Rabu, 24 Februari 2016

Gelato House Bali; Because Ice Cream Makes You Happy

Belgian Waffles with chocomint and 80% dark chocolate gelato - IDR 45K
 
"You can't buy happiness. But you can buy an ice cream and that's about the same thing."
 -Kamu tidak bisa membeli kebahagiaan, 
tapi kamu bisa membeli es krim , dan kedua hal tersebut cenderung serupa-


Sudah beberapa kali membaca quote diatas dan ketika dipikir-pikir ada benarnya juga, kebahagiaan memang tidak bisa dibeli dengan uang tapi kebahagiaan bisa didapatkan dari hal-hal kecil yang kita sukai seperti es krim misalnya. Nah ngomong-ngomong soal es krim siapa sih yang nggak suka dessert dingin, manis dan lebut ini ? saya sendiri sih termasuk ice cream lovers terutama sorbet dan varian es krim yang kaya rasa buah. 

Bagi foodies yang ngaku suka es krim kali ini saya ingin berbagi pengalaman menikmati gelato  di salah satu kedai es krim yang berlokasi di daerah Canggu - Bali. Konon katanya tak kenal maka tak sayang, jadi dengan postingan saya ini mudah-mudahan bisa memberi gambaran atau sekedar referensi bagi kalian yang sedang berburu tempat menikmati Gelato yang asik di seputaran canggu. 
Kedai mungil ini mengusung nama Gelato House Bali, berlokasi di jalan utama Batu Belig tepat di sebelah Watercress Resto. Meskipun tempatnya tidak begitu besar namun Gelato House menyajikan konsep tempat nongkrong yang nyaman dengan dekorasi simple dan cantik. 

Front view Gelato House Bali

Begitu kita tiba di depan kedai, kita akan disambut oleh sebuah quote "Ice Cream Makes You Happy" dengan tanda panah yang mengarah ke lokasi pintu masuk. Memasuki ruangan, mata akan langsung tertuju pada deretan pilihan es krim, gelato dan sorbet yang terpampang menggiurkan di dalam dua buah rak kaca. 


varian Gelato yang bisa dipilih di Gelato House Bali

Sebagai pemanis ruangan beberapa buah lampu gantung berwarna kuning terang diletakkan tepat diatas rak kaca tadi. Guna memudahkan pengunjung memilih menu dan melihat harga, empat buah papan tulis hitam dengan ukuran kecil di jejerkan di dinding lengkap dengan varian menu yang ditawarkan beserta harganya. 

interior Gelato House Bali
interior Gelato House Bali
Menoleh ke kiri kita akan melihat sebuah ruangan lain dengan dinding dihiasi wallpaper biru bermotif geometris, memberi kesan yang sejuk seperti dinginnya es krim. Di dalam ruangan ini terdapat kursi kayu dengan meja bulat yang mungil serta kursi memanjang di sekeliling tembok ruangan. Ditambah lagi dengan deretan cushion cantik beraneka motif dan warna ikut mempercantik ruangan dan menjadikan spot ini instagramable (bisa jadi pilihan bagi foodies yang suka selfie di tempat-tempat kece). 

interior Gelato House Bali

interior Gelato House Bali
Saking asiknya mengamati ruangan dan dekorasi di tempat ini, saya sampai lupa kalau belum memesan apa-apa hehhehe. Untung saja suami dan sohibnya yang turut serta sudah langsung pesen gelato favorit masing-masing. Sementara mereka menikmati gelato pilihannya, saya masih bingung mau pesen apa, secara semuanya keliatan menggiurkan. 

blueberry cheesecake gelato by Gelato House Bali
dragon fruit sorbet by by Gelato House Bali
Setelah sekian menit berfikir akhirnya saya memesan belgian waffle dengan topping dua jenis gelato yaitu chocomint dan 80% dark chocolate. Order beres sayapun bergegas menyusul pak suami ke ruangan sebelah, dan ternyata mereka sudah sibuk sendiri menikmati gelatonya masing-masing. Pak suami dengan blueberry cheesecake gelato dan sohibnya memlihi dragon fruit sorbet. Sempet nyicipin punya pak suami, yang dari tampilannya aja sudah keliatan enak. Duh rasanya bener-bener mirip blueberry cheesecake yang creamy dengan sensasi segarnya buah blueberry.

