Selasa, 05 Januari 2016

Homemade Selai Sarikaya ala Viani Cookies

homemade selai sarikaya
homemade selai sarikaya

Selai Sarikaya atau Serikaya merupakan salah satu varian selai olesan roti yang terbuat dari campuran santan kental, daun pandan, gula dan kuning telur. Rasa dan aroma dari selai sarikaya memang sangat unik, wanginya gurih khas santan dengan campuran aroma karamel dari gula yang dilelehkan. Membaca  bahan-bahannya saja pasti sudah kebayang kan manis, gurih dan legitnya selai yang satu ini. Sarikaya tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga digemari di daerah Singapura dan Malaysia dengan sebutan selai kaya atau kaya jam.

homemade selai sarikaya
homemade selai sarikaya
Pertama kali saya tertarik untuk membuat selai sarikaya ini ketika membaca buku "Cooking with Singapore Families". Pada salah satu halamannya terdapat resep Hainanese Toast atau roti panggang ala Hainan yang menggunakan selai sarikaya sebagai isiannya. Dalam buku tersebut di katakan bahwa untuk rasa toast yang maksimal sebaiknya menggunakan selai kaya homemade atau selai kaya siap beli yang dibuat khusus oleh pembuat selai kaya. 

homemade selai sarikaya
homemade selai sarikaya
Sajian roti bakar ala Hainan sejenis ini umumnya disajikan sebagai cemilan di kedai Kopitiam. Seperti satu paket dimana  kaya toast akan disajikan berbarengan dengan kopi o atau kopi hitam dan telur rebus setengah matang. Membayangkan saja sudah enak banget ya tapi hati-hati dengan kalorinya, jangan makan banyak-banyak hehehhe.

homemade selai sarikaya
homemade selai sarikaya

Oke rasa penasaran akan selai sarikaya pun berlanjut, beberapa hari yang lalu saya iseng mencari selai sarikaya di supermarket deket kantor dan kebetulan ada satu merk selai yang tersedia. Sampai rumah buru-buru saya cobain rasanya tapi kok manis banget ya? dan nggak seenak yang saya bayangkan. Dengan rasa penasaran yang masih bersisa akhirnya saya minta pendapat temen-temen IDFB di group WA dan bak gayung bersambut saya dapet resep andalannya mba Arni Viani Cookies. 

homemade selai sarikaya
homemade selai sarikaya

Begitu dapet resep, saya langsung cek bahan-bahannya kedapur, setelah semua bahan-bahan yang dibutuhkan dipastikan ada , tanpa menunggu lama saya langsung nyobain resepnya mba Arni tadi. Memang butuh perhatian ektra ketika membuat selai sarikaya karena kita harus mengaduk selainya secara terus menerus supaya tidak menggumpal atau gosong. Tapi semua perjuangan mengaduk itu setimpa dengan hasilnya. Selai sarikayanya luar biasa kalau kata saya dan suami, hasil selainya gurih dan wangi banget, manisnya pas pokoknya TOP banget deh. Apalagi ada campuran kayu manis dan adas manis di dalamnya jadi makin wangi dan tidak meninggalkan aroma amis dari telur. 

homemade selai sarikaya
homemade selai sarikaya
Terimakasih banyak ya mba Arni untuk resepnya yang cihui banget, yuk yang mau nyoba bikin selai sarikaya sendiri bisa pakai resep ini. Recommended lah. Oh ya saya kemarin bikin  setengah dari resep ini, jadinya satu setengah jar .

homemade selai sarikaya
homemade selai sarikaya


Resep Selai Sarikaya ala Viani Cookies


Bahan A
  • 500 gram gula merah 
  • 1 sdt adas manis ditumbuk 
  • 5 helai daun pandan , simpulkan
  • 200 ml air 

Bahan B
  • 6 kuning telur bebek ( saya pakai telur ayam)
  • 1 liter santan kental 
  • 1 sdt pala bubuk
  • 2 sdt kayumanis bubuk 

Cara Membuat :
  1. Rebus bahan A hingga larut, angkat dan saring. Sisihkan
  2. Kocok kuning telur bersama pala dan kayumanis bubuk hingga agak pucat. 
  3. Campurkan santan dan larutan gula kedalam telur yang sudah dikocok, tuang perlahan -lahan sambil diaduk agar tercampur rata. 
  4. Masak campuran adonan selai kaya dengan api sedang sambil terus diaduk aduk hingga menegental. 
  5. Setelah mengental matikan api, biar kan uap panasnya hilang sebelum disimpan di dalam toples kedap udara. 
  6. Sajikan selai sarikaya sebagai olesan roti panggang, nikmati dengan secangkir kopi hitam ... life is good 

homemade selai sarikaya
homemade selai sarikaya





Bagikan

Baca Juga

Homemade Selai Sarikaya ala Viani Cookies
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

4 comments

Tulis comments
avatar
5 Januari 2016 13.22

Jadi pengen bikin nih, kliatannya enak bgt tuh buat olesan roti trs di panggang��

Reply
avatar
6 Januari 2016 00.01

ayo bikin mba Wulan, enak banget ini hehe

Reply
avatar
15 Januari 2016 05.59

bun....apa ga amis ya pake kuning telur bebek, banyak lagi...

Reply
avatar
18 Januari 2016 18.09

nggak amis sama sekali mba kan ada rempah-rempahnya itu yang menyamarkan bau amisnya

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih