Kamis, 30 April 2015

Sohun Goreng Sayuran ( stir fried glass noodles)

sohun goreng sayuran ( stir fried glass noodles)
sohun goreng sayuran ( stir fried glass noodles)

sohun goreng sayuran ( stir fried glass noodles)

sohun goreng sayuran ( stir fried glass noodles)

sohun goreng sayuran ( stir fried glass noodles)
  
Sohun Goreng Sayuran 
( Stir Fried Glass Noodles)

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:
  • 200 gram sohun, diseduh, ditiriskan
  • 5 butir bawang merah, diiris tipis
  • 3 siung bawang putih, diiris tipis
  • 1 butir telur, didadar atau orak arik
  • 1 buah wortel di potong memanjang
  • 4 buah jamur champignone , iris tipis
  • 1/2 buah paprika merah iris memanjang
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/2 sendok teh kecap asin
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 75 ml air
  • 1 batang daun ketumbar atau corriander, diris halus
  • 1 batang daun bawang, diiris miring
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan wortel, jamur dan paprika. Tumis sampai layu. Masukkan orak arik telur.
  3. Tambahkan bihun, kecap manis, saus tiram, kecap asin, garam, dan merica bubuk. Aduk rata. Tambahkan air. Masak sampai matang.
  4. Masukkan daun ketumbar dan daun bawang. Aduk rata. Angkat. 
bahan-bahan sohun goreng sayuran ( stir fried glass noodles)





Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Crispy Fish Panini


Crispy Fish Panini

Panini adalah roti lapis atau sandwich yang berasal dari Italia, istilah panini merupakan bentuk jamak dari kata "panino" yang berarti gulungan roti. Jadi panini ini merupakan golongan sandwich yang dibuat dari roti yang bukan roti iris seperti roti tawar pada umumnya melainkan dari roti utuh seperti ciabatta, baquette dan sejenisnya.

Ngomong-ngomong soal panini, disebelah kantor saya ada warung makan yang menu utamanya adalah panini. Dulu sering beli panini disana tapi sekarang warungnya selalu ramai jadi agak enggan kalau mau ngantri. Oleh karena itu kalo kangen makan panini rasanya pengen nyoba bikin dirumah dan akhirnya kemarin kesampaian bikin panini dirumah tapi memang tidak sesempurna panini yang dijual karena saya tidak punya alat pressnya. Saya pakai roti cibatta, rotinya beli di supermarket sih bukan bikin sendiri, 1 pack berisi 4 buah roti seharga Rp. 20.000 bentuknya seperti balok dengan bagian cembung diatasnya. Biasanya kalau panini yang di resto selalu di press setelah diberi isian jadi rotinya akan menjadi datar dengan guratan-guratan sexy diatasnya khas mesin grilling (pemanggang). 

Sekalian untuk menghabiskan stock fillet ikan di kulkas, saya bikin isian panininya jadi crispy fish patty (patty ikan) dan salad paprika. Resep fish pattynya dapat nyontek dari blognya mba Riecke Ordinary Kitchen. Ternyata satu buah panini ini bener-bener bikin kenyang sampe hampir ngk bisa nafas, jadi kemarin malam setelah selesai langsung difoto seadanya dan dinikmati berdua bareng suami. Lumayan mengobati kangen makan panini walaupun yang ini versi abal-abal.

Crispy fish patty

 

Crispy Fish Patty
 by Ricke Indriani

Bahan-Bahan :
  • 200 gram filet ikan tenggiri/kakap/salmon
  • 100 gram udang kupas ( saya pakai keseluruhan ikan)
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 3/4 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1 butir telur
  • 2 sdm tepung roti/panir halus
  • 1/2 sdm tepung sagu/tapioka
  • 1 batang daun bawang, iris halus
Pelapis:
  • Tepung maizena
  • 1 buah putih telur, kocok lepas
  • Tepung roti/panir kasar
Minyak untuk menggoreng deep fry.

Cara membuat:
  • Haluskan ikan dan udang. Masukkan bawang putih, garam, merica bubuk, gula pasir dan telur. Aduk rata.
  • Masukkan tepung roti/panir dan tepungs sagu/tapioka, aduk rata. Masukkan daun bawang, aduk rata.
  • Bagi menjadi 8 bagian (atau sesuai jumlah rotinya). Bentuk bulat dan pipihkan sesuai diameter roti.
  • Gulingkan ke tepung maizena. Celup ke putih telur. Balut dengan tepung panir. Lakukan sampai semua adonan habis.
  • Masukkan ke freezer 30 menit agar panir lebih merekat dengan baik.
  • Goreng dalam minyak panas dengan api kecil sedang agar matang sempurna. Angkat dan tiriskan. 
paprika salad

Salad Paprika
by Sashy
 
Bahan-Bahan Salad Paprika : 
  • 2 buah paprika yang lumayan besar ( saya pakai kuning dan merah)
  • 5 buah jamur champignone ( iris tipis)
  • 1 buah mentimun serut bagian luarnya , bijinya tidak dipakai
  • 1 sdm olive oil
  • Merica hitam 
  • Garam
Cara Membuat :
  1. Potong paprika memajang seperti korek, buang bijinya.
  2. Panaskan Wajan tanpa minyak, masukkan paprika dan jamur, masak hingga agak layu. Maukkan mentimun.
  3. Beri sedikit garam dan merica, tes rasa. Matikan api kemudian tambhakan olive oil. 
  4. Goyang-goyangkan wajan agar paprika dan jamur terbalut minyak olive, sisihkan. 


crispy fish panini

Panini Sandwich
 
Bahan-Bahan Panini Sandwich  : 
  • 2 buah roti panini ( saya pakai ciabatta, belah 2)
  • 2 buah crispy fish patty 
  • Salad paprika 
  • Mayonnaise
  • Mustard 
  • Tomat , iris tipis 
  • Selada (lettuce)
  • Mentimun iris tipis
  • Keju Slice 
  • Saos Sambal 

Penyajian Panini Sandwich : 
  • Panaskan wajan atau grill, panggang roti sebentar hingga tiap sisinya agak kecoklatan. 
  • Oleskan mustard pada bagian dalam roti, beri letucce, mayonaise kemudian fish patty dan keju
  • Letakkan sedikit salad paprika, kemudian tomat dan mentimun, beri lettuce lagi lalu mayoineise dan saos sambal. Tutup dengan bagian atas roti. 
crispy fish panini




 




Baca selengkapnya

Selasa, 28 April 2015

Terong Raos

terong raos ala ci tannia wong
Kemarin sajian terong raos ini sempat ngehits di fanspage Natural cooking club, olahan ini di populerkan oleh Ci Tannia Wong yang selalu berbaik hati membagi resep-resep dari masakan dan kue-kue yang sering dia buat bahkan resep cake ala toko kuenya pun sering di share kepada teman-teman lainnya. Dari sekian banyak resep yang pernah ci Tannia share, terong raos ini merupakan salah satu yang membuat saya penasaran ingin mencoba. Selain bahannya mudah didapat juga saya dan suami adalah salah satu penggemar olahan terong, biasanya sih cuman direbus atau dibakar dan disajikan dengan sambal, nah begitu melihat resep terong raos yang agak unik ini saya langsung bookmark dan ingin mencoba sebagai sajian makan malam dirumah. Hasilnya enak loh, padahal hanya terong goreng garing dengan bumbu super simple tapi karena bumbunya yang minimalis ini malah menonjolkan rasa manis dari terongnya. kriuk-kriuk manis dan gurih. 

TERONG RAOS
Resep by Tannia Wong  

Bahan-bahan:

  • 3 buah terong ungu ukuran kecil, iris tipis
  • 7 sdm tepung tempura thai larutkan dengan air ( saya pakai tepung bumbu crispy siap pakai dilarutkan dengan air)
  • 3 siung bawang merah iris tipis
  • 1 siung bawang putih iris tipis
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm kecap ikan
  • Merica secukupnya
  • Bawang daun iris secukupnya
Cara Membuat : 
  1. Celupkan terong yang sudah diiris dalam adonan tepung bumbu sampai tertutup rata.
  2. Goreng terong dalam minyak panas dengan api sedang. Goreng hingga kuning kecoklatan, sisihkan.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minya, masukkan terong goreng dan beri sisa bumbu lainnya, goyang-goyangkan wajan agar bumbu dan terong tercampur rata. 
  4. Angkat dan beri taburan daun bawang iris. 

 

Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Senin, 27 April 2015

Soes Kering

soes kering
Sebenarnya niat membuat soes kering isi coklat tapi apa daya ternyata stock DCC habis sama sekali jadi batal deh dapet lelehan coklat didalem soes yang garing dan gurih. Karena sudah terlanjur dibuat jadi ini soes hanya berakhir menjadi soes kering biasa, tapi ini juga enak buat cemilan loh karena lumayan gurih. Resep soes keringnya saya pakai resepnya mba Diah Didi cuman dikurangi penggunaan telurnya saja. Kalau mau dikasi isian coklat leleh tinggal cairkan DCC trus di suntikkan kedalam soes yang sudah matang, gunakan tusuk gigi untuk melubangi pinggiran soes lalu semprotkan coklat leleh dengan bantuan piping bag.


soes kering
Baca selengkapnya

Chicken Floss Bun ( Roti Abon Ayam)

Chicken Floss Bun ( Roti Abon Ayam)

Setelah sekian lama absen bikin roti-rotian akhirnya sabtu kemarin bisa bikin roti lagi, kebetulan bisa libur karena si Boss sedang tidak dikantor, dan lebih kebetulan lagi dua hari libur dua hari pula hujan turun tanpa henti. Kalo saya sih liburan mendung atau hujan,  selama isi dapur lengkap, malah saya lebih betah ada dirumah, berlama-lama di dapur mulai ngacak-ngacak stock loyang dan bahan-bahan hihihihii. Kebalikan dengan suami yang ngk betahan diem dirumah kalau libur, bawaannya suka jalan-jalan keluar tapi biasanya saya selalu punya alasan biar bisa lama-lama di dapur dan tidak keluar rumah. Iya saya memang tidak begitu suka dengan keramaian, kurang bisa beradaptasi dengan banyak orang tapi kalo ramenya karena nonton Sheila on 7 lain lagi ceritanya ehehehhehhe ( bisa paling heboh sendiri).

Oke curcolnya segitu dulu ya, kita kembali ke roti lagi. Kemarin itu saya bikin roti abon ayam atau bahasa bekennya chicken floss bun yang masih kerabat dekat dengan fire floss bun andalannya toko roti Br**dt*lk yang beken itu. Dua-duanya sama-sama roti asin dengan taburan abon dan olesan mayonaise nah yang mebedakannya adalah yang satu pake abon ayam dan yang satu pake abon sapi pedas jadi warnanya lebih merah ketimbang yang pake abon ayam. Dulu sebelum bisa bikin roti dan belum punya standing mixer saya tergolong sering membeli roti ini karena ini salah satu kesukaannya bapak suami. Tapi kalo beli terus harganya lumayan mahal ya, oleh karena itu sebagai istri yang sok irit dan bahan serta alat sudah ada jadi sekarang lebih suka bikin sendiri. Selain dapetnya banyak, modalnya lebih sedikit , kita juga benar-benar tau bahan-bahan yang dipakai dan satu lagi naruh topping abonnya bisa sesuka hati mau sebanyak-banyaknya juga ngk ada yang larang asal abonnya cukup hehhehe.

Untuk roti saya selalu pakai resep water roux yang dulu didapat dari blognya mba Hesti, sudah terlanjur jatuh cinta sama resep yang ini karena hasilnya selalu lembut dengan serat roti yang bagus dan nguleninnya juga tidak terlalu lama. Kali ini rotinya saya bentuk ala kepang-kepang gitu tapi setelah ngepang baru sadar kalau atasnya bakal diisi abon jadi bentuk kepangnya bakal mubazir karena tak terlihat ketutupan abon huhuhuh, tapi sudah terlanjur jadi biarin aja. Kalau mau bini dan dibentuk buletan biasa atau buletan memanjang juga tidak masalah kok, disesuikan sama selera saja, kalo mau ribet bisa dibentuk macem-macem kalau mau praktis ya dibulet-buletin aja tidak mempengaruhi rasa kok, hanya memperngaruhi tampilannya saja. 

Sudah capek belum baca tulisan ini ? kalo belum mau saya lanjutin sampe 2 halaman lagi ... tapi ngk jadi deh ya kasian kalo bacanya kepanjangan nanti malah bosen, yuk yang mau nyoba dirumah berikut ini resepnya saya tuliskan kembali :

Chicken Floss Bun ( Roti Abon Ayam)
Baca selengkapnya

Jumat, 24 April 2015

Tropicana Slim Alergon Cookies : Ngemil Enak Bebas Rasa Bersalah

Tropicana Slim Alergon Cookies






Bulan ini sepertinya hampir setiap hari saya harus pulang kerja lebih malam dari jam normal dan di kantor pun sudah tidak banyak lagi waktu luang seperti biasanya, inilah salah satu penyebab kenapa akhir-akhir ini instagram lebih up to date dari pada blog ini. Ya beginilah resiko kalau lagi kejar deadline cetak, tiap hari rasanya waktu pendek banget di kejar beratus-ratus gambar yang harus di edit untuk final layout. Saking banyaknya ini kerjaan kadang sampai harus dibawa pulang dan di kerjakan dirumah, yup lembur di kantor dan di rumah tapi saya mencintai pekerjaan ini jadi lumayan meringankan dan membuat saya menikmati setiap prosesnya. Yang paling  bahaya adalah ketika lembur di rumah bawaannya selalu pengen nyemil. Kalau diturutin nyemil sembarangan  pasti dalam seminggu semua baju tidak akan muat lagi hehehehe. Oleh karena itu harus berhati-hati memilih cemilan supaya hasrat ngemil terpenuhi tapi tidak membahayakan ukuran baju.  

Untungnya sekarang  sudah ada Tropicana Slim Alergon Cookies, camilan nikmat dan sehat dengan bahan-bahan yang bebas gluten  & bahan pemicu alergi lainnya seperti telur, kacang - kacangan, susu sapi, kedelai, ikan, dan kerang. Selain itu Alergon juga  bebas pengawet dan bebas gula pasir karena menggunakan pemanis alami dari buah. Komposisi utama dari cookies ini adalah tepung beras dan singkong dengan taburan kismis yang nikmat (kismis ini bagian favorit saya).  Oh ya karena kandungan bahan-bahan dasar yang sehat dan bebas gluten maka Alergon cookies ini juga aman dikonsumsi untuk mereka yang melalukan diet  khusus. Kurang apalagi coba ya bisa tetep nyemil enak tanpa rasa bersalah, makin betahlah saya lembur dirumah hihihihi. Lumayan kan ngunyah jalan terus tapi yang dikunyah tidak membahayakan ukuran baju. Alergon cookies ini juga aman untuk dinikmati seluruh keluarga, dari mulai anak-anak sampai usia dewasa jadi bisa nyemil sehat  rame-rame :)

Oh ya bagi yang belum pernah dengar istilah "Gluten", berikut ini adalah sedikit penjelasan yang saya sadur dari situs alergon.co.id

Gluten merupakan jenis protein yang biasanya ditemukan di gandum, jelai (barley), dan gandum hitam. Secara umum gluten aman dikonsumsi oleh seseorang dalam dietnya, namun tidak dianjurkan kepada mereka yang memiliki kondisi gangguan seperti penyakit celiac dan sensitivitas terhadap gluten. Diet bebas gluten harus dilakukan oleh penderita kondisi-kondisi ini karena konsumsi gluten dapat berakibat fatal untuk kesehatan. 

Secara umum makanan alami merupakan makanan yang bebas gluten, beberapa makanan tersebut antara lain:
  • Sayur dan buah segar
  • Daging ayam dan sapi segar
  • Daging ikan dan seafood segar
  • Telur dan susu segar
  • Kacang-kacangan
  • Nasi putih dan nasi merah
  • Bumbu masak alami (gula, garam, lada, ketumbar, cuka, dan cabai)
Namun, tenyata banyak makanan bebas gluten yang merupakan produk olahan dengan kandungan lemak dan gula yang tidak lebih sedikit loh. Bahkan, beberapa produk pangan olahan bebas gluten ini bisa jadi memiliki kalori dan gula tambahan yang lebih tinggi untuk menciptakan cita rasa yang tetap nikmat. Jadi, selalu bijak dalam memilih produk pangan bebas gluten yang sehat dan bernutrisi 

Sama seperti sumber karbohidrat yang mengandung gluten, beberapa makanan bebas gluten juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Bahkan, beberapa (seperti nasi, kentang, dan gula) dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang lebih drastis dibandingkan dengan produk olahan gandum seperti pasta. Karena itu, jika terlalu banyak dikonsumsi, risiko kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2 pun meningkat. Maka dari itu, pilihlah sayuran/ buah kaya serat dan nutrisi sebagai alternatif makanan bebas gluten yang lebih sehat.
 
Tropicana Slim Alergon Cookies

Baca selengkapnya

Kamis, 23 April 2015

Apple Cinnamon Streusel Mufiin

Apple Cinnamon Streusel Mufiin

Apple Cinnamon Streusel Mufiin

Apple Cinnamon Streusel Mufiin

Kali ini mencoba mengolah apel menjadi muffin, biasanya hanya dipakai apple pie atau di jus. Ternyata dibikin muffin juga enak loh.

Apple Cinnamon Streusel Mufiin
Recipe modified from  Happyhourproject



Bahan-Bahan : 
2 cup ( 250 gram)  tepung terigu serbaguna ( saya pakai protein tinggi)
1 sdt baking soda
1/2 sdt garam 
1/2 cup (115 gram) mentega 
1 cup (125 gram) gula castor 
2 butir telur 
1 sdt vanilla essence
2 cup apel cincang ( sekitar 2 sampai 3 buah tergantung besar kecil apelnya)
1/2 sdt kayu manis bubuk 

Streussel topping : 
1/3 cup ( 100 gram)  brown sugar 
1 sdm tepung terigu 
1/4 sdt kayu manis bubuk
1 sdm butter 

Cara Membuat : 

  1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius
  2. Siapkan loyang muffin, alasi dengan papercup
  3. Ayak bersamaan tepung terigu, baking soda, garam , dan kayu manis bubuk, sisihkan. 
  4. Dalam wadah agak besar, kocok butter, gula castor dan telur serta vanilla essense. Kocok hingga adonan lembut.
  5. Masukkan apel cincang kedalam adonan, aduk rata.
  6. Tambahkan campuran tepung secara bertahap kemudian aduk balik hingga semua adonan menyatu dan tepung tidak menggumpal. 
  7. Tuang adonan kedalam loyang muffin, isi sampai peres dengan bibir loyang ya. 
  8. Beri taburan streusel diatasnya
  9. Panggang selama kurang lebih 30 sampai 45 menit, lakukan tes tusuk untuk mengetahui mufffin sudah matang atau belum. 
  10. Jika lidi sudah keluar bersih tanpa ada adonan yang menempel berarti muffin siap dikeluarkan dari oven, jangan memperpanjang suhu panggang lagi karena semakin lama di oven muffin akan menjadi kering dan tidak moist lagi.


Apple Cinnamon Streusel Mufiin

Apple Cinnamon Streusel Mufiin

Apple Cinnamon Streusel Mufiin

Apple Cinnamon Streusel Mufiin


Apple Cinnamon Streusel Mufiin


Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Lumpia Pisang

lumpia pisang

Setelah lumpia gurih, kali ini postingannya menuju lumpia yang manis ya ... isiannya pisang, coklat, palm sugar dan keju. Renyah dan melted dengan wangi cinnamon, bisa jadi sajian praktis dan cepat untuk teman minum teh :)

lumpia pisang
lumpia pisang

Lumpia Pisang

Baca selengkapnya

Rabu, 22 April 2015

Lumpia Sayuran

Lumpia Sayuran
Lumpia merupakan salah satu jenis hidangan khas Tionghoa yang juga dikenal dengan sebutan lain Pokppya ( pokpia ). Meskipun berasal dari Tiongkok namun lumpia sudah sangat familiar sekali di Indonesia, saking familiarnya beberapa daerah punya ciri khas lumpia sendiri. Seperti misalnya daerah Semarang yang terkenal akan Lumpia Semarangnya dengan isian rebung , udang atau ayam. Secara umum lumpia merupakan lembaran tipis kulit dari tepung gandum yang digunakan untuk membungkus aneka isian seperti campuran sayuran maupun daging, selain lumpia gurih sekarang juga banyak di jumpai lumpia manis dengan isian pisang coklat maupun keju, dua-duanya punya texture yang renyah dan pas dinikmati sebagai teman ngobrol atau sekedar kumpul keluarga.

Kali ini saya membuat lumpia versi gurih dengan isian sayuran, jika biasanya lumpia sayuran ini menggunakan campuran bihun atau soun rebus dalam isiannya, kali ini saya hanya memakai beberapa jenis sayuran saja menyesuaikan dengan stok yang ada di dapur. Sebenarnya isiannya bisa disesuaikan dan dikreasikan sesuai selera, sah-sah saja kok yang penting enak (menurut selera masing-masing). Kebetulan saya tidak begitu suka dengan soun dan bihun dan penggunaan bihun ini juga membuat daya tahan lumpia kurang lama atau lebih cepat bau dan basi. Berikut saya tuliskan kembali resep lumpia yang saya buat, untuk sayurannya silahkan disesuaikan selera ya :)

Lumpia Sayuran


Lumpia Sayuran

Bahan-Bahan :
  • 10 buah kulit lumpia siap pakai
  • minyak untuk menggoreng
Bahan isian :
  • 150 gram buncis, diiris tipis
  • 150 gram wortel, dipotong korek api
  • 5 buah jamur champignon, direndam air hangat, bilas lalu cincang kasar
  • 2 helai seledri 
  • 4 siung bawang putih, dicincang halus 
  • 1/2 sendok makan kecap ikan 
  • 1 sendok makan saus tiram 
  • 1/4 sendok teh gula pasir 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 
  • 1 batang daun bawang, diiris halus
  • 5 batang kucai, dipotong 2 cm
  • 50 ml air 
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis / margarine
Perekat:
  • 2 sendok makan tepung terigu, larutkan dengan 3 sendok makan air
Cara Membuat :
  1. Isi, panaskan minyak atau margarine. Tumis bawang putih sampai harum.
  2. Masukkan buncis dan wortel. Aduk sampai setengah layu, masukkan jamur cincang.
  3. Tambahkan kecap ikan, saus tiram, garam, gula pasir, dan merica bubuk. Aduk rata.
  4. Tuang air. Aduk sampai matang. Menjelang diangkat, masukkan daun bawang, seledri dan kucai. Aduk rata.
  5. Ambil selembar kulit lumpia. Beri isi. Lipat kiri dan kanan kulit lumpia ke bagian tengah. kemudian gulung dari ujung ke ujung sambil dipadatkan. Rekatkan ujung dengan bahan perekat. Lakukan hingga semua adonan habis.
  6. Goreng dalam minyak banyak yang telah dipanaskan di atas api sedang sampai berwarna kuning kecokelatan.

