Senin, 31 Agustus 2015

Menelusuri Keindahan dan Ketenangan Candi Gunung Kawi


candi gunung kawi
Candi Gunung Kawi merupakan sebuah kompleks candi yang dibangun pada abad ke-11, dikenal sebagai tempat pemakaman keluarga raja Udayana sekaligus cagar budaya yang diakui oleh UNESCO. Lokasinya terletak di Desa Tampak Siring–Gianyar, untuk mencapai lokasi ini kita harus menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 32 km kearah timur laut dari kota Denpasar. Papan besar bertuliskan “Objek Wisata Gunung Kawi” akan langsung terlihat dari jalan utama. Untuk bisa memasuki areal candi pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 15.000, dari loket tiket ini kita harus menuruni tangga yang lumayan jauh untuk menuju areal candi, karena tempat ini merupakan areal yang disucikan maka pengunjung diharuskan untuk menggunakan kain dan selendang yang telah disediakan sebelum turun ke areal utama. Bagi pengunjung wanita yang sedang datang bulan sangat dilarang untuk memasuki areal candi mengingat kompleks ini juga terdiri dari areal pura yang disucikan.

view sawah disepanjang jalan turun menuju kompleks candi gunung kawi

Terasering dan Suangai Pekerisan
Menapaki tiap jengkal anak tangga turun menuju kompleks candi, kita akan diusuguhi pemandangan yang menyejukkan mata, hamparan sawah dengan kontur terasering yang cantik akan langsung menyambut mata. Pohon kelapa yang menjulang ramping memberikan kesan ridang, dengan pantulan sempurna pada permukaan air sawahnya. Semakin turun kita akan menemui kios-kios souvenir yang menjual aneka kerajinan khas Tampak Siring, seperti kerajinan batok kelapa ukir dan ukiran gading. Tenang saja pedagang disini tergolong sopan dan tidak agresif , Mereka masih menjaga keramahan warga lokal dengan senyum hangat menyapa setiap pengunjung yang berlalu.

Souvenir ukiran dari batok kelapa
Setelah melewati tangga sejauh 300 meter maka kita akan tiba di areal candi, sebuah papan penunjuk arah berwarna hijau akan mengarahkan kita ke dua bagian utama kompleks ini. Berjalan ke kiri kita akan menuju ke Pura Kawan dan Candi Prasadha Ukir. Pura Kawan sendiri memiliki arti Pura yang terletak di bagian barat. Di areal ini kita bisa melihat sebuah tempat pertapaan di sisi kiri jalan yang menyerupai gua kecil, lalu semakin ke kiri kita akan sampai pada Candi Prasadha Ukir (candi empat), menurut arkeolog Dr. R. Goris candi ini di peruntukkan sebagai candi pemujaan bagi para selir raja. Keempat candi ini di pahat langsung pada dinding tebing, dengan bagian atap melengkung menyerupai kubah yang melindungi bagian pahatan candi dari erosi. Pahatan yang nampak masih sempurna setelah melewati rentang waktu yang amat panjang dari masa pembuatannya. Tepat diseberang komplek candi empat ini kita akan melihat sungai Pakerisan yang membelah bagian timur dan barat areal Gunung Kawi. Suara gemericik air dan rindangnya pepohonan membuat hati tenang, pejamkan mata sejenak dan nikmati suara alam, maka suasana dan ketenangannya mampu membayar semua lelah menapaki tangga tadi.



tepat pertapaan di dekat candi empat gunung kawi

kompleks candi empat gunung kawi

aliran air sunga pekerisan

Keindahan kawasan ini tidak hanya sampai disini, jika kembali ke jalan awal dan berbelok ke kanan kita akan menyeberangi sebuah jembatan yan melewati sungai, lalu menuju ke kompleks candi utama yang terdiri dari kawasan Candi Lima dan Pura Gunung kawi. Candi lima ini adalah 5 buah candi yang diukir pada dinding tebing, sama seperti candi empat yang berada diseberangnya. Namun kompleks candi utama ini dipercaya sebagi tempat persemayaman raja Udayana beserta permaisuri dan ketiga putranya. Raja Udayana merupakan Raja dari Dinasti Warmadewa, ia memerintah Bali bersama dengan permaisurinya yang bernama Mahendradata atau Gunapriya Dharma Patni yang berasal dari daerah Jawa Timur. Raja Udayana memiliki 3 orang putra yaitu Airlangga, Marakata dan Anak Wungsu. Posisi dari kelima candi ini agak unik dimana salah satu candi ditempatkan lebih tinggi dari candi lainnya, beberapa teori menyebutkan bahwa candi yang paling tinggi ini merupakan candi yang diperuntukkan bagi raja Udayana sekaligus candi yang pertama kali dibangun. Didepan kelima candi utama ini terdapat sebuah kolam kecil dengan pancuran dan bunga teratai, lalu di antara sela-sela candi terdapat sebuah tempat memohon air suci atau petirtan, beranjak ke bagian kanan dari candi kita akan memasuki kompleks pura utama, di pura ini lah masyarakat setempat melakukan persembahyangan. Sejatinya kompleks Candi Gunung Kawi terdiri dari sepuluh buah candi yang dipahat di dinding tebing, satu candi lagi berada agak jauh dari kluster candi utama. Candi terakhir ini ditemukan oleh seorang arkeolog yang bernama Resident H.T. Damaste pada tahun 1920 dan ia juga melakukan penelitian lebih jauh pada kompleks candi tersebut. Jalan yang agak sulit melewati pematang sawah mengantarkan kita ke candi terakhir atau candi ke sepuluh yang tampak terisolir, candi ini bertuliskan “Rakryan” atau seorang perdana menteri yang meninggal tidak lama setelah rajanya wafat.

candi gunung kawi dengan pancuran dan kolam dibagian depannya

Candi lima - gunung kawi

Candi Gung Kawi

tempat petirtan "Tirta Kama Sakti"

anggrek di depan candi lima
Setelah cukup puas menikmati kemegahan dan ketenangan kompleks candi gunung kawi, waktunya untuk kembali keatas, jika tadi bagian menurun terasa mudah dan cepat maka tidak begitu dengan bagian naiknya. Menaiki 300 meter anak tangga lumayan menyita tenaga, untung saja di areal ini udaranya sejuk dan cenderung dingin, jadi meskipun lelah tapi tanpa terik matahari yang menyengat. Kami saja sampai berhenti beberapa kali untuk mengumpulkan nafas padahal ada beberapa orang nenek yang melewati kami sembari membawa kayu bakar. Nenek-nenek itu jauh lebih kuat dari kami yang usianya jauh lebih muda hehehehe, sekian dulu cerita kali ini  sampai jumpa di petualangan berikutnya

Jangan lupa, Jika berkunjung ke Bali, datanglah ke Candi Gunung Kawi, perjalanannya memang lumayan jauh dan melelahkan tapi keindahan yang menyapa mata ketika tiba di Candi gunung kawi akan membayar semua lelah dan waktu yang dihabiskan.











Baca selengkapnya

Kamis, 27 Agustus 2015

Resep Kue Pancong ( khas Betawi )

Kue pancong khas Betawi
Kue pancong khas Betawi
Kue pancong  atau sering disebut juga dengan kue bandros merupakan salah satu jajanan basah yang katanya khas dari Betawi. Terbuat dari campuran tepung beras, santan dan parutan kelapa, kue pancong memiliki aroma yang wangi dan gurih serta rasa manis dan legit di dalam. Bentuknya menyerupai kue rangi dan pukis tapi yang menjadi pembedanya terletak di bagian texture kulit. Kue pancong memiliki texture kulit yang garing dengan bagian dalam yang lembut sementara pukis bagian luar dan dalamnya sama-sama lembut. Aroma dan rasa yang khas dari kelapa menjadikan jajanan satu ini tetap digemari hingga sekarang, meskipun kadang susah untuk mencari atau menemukan penjualnya.

Postingan kue pancong kali ini adalah efek mupeng setelah melihat foto kue pancong yang diposting oleh  mas Febriyan Lukito di instagramnya. Beginilah kalo jadi orang yang suka lapar mata dan nggak tahan godaan, setiap lihat makanan yang menggoda langsung deh mupeng dan berusaha mencari tempat terdekat biar bisa dapet makanan sejenis tapi seringkali yang di pengenin susah  dicari jadilah alternative satu-satunya adalah googling resep dan bikin sendiri dirumah. Walaupun kadang suka gagal dan jauh dari ekspektasi tapi untuk resep kue pancong yang satu ini, saya lumayan puas dengan hasilnya. Enak sekali dimakan hangat-hangat sebagai teman minum teh, rasanya manis gurih dan garing diluar. Resep yang saya pakai adalah resepnya ibu Fatmah Bahalwan (Natural Cooking Club) yang dimuat pada Republika.com tanggal 14 mei 2011. Berikut ini saya tuliskan kembali resep kue Pancong ala Ibu Fatmah Ncc.

Baca selengkapnya

Selasa, 25 Agustus 2015

Resep Chocolate Lasagna


Chocolate Lasagna
Pertama kali lihat foto dan resep Chocolate Lasagna ini di blognya mba Hesti dan langsung ngiler pengen nyobain, kebayang lapisan oreo dengan puding coklat dan cream cheese, duh rasanya pasti endes banget meskipun kalo dipikir-pikir itu kalori dan lemaknya lumayan tinggi hehehehe. Tapi berhubung godaan enak dan tampilannya yang begitu menggoda lebih mendominasi pikiran akhirnya di eksekusi juga di hari minggu kemarin. Hasilnya memang sesuai dugaan rasanya enak banget ada rasa coklat yang nggak begitu manis dengan paduan cream cheese yang creamy. Harus bener-bener ektra ketat menjaga diri supaya nggak bolak balik buka kulkas mau ngambil chocolate lasagnanya.

Step by stepnya memang kelihatan panjang tapi sebenarnya cara pembuatannya sangat mudah, hampir tidak ada resiko gagal disini. Supaya adonan cream cheese dan puding coklatnya langsung mengental begitu dituang di wadah, usahakan untuk menyimpan wadah beserta lapisan oreo dalam waktu yang agak lama di kulkas jadi wadahnya sudah ikut digin, maka begitu kita memsukkan lapisan demi lapisannya akan langsung mengental karena dingin dari wadah yang dipakai. Nah tanpa panjang lebar lagi berikut ini saya tuliskan kembali resep Chocolate Lasagnanya.

Chocolate Lasagna
Baca selengkapnya

Minggu, 23 Agustus 2015

Resep Puding Merah Putih (Susu & Strawberry)

puding susu dan strawberry
Puding merah putih
Puding merah putih ini saya buat waktu tanggal 17 Agustus kemarin, dan baru sempat di posting hari ini karena dari beberapa hari ini internet mulai lemot dan koneksinya putus nyambung. Saya membuat puding ini untuk ikut merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-70 ala emak-emak foodblogger yang Nasionalis. Berhubung sudah nggak ikutan apel bendera maupun lomba panjat pinang (xixixix)  jadi 17 Agustus-annya di dapur saja. Mencari-cari bahan yang bisa diolah menjadi sesuatu yang berbau merah putih dan akhirnya saya bikin puding ini. 

Bahan-bahannya sama seperti puding yang pernah saya buat sebelumnya, hanya saja lapisannya dibagi menjadi dua warna merah dan putih serta di layer paling atas saya beri potongan strawberry segar dan disiram dengan strawberry paletta yang dicairkan. Jadinya rasa puding yang manis lembut bisa diseimbangkan dengan asam manis dari strawberry dan paletanya, puding ini seger banget kalau dimakan dingin-dingin. Untuk lapisan merahnya saya pakai susu cair rasa straberry, mumpung di kulkas ada stock susu strawberry dari Lifull kemarin tapi kalau nggak ada bisa juga diganti dengan susu putih plain lalu di beri sedikit pasta strawberry guna mendapatkan warna dan aromanya. Selain itu bisa juga diganti dengan susu kental manis atau susu bubuk yang dilarutkan hanya saja yang perlu diperhatikan adalah jumlah penggunaan gula, karena kalau memakai susu kental manis rasanya akan jauh lebih manis dari pada menggunakan susu cair plain. 

Berikut ini saya tuliskan kembali resep puding merah putih : 
Baca selengkapnya

Rabu, 19 Agustus 2015

Resep Kue Leker : Creepes traditional nan renyah

Kue Leker Pandan
Namanya Kue Leker, bentuknya menyerupai creepes yang garing dengan aneka isian di dalamnya. Isian yang paling umum adalah irisan pisang, gula dan susu kental manis. Konon kata Leker berasal dari bahasa Belanda yang artinya enak, kue yang satu ini sering di jumpai di daerah Solo, Jakarta dan Surabaya, dijajakan dekat sekolah-sekolah sehingga kebanyakan dari penikmat kue ini adalah kalangan anak kecil. Mungkin sekarang kue Leker ini sudah sulit ditemukan karena banyaknya snack atau jajanan import yang mengalihkan minat masyarakat tapi jika beruntung sesekali kita masih bisa menjumpai penjual kue Leker ini.

Saya sendiri belum pernah melihat abang-abang penjual kue leker, biasanya saya beli kue ini di salah satu toko yang khusus menjual jajanan atau kue basah dan kue tradisional. Pertama kali mencoba belum tau kalo namanya kue Leker, sampai beberapa waktu lalu saya lihat postingan mba Hesti yang bentuknya mirip, saya baca keterangan dan ceritanya ternayata namanya kue Leker. Lalu saya mencoba mencari resep yang kiranya bisa dicoba untuk di praktekkan dan ketemu resep ini di webnya Natural Cooking Club yang merupakan postingan dari mba Amanda Kusumo. Berikut ini saya tuliskan kembali resepnya.

Hasil dari resep kue Leker yang saya coba ini adonan akhirnya cenderung encer , ketika baru matang kue lekernya renyah sekali sampai beberapa kali patah ketika dilipat. Tapi semakin lama kerenyahannya berkurang jadi memang paling enak makan kue ini pas masih panas jadi masih kriuk-kriuk renyah.
Kue Leker


Baca selengkapnya

Selasa, 18 Agustus 2015

July yang Penuh Kejutan


Mungkin bulan Juli tahun ini menjadi salah satu bulan yang paling berkesan bagi saya, karena di bulan ini saya beruntung memenangkan 1 giveaway dan 2 buah challenge sekaligus. Memang bukan juara pertama tapi challenge kali ini tergolong besar diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dan bisa memenangkan salah satu kategori itu rasanya seneng banget, ada rasa tidak percaya, bangga dan seneng yang campur aduk. Beginilah perasaan orang yang jarang-jarang menang hihihi, sekalinya menang langsung heboh, jadi mohon dimaklumi ya :)

Suatu hari saya iseng ikutan give away dari Sajian Sedap di awal bulan Ramadhan kemarin, waktu itu tantangannya adalah untuk menebak nama sajian berbuka puasa di instagram. Iseng saja saya ikutan tanpa berharap banyak karena selama ini jarang sekali saya menang kalau ikutan give away yang sifatnya bukan challenge. Tapi kali ini sepertinya keberuntungan sedang berpihak pada saya, suatu pagi ada mention di instagram dari Sajian Sedap kalau saya menjadi salah satu pemenang Kuis Tebak Nama Menu Berbuka Puasa Periode 1. Kaget dan nggak menduga sama sekali kalau bakalan menang karena dari awal memang tidak berharap banyak, seminggu kemudian hadiahnya datang, lumayan dapet voucher belanja IDR 200.000 plus buku resep dari Sajian Sedap....Terimakasih Sajian Sedap, sering-sering bikin give away dan challenge ya siapa tau besok saya bisa menang lagi (ngarep). 
Baca selengkapnya

Cara Merawat Rambut Rusak Dengan Creambath Bahan Alami

Makarizo Hair Energy
Sebagai wanita rambut adalah mahkota yang sangat berharga, namun kadang berbagai masalah terjadi pada rambut kita, mulai dari rambut rontok, berminyak, patah, kering atau rusak. Seringkali masalah pada rambut berlangsung lama karena kita tidak bisa menemukan cara merawat rambut rusak yang benar. Tapi sekarang tidak perlu khawatir lagi karena Makarizo baru saja meluncurkan produk terbarunya Makarizo Hair Energy, sebuah produk perawatan rambut yang berbentuk cream creambath. Makarizo Hair Energy bisa menjadi pilihan tepat bagi anda yang mencari cara merawat rambut rusak secara alami. Kwalitas dan mutu dari cream creambath ini tidak perlu disangsikan, terbukti dengan prestasi membanggakan dimana hair energy meraih penghargaan Top Brand sebanyak 3 kali pada tahun 2012, 2014 dan 2015. Diluncurkan dalam tiga varian berbeda, Makarizo Hair Energy berusaha memberikan solusi terbaik bagi tiap jenis kerusakan rambut. Adapun ketiga varian tersebut antara lain hair energy creambath royal jelly, hair energy creambath aloe vera dan hair energy creambath kiwi, keseluruhan varian cream creambath ini hadir untuk membantu merawat rambut rusak, rontok, dan bercabang akibat bleaching, pelurusan, keriting, sering dicatok atau  diwarnai. Ibarat mahkota, tentunya kita menginginkan yang terbaik bagi rambut, namun kadang beberapa produk perawatan yang beredar dipasaran ternyata mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang tidak kita sadari, oleh karena itu sebaiknya kita harus lebih jeli mencari cara merawat cara merawat rambut rusak dengan bahan alami atau cara merawat rambut dengan bahan tradisional yang tentunya lebih aman bagi kesehatan. Makarizo Hair Energy bisa menjadi solusi yang paling tepat selain mengandung bahan-bahan perawatan rambut alami, makarizo hair energy creambath juga bisa digunakan kapan saja.


Varian Makarizo Hair Energy

Untuk mengenal lebih jauh varian dan mafaat dari produk cream creambath Makarizo Hair Energy, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai kandungan dan manfaat dari masing-masing  variannya sehingga bisa membantu untuk mendapatkan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhan rambut kita. 


Makarizo Hair Energy Tersedia Dalam 3 varian, yakni : 
Makarizo Hair Energy Creambath Royal Jelly

1. HAIR ENERGY CREAMBATH ROYAL JELLY


Jika anda mencari solusi cara merawat rambut rusak dan bercabang, maka Hair Energy Creambath Royal Jelly adalah jawabannya.

Hair Energy Creambath Royal Jelly menutrisi serta memelihara kelembaban dan elastisitas rambut. Selain mengandung zat untuk melembutkan dan menutrisi, Energy Creambath Royal Jelly juga mengandung Royal Jelly yang kaya antioksidan tinggi guna mengatasi radikal bebas. Creambath Royal Jelly atau susu lebah merupakan sumber makanan yang paling istimewa bagi lebah, terutama bagi ratu lebah yang mengonsumsinya seumur hidup. Sementara itu, Royal Jelly bagi manusia dapat memberikan manfaat yang luar biasa terutama untuk memperlambat proses penuaan (anti aging). Dengan berbagai kandungan sarat manfaat yang disebutkan diatas Hair Energy Creambath Royal Jelly tentunya menjadi pilihan cream creambath terbaik untuk merawat rambut kering, rusak dan bercabang. Mudah kan hanya dengan perawatan creambath mampu membuat rambut menjadi lebih lembut.
Makarizo Hair Energy Creambath Aloe Vera


2. HAIR ENERGY CREAMBATH ALOE VERA

Bagi anda yang punya masalah dengan kerontokan dan mencari solusi cara merawat rambut rusak dan rontok ? Hair Energy Creambath Aloe Vera punya semua manfaat yang anda butuhkan.

Varian ini mengandung Aloe Vera yang dikenal sebagai nutrisi alami yang berfungsi untuk menyuburkan, menghitamkan rambut, dan mengurangi kerontokan. Hair Energy Creambath Aloe Vera berkhasiat untuk membantu pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan, mengurangi ketombe, merawat kekuatan akar rambut agar tetap sehat dan berkilau alami. Hair Energy Creambath Aloe Vera disarankan untuk perawatan rambut normal. Creambath Makarizo lidah buaya ini selain mengandung zat untuk melembutkan dan menutrisi, juga mengandung Aloe Vera yang kaya fungsi dengan manfaat ganda yaitu menghitamkan sekaligus menyuburkan rambut serta membersihkan kulit kepala dari gangguan ketombe. Ayo cegah kerontokan dengan creambath menggunakan Hair Energy Creambath Aloe Vera sekarang juga.
Makarizo Hair Energy Creambath Kiwi Extract

3.MAKARIZO HAIR ENERGY CREAMBATH KIWI EXTRACT


Nah bagi anda yang suka mewarnai rambut atau melakukan pelurusan rambut, pastinya pernah mengalami atau bahkan sering mengalami masalah rambut kan. Jika selama ini cara yang dilakukan belum berhasil maka Makarizo Hair Energy Creambath Kiwi ini adalah solusi terbaik yang anda butuhkan, sebagai solusi cara merawat rambut rusak dan bercabang, cara merawat rambut yang rusak setelah pelurusan, cara merawat rambut rusak karena pengeritingan, cara merawat rambut rusak karena diwarnai, atau cara merawat rambut rusak akibat bleaching.

Makarizo Hair Energy Creambath Kiwi berkhasiat untuk rambut yang mengalami proses pewarnaan/pelurusan. Khasiat creambath kiwi berfungsi untuk menutrisi rambut agar tetap sehat, tidak kering, kusam, dan gejala penuaan lainnya. Creambath Makarizo kiwi menjaga keseimbangan dan kelembaban rambut berwarna agar tetap lembut berkilau serta memberi asupan gizi dan bersifat antioksidan yang melindungi rambut.  Varian ini mengandung kandungan Kiwi yang kaya fungsi yaitu mengandung banyak zat yang bermanfaat sebagai anti oksidan bagi tubuh, terutama mengandung vitamin C. Buah kiwi juga mengandung vitamin E dua kali lebih banyak daripada alpukat, memberikan banyak manfaat sebagai creambath alami. 


Cream Creambath Super Praktis

Seperti yang disebutkan diawal, produk Makarizo Hair Energy ini merupakan terobosan produk terbaru yang memberikan manfaat creambath dengan cara yang super praktis, tidak usah lama-lama meracik campuran creambath atau mengaplikasikan dengan waktu berjam-jam, produk hair energy ini hanya membutuhkan waktu 5 sampai 10 menit saja. Cukup aplikasikan pada rambut secukupnya, kemudian beri pijatan lembut dan diamkan 5 sampai 10 menit sampai cream meresap baru kemudian lakukan pembilasan dengan air hingga bersih. Simple dan praktis, serta hemat waktu pastinya.
Soal harga, tidak perlu khawatir akan berat di dompet, karena Makarizo Hair Energy tersedia dalam 3 jenis kemasan yang bisa di dapatkan di berbagai supermarket dan toko-toko kecantikan terdekat. Untuk ukuran terbesarnya Makarizo Hair Energy dikemas dalam ukuran pot 500 gram yang dibanderol dengan kisaran harga jual Rp.60.000 - 70.000, sementara kemasan ekonomis yang mudah dibawa kemana-mana tersedia dalam ukuran sachet 60 dan 30 gram dan harganya hanya Rp. 11.000 untuk kemasan 60 gram dan Rp. 5.000 untuk kemasan 30 gram.


Bagaimana sudah menemukan solusi yang dibutuhkan bagi masalah rambut yang anda alami ? Semoga dengan artikel ini bisa membantu anda mendapatkan rambut sehat, indah, lembut dan berkilau dengan cream creambath bahan alami yang baik serta aman bagi kesehatan.

Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Resep Ceker Bumbu Ngohiong

Ceker Bumbu Ngohiong
Ceker Bumbu Ngohiong


Late post lagi ya, sebenernya ceker bumbu ngohiong ini sudah dibikin beberapa minggu lalu tapi kelewatan untuk di posting ehehehe.  Ini pertama kalinya saya bikin ceker dengan bumbu rempah seperti ini, sebelumnya palingan hanya pakai beberapa jenis kecap dan bumbu standard, karena kemarin ketemu bumbu ngohiong dari Koepoe-Koepoe jadi sekalian beli dengan niat mau nyoba masak sesuatu yang ada rempah-rempahnya. Tau-tau sampai dirumah cuman ada ceker ayam, jadi kita bikin ceker bumbu ngohiong saja.  Berhubung saya suka pedas jadi setiap kali masak ceker, jumlah cabenya pasti extra banyak supaya makin berasa pedasnya waktu disruput. Iya makan ceker memang paling enak di sedot-sedot sampai dapet semua bumbu-bunya yang meresap, karena ceker kan nggak ada dagingnya jadi yang dinikmati ya bumbunya yang meresap. Dalam beberapa menit satu piring ceker habis tak bersisa :) 

Ceker Bumbu Ngohiong
Ceker Bumbu Ngohiong


Baca selengkapnya

Kamis, 13 Agustus 2015

Mudahnya Mendapatkan Snack Gratis dari Lifull Id

Paket Snack Gratis dari Lifull Id
Bagi anda yang ngaku pencinta snack atau minuman kemasan, sekarang ada website yang khusus menyajikan info tentang snack yang banyak beredar dipasaran maupun snack yang susah ditemukan alias langka. Namanya Lifull Id, website ini merupakan situs milik PT. Rumah Media yang resmi berdiri pada bulan Desember 2011.

Dengan adanya website ini kita bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai produk-produk snack yang beredar di pasaran, yang lebih keren lagi Lifull juga menyediakan informasi snack yang langka atau susah ditemukan. Bukan hanya sekedar info saja, kabar gembira lainnya Lifull Id memberikan kesempatan kepada para pengunjung website untuk memenangkan snack-snack tersebut secara gratis...seru kan ?

Informasi yang disajikan dalam website ini juga tergolong lengkap, setiap snack bisa dicari dan diurutkan berdasarkan kategori dan brand, lalu di dalam satiap produk akan di paparkan informasi perkiraan harga, berat, komposisi dan kandungan kalori didalamnya. Tampilan utama website Lifull terdiri dari enam main menu sebagai berikut:
1. Hadiah:
Pada halaman hadiah kita bisa melihat daftar produk-produk yang sedang ditawarkan untuk diberikan secara gratis. Jika tertarik mendapatkan produknya secara gratis, caranya mudah hanya dengan mengklik tombol apply product yang ada dibawah foto produk, lalu akan muncul halaman pop up yang berisikan info alamat pengiriman hadiah (sesuai dengan data yang kita submit saat melakukan registrasi di awal), nah langkah berikutnya adalah share lah link tadi ke halaman sosial media anda. Bagi yang beruntung akan mendapatkan kiriman produk snack yang ada inginkan secara gratis. Supaya lebih jelas berikut ini step by step mendapatkan snack gratis dari Lifull Id:
Baca selengkapnya

Rabu, 12 Agustus 2015

Resep Palmier dari Puff Pastry Instan

Palmier dari Puff Pastry Instan
Palmier dari Puff Pastry Instan

Masih seputaran olahan puff pastry, kali ini versi manis yang sangat mudah sekali dibuat sendiri di rumah, namanya Palmier. Mungkin kata ini agak asing ditelinga ya tapi kalau sudah melihat bentuknya pasti langsung terbayang rasa dan krenyes-krenyesnya kue satu ini. 
Kata Palmier berasal dari bahasa Perancis "palmier or cœur de France" yang berarti pohon palm, sering juga disebut dengan nama palm leaves, elephant ears, french hearts, shoe-soles, Pakistani jalebi atau glasses. Palmier merupakan salah satu varian pastry manis yang berasal dari Perancis. 
Kalo dilihat dari bentuknya pasti mengingatkan kita pada Genji pie ya, kalo jaman dulu suka banget makan si genji ini tapi selalu kepentok dengan harganya yang lumayan menguras dompet ( apalagi sewaktu masih anak sekolahan), karena itu juga kue ini jarang-jarang bisa dibeli kecuali pas ada sisa uang jajan lebih atau lagi nganterin ibu kepasar, jadi bisa sekalian nodong di beliin. Jika dulu selalu beli untuk bisa menikmati si palmier ini, maka sekarang waktunya mencoba bikin sendiri. Pede banget mau bikin sendiri setelah liat step by step dan resepnya dari blognya mba Endang Just Try & Taste.

Palmier dari Puff Pastry Instan
Palmier dari Puff Pastry Instan
Baca selengkapnya

Selasa, 11 Agustus 2015

Resep Saucijzen broodjes ( Sausage Roll )

Saucijzen broodjes  ( Sausage Roll )
Saucijzen broodjes  ( Sausage Roll )


Bagi yang suka berkreasi dengan puff pastry, bisa mencoba resep kudapan satu ini. Namanya
Saucijzen broodjes, hidangan ini merupakan varian savoury pastry yang terbuat dari campuran daging giling kemudian dibungkus atau di roll dengan lembaran kulit puff pastry. Saucijzen broodjes merupakan bahasa Belanda dari Sausage Roll atau yang sering di sebut dengan Pig in the Blanket (babi dalam selimut), istilah ini digunakan kemungkinan karena isiannya dibuat dari daging babi dan puff pastry menjadi selimutnya.

Resep ini masih dari bukunya mba Wulan Sucipto dan Mba Ike Hermawan yang berjudul Pastry & Pie Populer. Untuk step by step cara pembuatan kulit pastry bisa dilihat dengan lengkap di buku ini loh.

Saucijzen broodjes  ( Sausage Roll )
Saucijzen broodjes  ( Sausage Roll )

Saucijzen broodjes  ( Sausage Roll )
Resep from Pastry dan Pie Populer ( Ike K. Hermawan & Wulan Sucipto ) 
Baca selengkapnya

My 7-Days Fruits Diary : Cerita 7 Hari Memperbaiki Saluran Cerna bersama Buah-Buahan Sunpride

Buah-Buahan Lokal Sunpride
Buah-Buahan Lokal Sunpride
Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin alami bagi tubuh, disamping rasanya yang enak buah juga memiliki banyak kandungan gizi baik yang berguna bagi kesehatan tubuh kita,  bahkan beberapa jenis buah bisa menjadi obat bagi berbagai jenis penyakit. Dengan mengkonsumsi buah setiap hari akan memberikan asupan gizi dan vitamin bagi tubuh, buah juga bisa menjadi salah satu sumber energi tubuh untuk bisa melakukan aktivitas. 

Ngomong-ngomong soal buah, saya punya masalah dengan sistem pencernaan, sering sekali mengalami konstipasi dan susah kebelakang, sudah mencoba berbagai obat-obatan yang katanya manjur tapi tetap saja masalah pencernaan masih sering kambuh. Sampai beberapa bulan lalu orang tua saya menyarankan agar saya rutin mengkonsumsi buah-buahan seperti pepaya, melon dan kawan-kawannya yang katanya bisa membantu melancarkan sistem pencernaan.

Mengikuti saran orang tua akhirnya saya mulai rutin mengkonsumsi buah-buahan, tapi kadang untuk mendapatkan buah-buahan dengan kwalitas yang bagus agak susah apalagi sejak pemerintah membatasi impor buah masuk ke Indonesia, yang akhirnya membuat harga buah melambung tinggi. Kalau mau tetap beli buah impor pastinya sangat berat di kantong, jadi harus mencari alternative buah lokal dengan kwalitas yang baik dan harga terjangkau. Sementara dipasaran buah lokal yang beredar kadang tidak sebanding dengan harganya, beberapa buah lokal seperti apel bentuknya kecil-kecil sekali dengan rasa agak sepat entah kwalitas buahnya yang memang tidak baik atau belum mencapai masa layak konsumsi. Sampai suatu hari saya menemukan buah-buahan lokal Sunpride di supermarket dekat kantor, kwalitas buahnya tergolong sangat baik apalagi beberapa buah seperti jambu crystal dan nanas honi nya yang memiliki keunggulannya tersendiri. Langsung jatuh cinta dengan koleksi buah lokal Sunpride yang sangat lengkap dan semangat mengkonsumsi buah tiap hari sudah kembali bisa dijalankan.

Setelah membeli stock buah-buahan yang diarasa cukup untuk 1 minggu konsumsi, berikut ini saya ingin berbagi cerita tentang 7 hari memperbaiki saluran cerna bersama buah-buahan Sunpride. 

Buah-Buahan Lokal Sunpride
7 hari memperbaiki saluran cerna bersama buah-buahan Sunpride

Baca selengkapnya

Senin, 10 Agustus 2015

Resep Bubuh Injin ( Bubur Ketan Hitam)

Bubuh Injin ( Bubur Ketan Hitam)

Bubuh Injin (bubur ketan hitam) merupakan salah satu jenis desserts manis khas Bali, terbuat dari campuran beras ketan hitam dan gula merah lalu disajikan dengan kuah santan kental. Bubur yang satu ini bisa dijumpai hampir disemua wilayah di Bali terutama di warung-warung yang khusus menjual jajanan traditional atau jajanan pasar. Pada umumnya bubuh injin disajikan dalam keadaan hangat maupun dicampur dengan es atau menjadi pelengkap es campur, disajikan hangat maupun dingin rasanya tetap enak. 

Mumpung weekend kemarin saya niatkan bikin bubuh injin ini, sebenernya bisa saja sih tinggal beli supaya nggak repot apagi memasak bubur injin butuh waktu yang lumayan lama, tapi kalo beli dapetnya dikit kan ya ? heheh jadi milih bikin sendiri saja supaya bisa puas makannya. Lalu kalau ada sisa biasanya saya suka bikin es loli dari campuran bubuh injin dan santannya, dimakan pas siang yang panas jadi nyess banget, mirip-mirip es krim ketan hitam cuman minus rasa tapenya. 