Belgian Waffles with chocomint and 80% dark chocolate gelato
Sambil menunggu pesanan, kamipun ngobrol kesana kemari karena waffle pesanan saya lumayan lama datengnya. Bisa dimaklumi sih wafflenya dibuat fresh ketika dipesan. Selain gelato disini juga menawarkan aneka varian smoothies, waffles dan kopi jadi lumayan banyak pilihan kan. Sekitar 15 atau 20 menit berlalu akhirnya pesanan saya datang. Seperti biasa yang ngiler duluan adalah pak suami, yang nggak sabaran mau nyobain padahal tadi sudah habis satu cone gelato sendiri. 

Waffle yang saya pesan datang dengan tampilan yang tidak mengecewakan, cantik dengan dua jenis topping gelato plus garnish  daun minta yang menambah segar tampilannya. Sebagai food blogger (abal-abal) Rasanya tidak sah kalau sajian secantik ini tidak difoto terlebih dahulu (modus), jadilah saya paksa pak suami jadi modelnya ehehehhe.  

Belgian Waffles with chocomint and 80% dark chocolate gelato
Anyway motonyanya nggak lama-lama kok, karena si gelato sudah memanggil-manggil untuk dinikmati. Chocomint gelato yang menjadi pilihan saya rasanya unik banget dominan creamy tapi ada wangi dan sensasi mintnya yang terasa banget. Kalau dinikmati siang-siang saat cuaca terik pasti varian ini bener-bener bikin adem deh. Kali ini favorit saya jatuh pada si dark chocolate yang mengandung 80 % cacao, bener-bener perpaduan yang pas antara manis dan creamy dengan manis pahit dari cacaonya. Kaya rasa dan lumer dimulut, rasanya nggak cukup hanya satu scoop tapi apa daya timbangan melarang untuk nambah lagi. 

Belgian Waffles with chocomint and 80% dark chocolate gelato

Karena kami punya rencana ke tempat lain,  akhirnya kami bergegas ke kasir setelah menghabiskan gelato pesanan masing-masing. Ketika sampai di kasir saya baru sadar pantes saja gelatonya enak -enak semua. Ternyata gelato yang dijual di Gelato House Bali ini merupakan gelato yang di produksi oleh Massimo restaurant. Foodies yang ada di Bali pasti sudah pada tahu Massimo kan, yang berlokasi di Sanur dan famous banget dengan gelatonya yang bikin ketagihan. Usut punya usut ternyata si owner dari Gelato House ini dulunya adalah penikmat Massimo Gelato tapi karena doi pindah ke areal Canggu jadi dia berniat membawa si Massimo Gelato ini ikutan hijrah ke Canggu dan di beri nama Gelato House. 

Gelato House Bali by Massimo


Jadi foodies pasti sudah hafal dan bisa membayangkan kan gimana rasa gelato yang ada disini, karena saya yakin 90% penikmat gelato di Bali pasti pernah mencoba Massimo Gelato yang terkenal itu. Nah kalau kalian lagi jalan di areal batu belig - Canggu, bisa deh mampir kesini tentunya untuk menikmati gelato yang nikmat plus foto-foto dengan latar yang kece. Oh iya hampir lupa, Gelato House Bali ini tidak ada tempat parkir khusus mobil loh, jadi sebaikanya kalau datang kesini bisa naik sepeda motor atau parkir di areal pantai dan jalan kaki kesini. 



Gelato House Bali
Jalan Batu Belig 16D
Canggu - Bali 
Mobile: 081 3388 01085
Parking: Motorcycle only 
Price Range : IDR 15.000 - IDR 140.000 
ig : Gelatohousebali




 


Baca selengkapnya

Selasa, 23 Februari 2016

Pitaya Smoothie bowl : Solusi sarapan sehat dan cepat

Pitaya Smoothie bowl
Sarapan merupakan salah satu hal yang amat penting untuk mengawali hari, namun kadang-kadang karena dikejar waktu kita suka melewatkan sarapan dan memulai hari dengan perut kosong. Ternyata terbiasa melewatkan sarapan merupakan kebiasaan yang kurang baik loh, karena tubuh mendapatkan asupan energi untuk memulai aktivitas melalui sarapan. Beberapa orang kadang melewatkan sarapan karena dirasa terlalu berat padahal alternative untuk sarapan itu ada banyak sekali. Mulai dari yang ringan sampai yang bisa disiapkan dalam hitungan menit salah satunya seperti smoothies.
Baca selengkapnya

Senin, 22 Februari 2016

Mie Goreng Char Siu ( Char Siu Fried Noodles)

Mie Goreng Char Siu ( Char Siu Fried Noodles)

Babi panggang merah atau dalam bahasa aslinya biasa disebut dengan nama Char Siu merupakan salah satu cara populer masyarakat Tiongkok untuk menghidangkan daging babi. Daging beserta lapisan lemaknya dimarinade dalam campuran bumbu yang lengket kemudian dipanggang, menghasilkan daging dengan aroma dan rasa yang khas. 

