Sop Ayam : Sajian Hangat nan Sehat

Sop Ayam


Ketika musim hujan mulai datang, bawaannya selalu ingin menikmati makananan yang berkuah dan hangat. Tapi biasanya disisi lain musim hujan akan membawa efek males, enakan tidur dikamar dari pada masak atau keluar cari makan. Tapi tetep saja soal perut nggak bisa diajak kompromi, mau hujan mau badai kalau laper ya tetep harus diisi, nah biasanya untuk menyiasati lapar tapi nggak mau ribet sop ayam selalu jadi menu andalan. Bikinnya gampang, rasa enak , anget dan seger banget pokoknya pas bangetlah buat musim hujan seperti sekarang ini. 

Sop Ayam

Sop Ayam



SOP AYAM


Bahan-bahan:

  • 200 gram dada ayam/ sayap ayam, direbus dan dipotong-potong 
  • 150 gram wortel, dipotong-potong tipis
    100 gram buncis, siangi dan potong-potong
    100 gram kentang, kupas, potong kotak
  • 100 gram kol atau kubis , potong-poton
  • 1 tangkai seledri, diikat
  • 1 batang daun bawang, dipotong 1 cm


Bumbu-bumbu:
  • 1200 ml kaldu ayam
  • 2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh pala bubuk
  • 1 buah tomat, potong-potong 
  • cabai rawit (optional)

Cara Membuat:
  1. Rebus ayam bersama kaldu hingga mendidih dan ayam setengah matang, masukkan wortel dan kentang masak hingga wortel melunak
  2. Kemudian masukkan buncis dan daun bawang, tambahkan kol.
  3. Masukkan semua bahan bumbu-bumbu, masak hingga mendidih dan semua bahan matang. 
  4. Angkat dan sajikan hangat
Sop Ayam

8 komentar :

  1. Mba, itu ayamnya direbus terus kaldu ayamnya kok bisa tetep bening ya? Kalo saya yang bikin pasti keruh terus air rebusan ayamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Direbus yang pertama sampe mendidih buang dulu airnya mba karena biasanya da buih2 dan keliatan kotor, abis itu baru direbus lagi. Kalau terlalu berminyak, minyaknya diangkat pakai bantuan sendok yang didinginkan nanti minyaknya nempel disendok kaldunya jadi bening

      Hapus
  2. hari ini saya juga mau masak ini mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat masak mba, saya juga pengen bikin lagi enak banget buat musim hujan begini

      Hapus
  3. fotonya bening mbak, sebening nasibmu selama ini, wkwkwkwwkkkkk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Dwee ini setiap kali coment selalu bikin ak ketawa, hihihiihi masih beningan foto2 lowlightnya mba Dwee lah, anyway makasi ya mba

      Hapus
    2. fotoku jangan disamain dengan fotonya sang ratu lomba mbak, bagus fotonya mbak Sashy laaah , hehehee....

      Hapus
    3. isk udah bukan ratu lomba lagi udah diambil alih dita tuh hihihihhih

      Hapus

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih

Copyright © Sashy Little Kitchen: Home Cooking and Food Traveller. Designed by Sashy Little Kitchen