Lumpia Sayuran





Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Selasa, 21 April 2015

Guacamole Bruschetta

Guacamole Bruschetta

Baguette (pengucapan: /bəˈɡɛt/) merupakan salah satu roti khas Itali yang bentuknya agak unik,  roti ini memiliki texture kulit yang renyah dan bagian dalam dengan serat yang berongga. Diameter Baguette biasanya sekitar 5 sampai 6 cm namun yang membuatnya unik dan lain dari roti pada umumnya adalah panjangnya yang bisa mencapai 1 meter. 

Baguette biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau starter dish, dihidangkan dengan olesan garlic butter atau bersama soup. Yang paling populer di Indonesia adalah Baguette yang dipanggang dengan olesan garlic butter atau mentega dan bawang putih, kita biasa menyebutnya dengan istilah Bruschetta. Disalah satu resto fast food yang terkenal di Indonesia biasanya disajikan Bruschetta dengan topping udang dan daging. Sebenarnya Bruschetta ini bisa dikombinasikan dengan berbagai macam topping tergantung selera dan kreasi kita. Nah kali ini saya mencoba Bruschetta dengan topping Guacamole atau pasta alpukat. Rasanya seger banget loh paduan alpukat, tomat dan lemon juice diatas roti yang dipanggang dengan olesan garlic butter.... ringan dan nikmat. Bagi yang bosan dengan sajian Bruschetta dengan topping tomat bisa mencoba yang satu ini.
Baca selengkapnya

Jumat, 17 April 2015

Fish and Chips (versi tanpa beer)

Fish and Chips

Fish and Chips konon merupakan salah satu makanan "take-away" yang paling populer di Britania Raya. Hidangan ini terdiri dari potongan fillet ikan (umumnya Cod) yang dibalur adonan dan di goreng dalam minyak yang banyak hingga garing, disajikan bersama kentang goreng yang dipotong agak besar memanjang. 

Di Indonesia hidangan ini semakin populer, biasanya menjadi menu di cafe-cafe atau resto yang asik buat nongkrong dan ngobrol, seperti di Bali umumnya Fish and Chips selalu ada di menu-menu resto tepi pantai tapi kebanyakan presentasinya sudah tidak seoriginal Fish and Chips dari negeri asalnya Inggris. Kebanyakan fish and chips yang dijual di sini berupa ikan dengan baluran adonan tepung dan lapisan bread crubs,  jadi bentuknya kelihatan seperti nugget, sementara fish and chips di daerah asalnya adalah ikan dengan kulit adonan yang tipis dan renyah. Kentang yang disajikan juga agak berbeda, chips yang asli bentuknya jauh lebih besar dari yang biasa kita lihat disini (french fries). Kunci adonan dan kulit tipis yang cripsy ini ternyata terletak pada penggunaan beer dalam adonannya, konsistensi beer dan kandungan CO2 didalamnya akan membentuk gelembung saat dipanaskan sehingga menciptakan kulit adonan yang tipis dan crunchy. Mungkin penggunaan beer ini merupakan salah satu faktor kenapa lebih banyak fish and chips yang disajikan di Indonesia di buat dengan baluran tepung roti atau bread crubs untuk membentuk kerenyahan tau crispiness-nya. Mengingat sebagian besar penduduk Indonesia memeluk agama Islam dan alkohol yang terkandung dalam beer merupakan salah satu yang diharamkan untuk dikonsumsi meskipun sebagai bahan tambahan pada masakan.

Baca selengkapnya

Kamis, 16 April 2015

Pandan Coconut Pound Cake

Pandan Coconut Pound Cake
Pandan Coconut Pound Cake

Bahan-Bahan :
  • 4 Butir telur utuh
  • 2 Cup tepung terigu serbaguna 
  • 3/4 cup mentega/ margarine
  • 3/4 cup santan kental
  • 1 1/4 cup gula castor
  • 1 sdt pasta pandan
  • 3/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam 
  • 1/4 sdt vanilla bubuk

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven dengan sushu 160 derajat celcius
  2. Siapkan loyang loaf kemudian olesi dengan argarine dan alasi dengan kertas roti kemudian oles dengan margarin lagi.
  3. Dalam wadah, mixer gula dan mentega hingga lembut
  4. Dalam wadah lain campur dan ayak jadi satu tepung terigu, baking powder, vanilla bubuk serta garam, sisihkan
  5. Masukkan telur satu persatu kedalam adonan gula dan mentega, mixer terus hingga tercampur rata dan mengembang. Tambahkan pasta pandan.
  6. Masukkan santan kental secara bergantian dengan campuran tepung, aduk balik hingga semua adonan tercampur rata.
  7. Tuang adonan kedalam loyang yang sudah disiapkan, panggang selama 60 menit tergantung panas oven masing-masing ya. Lakukan tes tusuk untuk memastikan kue matang.
  8. Setelah matang, keluarkan dari oven, langsung lepaskan kue dari loyang dan dinginkan diatas cooling rack.
Baca selengkapnya

Rabu, 15 April 2015

Bangga Masakan Indonesia Bersama Zomato - 5 Kuliner Nusantara Favorit Saya

Indonesia selain terkenal akan keindahan alamnya juga kaya akan ragam kulinernya, bahkan beberapa masakan khas Indonesia pernah berjajar di deretan makanan paling enak sedunia. Jadi patutlah kita bangga akan kekayaan kuliner Indonesia yang telah diapresiasi hingga ke mancanegara. Pada kesempatan ini Indonesian Food Blogger bekerjasama dengan Zomato mengajak kita untuk menggali dan Bangga akan kekayaan kuliner Nusantara dengan berbagi cerita mengenai Makanan atau Hidangan Favorit kita.  Nah dari sekian banyak kuliner khas Indonesia yang menggoda selera, tentunya kita punya makanan favorit dong ya ? dan berikut ini adalah 5 Makanan Indonesia Favorit saya ( terutama 5 makanan enak yang sulit dibuat sendiri dirumah)  :

1. Crispy Duck ( Bali )

Photo credit : Bebek Tepi Sawah
Dimulai dari hidangan berbahan dasar bebek, Crispy Duck atau bebek yang digoreng garing merupakan salah satu makanan favorit saya terutama bebek yang disajikan dengan beraneka jenis sambal, seperti sambal matah khas Bali atau sambal tomat dan terasi. Meskipun daging bebek tidak setebal daging ayam tapi gurihnya sangat jauh berbeda, daging bebek texturenya cenderung alot dengan daging yang tipis dan riskan akan bau amis jika tidak diolah dengan benar. Ini adalah beberapa faktor yang membuat saya jarang bahkan belum pernah masak bebek sendiri dirumah, kalo lagi pengen makan bebek crispy mau tidak mau harus makan diluar. Di Bali ada sebuah restaurant yang cukup terkenal akan hidangan bebeknya, dan resto ini merupakan restoran favorit saya kalau lagi kangen makan bebek. "Bebek Tepi Sawah", sebuah resto nyaman berlokasi di pinggir sawah di daerah Ubud. Menu yang selalu saya pesan ketika berkunjung kesini adalah " Tepi Sawah Crispy or Grilled Duck" yaitu hidangan bebek yang digoreng garing dan disajikan dengan sayur kacang khas Bali ( jukut bejek) serta dilengkapi dengan tiga pilihan sambel yaitu sambel matah, sambel tomat dan sambal terasi. Sebagai penggila pedas, 3 jenis sambal ini merupakan poin plus yang membuat ketagihan. Kebayang kan gurih dan garingnya bebek dan bisa dimakan sampai ketulang-tulangnya dicocol beraneka jenis sambal .. duh jadi ngecess sendiri ngebayanginnya. Bagi yang penasaran dan mau nyobain silahkan temukan dan kunjungi cabang resto "Bebek Tepi Sawah" terdekat dengan pencarian menggunakan "Zomato". Jika saya tidak salah sekarang sudah ada 6 cabang resto iniyang tersebar di Bali dan Jakarta





2. Rendang Daging (Padang)

Photo Credit : Wikipedia
Siapa sih yang tidak kenal Rendang, yup hidangan berbahan daging ini pernah menduduki posisi pertama untuk hidangan terenak di dunia. Hebat yah kuliner Ranah Minang satu ini, tapi memang tidak heran sih soalnya rendang itu beneran enak. Gimana tidak enak memasak rendang ini butuh perjuangan dan pengorbanan waktu yang luar biasa. Daging yang dimasak perlahan dengan bumbu khas Indonesia yang kaya rempah serta santan yang melimpah menghasilkan hidangan daging empuk nan wangi. Karena jumlah santan yang dipakai tergolong amat sangat banyak, jadi bisa dipastikan kalo hidangan satu ini kandungan kolesterolnya juga lumayan tinggi. Saya juga belum pernah masak rendang sendiri, alasan pertama karena masaknya lama, kemudian yang kedua karena kalo masak sendiri jumlahnya banyak otomatis akan makan banyak jadi terancam menaikkan kadar kolesterol saya, jadi supaya keinginan makan rendang terpuaskan tanpa merasa berdosa yang berlebihan karena makan kebanyakan, saya lebih memilih makan rendang di resto Minang saja. Meskipun Bali bukan asal dari hidangan ini, tapi disini ada satu resto Padang yang terkenal akan kenikmatan rendangnya, biasanya sih saya dibeliin kakak perempuan saya yang menjadi pelanggan setia resto ini.. Namanya Rumah Makan Sederhana, jangan salah biarpun namanya Sederhana tapi cita rasa rendangnya ruarr biasa. Untuk lokasinya silahkan temukan dengan bantuan Zomato lagi ya :)




