Selasa, 02 Februari 2016

Sop Ayam : Sajian Hangat nan Sehat

Sop Ayam


Ketika musim hujan mulai datang, bawaannya selalu ingin menikmati makananan yang berkuah dan hangat. Tapi biasanya disisi lain musim hujan akan membawa efek males, enakan tidur dikamar dari pada masak atau keluar cari makan. Tapi tetep saja soal perut nggak bisa diajak kompromi, mau hujan mau badai kalau laper ya tetep harus diisi, nah biasanya untuk menyiasati lapar tapi nggak mau ribet sop ayam selalu jadi menu andalan. Bikinnya gampang, rasa enak , anget dan seger banget pokoknya pas bangetlah buat musim hujan seperti sekarang ini. 

Sop Ayam

Sop Ayam



SOP AYAM


Bahan-bahan:

  • 200 gram dada ayam/ sayap ayam, direbus dan dipotong-potong 
  • 150 gram wortel, dipotong-potong tipis
    100 gram buncis, siangi dan potong-potong
    100 gram kentang, kupas, potong kotak
  • 100 gram kol atau kubis , potong-poton
  • 1 tangkai seledri, diikat
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm


Bumbu-bumbu:
  • 1200 ml kaldu ayam
  • 2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1 buah tomat, potong-potong 
  • cabai rawit (optional)

Cara Membuat:
  1. Rebus ayam bersama kaldu hingga mendidih dan ayam setengah matang, masukkan wortel dan kentang masak hingga wortel melunak
  2. Kemudian masukkan buncis dan daun bawang, tambahkan kol.
  3. Masukkan semua bahan bumbu-bumbu, masak hingga mendidih dan semua bahan matang. 
  4. Angkat dan sajikan hangat
Sop Ayam

Bagikan

Baca Juga

Sop Ayam : Sajian Hangat nan Sehat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

8 comments

Tulis comments
avatar
2 Februari 2016 07.00

Mba, itu ayamnya direbus terus kaldu ayamnya kok bisa tetep bening ya? Kalo saya yang bikin pasti keruh terus air rebusan ayamnya.

Reply
avatar
2 Februari 2016 19.55

hari ini saya juga mau masak ini mba :)

Reply
avatar
2 Februari 2016 22.54

fotonya bening mbak, sebening nasibmu selama ini, wkwkwkwwkkkkk.....

Reply
avatar
2 Februari 2016 23.17

Direbus yang pertama sampe mendidih buang dulu airnya mba karena biasanya da buih2 dan keliatan kotor, abis itu baru direbus lagi. Kalau terlalu berminyak, minyaknya diangkat pakai bantuan sendok yang didinginkan nanti minyaknya nempel disendok kaldunya jadi bening

Reply
avatar
2 Februari 2016 23.18

selamat masak mba, saya juga pengen bikin lagi enak banget buat musim hujan begini

Reply
avatar
2 Februari 2016 23.19

Mba Dwee ini setiap kali coment selalu bikin ak ketawa, hihihiihi masih beningan foto2 lowlightnya mba Dwee lah, anyway makasi ya mba

Reply
avatar
3 Februari 2016 01.35

fotoku jangan disamain dengan fotonya sang ratu lomba mbak, bagus fotonya mbak Sashy laaah , hehehee....

Reply
avatar
4 Februari 2016 20.19

isk udah bukan ratu lomba lagi udah diambil alih dita tuh hihihihhih

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih