Senin, 30 November 2015

Homemade Fresh Ramen Noodles

Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)
Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)




Apa yang foodies bayangkan ketika mendengar kata Ramen ? saya yakin sebagian besar dari kita akan langsung membayangkan semangkok mie kuah ala Jepang lengkap dengan beraneka jenis topping diatasnya.

Tidak bisa dipungkiri selama ini ramen memang sangat identik dengan kuliner Jepang, namun siapa yang menyangka ternyata ramen sejatinya berasal dari China bukan Jepang. Kata ramen adalah pengucapan ala Jepang dari kata lamian istilah dalam bahasa China untuk mie, begitu yang dikatakan oleh Gil Asakawa dalam bukunya yang berjudul Being Japanese American. Lebih jauh lagi ia menuturkan bahwa ramen berasal dari daerah Mongolia dalam yang memiliki banyak danau dengan kandungan mineral alkali didalamnya. Air alkali ini merupakan kunci kesuksesan dari pembuatan ramen tardisional, dimana terdapat kandungan sodium carbonate, potassium carbonate, serta sejumlah kecil phosphoric acid didalamnya. Hal ini juga dipercaya menjadikan daerah Mongolia dalam sebagai tempat yang sempurna untuk pembuatan ramen. Seiring berjalannya waktu mie ala China ini menyebar hingga ke dataran Jepang dan mengalami perubahan nama dari lamian menjadi ramen yang kita kenal hingga sekarang. Hingga tahun 1950an, ramen masih dikenal dengan sebutan shina soba (支那そば) istilah yang secara harfiah diartikan sebagai Chinese Soba (Soba China).
 
Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)
Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)


Mie ramen ini secara umum dibuat dari empat bahan utama yaitu tepung gandum, air, garam dan kansui (istilah untuk mineral alkali). Penggunaan kansui dalam mie ramen membedakan mie ini dari mie lainnya, kansui memberikan jejak warna kekuningan pada ramen serta texture yang padat dan tidak mudah putus. Dahulu ramen selalu diartikan sebagai mie segar, atau mie yang dibuat langsung saat akan disajikan sehingga kwalitas mienya sangat berbeda dari mie instant atau mie siap saji hingga beberapa pakar mengatakan bahwa ramen adalah cikal bakal dari mie instant yang kita kenal sekarang ini.

Nah hari ini saya mencoba membuat mie ramen sendiri tanpa menggunakan kansui . Menurut resep alkaline noodle yang di publish Harold McGee pada New York Times, penggunaan kansui bisa diganti dengan menggunakan Baking soda yang dipanggang dengan suhu rendah dalam waktu yang lama. Proses pemanasan ini mengubah kandungan baking soda dari sodium bicarbonate menjadi sodium carbonate yg sama seperti yg terkandung pada kansui. Hasilnya saya punya mie ramen segar yang texturenya firm dengan warna kekuningan tanpa penggunaan telur.

Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)
Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)






Rasa dan texturenya mengingatkan saya pada mie ramen yang biasa saya beli di sebuah restoran Jepang tradisional di kawasan Renon. Ramen di resto ini bagi saya dan suami adalah ramen paling enak yang pernah kita coba, mie yang digunakan benar-benar segar karena dibuat sendiri oleh chefnya namun sayang sekarang resto ini sudah tutup dan berganti menjadi Japanese fusion resto. Untuk mendapatkan ramen yang fresh apalagi dibuat dari nol maka pastinya ada banyak proses dan waktu yang dibutuhkan, dan proses pembuatan mie satu ini benar-benar membutuhkan usaha dan kesabaran extra. Adonannya kering dan keras sekali sama sekali tidak elastis seperti pasta yg kemarin saya buat. Hasilnya olahraga lengan, mandi keringat dan emosi sampai ngedumel sendiri mewarnai sepanjang proses pembuatannya. Hahahaha jadi kalau ada yg mau usaha menyiksa diri silahkan coba membuat mie alkali ini dirumah dijamin terasa seperti habis adu balap lari seharian. Tapi dengan usaha sebesar itu pastinya ada hasil yang memuaskan, yup kita bisa menikmati ramen segar dalam jumlah banyak tanpa membuat dompet menipis seketika. Bagi yang mau mencoba berikut saya tuliskan resep dan langkah pembuatannya.

Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)
Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)


Homemade Fresh Ramen Noodles 
(Membuat Mie Ramen Segar) 
Recipe adapted from Luckypeach.com


Bahan-Bahan :
  • 3 cup tepung terigu serbaguna
  • 4 sdt baking soda yang sudah dipanggang
  • 1/2 cup air hangat
  • 1/2 cup air dingin  

Cara Membuat :
  1. Untuk membuat baking soda panggang : Ambil 1/2 cup baking soda, ratakan diatas loyang yang sudah diberi aluminium foil. Kemudian tutup permukaan dengan aluminium foil, panggang dalam suhurendah 120 derjat celcius selama 1 jam. sisa baking soda yg tidak terpakai bisa disimpan dalam wadah kedap udara untuk pemakaian selanjutnya. 
  2. Larutkan 4 sdt  baking soda panggang kedalam air hangat dalam mixing bowl, aduk hingga larut kemudian tambahkan air dingin. 
  3. Tuang seluruh tepung kedalam larutan baking soda tadi, mixer dengan kecepatan rendah sampai adonan membentuk texture yang crumbly. 
  4. Pindahkan adonan keatas meja kerja yang sudah ditaburi tepung, uleni adonan secara manual selama 5 menit. Adonan sangat kering dan keras serta susah untuk diuleni (siap-siap untuk pegal dan keringatan eheheh).
  5. Bulatkan adonan bungkus dalam plastik wrap dan istirahatkan selama 20 menit. 
  6. Ambil adonan dan uleni kembali diatas meja kerja selama 5 menit penuh, setelah itu bungkus lagi adonan dan simpan dalam kulkas selama 1 jam. 
  7. Setelah satu jam keluarkan adonan, bagi kedalam 6 bagian. Lalu mulai giling adonan dengan gilingan manual atau pasta maker. Giling dari ketebalan paling besar sebanyak 5 kali hingga didapat lembaran adonan yang mulus. Ulangi menggiling dengan ketebalan yang lebih tipis. Saya giling sampai ketebalan 3. Lakukan pada semua bagian adonan.
  8. Potong lembaran adonan menjadi mie berukuran kecil, saya gunakan pasta maker manual dengan ketebalan 3. Lakukan hingga semua lembaran adonan habis. 
  9. Taburkan tepung maizena pada mie yang sudah dipotong agar tidak melengket satu sama lain. 
  10. Mie ramen segar siap direbus dan diolah menjadi hidangan ramen favorite anda. Simpan ramen yang belum terpakai dalam plastik kedap udara dan masukkan dalam chiller sampai siap digunakan. Keluarka ramen beberapa jam sebelum dipakai agar kembali ke suhu ruangan. 

Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)
Baking soda yang sudah dipanggang (baked baking soda)
Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)
Gelembung-gelembung akan muncul saat tepung dicampur dengan larutan baking soda
Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)

Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)

Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)
Adonan setelah diuleni tahap pertama

Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)
Adonan ramen ketika dipotong dengan pasta maker
Homemade Fresh Ramen Noodles (Membuat Mie Ramen Segar)
mie ramen homemade setelah direbus, warna kuningnya dari penggunakan baking soda yang dipanggang atau baked baking soda. Efek yang sama seperti penggunaan kanzui






Baca selengkapnya

KBB #49 Cinnamon Buns (Cold Fermentation)

Cinnamon Buns
Cinnamon Buns
Cinnamon Bun yang juga kerap disebut dengan nama Cinnamon roll atau  Cinnamon Swirl merupakan salah satu jenis  roti manis (sweet roll)  yang biasa disajikan sebagai menu sarapan di Eropa  dan Amerika Utara.  Pada umumnya Cinnamon Bun ini dihidangkan bersama dengan olesan cream cheese dan aneka icing lainnya seperti fondant, ganache atau buttercream. 

Saya sendiri sudah sering kali membuat cinnamon bun dengan beberapa resep berbeda,  namun baru kali ini saya mencoba resep tanpa telur serta kondisi dimana adonan bisa di inapkan selama maximum 4 hari sebelum dipanggang. Tiap tantangan KBB memang selalu membawa informasi dan resep baru yang istimewa, begitu juga kali ini. Awalnya saya tidak sadar kalau tidak ada telur dalam daftar bahan-bahan yang dibutuhkan, sampai ketika mau menimbang semua bahan baru deh saya ngeh kalau resep kali ini egg free alias nggak pakai telur. 

Cinnamon Roll with Cream Cheese Frosting
Cinnamon Buns with Cream Cheese Frosting
Bagian yang paling membuat penasaran adalah proses fermentasinya yang memakan waktu minimum 1 malam di dalam kulkas, seingat saya terlalu lama fermentasi akan membuat roti jadi asam dengan bau ragi yang menyengat. Tapi resep ini berbeda sama sekali, setelah 3 malam dikulkas hasil akhir rotinya tetap enak tidak ada bau asam yang menyengat. Niat awal saya membuat adonan di hari sabtu lalu memanggang di hari minggu, tapi tanpa diduga ada salah satu sepupu yang meninggal dan hari minggu saya harus pulang kampung untuk melayat. Rencana tinggalah rencana, hari minggu memanggang cinnamon bun pun terpaksa harus ditunda dulu, syukurnya adonan ini  memang diciptakan untuk bisa tahan lumayan lama di dalam kulkas. Kemudian hari Senin seperti biasa di kantor adalah hari yang super sibuk dan saya akan pulang lebih malam dari biasanya jadi tidak akan ada kesempatan untuk melanjutkan roti yang tertunda kemarin. Dan akhirnya di hari selasa atau malam ke tiga saya bisa melanjutkan memproses si cinnamon bun. 

Cinnamon Buns sebelum dipanggang
Cinnamon Buns sebelum dipanggang

Adonan dikeluarkan dari kulkas dan dibagi menjadi dua bagian kemudian di diamkan beberapa saat agar mencapai kondisi suhu normal dan lebih mudah untuk diuleni. Step by step satu persatu saya ikuti sampai selesai fermentasi ke-2 yang membutuhkan waktu 2 jam. Adonannya masih elastis, tidak bau asam dan warnanya masih normal, ternyata 3 malam di kulkas tidak mengurangi kwalitas adonan ini. Kerena oven saya ukurannya imut-imut jadi untuk satu resep ini saya seperti biasa  harus memanggang adonan dalam beberapa batch. Proses pemanggangan yang singkat, belum 10 menit aroma gula palem dan kayu manis sudah memenuhi seisi rumah. Godaan untuk tidak mencoba cinnamon bun sampai kesokan harinya mulai terasa semakin berat apalagi ketika keluar dari oven duh keliatan menggoda sekali. Dan akhirnya diet saya malam itu gagal total dihadapan cinnamon bun heheh, cream cheese frosting pun saya buat di malam itu juga. Tujuannya cuman satu supaya bisa nyobain si cinnamon bun lengkap dengan frostingnya, hasilnya setengah loyang pertama tandas ditangan duet saya dan suami hohohoho ( ampun timbangan) . Hasil akhir 3 loyang cinnamon bun habis dalam satu setengah hari karena sebagian saya berikan kepada suami untuk dibawa kekantornya ( salah satu cara supaya saya tak tergoda menghabiskan semuanya sendirian hehe). 

Resep ini tergolong simple dan tanpa telur, sangat cocok bagi kita yang suka kekurangan waktu ketika membuat roti. Sistem Cold fermentation-nya menolong kita lebih mudah mengatur waktu antara menyiapkan adonan, hingga memanggang karena bisa dilakukan di hari yang berbeda. 

Cinnamon Buns
Cinnamon Buns

Cinnamon Buns with Cream Cheese Frosting
Cinnamon Buns with Cream Cheese Frosting


Cinnamon Buns (Cold Fermentation)  
Sumber: Peter Reinhart’s Artisan Breads Every Day

Teknik cold fermentation membutuhkan persiapan adonan & waktu pemanggangan yang berbeda sehingga time management dalam pembuatan cinnamon buns ini sangatlah penting.


Bahan-bahan :

ALL-PURPOSE SWEET DOUGH
  • 6 1/4 cup (28 oz / 794 g) unbleached all-purpose flour
  • 2 sdt (0,5 oz / 14 g) garam, atau 1 sdm kosher salt kasar
  • 6 sdm (3 oz / 85 g) gula
  • 5 sdt (0.55 oz / 15,5 g) ragi instan
  • 2 cup + 2 sdm (17 oz / 482 g) susu full/low fat hangat kuku (sekitar 95 ° F atau 35 ° C)
  • 1/2 cup (4 oz / 113 g) minyak sayur atau unsalted butter cair
  • Parutan kulit dari 1/2 lemon, atau 1 sdm ekstrak lemon, atau 1/2 sdt minyak lemon (opsional)

TOPPING
  • 3 sdm (1,5 oz / 43 g) kayu manis bubuk
  • 3/4 cup (6 oz / 170 g) gula
  • Butter cair atau minyak sayur, untuk mengolesi
  • 1 cup (6 oz / 170 g) kismis, atau secukupnya (opsional)
  • 1 cup (5 oz / 142 g) walnut atau pecan cincang atau secukupnya (opsional)

CREAM CHEESE FROSTING
  • 4 ons (113 g) cream cheese
  • 1/4 cup (2 oz / 56,5 g) unsalted butter cair
  • 1 cup (3 oz / 85 g) gula halus, diayak
  • 1 sdt (0,25 oz / 7 g) vanili ekstrak
  • 1/4 sdt (0,25 oz / 7 g) ekstrak lemon atau ekstrak jeruk, atau
  • 1 sdt (0,25 oz / 7 g) jus lemon atau jus jeruk
  • Sedikit garam

WHITE FONDANT GLAZE
  • 4 cup (12 oz / 340 g) gula halus, diayak
  • 2 sdm (1,5 oz / 43 g) light corn syrup (opsional)
  • 1 tsp (0,25 oz / 7 g) vanilla, lemon, atau ekstrak jeruk, atau
  • 1 sdm (0,75 oz / 21 g) jus jeruk konsentrat (opsional)
  • 1/2 hingga 3/4 cup (4 - 6 ons / 113-170 g) susu atau air

Langkah-langkah:

Langkah awal persiapan adonan
  1. Untuk membuat adonan, campur tepung, garam, dan gula dalam mangkuk. Kocok ragi ke dalam susu hingga larut, lalu tuangkan ke campuran tepung, bersamaan dengan minyak dan lemon. Jika menggunakan mixer, aduk menggunakan paddle attachment kecepatan terendah selama 30 detik s/d 1 menit. Jika pencampuran dengan tangan, gunakan sendok besar dan aduk selama 1 menit. Adonan harus membentuk bola besar.
  2. Beralih ke hook attachment, aduk dengan medium-low, atau jika dengan tangan aduk selama 4 menit, sambil ditambahkan tepung atau susu sehingga membentuk adonan bola yang lembut dan agak lengket.
  3. Tingkatkan kecepatan menjadi medium. Aduk selama 2 menit atau tambah aduk lagi selama sekitar 2 menit lagi, sampai adonan sangat lembut, kenyal, tapi tidak lengket.
  4. Pindahkan adonan ke permukaan meja kerja yang ditaburi sedikit tepung dan uleni adonan selama 1 menit, kemudian bentuk menjadi bola.
  5. Pindahkan adonan ke mangkuk besar yang cukup menampung adonan membesar dua kali lipat, olesi permukaan adonan dengan sedikit minyak. Tutup plastik, dan simpan dalam kulkas semalaman atau sampai maksimal 4 hari.

foto step by step pembuatan Cinnamon Buns


Langkah saat hari pemanggangan  
  1. Keluarkan adonan dari dari kulkas sekitar 3 jam sebelum Anda berencana untuk memanggang. Bagi adonan menjadi dua bagian dan bentuk masing-masing bagian menjadi bola. Tutupi setiap bola dengan mangkuk atau bungkus plastik dan biarkan istirahat selama 20 menit.
  2. Taburi permukaan meja kerja dengan sedikit tepung, gulung setiap bola adonan menjadi persegi panjang 12 x 15-inch, gilas mulai dari pusat ke sudut dan kemudian gilas ke bagian luar. Jika adonan mulai menolak atau menyusut kembali, biarkan istirahat selama 1 menit, kemudian lanjutkan menggilas. Ketebalan adonan harus antara 1/4 s/d 1/2 inch.
  3. Buat gula kayu manis dengan mencampur kayu manis bubuk dan gula. Olesi permukaan adonan dengan mentega cair, lalu taburi gula kayu manis di atas permukaannya, sisakan bagian pinggir adonan sepanjang 1/4-inch tanpa gula. Taburi kismis, walnut/pecan cincang di atas permukaannya. Gulung adonan seperti karpet, bergulir dari bagian bawah ke atas, untuk membentuk gulungan ketat.
  4. Potong gulungan menjadi irisan setebal 1-inch dan pindahkan ke loyang yang sudah dialasi parchment paper, pisahkan masing gulungan dengan jarak 1 1/2 inch; mereka harus bisa saling bersentuhan ketika adonan mengembang. Olesi tipis permukaan dengan minyak dan tutup longgar dengan plastik, kemudian biarkan mengembang pada suhu kamar selama sekitar 2 jam, sampai adonan mengembang dan roti bersentuhan satu sama lain. 
     
  5. Panaskan oven pada suhu 350 ° F (177 ° C) sekitar 15 menit sebelum memanggang.
  6. Panggang selama 10 menit, kemudian putar loyang dan panggang kembali selama 5 - 15 menit, hingga roti coklat keemasan. Sementara itu, buat topping sesuai selera Anda. 
  7. Selamat menikmati buns yang sudah diberi glazur !
Cinnamon bun sebelum diberi frosting


CREAM CHEESE FROSTING
  1. Campur cream cheese, butter, gula halus dalam mangkuk. Jika menggunakan mixer, gunakan paddle attachment dan campur dengan kecepatan terendah selama 2 menit. Jika pencampuran dengan tangan, aduk selama 2-4 menit. Bahan-bahan harus merata dan halus. 
  2. Tambahkan vanili, ekstrak lemon, dan garam. Aduk dengan kecepatan sedang, atau jika dengan tangan aduk selama sekitar 1 menit, hingga bahan membentuk pasta halus. 
  3. Tingkatkan kecepatan hingga medium-high atau aduk lebih keras selama sekitar 20 detik untuk mengembangkan glazur. 
  4. Setelah roti didinginkan selama 5 menit, gunakan spatula offset atau pisau meja untuk memberi glazur yang diinginkan. 
  5. Simpan glazur yang tidak terpakai dalam wadah kedap udara di dalam lemari es; dapat bertahan hingga 2 minggu.

WHITE FONDANT GLAZE
  1. Campur gula halus, corn syrup, dan vanili. 
  2. Masukkan susu bertahap, cukup untuk membuat glazur kental seperti adonan pancake, atur jumlah cairan maupun gula hingga mencapai kekentalan yamg diinginkan. Glazur kental akan bertahan bentuk, glazur encer akan mudah diolesi. Idealnya glazur jika dari ujung sendok akan membentuk aliran. 
  3. Buns dapat diglazur setelah didinginkan selama 5menit.

Baca selengkapnya

Sabtu, 28 November 2015

Homemade Fresh Pumpkin Pasta with Pesto and Grilled Chicken

Homemade Pumpkin Pasta with pesto and grilled chicken

Horeee... setelah sekian lama Indonesian Food Blogger (IDFB) yang kita cintai sepi dari challenge memasak akhirnya bulan ini ada challenge lagi. Kali ini tema yang diambil adalah olahan atau kreasi dari labu kuning, kenapa labu kuning ? mungkin karena challengenya diadakan bulan November dimana bulan ini adalah bulannya Thanks Giving yang identik dengan labu. Anyway saya sudah kangen sekali dengan challenge-challenge seru yang dulu biasa diadakan tiap bulannya, jadi begitu baca ada challenge baru langsung seneng dan semangat mau ikutan. Hihihi tapi sesemangat apapun tetep aja bagian nyetornya selalu mepet di hari penutupan, dan kali ini juga begitu baru setor tanggal 28 padahal penutupan challengenya tanggal 30 yang hanya 2 hari lagi. Maafkan ya admin Idfb yang cantik dan baik hati sepertinya SKS selalu menjadi jurus andalan saya tiap kali ada challenge.

Labu sebenarnya bisa diolah menjadi banyak sekali variasi hidangan baik itu kue, masakan maupun desserts dan minuman. Sebelumnya saya sudah pernah membuat beberapa olahan labu seperti Pumpkin pie, Mie ayam labu kuning dan kolak labu jadi kali ini mau cari sesuatu yang belum pernah saya buat. Untuk challenge ini saya menghindari untuk membuat hidangan manis karena dirumah lagi banyak kue sisa ultah suami, takutnya olahan labunya tidak tersentuh. Setelah bersemedi bersama mbah google (baca: browsing) cukup lama akhirnya saya memutuskan untuk membuat pasta labu kuning dengan pesto dan ayam panggang, sekalian mau nyobain pasta maker yang baru dibeli kemarin ( pamer mode: on) hehheh. Iya ini gara-gara pasta maker yang lama dipinjem kakak dan nggak balik sampe sekarang jadi terpaksa harus beli yang baru. 

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning


Resep yang saya pakai merupakan hasil adaptasi dari Homemade Pumpkin Pasta - Minimalist Baker dengan beberapa penyesuaian pada bahan-bahan yang digunakan. Untuk pumpkin puree atau puree labu kuning yang dibutuhkan pada resep ini saya menggunakan pumpkin puree yang pernah saya sharing pada postingan sebelumnya. Ternyata penggunaan pesto sebagai saus pasta itu unik ya, rasanya jauh berbeda dari pasta dengan saus tomat tapi itu kembali lagi keselera masing-masing orang sih. Bagi yang tidak begitu suka pesto bisa diganti dengan resep saus pasta lainnya disesuaikan saja dengan selera. Oh ya sebenarnya membuat pasta atau mie tidak harus menggunakan pasta maker, kita bisa menggilas dan menipiskan adonan secara manual dengan gilingan kayu atau rolling pin dan memotong adonan pasta dengan pisau atau pastry cutter seperti yang dulu saya lakukan waktu membuat mie dari labu kuning itu.  Berikut ini saya tuliskan resep dan cara membuat homemade pumpkin pasta.

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
Homemade Pumpkin Pesta with pesto and grilled chicken

Homemade Pumpkin Pasta 
with Pesto and Grilled Chicken

Bahan-Bahan Pumpkin Pasta:
Cara Membuat:
  1. Masukkan tepung yang sudah diayak bersama garam kedalam mangkok mixer, lalu masukkan telur dan pumkin puree. Aduk adonan dengan spiral hook sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk, jika rasanya adonan terlalu kering tambahkan sedikit air hingga adonan terbentuk. kandungan air dan puree pumpkin yang berbeda-beda akan menghasilkan tingkat kelembaban adonan yang berbeda, jadi air digunakan untuk membantu membentuk adonan yang terlalu kering.
  2. Seteleh terbentuk adonan yang tidak lengket, pindahkan adonan pasta ketas meja kerja yang sudah ditaburi tepung terlebih dahulu. Tutup adonan dengan plastic wrap dan biarkan istirahat selama 30 menit.
  3. Keluarkan adonan, kemudian gilas hingga mencapai ketebalan yang dibutuhkan, saya menggunakan ketebalan nomer 4 dan 3, tidak terlalu tipis karena pasta yang terlalu tipis akan muah sobek atau patah.
  4. Setelah ketebalannya sama, pindahakan pasta sheet ke bagian pemotong pasta, potong pasta dengan settingan 3 atau 4. lakukan hingga semua adonan habis. 
  5. Pilah pasta yang sudah dipotong, gantung pada pengering pasta atau bisa dipisahkan saja dan ditaburi sedikit tepung supaya tidak menempel satu sama lain. 
  6. Sementara itu panaskan air dengan sedikit garam dan mentega atau minyak, panaskan sampi mendidih. 
  7. Setelah air mendidih, masukkan pasta tadi dan masak hingga al dente. aduk perlahan supaya pasta tidak menempel. 
  8. Setelah matang angkat dan tiriskan pasta. 
  9. Campur pasta dengan bumbu pesto kemudian beri irisan dada ayam diatasnya
  10. Homemade Pumpkin Pesto siap dinikmati selagi hangat.  

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
bahan-bahan membuat pasta labu kuning

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
proses pencampuran adonan pasta labu kuning hingga bisa dibentuk

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
adonan pasta labu kuning yang sudah siap dibentuk

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
adonan pasta labu kuning setelah digiling dengan pasta maker manual

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
hasil potongan pasta labu kuning

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
Pasta labu kuning setelah direbus


Bahan-Bahan Pesto:
  • 2 Cup daun basil ( saya pakai kemangi fresh dari kebun)
  • 1/3 cup kacang walnut ( bisa diganti kacang jenis lain)
  • 1/2 cup extra virgin olive oil
  • 4 siung bawang putih
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica hitam butiran3 sdm keju permesan
  • 1 sdm air jeruk lemon

Cara Membuat:
  1. Masukkan semua bahan dalam blender atau food processor.
  2. Process bahan-bahan sampai menjadi bubur kasar ( texturenya masih terlihat )
  3. Lakukan test rasa, koreksi jika terasa ada yang kurang. 

kemangi
kemangi segar dari kebun sendiri, ini yang saya gunakan untuk membuat pesto

pesto
Hasil jadi pesto yang akan disandingkan dengan pasta labu kuning


Bahan-Bahan Grilled Chicken :
  • 200 gram boneless chicken atau dada ayam tanpa tulang
  • 1 sdt mustard
  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 siung bawang putih, cincang halus.
  • cabe bubuk
  • 1 sdt kecap ikan
  • 2 sdt kecap inggris
  • 1 sdt kecap asin

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan jadi satu
  2. Iris dada ayam menjadi bebrapa bagian
  3. Rendam atau marinate ayam minimal 30 menit 
  4. Panaskan wajan anti lengket, matangkan ayam diatas wajan dengan api kecil atau sedang hingga kedua permukaannya berubah warna. 

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning

fresh homemade pumpkin pasta / pasta labu kuning
Homemade pumpkin pasta with pesto and grilled chicken



Homemade Fresh Pumpkin Pasta with Pesto and Grilled Chicken ini spesial saya submit untuk mengikuti event IDFB Cookblog Challenge November 2015 - Labu Kuning.




Baca selengkapnya

Cara membuat Pumpkin Puree ( Puree Labu Kuning)

puree labu kuning
homemade pumpkin puree / puree labu kuning

Labu kuning atau biasa disebut dengan nama waluh merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang berasal dari benua Amerika dan mengalami persebaran hingga ke berbagai belahan negara lainnya yang memiliki iklim hangat termasuk di Indonesia. Sesuai dengan namanya labu ini memiliki warna kuning terang cenderung ke oranye yang disebabkan oleh kandungan pro vitamin A serta anti oksidan di dalamnya. Di Indonesia, labu kuning dipanen secara musiman biasanya panen pertama dilakukan sekitar dua bulan setelah masa tanam terutama di awal musim kemarau. 

Labu kuning lokal memiliki kulit yang keras dengan isi yang sangat tebal, warnanya oranye pekat dengan rasa yang manis. Sebagai salah satu bahan  pangan lokal, buah ini bisa diolah menjadi berbagai jenis kue, masakan maupun minuman. Beberapa contoh olahan labu tradisional adalah sumping/pais waluh, kolak, puding maupun dijadikan campuran dalam bubur tradisional seperti bubur Manado (Tinutuan). Sementara di luar sana terutama di Amerika, labu identik dengan festival Thanks Giving yang jatuh pada bulan November. Masyarakat Amerika biasanya mengolah labu kuning untuk dijadikan pumpkin pie atau pumpkin soup.

Sebelum dijadikan bahan dasar dari olahan seperti pumpkin pie dan pumpkin soup, labu terlebih dahulu harus berbentuk bubur halus yang dikenal dengan pumpkin puree. Nah pumpkin puree ini bisa dibeli dalam bentuk kalengan tapi setau saya jarang ada di supermarket Indonesia oleh karena itu kita harus membuat pumpkin puree sendiri sebelum diproses mejadi hidangan berikutnya. Pada dasarnya pumpkin puree merupakan labu yang dihaluskan, tapi karena mentahnya labu ini memiliki texture padat dan keras jadi harus diolah dulu untuk melembutkan texturenya supaya mudah dihaluskan. Proses pemasakan labu supaya lebih lebut dan mudah diolah bisa dilakukan dengan cara direbus, dikukus atau di panggang dalam oven. Dari ketiga cara tadi saya paling suka cara terakhir yaitu dengan di panggang, alasannya karena aroma labu lebih muncul dan lebih harum jika di panggang, selain itu kandungan airnya juga jadi lebih sedikit ketimbang direbus dan dikukus. Nah pada postingan kali ini saya akan membagikan cara membuat pumpkin puree atau bubur labu kuning. 

homemade pumpkin puree / puree labu kuning
potong-potong labu kuning sesuai selera

homemade pumpkin puree / puree labu kuning
panggang dengan suhu 200 derajat celcius, setelah matang kulitnya akan menjadi gelap

homemade pumpkin puree / puree labu kuning
setelah dingin, keruk daging buah labu dan masukkan dalam blender atau food process
homemade pumpkin puree / puree labu kuning
process daging labu hingga menjadi bubur yang halus

homemade pumpkin puree / puree labu kuning
puree labu siap digunakan



Homemade Pumpkin Puree

Bahan-Bahan :
  • Buah labu kuning yang sudah masak
Cara membuat :

  1. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat celcius, alasi loyang dengan aluminium foils
  2. Potong labu dengan kulitanya, bisa dibelah dua atau disesuaikan dengan ukuran oven masing-masing. ( karena oven saya kecil jadi labunya say potong jadi beberapa bagian lebih kecil)
  3. Keruk dan buang biji labu kuning
  4. Tata labu kuning yang sudah dibersihkan datas loyang, taruh bagian kulit diatas dan isinya di bawah.
  5. Panggang selama 60-90 menit tergantung jumlah labu, gunakan garpu untuk mengecek kematangan labu, jika kulitnya mudah dilepas berarti labu sudah siap dihaluskan.
  6. Keluarkan dari oven dan dinginkan
  7. Lepaskan kulitnya
  8. Masukkan daging labu kuning kedalam blender atau food processor, process hingga halus. Lakukan sampai semua labu habis.
  9. Simpan pumpkin puree di dalam plastik zip atau wadah kedap udara dalam ukuran satu kali pakai dan simpan dalam freezer untuk masa penggunaan lebih lama. Jika labu akan digunakan untuk campuran roti atau kue yang dipanggang, tiriskan kandungan air dalam labu dengan cara diperas atau ditaruh dalam cheesecloth (semacam kain tipis yg digunakan sebagai saringan).
  10. Stock puree labu pun siap diolah untuk menjadi hidangan yang diinginkan.


Baca selengkapnya

Senin, 23 November 2015

Shopping Irit dengan Samsung Galaxy Gift

Shopping Irit dengan Samsung Galaxy Gift Indonesia
Shopping Irit dengan Samsung Galaxy Gift Indonesia
Hai.. hai ... tidak terasa sebentar lagi kita memasuki penghujung tahun 2015 ya, pastinya sudah banyak yang mulai sibuk menyiapkan rencana seru bareng temen, keluarga atau yang terkasih. Akhir tahun itu memang identik dengan liburan rame-rame dan shopping, baik itu belanja untuk diri sendiri maupun persiapan jamuan atau kado di hari Natal dan Tahun Baru nanti. Nah biar shoppingnya makin semangat saya mau bagi-bagi info cara dapetin voucher diskon dan gratisan dari SAMSUNG Indonesia. Khusus bagi para pengguna Samsung Galaxy smartphone* tahun ini kalian bisa merencanakan liburan keluarga atau shopping dengan lebih irit, karena SAMSUNG sedang bagi-bagi voucher diskon, promo dan gratisan setiap harinya melalui aplikasi Samsung Galaxy Gift Indonesia.

Baca selengkapnya

Jumat, 20 November 2015

Kepiting Saus Padang

Kepiting Saus Padang
Kepiting Saus Padang


Dari sekian banyak jenis bahan makanan yang ada, kepiting merupakan salah satu yang paling jarang bahkan belum pernah saya masak sebelumnya. Makan kepitingpun saya jarang karena selain punya alergi seafood saya juga keburu malas membayangkan betapa susah dan butuh perjuangannya untuk mendapatkan isi didalam cangkang kepiting yang keras itu. Jadi setiap kali ada acara keluarga makan diluar dan menunya seafood saya pasti tidak akan menyentuh si kepiting meskipun suami dan kedua kakak saya doyan sekali dan melihat mereka makan kepiting selalu terlihat menggiurkan.
Baca selengkapnya

Okonomiyaki, Pancake Gurih ala Jepang

Okonomiyaki
Okonomiyaki, Pancake Gurih ala Jepang

Okonomiyaki merupakan hidangan sejenis pancake gurih yang berasal dari negeri sakura - Jepang. Secara harfiah Okonomiyaki terdiri dari kata okonomi yang berarti "sesuka selera" dan yaki yang berarti "dipanggang".  Jadi sesuai dengan asal katanya Okonomiyaki ini dibuat dari campuran bahan-bahan sesuai selera kita yang kemudian dimatangkan dengan cara dipanggang diatas wajan besi datar atau teppan. Di negeri asalnya hidangan ini dinikmati saat masih hangat bahkan biasanya disajikan ala tepannyaki dimana chef memasak hidangan langsung didepan pelanggan sesaat sebelum disajikan.
Baca selengkapnya

Minggu, 15 November 2015

Mujair Menyatnyat khas Kintamani - Bali

 Mujair Menyatnyat
Mujair Menyatnyat khas Kintamani - Bali

Ikan Mujair atau Be Jair merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi layaknya Gurami dan Nila. Menurut Wikipedia persebaran alami ikan ini berada di perairan Afrika namun entah bagimana Mujair bisa sampai ke muara sungai Serang, Blitar - Jawa Timur hingga akhirnya ditemukan oleh Pak Mujair pada tahun 1939. 

Seperti ikan air tawar lainnya, ikan Mujair bisa diolah menjadi beraneka jenis masakan yang nikmat dan menggugah selera; seperti mujair goreng, mujair bakar, soup mujair maupun di jadikan pepes. Nah berbicara tentang olahan Mujair, di Bali ada yang namanya "Mujair Menyatnyat". Hidangan ini merupakan salah satu hidangan khas dari daerah Kintamani - Bangli. Sebuah Desa yang berdiri di atas kaldera Gunung Batur purba, berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Denpasar. 

"Mujair Menyatnyat" belakangan ini muncul sebagai salah satu primadona kuliner di Bali yang berhasil menarik perhatian wisatan asing maupun domestik.  Diolah dengan cara di nyat-nyat bersama racikan bumbu khas Bali (base genep), menjadikan hidangan ini kaya akan cita rasa. Perpaduan rasa pedas, sedikit asam dan gurihnya ikan serta wangi bumbu Bali yang unik benar-benar menciptakan olahan yang sempurna. Apalagi jika disantap dengan sepiring nasi panas, plecing kangkung, sambal matah dan kacang goreng, sajian ini  pastinya bisa membuat kita ketagihan. Nyat-nyat merupakan metedo memasak khas Bali dimana bahan makanan dimatangkan dengan cara di masak bersama sedikit air dan bumbu-bumbu sampai airnya menyusut atau tersisa sedikit. Istilah nyat-nyat berasal dari kata nyat yang dalam bahasa Bali memiliki arti surut. Yang istimewa dari olahan Mujair Menyatnyat ini adalah dominasi aroma dari base genep yang mampu menghilangkan bau lumpur yang biasanya melekat pada Mujair.
Baca selengkapnya

Jumat, 13 November 2015

Dragon Fruit and Pineapple Sorbet #KreasiJuiceUnited


Dragon Fruit and Pineapple Sorbet #KreasiJuiceUnited
Dragon Fruit and Pineapple Sorbet #KreasiJuiceUnited


Bagi saya tidak ada kata bosan untuk yang namanya frozen desserts mulai dari gelato yang manis lembut membelai lidah hingga si sorbet yang asem manis seger di mulut. Nah dalam rangka ikut meramaikan kompetisi #KreasiJuiceUnited yang diadakan oleh Juice United Indonesia kali ini saya membuat Sorbet buah naga yang dipadukan dengan Juice United rasa Nanas. Supaya tetap minim bahan pemanis buatan, saya menambahkan pisang sebagai pemanis sekaligus untuk melembutkan texture dari sorbet ini. Hasilnya sorbet buah naga yang asem manis seger dan kaya manfaat buah.
Baca selengkapnya

Rabu, 11 November 2015

Chicken Floss Roll ( Roti Gulung Abon Ayam)

Chicken Floss Roll ( Roti Gulung Abon Ayam)
Chicken Floss Roll ( Roti Gulung Abon Ayam)



Chicken Floss Roll atau biasa disebut roti gulung abon merupakan salah satu varian savoury bread atau roti asin. Dibentuk dengan cara digulung dan didalamnya dilapisi dengan olesan saos mayoneise serta taburan abon yang melimpah menjadikan roti ini disukai banyak orang. Rasanya manis dan gurih serta sedikit pedas, perpaduan antara gurihnya abon dan manis creamy dari olesan saos, taburan bawang daun dan wijen pun memberikan sentuhan dan aroma yang khas pada roti ini. Dari dulu saya suka sekali dengan roti ini tapi kalo sering-sering beli lumayan menguras isi dompet juga, jadi saya bertekad suatu hari mau nyoba bikin roti gulung abon sendiri supaya bisa makan dengan puas.
Baca selengkapnya

Senin, 09 November 2015

Braised Tofu with Seaweed and Mushroom

Braised Tofu with Seaweed and Mushroom
Braised Tofu with Seaweed and Mushroom
Seperti yang saya janjikan minggu lalu, kali ini saya akan posting tentang cara membuat tofu sendiri dirumah (homemade tofu ). Hasil tofu inilah yang nantinya akan saya olah menjadi Braised Tofu with Seaweed and Mushroom. Kebetulan minggu lalu saya membuat susu kedelai homemade dan sebagian hasil susunya saya coba jadikan egg tofu. Rasanya sudah mirip sekali dengan yang biasa dijual di supermarket tapi texturenya belum mulus karena saya lupa menyaring adonan tofu sebelum di kukus. 
Jadi pastikan jika foodies mau mencoba membuat tofu dengan resep ini jangan lupa untuk menyaring adonannya sebelum dikukus supaya texturenya lebih halus dan tidak ada gumpalan dari campuran  telur yang kurang rata.
Baca selengkapnya

Selasa, 03 November 2015

Membuat Susu Kedelai Sendiri ( Homemade Soy Milk )

Susu Kedelai  ( Homemade Soy Milk )
Susu Kedelai  ( Homemade Soy Milk )

Susu kacang kedelai atau soy milk merupakan sejenis minuman yang dihasilkan dari proses pemerasan sari kacang kedelai yang dihaluskan. Konon minuman ini sudah dikenal di negeri Tiongkok sejak 1900 tahun yang lalu, dan kini menjadi minuman yang populer di berbagai belahan dunia. Masyarakat Indonesia umumnya mengkonsumsi susu kedelai sebagai pengganti susu hewani karena sebagian orang kadang memiliki allergi terhadap susu sapi atau turunannya. Sari kacang kedelai dipercaya memiliki komposisi kandungan yang sangat mirip dengan susu yaitu mengandung 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat. Meskipun beberapa pakar mengatakan bahwa susu kedelai bukanlah golongan susu karena tidak dihasilkan dari kelenjar susu, namun sepertinya istilah susu kedelai sudah sangat melekat dan biasa digunakan dalam masyarakat kita, bahkan sebagian orang lebih memilih susu kedelai untuk asupan protein dalam diet yang mereka jalankan.
Baca selengkapnya