Berikut ini saya tuliskan kembali resep bubuh injin aka bubur ketan hitam khas Bali ini :

Bubuh Injin ( Bubur Ketan Hitam)
Baca selengkapnya

Jumat, 07 Agustus 2015

Resep Zuppa Soup ( Pastry isi Krim Sup)

Zuppa Soup ( Pastry isi Krim Sup)

Late post lagi ya, sebenarnya bikin Zuppa Sup ini sudah beberapa bulan lalu tapi selalu lupa untuk update resepnya. Zuppa Sup biasanya sering kita temui sebagai salah satu varian menu pendamping, sajian ini berupa lembaran puff pastry yang disajikan dalam mangkok-mangkok ramekin kecil dengan isian sup krim didalamnya. Sangat nikmat di hidangkan ketika musim dingin atau sekedar sebagai pengganjal lapar sebelum jam makan. 

Jika ingin hemat untuk membuat zuppa sup ini bisa dikerjakan sendiri dari mulai membuat adonan pastrynya, memang memakan waktu tapi jumlah yang dihasilkan akan lebih banyak dan modalnya lebih sedikit. Sementara bila ingin yang praktis tinggal beli kulit puff pastry jadi di supermarket terdekat, dan kita tinggal membuat bagian isian sup krimnya saja. 

Resep ini dari bukunya mba Wulan Sucipto dan Mba Ike Hermawan yang berjudul Pastry & Pie Populer. Buku ini tergolong sangat lengkap karena menyajikan cara pembuatan aneka pastry dari yang manis sampai asin atau savoury lengkap dengan step by step nya termasuk cara pembuatan adonan kulit pastry. Jadi kalau mau belajar bikin aneka jenis pastry silahkan beli bukunya dijamin nggak bakal nyesel. 
Baca selengkapnya

Selasa, 04 Agustus 2015

Resep Frozen Banana Yogurt

Frozen banana yogurt I www.sashylittlekitchen.com
 
Minggu kemarin ada stock pisang berlebih di kulkas, daripada dianggurin dan takutnya mubasir sampe kebuang, cari cara deh buat ngolahnya tapi kali ini bukan banana cake atau pisang bakar lagi, karena udah keseringan dan agak mulai bosan. Mumpung punya stock plain yogurt jadi kepingin bikin desserts yang dingin dan asem seger jadilah Frozen Banana Yogurt ini. Bahan-bahannya simple dan tanpa menggunakan tambahan pemanis soalnya pisangnya udah manis, tapi itu tergantung selera sih kalo suka lebih manis bisa ditambahkan madu atau susu kental manis. 

Frozen banana yogurt I www.sashylittlekitchen.com


Baca selengkapnya

Senin, 03 Agustus 2015

Sate Ayam Khas Madura


Sate Ayam Madura I www.sashylittlekitchen.com

Sate merupakan salah satu hidangan khas Indonesia yang hampir tersebar merata di seluruh wilayah kepulauan Indonesia. Setiap daerah memiliki Sate khasnya tersendiri seperti Bali dengan sate lilit,  Sumatra dengan sate Padang, sate Meranggi khas Purwakarta dan sate ayam yang terkenal dari Madura serta Ponorogo. 

Dari sekian banyak jenis sate yang ada, kali ini saya dan suami iseng bikin sate ayam khas Madura dirumah. Sambil mengisi waktu luang di malam minggu kemarin, jadi kita manggang sate berdua dan makannya juga berdua. Memilih sate ayam karena bahannya lebih mudah didapat serta pengolahannya lebih sederhana ketimbang sate berbahan daging lainnya. Resep satenya saya pakai resep dari Sajian Sedap, hasilnya ngk kalah enak dengan yang dijual di warung-warung sate plus bisa makan sepuasnya hehehe. 

Sate Ayam Madura I www.sashylittlekitchen.com
Baca selengkapnya

Ontbijtkoek : Cake rempah dari negeri Belanda

Ontbijtkoek cake rempah khas Belanda
Ontbijtkoek I www.sashylittlekitchen.com

Sudah lama sekali ingin mencoba membuat cake asal Belanda ini, akhirnya baru kesampaian sekarang. Namanya Ontbijtkoek yang jika diterjemakan kedalam bahasa Indonesia berarti kue yang dimakan untuk sarapan (ontbijt = breakfast/sarapan, koek = cake/kue). Meskipun berasal dari Holland namun cake ini sudah menjadi salah satu tradisi Indonesia, mungkin karena pengaruh yang di bawa Belanda pada masa kolonialisme terdahulu. 

Pada dasarnya komposisi adonan cake ini mirip dengan sponge cake pada umumnya, yang menbedakan dan menjadikannya unik adalah penggunaan gula palm dan bubuk rempah di dalam adonannya. Jadinya cake ini wangi sekali, ada perpaduan gula merah dan rempah-rempah apalagi kalau ditambah taburan kenari atau almond diatasnya... enak banget untek temen nge-teh atau ngopi, texturenya lembut tapi nggak seret di tenggorokan. 

Resep Ontbijtkoek  ini saya dapat dari blognya mba Ricke, makasi ya mba sudah berbagi resepnya:)

Ontbijtkoek cake rempah khas Belanda
Ontbijtkoek I www.sashylittlekitchen.com
Baca selengkapnya