Char siu ini enak dihidangkan begitu saja bersama nasi, namun kali ini saya mencoba memadukan char siu dengan mie goreng. Hasilnya sepiring mie goreng charsiu yang nikmat, tak perlu lagi pergi jauh-jauh untuk sekedar menikmati sajian babi merah ini, karena kita hanya butuh meluangkan sedikit waktu untuk membuatnya sendiri dirumah.  Oh ya selain untuk daging babi, saos rendaman ini juga cocok digunakan pada ayam maupun daging lainnya hanya saja untuk ayam proses memasaknya sedikit lebih lama.

Yang mau mencoba berikut ini saya tuliskan resepnya ya, hasil adaptasi dari www.recipetineats.com yang sudah saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan sedikit penyesusaian bahan. 

Mie Goreng Char Siu ( Char Siu Fried Noodles)

Baca selengkapnya

Senin, 15 Februari 2016

Greek Yogurt Chocochips Banana Bread

Greek Yogurt Chocochips Banana Bread
Greek Yogurt Chocochips Banana Bread
Kalau sudah menjelang hari raya dan sesudah hari raya, stock pisang dirumah pasti tiba-tiba melimpah. Jika dimakan langsung seringnya nggak tersentuh sampai akhirnya mubasir. Jadi ketika stok pisang banyak seperti sekarang, harus rajin-rajin di kreasikan jadi cemilan dalam bentuk lain misalnya banana bread ini. Yang ini favorit deh penggunaan yoghurt dalam adonannya bikin banana bread ini moist dan nggak terlalu manis. Ada sensasi chocochips yang melimpah didalamnya,nikmat banget disajikan dengan kopi atau minuman favorit masing-masing.
Greek Yogurt Chocochips Banana Bread
Greek Yogurt Chocochips Banana Bread
Greek Yogurt Chocochips Banana Bread
Translated and modified from : 

Baca selengkapnya

Kamis, 04 Februari 2016

Nutella Twist Pull- Apart Bread (water roux method)

Nutella Twist Pull- Apart Bread (water roux method)
    Nutella Twist Pull- Apart Bread (water roux method)

Siapa sih yang nggak kenal Nutella , selai coklat dengan paduan hazelnut ini memang berhasil menjadi favorit banyak orang. Saking digemari sampai berbagai cemilan kekinian selalu menggandeng nama Nutella dibelakangnya seperti kue cubit nutella, terang bulan nutella dan masih banyak lagi. 

Dibandingkan dengan selai coklat serupa Nutella memang memiliki rasa yang berbeda, kadar manisnya tidak semanis selai kebanyakan tapi harganya memang jauh lebih mahal juga. Ada harga ada kwalitas :).


    Nutella Twist Pull- Apart Bread (water roux method)

Nah ngomong-ngomong soal Nutella, kali ini saya mencoba membuat roti sobek Nutella aka Nutella pull apart bread. Ide awalnya sih gara-gara iseng ngobrol di group WA, tanya ketemen-temen ide roti yang kiranya bisa di coba. Lalu mba Anne memberi sebuah video yang berisikan step by step pembuatan si Nutella bread ini, di video sih keliatan gampang dan nggak ribet.

Tapi dasarnya memang saya ini tipe nggak telaten ya, akhirnya si Nutella bread nggak bisa secantik yang di video, hihihihih bentuknya mencla mencle kesana kemari. Kalo soal rasa sih nggak usah diragukan, kelembutan roti dengan metode waterroux dipadukan dengan selai coklat hazelnut nutella pasti bikin siapa saja jatuh hati. Termasuk suami saya yang kemarin ke kantor dengan bekal sekotak Nutell bread yang seperti biasa dia bilang enak.

    Nutella Twist Pull- Apart Bread (water roux method)
Kalau bikin roti sejenis ini ternyata dirumah laku keras, padahal sekarang dirumah cuman bertiga tapi rotonya bisa habis dalam sehari, bisa sering-sering bikin kalau begini. Nah bagi yang mau mencoba caranya sama seperti bikin roti metode waterroux biasanya hanya berbeda saat porses pembentukan saja.

    Nutella Twist Pull- Apart Bread (water roux method)

    Nutella Twist Pull- Apart Bread (water roux method)

Nutella Pull Apart Bread (water roux method)

Adonan Water Roux :
  • 25 gr tepung protein tinggi
  • 125 air.

