Jumat, 30 Oktober 2015

Jaje Lukis : Lupis Ketan khas Bali

Jajanan Tradisional Bali
Jaje Lukis aka Lupis Ketan Khas Bali

Selain terkenal akan Ayam betutu dan sate lilit-nya, Bali juga memiliki beragam jenis kue tradisional yang biasa disebut dengan istilah Jaje Bali. Jaje Laklak, Klanun, Bantal, Injin, Apem, Pisang rai, Klepon dan Jaje Lukis merupakan beberapa diantaranya. Seiring dengan pergeseran selera masyarakat ke arah modern, semakin hari Jaje Bali ini semakin sulit ditemukan. Jika dulu saat masih di desa setiap pagi akan ada ibu-ibu yang menjual aneka Jaje Bali keliling dari rumah ke rumah, maka sekarang butuh usaha ektra untuk mencari jajanan ini. Paling tidak kita harus pergi ke warung-warung tertentu yang khusus menjual Jaje Bali atau ke pasar tradisional itupun harus pagi hari. Disamping susah ditemukan, harga jajanan tradisional inipun ikut mengalami kenaikan. Nah karena beberapa alasan inilah kali ini saya mencoba bikin Jaje Bali sendiri, awalnya mau bikin laklak tapi sampai hari ini belum berhasil menjarah cetakan laklak tanah liat milik ibu jadi terpaksa dialihkan ke jenis jaje bali yang lain. Berhubung punya stock beras ketan sisa membuat mango sticky rice beberapa hari lalu, jadi saya memutuskan kali ini kita bikin Jaje Lukis terlebih dahulu. 

Jajanan Tradisional Bali
Jaje Lukis aka Lupis Ketan Khas Bali

Jajanan Tradisional Bali
Jaje Lukis aka Lupis Ketan Khas Bali dengan kelapa parut dan saus gula merah

Jaje lukis atau jaje segitiga sejatinya sangat mirip dengan Lupis ketan dari segi bahan dan cara pembuatannya, hanya saja bentuk jaje lukis ini sedikit lebih kecil dibandingkan lupis ketan. Beberapa daerah di Bali membuat jaje lukis dengan  menggunakan campuran ketan dan injin sehingga warna yang dihasilkan lebih cantik dibanding penggunaan beras ketan saja. Seumur hidup saya,  ini adalah kali ke-dua saya membuat jajanan ini, yang pertama waktu masih duduk di bangku kelas satu SMP. Kala itu kami sedang melaksanakan parktik ujian mata pelajaran IRT dimana satu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok dan harus berhasil membuat kue lukis serta bolu sebelum jam sekolah usai. Kami mengalami kesulitan membungkus kue ini akhirnya kuenya belum matang sampai jam sekolah berakhir namun beruntung ibu guru kami kala itu sangat  baik, beliau menunggu sampai kami selesai mengerjakan semua tugas. Dengan pengalaman itu paling tidak saya sudah tau bagaimana cara membungkus kue lukis dengan benar jadi untuk kali kedua ini saya tidak mengalami kesulitan lagi. Menurut saya selain texture ketan yang kenyal dan lengket, saus gula merah yang digunakan juga sangat mempengaruhi rasa dari jajajan ini. Saya selalu menggunakan gula kelapa asli untuk saus gula merah karena aromanya lebih wangi dan rasanya benar-benar manis tidak asin seperti gula aren. Jadi saya sarankan untuk mendapat kwalitas rasa yang baik gunakan gula merah yang bagus. 

Jajanan Tradisional Bali
Jaje Lukis aka Lupis Ketan Khas Bali

Jajanan Tradisional Bali
Jaje Lukis aka Lupis Ketan Khas Bali

Jajanan Tradisional Bali
Jaje Lukis aka Lupis Ketan Khas Bali


Resep Jaje Lukis atau Lupis Ketan


Bahan-Bahan:
  • 400 gram beras ketan putih ( atau dicampur dengan 100 gram ketan hitam/injin)
  • 1 sdt air kapur sirih
  • 2 sdt garam
  • Daun pisang, untuk membungkus
  • Lidi, untuk menyemat

Saus Gula Merah:
  • 250 gram gula merah sisir (gunakan gula yang baik)
  • 50 gram gula pasir
  • 400 ml air
  • 3 lembar daun pandan, potong-potong

Taburan (aduk rata) :
  • ½ butir kelapa, panggang sampai kulitnya menghitam, kupas kulit arinya,parut memanjang
  • ½ sdt garam


Cara Membuat:
  1. Rendam beras ketan selama 30 menit, tiriskan. Tambahkan air kapur sirih dan 1 sdt garam, aduk rata.
  2. Panaskan dandang, kukus beras ketan selama 20 menit hingga setengah matang, angkat. Sisihkan.
  3. Ambil 1 lembar daun pisang, buat bentuk segitiga. Masukkan beras ketan kukus ke dalamnya hingga ¾ penuh.
  4. Tutup dan bungkus membentuk segitiga, Semat dengan lidi di bagian lipatan terakhir, agar daun tidak lepas saat direbus. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Rebus ketan yang sudah dibungkus, di dalam panci berisi air yang sudah dibubuhi 1 sdt garam, selama 2 jam hingga matang, angkat. Tiriskan, biarkan dingin.

Saus gula merah: 
  1. Rebus gula merah bersama gula pasir, air, dan daun pandan, masak hingga gula larut dan mengental.  Angkat.

