnya

Minggu, 06 Maret 2016

Panasonic Cooking Online Competition : Dari Rice Cooker Rusak sampai ke Jakarta. (part 1)

Lemongrass grilled chicken served with Thai style salad


Tidak terasa ternyata sudah sebulan berlalu sejak acara final Panasonic Coooking Competition 2016 di Jakarta kemarin. Padahal rasanya baru kemarin di colekin Winda Gulanya Gulali buat ikutan acara ini ( makasi ya Winda sayang). Niat untuk menuliskan pengalaman selama mengikuti event di Jakarta juga sudah ada dari beberapa minggu lalu, tapi apa daya mood nulisnya hilang muncul nggak karuan dan akhirnya baru kesampaian hari ini.





Untuk memenuhi janji saya ke beberapa orang kawan, kali ini saya mau berbagi pengalaman mulai dari awal mengikuti kompetisi ini sampai akhirnya bisa menang di babak final, sesuatu yang nggak pernah terbayangkan sebelumnya. Berhubung ceritanya panjang kali lebar banget jadi postingannya akan saya bagi ke dalam 3 postingan berbeda ya dan ini adalah bagian pertamanya.

Awalnya saya ikut kompetisi ini dengan satu tujuan utama yaitu bisa membawa pulang rice cooker baru. Bukan apa-apa waktu itu mendadak rice cooker di rumah patah di bagian sambungan antara tutup dan containernya, jadi agak susah kalo mau di buka tutup. Begitu liat postingan lombanya ada hadiah rice cooker.  Tanpa pikir panjang langsung ikutan dengan harapan masuk 50 besar dan  bisa bawa pulang rice cooker gratis. Hihihi kan lumayan buat gantiin rice cooker yang rusak tanpa perlu beli ( muka gratisan banget yak)

Waktu itu saya submit foto di tahap pertama barengan dengan temen-temen dari Indonesian Food Blogger ada Bang Dedy dan Dita. Dita yang selalu semangat kalo ikutan lomba dengan jurus andalan serangan fajarnya hahaha, masih inget banget waktu itu melihat  dia posting 10 atau 20 resep sekaligus. Saya sendiri cuman posting dua resep, yang pertama resep Mujair Menyatnyat dan yang satu lagi resep Okonomiyaki. 


Kita bertiga ini adalah tipe-tipe SKS yang posting selalu mepet-mepet hari terakhir. Begitupula kali ini, kita posting di hari terakhir karena deadlinenya tanggal 15 November 2015. Setelah kejar-kejaran posting eh ada pengumuman kalo waktu submit diperpanjang sampai 29 November 2015 hihhihihhh. Sering banget lah kejadian begini, posting buru-buru lalu deadline diperpanjang. 

Nah setelah submit foto, mulailah deg-degan nunggu pengumuman 50 besar. Jujur kala itu ngarep banget masuk 50 besar, hanya demi sebuah rice cooker baru. Setelah beberapa minggu berlalu, akhirnya yang ditunggu-tunggu diumumkan juga pada tanggal 10 Desember 2015, dan yeay masuk 50 besar artinya si rice cooker sudah pasti bisa dibawa pulang. Dari 50 nama peserta yang beruntung masuk lima puluh besar, saya dan Dedy lolos tapi sayang si Dita ketinggalan, mungkin jurus serangan fajar kali ini kurang paten ya Dit. Resep saya yang lolos di babak ini adalah Okonomiyaki, padahal yang lebih dipersiapkan dengan niat banget itu malah yang mujair menyatnyat (lol)
Baca selengkapnya

Jumat, 04 Maret 2016

Siomay ayam dan udang

Siomai atau siomay merupakan salah satu jenis Dim Sum atau makanan kecil dalam bahasa Kanton. Konon katanya siomay berasal dari wilayah Mongolia Dalam dan menyebar ke berbagai wilayah Asia hingga ke Indonesia. 



Pada dasarnya siomay merupakan kudapan dengan rasa gurih yang terbuat dari cincangan daging atau ikan dicampur bahan-bahan lainnya, kemudian dibungkus dalam adonan kulit dan dimatangkan dengan cara dikukus. 


Di Indonesia sendiri siomay sangat banyak variannya, mulai dari siomay ayam, siomay ikan, atau siomay udang. Sebagai pelengkap siomay disajikan bersama sayuran rebus, kentang rebus, telur rebus kemudian disiram dengan bumbu kacang dan tak lupa perasan jeruk limo. Tapi di beberapa tempat siomay juga hanya disajikan dengan sausa sambal dan rasanya tak kalah enak dengan siomay yang disajikan dengan saus kacang.
Baca selengkapnya

Kamis, 03 Maret 2016

Resep Sukiyaki ala Rumahan

Isian sukiyaki yang sedang direbus
Sukiyaki (すき焼き) merupakan salah satu jenis hidangan hot pot ala Jepang yang terdiri dari irisan daging, sayur-sayuran serta tahu yang dimasak dengan cara direbus perlahan. Hidangan Jepang yang satu ini belakangan  menjadi favorit banyak orang. Selain karena sehat dan rendah lemak serta minim penggunaan minyak, sukiyaki juga memiliki citarasa yang enak dan pas sekali jika disantap bersama keluarga ketika musim hujan seperti sekarang.

Isian sukiyaki yang sedang direbus
Sekilas sukiyaki agak mirip dengan Shabu-shabu bahkan saya sendiri awalnya belum bisa membedakan perbedaan antara kedua jenis hidangan ini. Belakangan ini saya baru sadar ada beberapa perbedaan utama antara sukiyaki dan shabu-shabu. Sukiyaki dimasak dalam kuah yang sudah diberi sedikit bumbu, lalu semua bahan dimasak perlahan diatas kompor meja dan langsung disantap hangat. Oh ya di Jepang umumnya setelah daing sukiyaki matang, lalu di celupkan dalam kocokan telur baru kemudiab dimakan. Sementara shabu-shabu sendiri merupakan irisan daging super tipis yang dimasak dengan dicelupkan kedalam panci khusus yang berisi air mendidih tanpa bumbu, setelah matang daging tersebut lalu disantap dengan dicelupkan dalam saus yang disebut Tare.  Nah sudah kebayang kan perbedaannya :)

Lilit jamur enoki dengan irisan daging agar tak hancur dan mudah saat diambil

Seminggu ini saya sedang ketagihan bikin sukiyaki dirumah, ini berawal ketika saya kopdar bareng mba Ayu (salah satu teman sesama blogger) di sebuah resto dimsum di kawasan Renon. Dari cerita mba Ayu katanya dia sering membuat sukiyaki dirumah. Mendengar penjelasannya kelihatannya tidak sulit kalau dicoba sendiri. Sampai jadilah saya mencoba membuat sukiyaki dirumah dengan bahan-bahan seadanya dan percobaan ini membuat saya ketigahan. 

bahan-bahan isian sukiyaki
Total dalam seminggu saya sudah membuat sukiyaki sebanyak 3 kali. Sukiyaki ala rumahan ini juga jadi favoritnya pak suami, kebetulan kita berdua sama-sama suka sayuran, jadi dengan bikin sendiri kita bisa memasukkan sayuran sebanyak-banyaknya. Selain membantu menghangatkan tubuh saat musim hujan, menyajikan sukiyaki dirumah juga jauh lebih hemat serta bisa menjadi sarana mempererat komunikasi antar anggota keluarga. 

jamur merupakan bagian yang penting dalam isian sukiyaki

Yuk bikin sukiyaki sendiri, berikut ini resep ala saya ya yang sebenarnya bisa disesuaikan dengan bahan-bahn dan selera masing-masing.

sukiyaki ala rumahan
semangkok sukiyaki dinikmati bersama orang tersayang saat musim penghujan


RESEP SUKIYAKI

Bahan Kuah:

  • 10 potong ceker ayam.
  • 600 ml air matang.
  • 2 lembar daun salam.
    2 cm jahe, kupas dan geprek.
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 sdt minyak wijen.
  • 1 sachet Dashi ( kaldu ikan khas jepang), bisa diganti kaldu lain
  • 2 siung bawang putih cincang
  • merica (test rasa)
  • garam. (test rasa)
  • Perasan air jeruk nipis 
  • Cabai utuh jika suka pedas 
  • Sedikit margarine untuk menumis
Optional: jika suka bisa ditambahkan 1 sdt bumbu tomyam ( hasilnya kuahnya lebih beraroma dan lebih asam segar).




Bahan Isian:

  • Pokchoy
  • Sawi putih 
  • Tauge panjang 
  • Batang daun bawang
  • Jamur enoki
  • Jamur Champignone
  • Jamur Kuping , seduh air panas
  • Bakso Ikan
  • Tahu Bakso ikan ala Jepang (untuk warna yg lebih cantik goreng dahulu tahu baksonya)
  • Irisan Daging ( bisa pakai daging sesuai selera, jika memakai ayam pastikan waktu memasknya lebih lama) 
Bahan Saus celupan:

  • Sambal botolan
  • Kecap Asin 
  • Air Kaldu   
Campur dan aduk semua bahan saus hingga menyatu.

Cara Membuat:

  1. Didihkan air dengan ceker ayam yang sudah dicuci bersih, tambahkan daun salam, jahe dan serai. Masak hingga mendidih kurang lebih selama 30 menit.
  2. Saring Kuah kaldu, sisihkan
  3. Tumis bawang putih hingga harum, tuangkan kuah kaldu yang sudah disaring tadi. Tambahkan 1 sachet dashi, minyak wijen, merica, dan garam serta cabai utuh.
  4. Aduk dan didihkan, lakukan koreksi rasa. Masukkan perasan air jeruk nipis dan bumbu tom yam ( jika pakai)
  5. Kecilkan api masukkan bahan-bahan isian sukiyaki, mulai dari daging, jamur-jamuran dan yang terakhir sayuran yang mudah matang.
  6. Sajikan sukiyaki dalam keadaan panas dengan cocolan saus yang sudah dibuat tadi.
  7. Jika suka bisa juga menyiapkan telur yang dikocok lepas, celupkan daging yang sudah matang dalam telur sebelum dimakan ( saya tidak pakai telur)

 


Baca selengkapnya