Masak sambil diaduk sampai kental dan mencapai suhu 60C lalu dinginkan. Setelah dingin ambil 100 gr untuk adonan.
 


(A)
  • 250-270 gr tepung terigu protein tinggi
  • 70 gr tepung terigu protein sedang
  • 20 gr susu bubuk full cream
  • 40 gr gula pasir
  • 5 gr garam
  • 26 gr unsalted butter, suhu ruang

(B)
  • 100 gr adonan water roux
  • 25 gr kuning telur (dari dua butir telur)

(C)
  • 115 gr air hangat, sekitar 43C/110F
  • 8 gr ragi instan

Bahan Isian :
    • Nutella

    Cara membuat :
    1. Campur bahan C, biarkan sampai berbusa sekitar 10 menit.
    2. Campur bahan A kecuali garam dan butter, aduk rata. Masukkan kuning telur dan adonan water roux*. Kocok dengan mixer. Tambahkan larutan ragi lalu kocok sampai kalis.
    3. Tambahkan garam dan butter, kocok sampai kalis elastis. Fermentasikan sampai mengembang dua kali lipat. 
    4. Kempiskan adonan kemudian bulatkan dan bagi menjadi 4 bagian. 
    5. Ambil satu bagian adonan gilas tipis hingga membentuk bulatan sekiatar 20 sampai 25 cm lebarnya. 
    6. Olesi bagian atasnya dengan selai nutella
    7. Ambil bagian lain dari adonan, gilas dan tumpuk diatas adonan pertama tadi, beri olesan nutella. Lakukan hal yang sampa pada sisa adonan. total akan menjadi 4 lapisan adonan dengan selai nutelle. 
    8. Rapikan pinggiran adonan, bisa dengan cara dipotong engan pisau atau loyang bulat. 
    9. Telungkupkan gelas dibagian tengah adonan tadi.
    10. Buat guratana yang membagi adonan menjadi empat bagian 
    11. Bagi empat bagian tadi menjadi 2 bagian di masing-masing bagian jadi total 8 bagian
    12. Bagi lagi menjadi 2 bagian jadi total ada 16 bagian roti 
    13. Ambil dua bagian juring roti plintir ke tengah dengan arah berlawanan lalu satukan ujungnya. 
    14. Lakukan pada semua bagian roti, hingga menghasilkan hasil akhir menyerupai bunga. 
    15. Beri olesan mentega cair di permukan roti dan panggang dengan suhu 180 derajat celcius selama 20- 25 menit. Agar bagian atasnya mengkilap bisa diolesi dengan madu segera setelah dikeluarkan dari oven. 
        Nutella Twist Pull- Apart Bread (water roux method)

    Step by step bisa dilihat disini

    Baca selengkapnya

    Selasa, 02 Februari 2016

    Sop Ayam : Sajian Hangat nan Sehat

    Sop Ayam


    Ketika musim hujan mulai datang, bawaannya selalu ingin menikmati makananan yang berkuah dan hangat. Tapi biasanya disisi lain musim hujan akan membawa efek males, enakan tidur dikamar dari pada masak atau keluar cari makan. Tapi tetep saja soal perut nggak bisa diajak kompromi, mau hujan mau badai kalau laper ya tetep harus diisi, nah biasanya untuk menyiasati lapar tapi nggak mau ribet sop ayam selalu jadi menu andalan. Bikinnya gampang, rasa enak , anget dan seger banget pokoknya pas bangetlah buat musim hujan seperti sekarang ini. 

    Sop Ayam

    Sop Ayam



    SOP AYAM


    Bahan-bahan:

    • 200 gram dada ayam/ sayap ayam, direbus dan dipotong-potong 
    • 150 gram wortel, dipotong-potong tipis
      100 gram buncis, siangi dan potong-potong
      100 gram kentang, kupas, potong kotak
    • 100 gram kol atau kubis , potong-poton
    • 1 tangkai seledri, diikat
    • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm


    Bumbu-bumbu:
    • 1200 ml kaldu ayam
    • 2 sendok teh garam
    • 1/4 sendok teh merica bubuk
    • 1/4 sendok teh pala bubuk
    • 1 buah tomat, potong-potong 
    • cabai rawit (optional)

    Cara Membuat:
    1. Rebus ayam bersama kaldu hingga mendidih dan ayam setengah matang, masukkan wortel dan kentang masak hingga wortel melunak
    2. Kemudian masukkan buncis dan daun bawang, tambahkan kol.
    3. Masukkan semua bahan bumbu-bumbu, masak hingga mendidih dan semua bahan matang. 
    4. Angkat dan sajikan hangat
    Sop Ayam
    Baca selengkapnya