Penyajian:
  • Sajikan jaje lukis dengan taburan kelapa parut dan saus gula merah. 

Cara membungkus jaje lukis aka lupis ketan bali
Cara membungkus jaje lukis aka lupis ketan bali

Baca selengkapnya

Kamis, 29 Oktober 2015

Mango sticky rice (khao niao mamuang)

Mango sticky rice atau  khao niao mamuang

Mango sticky rice atau  khao niao mamuang merupakan salah satu hidangan pencuci mulut yang terkenal dari negeri Gajah Putih -Thailand. Desserts ini terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan menggunakan santan dan daun pandan lalu dihidangkan bersama potongan mangga yang matang dan diberi siraman saus santan kental. Berbeda dari kebanyakan desserts yang disajikan dingin, mango sticky rice ini justru disajikan dalam keadaan hangat atau di suhu ruangan. Di negeri asalnya si ketan mangga ini di makan dengan menggunakan tangan, beras ketan digulingkan terlebih dahulu sampai membentuk bulatan lalu irisan mangga digunakan untuk meraup si beras ketan baru kemudian dimakan. Seiring menyebarnya sajian ini kenegeri tetangga dan menjadi cukup populer di beberapa negara Asia termasuk Indonesia, maka tata cara manikmati hidangan ini ikut mengalami perubahan. Karena sifat mangga yang musiman maka mango sticky rice ini pun tak selalu bisa kita temui sepanjang waktu, bahkan di negara asalnya hidangan ini digolongkan kedalam summer desserts atau hidangan pencuci mulut yang hanya tersedia pada musim panas.
 
 
Mango sticky rice atau  khao niao mamuang
Mango sticky rice atau  khao niao mamuang

Nah kebetulan di Bali sekarang sedang musim mangga, harga mangga jadi lebih murah dan penjual mangga bisa ditemukan hampir di semua ruas jalan. Tak mau kehilangan kesempatan menikmati mangga maka saya selalu menyempatkan diri untuk membeli stock mangga yang agak banyak. Sebagian akan saya kupas dan bekukan di kulkas untuk kemudian bisa diolah menjadi smoothies atau juice dan sebagian lagi bisa dimakan begitu saja atau di kreasikan menjadi aneka hidangan seperti mango sticky rice ini salah satunya. 
 
Mango sticky rice atau  khao niao mamuang

Mango sticky rice atau  khao niao mamuang

 
Resep Mango Sticky Rice 
 
 
Bahan-Bahan :
  • 1 1/2 cups beras ketan
  • 1 1/3 cups santal kental
  • 1/3 cup plus 3  sdm gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1 buah mangga yang sudah matang benar, kupas dan iris 
  • 1 sdt maizena larutkan dengan sedikit air
  • 1 sdt vanilla bubuk 
  • Daun pandan


Cara Membuat  :
  1. Dalam wadah rendam beras ketan selama satu malam atau minimal satu jam. Cuci hingga airnya bersih. Tiriskan
  2. Siapkan dandang atau panci kukusan dengan air sesuai batas yang ditentukan, kukus beras ketan. supaya mudah diangkat gunakan saringan kain sebagai alasnya. Tutup dan kukus sekitar 30 atau 40 menit. Perhatikan level air yang tersisa. 
  3. Sambil mengukus beras ketan, dalam panci kecil lain atau saucepan didihkan 1 cup santan kental dengan 1/3 cup gula pasir, daun pandan dan garam , aduk hingga gula larut , matikan api dan biarkan santan sampai hangat.
  4. Angkat beras ketan dari kukusan, lalu pindahkan kedalam wadah baskom yang agak besar kemudian tuangkan larutan santan tadi. Tutup dan biarkan sampai beras ketan menyerap seluruh larutan santan. Ketan bisa disiapkan beberapa jam sebelum disajikan. 
  5. Kukus kembali beras ketan selama 20 atau 30 menit sampai matang. Angkat dan sisihkan.
  6. Siapkan saucepan kemudiam masak sisa 1/3 cup santan dengan 3 sdm gula pasir, serta vanilla bubuk, aduk hingga gula larut. Untuk mengentalkan tambahkan larutan maizena. Aduk rata dan matikan api.
  7. Untuk menyajikan, takar 1/4 cup beras ketan diatas piring saji. Tata irisan mangga disekeliling ketan lalu siram dengan saus santan dan siap disajikan hangat.

Mango sticky rice atau  khao niao mamuang

Baca selengkapnya

*Manfaat Yoghurt Heavenly Blush untuk Kesehatan*

Yogurt yang bagus untuk diet
Manfaat Yoghurt Heavenly Blush untuk Kesehatan




Manfaat Yoghurt Heavenly Blush untuk Kesehatan. - Heavenly Blush merupakan salah satu produsen minuman yogurt dalam kemasan yang berhasil mencuri perhatian konsumen di Indonesia. Berkibar dibawah bendera Heavenly Nutrition Indonesia sebagai induk usaha, Heavenly Blush telah sukses menguasai pasaran di kota-kota besar tanah air seperti Jakarta, Bogor, Surabaya dan Bali. Dengan tetap mengedepankan pentingnya manfaat yogurt bagi Turkestan, Heavenly Blush meluncurkan produk yogurt aneka rasa dengan komposisi rasa yang pas. Inovasi mutakhir Heavenly Blush dimana proses pembuatannya menggunakan bakteri generasi terbaru berhasil menciptakan produk dengan tingkat rasa asam yang tidak berlebihan sehingga mampu menjadi yoghurt yang aman untuk ibu hamil serta yogurt yang baik untuk diet. Semenjak pertama kali memasuki pasar penjualan di Indonesia pada tahun 2009, saat ini Heavenly Blush bisa dikatakan telah menduduki posisi sebagai salah satu  merk yogurt yang paling bagus dan terkenal  di Indonesia. 

manfaat Yogurt heavenly blush
Heavenly Blush Yogurt Drink To Go Blackcurrant & Peach

Mengenal Yogurt dan Manfaatnya:

Yogurt adalah hasil fermentasi dari susu dengan Bakteri Asam Laktat. Karena dibuat dari susu, yogurt mengandung segala kebaikan susu seperti vitamin, mineral, kalsium, zinc, dan asam betahidroksi ditambah lagi dengan manfaat dari bakteri baik hasil dari fermentasi tersebut. Yogurt lebih mudah dicerna oleh tubuh kita dibandingkan susu. Jadi tidak ada alasan lagi bagi penderita lactose intolerance untuk tidak mendapat asupan kalsium. Ketika mendengar kata yogurt biasanya selalu dikaitkan dengan kesehatan pencernaan dan diet namun, tidak banyak yang tahu bahwa disamping kedua hal tersebut yogurt masih memiliki banyak kelebihan dan manfaat baik bagi manusia. Yogurt bisa membantu kita untuk mendapatkan kulit yang cantik melalui kandungan zinc yang sangat baik untuk mencegah timbulnya jerawat, dan membuat luka lebih cepat kering termasuk luka yang disebabkan oleh jerawat, diperkaya dengan kandungan asam beta hidroksi yang mampu membuat kulit kita jadi lebih cerah, lembut dan kenyal. Yogurt bisa menjadi salah satu jalan membentuk tubuh yang ideal, dengan mengkonsumsi  yogurt Heavenly Blush yang terbuat dari susu rendah lemak dan rendah gula menjadikan produk ini sangat pas untuk mendukung gaya hidup wanita aktif agar mendapatkan penampilan yang cantik, kulit yang sehat, dan tubuh yang ideal.

Manfaat Yogurt heavenly blush  untuk Ibu Hamil
Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil


Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil :

Selain baik bagi kesehatan kulit, pencernaan serta diet, yogurt juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil, antara lain:
  1. Kandungan Asam folat dan seng dapat mencegah kanker rahim dan prostat, sementara kandungan lactobasillus achidophilus dan lactobasillus bulgaricus bermanfaat untuk mencegah tumor dan kanker.
  2. Yogurt mampu mencegah infeksi vagina karena bisa mengurangi tingkat keasamaan serta menekan perkembangan infeksi yang disebabkan oleh jamur pada daerah sensitive wanita.
  3. Mengurangi resiko terjadinya oesteoporosis karena mangandung kalsium dan vitamin
  4. Membantu tumbuh kembang janin karena mengandung protein
  5. Berguna untuk memperkuat tulang janin karena mengandung zat kalsium
  6. Mampu menjaga kesehatan ibu dan janin karena mengandung beberapa vitamin
  7. Menjaga usus ibu tetap baik dan mencegah serangan penyakit yang terbawa makanan karena mengandung prebiotik.
  8. Kandungan vitamin D dalam yogurt dapat mencegah pre-eklampsia

Manfaat yogurt
Heavenly Blush Yogurt Drink To Go Blackcurrant


Mitos dan Fakta tentang Yogurt :

Setelah mengetahui kandungan dan maanfaat baik yogurt bagi tubuh, seringkali kita masih mendengar beberapa orang yang kurang menyukai yogurt atau tidak mau mengkonsumsi yogurt karena alasan rasanya yang terlalu asam. Dulu sebelum mengenal Heavenly Blush saya mungkin memiliki pendapat yang sama, bahwa yogurt itu asam dan tidak baik bagi penderita radang lambung maupun maag tapi sekarang saya percaya bahwa tidak selamanya yogurt itu asam. Kini Heavenly Blush Yogurt Drink To Go hadir dengan rasa yang enak dan asam yang pas. Heavenly Blush dibuat dari hasil fermentasi dengan bakteri generasi terbaru sehingga menghasilkan yogurt dengan rasa yang enak, serta asam yang pas. Jika selama ini banyak mitos beredar yang mengatakan bahwa takut sakit perut atau maag karena minum yogurt, namun pada kenyataannya yogurt justru dapat digunakan sebagai bagian terapi bagi para penderita maag. Hal ini disebabkan karena yogurt mengandung begitu banyak kandungan bakteri baik yang mampu memperbaiki dan menyehatkan sistem perncernaan dan saluran cerna. 

Manfaat Yogurt heavenly blush
Heavenly Blush Yogurt Drink To Go : menikmati yogurt kapanpun dan dimanapun

Heavenly Blush Yogurt Drink To Go

Berbagai manfaat dan kelebihan dari yogurt kini bisa kita nikmati dengan mudah karena sekarang  Heavenly Blush telah menciptakan inovasi baru, produk minuman yogurt pertama di Indonesia yang dapat dinikmati dimana dan kapan saja dalam kondisi apapun. Tidak seperti minuman yogurt lain, Heavenly Blush Yogurt Drink To Go tidak harus disimpan di kulkas. Hadir dalam kemasan tetrapack 200 ml yang diproduksi secara aseptis menjadikan Heavenly Blush Yogurt Drink To Go minuman menyehatkan yang tahan lama walaupun dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet. Dapatkan manfaat susu dalam kesegaran dan kenikmatan yogurt rasa strawberry yang rendah lemak dan tinggi kalsium, dan juga ditambahkan dengan serat prebiotik yang sangat baik untuk kesehatan
pencernaan. Nikmati kesegaran strawberry, blackcurrant dan peach dalam Heavenly Blush Yogurt Drink To Go setiap hari dan jadikan hidup anda lebih sehat. 

Kelebihan Heavenly Blush Yogurt Drink To Go

Berikut ini adalah beberapa keunggulan yogurt Heavenly Blush dibandingkan dengan produk sejenis, yang berhasil menempatkan Heavenlly blush sebagai  yogurt terbaik di Indonesia :
  1. Rasa asam yang pas. Dihasilkan dari bakteri generasi terbaru sehingga rasanya lebih pas.
  2. Praktis dan dapat dibawa kemana saja. Dibuat dengan proses UHT dan dikemas secara aseptis sehingga awet tanpa bahan pengawet dan tidak mudah rusak walaupun tidak disimpan didalam kulkas.
  3. Hi – Calcium, untuk mendukung gaya hidup aktif Anda!
  4. Low Fat – hanya 100 kalori, cocok bagi Anda yang sedang diet!
  5. Less Sugar
  6. Prebiotik (Inulin & GOS) yang membantu kesehatan pencernaan, menurunkan kolestrol, menstabilkan gula darah dan tekanan darah.

yoghurt strawberry
Cupcake dengan frozting yogurt Heavenly Blush Strawberry

Selain enak dinikmati langsung, yogurt Heavenly Blush juga bisa dikreasikan menjadi aneka minuman atau desserts yang nikmat dan tetap rendah lemak. Salah satunya bisa dikreasikan sebagai campuran topping atau frozting cupcake seperti yang pernah saya lakukan, rasa manis dan asam yang pas dari Heavenly Blush yogurt strawberry menjadikan topping cupcake ini enak dan segar tanpa perlu memberi gula tambahan. Bagi penggemar smoothies Heavenly Blush juga cocok dipadukan dengan daun-daunan hijau atau sayuran utuk menghasilkan rasa greensmoothies yang lebih spesial dan kaya vitamin. Ide lainnya kita juga dapat menggunakan yogurt Heavenly Blush yang dicampur dengan olive oil sebagi dressing salad rendah lemak seperti pada strawberry and romaine salad atau salad buah yang menyegarkan.

Ternyata manfaat yogurt bagi kesehatan banyak sekali ya, jadi tunggu  apalagi yuk konsumsi yogurt Heavenly Blush untuk segala manfaat baik yogurt dan tentunya tetap dengan rasa yang enak dan menyegarkan. 

Baca selengkapnya

Selasa, 27 Oktober 2015

Cita Rasa Jepang nan Mewah di Bluefin Japanese Restaurant

Funamori Sushi ( Sushi on Boat), beberapa jenis sushi pilihan chef yang disajikan diatas wadah menyerupai perahu.

Setelah beberapa minggu absen dari kegiatan wisata kuliner alias jajan diluar, akhirnya malam minggu kemarin kita memutuskan untuk jalan-jalan sekaligus melepas rindu sama yang namanya makanan enak. Kali ini kita memilih untuk malam mingguan di seputaran areal Kuta dengan misi utama berburu Japanese food yang sedari dulu merupakan makanan favorit kita. Setelah melalui proses adu argumen yang cukup menyita waktu akhirnya kita sepakat untuk makan di Bluefin Japanese Restaurant yang berlokasi di kawasan Sidewalk-Kartika Plaza, Kuta.
 
Sushi bar (para pelanggan bisa menikmati hidangan sembari melihat bagimana sushi chef meracik dan menyajikan sushi)

Memiliki lokasi yang terbilang strategis Bluefin Japanese Restaurant berdiri dalam satu kompleks memanjang di tepi jalan utama Kartika Plaza yang tak pernah lengang, sebagian besar exteriornya terdiri dari dinding kaca yang menghadap langsung ke arah jalan. Nuansa khas Jepang sangat kental terasa pada bagian interiornya, beberapa lampion merah berhiaskan huruf kanji tergantung di bagian depan dan di dalam resto. Meja dan kursi berwarna gelap menciptakan kontras dan kesan romatis tersendiri, ditambah lagi dengan lampu gantung berwarna biru yang menghiasi semua sisi ruangan resto dan tak ketinggalan pemasangan noren dengan warna senada semakin menguatkan kesan dekorasi klasik khas Negeri Sakura. Oh ya sekedar info bagi yang belum tau noren merupakan tirai kain yang biasa dipasang pada pintu masuk ruangan atau bangunan di Jepang, noren yang dipasang pada toko dan rumah makan biasanya bertuliskan nama dari toko tersebut yang ditulis dalam huruf kanji atau hiragana.

Teppanyaki corner serta dekorasi bagian dalam resto dengan lampion merah dan noren

Secara garis besar bagian dalam resto ini terdiri dari 3 bagian utama yaitu bagian depan yang paling dekat dengan jalan, berisikan beberapa pasang kursi dan meja serta teppanyaki corner. Lalu masuk lebih ke dalam di sisi kiri kita akan menemukan sushi bar dengan rak kaca transparant, disini pelanggan bisa menikmati hidangan sembari melihat bagaimana para sushi chef menyiapkan dan menyajikan sushi secara langsung. Lalu yang terakhir di sisi kanan ada sebuah ruangan yang disebut lounge dengan beberapa meja memanjang dan kursi yang berjejer rapi. Ruangan ini nampak lebih elegant dari areal lainnya dengan cahaya kuning keemasan yang mendominasi. Refleksi cahaya ini dihasilkan dari dekorasi panel menyerupai texture marmer berwarna kuning keemasan yang dipasang pada bagian belakang lounge. Secara keseluruhan Bluefin menyediakan fasilitas untuk 65 free seat serta 3 teppanyaki corner, yang memadai untuk gathering maupun makan malam romantis.

bagian dalam Lounge yang nampak elegan dan romantis


Mengusung konsep fusion, Bluefin Japanese Restaurant menyajikan Japanese fusion food yaitu hidangan ala Jepang yang digabungkan dengan beberapa unsur tradisi kuliner dari daerah lain. Mengingat tidak semua orang bisa menikmati authentic Japanese food yang identik dengan penggunaan bahan-bahan segar tanpa dimasak terlebih dahulu (mentah) maka diyakini modifikasi fusion ini menghasilkan hidangan yang lebih mudah dinikmati oleh berbagai kalangan. Jika foodies datang ke Bluefin bersama teman atau rekan yang bukan penikmat sushi, tak perlu khawatir karena resto ini menyajikan lebih dari sekedar sushi. Beragam varian menu authentic maupun fusion siap dipilih dari daftar menu yang sudah disiapkan. Saya pribadi lebih menyukai sajian yang authentic seperti sashimi dan sushi, oleh karena itu kali ini kita memesan Funamori Sushi yang merupakan salah satu pilihan menu Sushi Moriawase (mix sushi platter yang terdiri dari beberapa jenis sushi pilihan chef). Funamori (舟盛り) secara harfiah berarti perahu atau boat, sehingga istilah funamori sushi digunakan untuk sajian sushi yang ditata cantik diatas wadah khusus berbentuk perahu kayu. Satu set funamori sushi terdiri dari prawn, eel, salmon, gindara, red tuna, tamago, kappamaki serta black & green tobiko, porsinya yang lumayan besar cukup untuk dinikmati 2 sampai 3 orang. Sembari bersantap, disini pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi seru chef teppanyaki ketika memasak. Teppanyaki merupakan metode memasak diatas plat besi atau wajan yang disebut tepan, uniknya semua sajian yang dipesan diracik dan dimasak langsung oleh para chef dihadapan pengunjung. Selain mendapatkan sajian yang segar dan hangat, keseruan chef mengolah hidangan  juga mampu menjadi hiburan yang manarik bagi pengunjung.

Funamori Sushi ( Sushi on Boat), beberapa jenis sushi pilihan chef yang disajikan diatas wadah menyerupai perahu.

Teppanyaki Show at Bluefin Japanese Restaurant
Funamori sushi yang terdiri dari prawn, eel, salmon, gindara, red tuna, tamago, kappamaki serta black & green tobiko

sushi dengan black & green tobiko

sushi dengan prawn

sushi dengan red tuna segar

sushi dengan eel (belut)
Khusus bagi foodies yang menyukai fusion roll, Bluefin memiliki banyak sekali pilihan yang bisa dicoba seperti Philadelphia roll, Orange blossom, Hot spicy tuna roll, Sidewalk roll dan masih banyak lagi. Biasanya saya jarang sekali memesan jenis fusion roll karena seringkali terasa terlalu berlebihan dengan dominasi rasa cream yang mengalahkan isian lainnya. Tapi hari ini Bluefin berhasil meyakinkan saya untuk mencoba Twisted Roll yang menjadi primadona fushion roll di resto ini. Meskipun menggunakan cream di dalamnya, namun cita rasa Twisted Roll ini tidak berlebihan dan tidak meninggalkan rasa ngendal di mulut, paduan isian roll berupa belut, salmon, mentimun serta topping kejunya benar-benar menciptakan kombinasi rasa yang unik. Disamping beragam jenis sushi dan fusion roll, Bluefin juga menawarkan aneka varian Soba (cold noodle), Udon (hot noodle), Robatayaki ( barbekyu ala jepang), Seafood, Wagyu, Beef, Sashimi, Fried rice, Tempura, Soup serta tak ketinggalan deretan desserts manis yang memanjakan lidah.  

Twisted roll dengan isian belut, salmon, mentimun serta topping keju

twisted roll : fusion roll favorit di Bluefin fusion japanese and lounge

Untuk minuman, Bluefin juga menyediakan range pilihan yang sama banyaknya. Aneka varian cocktail, mocktail, fresh juice, coffee dan ocha bisa menjadi teman bersantap anda disini. Mojito merupakan satu dari sekian banyak cocktail yang saya rekomendasikan, beberapa jenis mojito dengan campuran buah-buahan segar seperti strawberry, kiwi, lychee dan nanas sangat pas untuk dinikmati di siang yang terik. Saya sempat mencoba tiga jenis mojito dan ketiganya benar-benar nikmat, sementara bagi foodies yang tidak mengkonsumsi alkohol mocktail dan fresh juice bisa menjadi alternative pilihan yang tak kalah menyegarkan. 

Beberapa varian mojito dengan campuran buah-buahan seperti kiwi, nanas dan lychee yang menyegarkan                             
( dari kanan ke kiri ) :  Bluefin Mojito, Rose dan Sushi Grove Mojito
Salah satu varian mocktail yang tak kalah menyegarkan, tampilannya juga cantik

Soal harga Bluefin memang tidak bisa dikatakan murah namun kwalitas pelayanan serta hidangan yang disajikan akan sangat setimpal dengan apa yang kita bayarkan. Satu hal yang perlu foodies perhatikan jika berkunjung kesini adalah soal tempat parkir, karena berlokasi di jalan utama Kuta yang selalu ramai maka kita tidak bisa memarkir kendaraan di depan resto atau dipinggir jalan. Untuk lebih amannya saya sarankan agar foodies memarkir kendaraan di areal Kuta square yang berjarak sekitar 10 meter dari resto ini. Nah bagi foodies yang menyukai masakan dan suasana ala Jepang, Bluefin bisa menjadi salah satu referensi tempat yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke Bali. Rasakan cita rasa khas Jepang nan mewah hanya di Blauefin Japanese Restaurant.


Bluefin Japanese Restaurant
Complex Kuta Sidewalk 
Jalan Kartika Plaza - Kuta 
Telp : 0361 -764100
Website : http://www.rama-restaurants-bali.com

Baca selengkapnya

Jumat, 23 Oktober 2015

Dragon Fruit & Mango Smoothies

Smoothies buah naga dan mangga
Dragon Fruit & Mango Smoothies
Buah naga atau Pataya merupakan buah dari jenis tanaman kaktus yang konon katanya berasal dari Mexico, Amerika Tengah dan Amerika Selatan namun kemudian banyak di budidayakan di kawasan Asia termasuk di Indonesia. Secara umum buah naga terdiri dari dua jenis yaitu buah naga merah dan buah naga putih, keduanya memiliki rasa dan bentuk yang identik hanya warnanya saja yang jauh berbeda satu dan lainnya. Seperti buah-buahan pada umumnya buah naga juga kaya akan vitamin dan maanfaat baik bagi tubuh, bahkan beberapa penelitian membuktikan bahwa buah naga bisa membantu menyembuhkan penyakit kanker dengan kandungan vitamin kompleksnya. Buah naga kaya akan vitamin C dan antioksidan sehingga sangat berguna untuk membantu menjaga penampilan, kesehatan kulit dan stamina. Kandungan rasa manis pada buah naga tidak berasal dari glukosa, hal ini membuat buah naga dianjurkan sebagai buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sementara vitamin B1,B2,B3 serta kalsium dalam buah naga sangat baik bagi kesehatan mata, jantung serta mencegah penyakit osteoporosis pada tulang.  

buah naga merah
Buah Naga Merah

Di Indonesia buah naga di panen secara musiman hal ini menyebabkan harga buah naga cenderung naik turun di pasaran, jika sedang tidak musim buah ini bisa mencapai harga Rp. 42.000 per kilo sementara jika musimnya tiba harganya akan langsung menurun drastis dibawah Rp. 12.000 per kilo seperti sekarang ini. Jadi kalau sudah musim buah naga saya pasti akan sering-sering beli buah ini mumpung lagi murah hehehe. Selain enak dinikmati begitu saja, buah naga juga bisa diolah menjadi aneka minuman atau makanan yang menggugah selera, seperti smoothies, sorbet, es krim, pudding maupun frosting cake. Nah kali ini saya ingin berbagi resep smoothies buah naga favorit kami, proses pembuatannya sama seperti smoothies pada umumnya hanya diblender jadi satu namun perpaduan rasa buah naga, mangga, pisang serta kurma membuat smoothies ini terasa spesial. 

Smoothies buah naga dan mangga
Dragon Fruit & Mango Smoothies

Dragon Fruit & Mango Smoothies
  • 2 buah naga, ambil daging buahnya saja
  • 1 cup buah mangga matang, potong dadu
  • 1 buah pisang matang
  • 2 buah kurma ( jika kurang manis bisa ditambah)
  • 1 cup air kelapa atau bisa diganti air putih 
Blender seluruh bahan jadi satu sampai halus, jika suka smoothies dingin bekukan buah terlebih dahulu. Segelas smoothies buah naga dan mangga siap dinikmati :)

Smoothies buah naga dan mangga
Dragon Fruit & Mango Smoothies
Smoothies buah naga dan mangga
Dragon Fruit & Mango Smoothies





Baca selengkapnya

Kung Pao Chicken (Ayam Kung Pao)

Ayam Kung Pao
Kung Pao Chicken



Kung Pao Chicken atau Ayam Kung Pao merupakan salah satu hidangan klasik yang berasal dari provinsi Sichuan di bagian Barat Daya Cina.  Hidangan yang satu ini tergolong sangat populer dan secara umum bisa dijumpai di seluruh resto yang menyajikan Chinese atau Oriental food. Konon nama Kung Pao diambil dari gelar seorang Gubernur Provinsi Sichuan yang memerintah pada masa Dynasti Qing sekitar tahun 1876–1886. Sang Gubernur bernama Ding Baozhen namun memiliki gelar "Gongbao" atau dalam bahasa Cina disebut Kung-Pao nah dari gelar inilah dipercaya nama Kung Pao Chicken berasal.

Seperti kebanyakan hidangan khas Cina, Kung Pao Chicken juga dimasak dengan cara ditumis, bahan utamanya berupa daging ayam yang dipotong dadu, dimasak bersama kacang, paprika dan sayuran. Cita rasa oriental dari sajian ini dimaksimalkan dengan cara perendaman atau marinate daging ayam dalam campuran saos dan bumbu. Ternyata untuk membuat Kung Pao Chicken ini sangat mudah serta bisa dimasak sendiri dirumah jadi tidak perlu jauh-jauh mencari resto jika kangen menikmati hidangan ini. 

Setelah sekian lama absen dari dapur akhirnya kemarin malam saya kangen-kangenan sama dapur dan masak lagi, karena masih pemanasan jadi diputuskan untuk masak yang simple-simple saja. Pilihannya jatuh pada Kung Pao Chicken ini selain praktis, bahan-bahannya mudah didapat dan memasaknya tidak butuh waktu lama. Resepnya saya ambil dari Sajian Sedap dengan sedikit modifikasi , bagi  yang mau mencoba berikut saya tuliskan kembali resepnya. 

Kung Pao Chicken
Kung Pao Chicken

Kung Pao
Kung Pao Chicken
  
Resep Ayam Kung Pao (Kung Pao Chicken)

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
  • 350 gram daging ayam tanpa tulang ( saya pakai dada), potong dadu
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok teh kecap ikan
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok teh garam

Bahan Saus:
  • 2 buah cabai kering, dipotong 3 cm
  • 1/2 buah paprika merah diiris memanjang
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok teh kecap manis
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 100 ml air
  • 50 gram kacang mede utuh, ( saya pakai yang belum digoreng )

Cara membuat ayam kungpao:
  1. Campur ayam, bawang putih, kecap jamur, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan minyak wijen. Diamkan 15 menit. Goreng hingga berkulit.
  2. Tumis kacang mede sebentar hingga berubah warna,  masukkan bawang putih dan cabai kering tumis sampai harum. Masukkan ayam dan paprika. Aduk rata.
  3. Tambahkan saus tomat, saus tiram, kecap manis, dan gula pasir. Aduk rata.
  4. Tuang air. Aduk sampai mendidih.Tambahkan larutan maizena. Aduk hingga meletup-letup.
  5. Sajikan saat masih hangat.

Kung Pao Chicken
Kung Pao Chicken









Baca selengkapnya

Selasa, 20 Oktober 2015

Pesona Tas Batik & Tenun yang Memikat Hati #SmescoNV

Tas Tenun yang memikat hati (Photo by Sashy)
Wanita adalah mahkluk Tuhan yang paling indah, begitulah yang sering dikatakan syair lagu dan para pujangga di luaran sana. Jadi jangan heran jika unsur  ini menjadikan wanita sangat peka dan mudah tertarik dengan sesuatu yang indah, cantik atau unik seperti tas salah satunya. Jika kaum pria mayoritas menilai tas dari segi fungsional maka tidak demikian dengan kaum wanita. Tas memiliki arti yang lebih dari sekedar tempat untuk menampung barang-barang bawaan, jadi selain sisi fungsionalnya sebuah tas harus memiliki sisi estetika yang mendukung dan mampu memberi nilai tambah bagi penampilan si pemakai. Pada golongan tertentu tas juga mampu berperan sebagai nilai ukur strata sosial dimana ada anggapan semakin mahal atau ber-merk tas yang dipakai maka semakin tinggi pula strata sosial atau gengsi si pemakai. Fenomena ini pasti bukan hal yang asing bagi kita, begitu sering kita dengar media elektronik maupun media cetak  memuat berita tentang golongan sosial tertentu yang berlomba-lomba memamerkan koleksi tas-tas mahal yang harganya mencapai ratusan juta. Jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya untuk mendapatkan sebuah tas karya desainer kenamaan yang katanya limited edition.

Pernahkah terlintas di fikiran ketika kita bangga akan pencapaian bisa membeli produk mahal karya desainer luar ternama, ternyata tanpa kita sadari di sisi lain beberapa desainer kondang tersebut datang ke Indonesia untuk mencari ide atau bahkan membeli bahan baku atau material untuk karya mereka yang kemudian di branding dan dijual kembali dengan harga puluhan kali lipat lebih mahal.  Lalu ironisnya lagi pembelinya adalah orang Indonesia sendiri. Tidak banyak disadari bahwa negara kita kaya akan material indah nan unik yang bisa diolah menjadi produk bernilai jual tinggi bahkan go internasional jika dikelola dan dikembangkan dengan tepat. Tas-tas karya anak bangsa juga tidak kalah cantik dan berkwalitas jika mau melihat dari sisi yang berbeda, bahwa sejatinya penampilan atau fashion seseorang tidak mutlak dinilai dari harga atau merk tapi lebih kepada karakter, kesesuaian serta kenyamanan si pemakai dengan apa yang ia pakai. 

Kekayaan negeri ini tidak hanya terbatas pada keindahan alam dan tradisinya, jangan lupa bahwa kita juga memiliki beragam jenis kain yang indah dari seluruh pelosok negeri. Sebut saja yang paling umum seperti batik dari Jawa Tengah dengan motif-motifnya yang sarat akan makna. Lalu ada kain ikat dari Timor dan Kalimantan dengan sistem pewarnaan dari alam (natural dying) serta Songket dari Sumatera dan Bali dengan sulaman benang emas dan perak nan berkilau. Belakangan ini pengrajin lokal sudah mulai giat mengembangkan ide dan produk dari kain-kain khas Indonesia yang diolah menjadi bagian dari fashion seperti  pakaian, tas, sepatu, sandal dan lain-lain. 

Detail dari songket , Singaraja - Bali ( Photo by Sashy)

Detail kain limar , Palembang - Sumatera ( Photo by Sashy)

Batik Parang (Jawa Tengah) memiliki makna petuah untuk tidak pernah menyerah, ibarat ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak  ( Photo by Sashy)




detail kain Timor dengan sistem pewarnaan alami (Photo by Sashy)
Produk yang dihasilkan memiliki nilai keindahan tersendiri yang unik dan ber-karakter khas Indonesia, dengan sistem marketing dan management yang tepat saya optimis bahwa kedepan akan ada banyak brand lokal yang muncul dan mampu bersaing dan melesat sampai ke pasar international. Hal ini diperkuat dengan beberapa brand lokal yang sudah terlebih dahulu muncul, berkembang dan sukses mendunia, sebut saja seperti "Binhouse" milik Ibu Obin Komara dengan produk fashion dari kain-kain terbaik Indonesia atau "Ni Luh Djelantik" buah karya seorang wanita penuh kharisma asal Bali yang memiliki nama sama dengan brand yang ia jual  dan satu lagi ada "Sabbatha" sebuah lokal brand besutan Sabbatha Rahzuardi yang terkenal akan desain tasnya yang mewah nan berkelas . Saya yakin di luaran sana masih banyak anak bangsa yang sedang mengembangkan sayapnya untuk menyusul maju, mungkin sekarang gaungnya memang masih belum terdengar keras tapi jika kita mau mendukung dan mengapresiasi karya mereka pastinya peluang brand lokal untuk bersaing bisa lebih besar.
berbagai model tas batik dan tenun karya pengrajin lokal Indonesia (Photo by Nuri Tas Batik Tenun)

Saya pribadi sangat menyukai tas karya pengrajin lokal terutama yang berbahan dasar kain asli Indonesia seperti batik dan songket. Memang untuk mendapatkan tas sejenis ini harganya lumayan mahal tapi hal ini sangat sebanding dengan material yang digunakan. Jika kita membeli tas berbahan dasar batik tulis  sudah pasti harganya akan lebih mahal ketimbang tas dengan bahan batik cap atau cetakan. Begitu juga ketika kita membeli kain ikat dan tenun, harganya pasti lebih mahal dibanding cetakan motif ikat diatas kain polyster. Selain itu rata-rata tas ini masih dikerjakan secara manual atau 100 % handmade mengingat texture dan sifat kain hasil tenun yang butuh perlakuan khusus yang otomatis membuat waktu kerja lebih lama dari produksi masal. Seiring dengan berkembangnya tekhnologi digital dan internet yang bisa diakses semua kalangan, konsumen bisa dengan mudah menemukan produk-produk berkwalitas karya anak bangsa, misalnya melalui facebook dan instagram. Sudah banyak sekali para pengrajin lokal yang memasarkan tas karya mereka melalui jejaring sosial sehingga sangat mudah bagi para konsumen untuk mengakses atau membeli tanpa perlu pergi kemana-mana. Nuri Tas Batik Tenun merupakan salah satu dari sekian banyak pengrajin tas lokal yang memasarkan produknya melalui jejaring sosial, berbagai jenis tas dan clutch serta sandal berbahan dasar kain tenun dan batik menjadi produk andalannya, range harga yang ditawarkan juga masih tergolong standard dan masuk di akal dengan kwalitas memuaskan. Jika bisa mendapatkan kwalitas dan estetika maksimal dengan harga bersahabat dan buatan lokal, kenapa harus pergi jauh-jauh untuk mencari yang lebih mahal ? 

salah satu tas batik dari Nuri Tas Batik (Photo by Nuri Tas Batik Tenun)


Untuk memaksimalkan perkembangan brand lokal pastinya kita butuh dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah. Syukurnya dukungan pemerintah saat ini sudah mulai terasa nyata melalui lembaga SMESCO yang merupakan kepanjangan dari "Small and Medium Enterprises and Cooperatives", atau KUKM - Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Lembaga ini memiliki visi dan tujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia kepada dunia Internasional melalui pelaksanaan berbagai pelatihan UKM, menyediakan ruangan untuk pameran, serta memberi bantuan promosi dan pemasaran produk lokal ke luar negeri lewat kegiatan trading house.  Oleh karena itu mari kita bersama-sama sebagai anak bangsa memberikan apresiasi yang lebih serta ikut mendukung agar brand lokal bisa berkembang dan bersaing dipasar internasional, jika bukan kita siapa lagi ?


Note:
Terimakasih kepada Nuri Tas Batik dan Tenun untuk foto-foto tasnya yang cantik ( penggunaan photo terkait sudah mendapat ijin dari pihak bersangkutan).
Photo lainnya yang terdapat dalam artikel ini merupakan milik dan karya dari penulis.





Baca selengkapnya