3. Ayam Betutu (Bali)

Photo Credit : Sashy Little Kitchen
Ayam betutu merupakan salah satu hidangan ayam khas Bali, sebenarnya selain ayam, bebek-pun bisa dijadikan betutu tapi saya lebih suka ayam betutu karena kalau bebek sampai sekarang belum ketemu bebek betutu yang tidak amis. Ayam betutu adalah olahan ayam yang dibalur dengan bumbu rajang khas Bali biasanya disebut base genep atau dalam bahasa Indonesia bumbu lengkap. Ayam yang sudah dibersihkan dan diremas-remas kemudian dibalur dengan bumbu, bagian dalam perutnya biasanya diisi daun ubi yang sudah direbus dan dibumbui, lalu ayam dibungkus daun pisang dan dikukus. Setelah dikukus untuk menyempurnakan aromanya, biasanya ayam dibakar atau dipanggang lagi dengan bara jadi wangi asapnya membuat ayam betutu semakin menggoda selera. Kalo mau makan ayam betutu di Bali yang paling nikmat dan pedasnya poll ada didaerah Bali Barat di kawasan pelabuhan Gilimanuk. Namanya "Men Tempeh", warung makan ini merupakan salah satu yang paling terkenal di Bali biasanya para wisatawan lokal akan menyempatkan makan disini ketika berkunjung ke Bali via jalur darat. Kebetulan kampung halaman saya sama-sama berada di Bali barat jadi setiap pulang disempatkan mampir untuk numpang "mandi keringat" di warung ini. Di denpasar hidangan sejenis bisa temui di banyak tempat mulai dari yang murah sampai yang bisa bikin kantong kewalahan. Nah biar aman tidak ada salahnya mencari info via Zomato dulu agar ketemu tempat yang menyajikan Ayam betutu nikmat dengan harga terjangkau.






4. Ayam Taliwang  (Lombok)

Photo credit : Sashy Little Kitchen
Sebagai fans berat cabai, pastinya makanan favorit saya tidak akan jauh-jauh dari yang bercitarasa pedas dan kaya akan kandungan cabai :). Setelah ayam betutu super pedas, hidangan berikutnya adalah Ayam Taliwang khas Lombok. Sama-sama hidangan ayam dan cara memasaknya pun mirip namun bedanya Ayam taliwang ini dibumbui dengan campuran bumbu sederhana yang dipadukan dengan santan. Ayam dimasak bersama bumbu dan santan hingga airnya menyusut kemudian dibakar dan disajikan dengan plecing kangkung dan beberok terong yang pedas. Ayamnya jadi empuk dengan bumbu wangi dan gurih, plecing kangkung dan beberok yang pedas bemberikan nilai extra, apalagi segarnya tomat dan terong mentah yang menjadi bahan dari beberok terong.  Ketika dimakan ada sensasi kriuk-kriuk yang segar dan pedas. Biasanya dilengkapi dengan  taburan kacang tanah goreng yang makin membuat hidangan ini komplit, duh bisa makan sampai nambah 2 porsi kalau saya ketemu paket hidangan ini. Saya suka masak Ayam taliwang diruah, tapi kalau lagi males yang makan diluar sambil jalan-jalan. Kalau di Bali yang saya sering kunjungi adalah Ayam Taliwang Bersaudara di daerah Imam Bonjol - Denpasar.







5. Karedok ( Sunda - Jawa Barat)

Photo credit : Sashy Little Kitchen
The last but not the least, ini dia satu-satunya sayuran yang masuk kedalam 5 makanan favorit saya. Setelah chart 1 sampai 4 ditempati ayam-ayaman dan daging-dagingan, akhirnya ada juga sayurannya ya hehhehe. Karedok adalah hidangan khas Sunda - Jawa Barat yang terbuat dari aneka sayuran mentah seperti tauge, kol, terong, kacang panjang yang diiris tipis serta daun selada, disajikan dengan saus kacang seperti gado-gado tapi bedanya bumbu dari karedok ini kaya akan rasa dan aroma kencur. Kalau dirumah yang sering request untuk  dibikinkan karedok ini adalah suami saya, saking sukanya kadang dia rela pergi kepasar untuk membeli semua bahan yang dibutuhkan jadi saya tinggal masak saja dirumah. Kalau saya makan Karedok sukanya versi pedas (tetep) dan dimakan tanpa nasi, jadi makan karedoknya sampai bener-bener kenyang hihihi, kadang kalau pas jam makan siang dan kepingin karedok, saya suka pergi ke warung khas Sunda di dekat kantor. Namanya warung Parahyangan, berlokasi di jalan cemara dekat pantai Semawang Sanur. Disini tersedia karedok yang super enak menurut saya, sayurannya selalu segar dan campuran bumbunya pas. Selain Karedoknya yang enak, warung ini juga terkenal akan sop ikannya. Bagi yang sedang lewat ke daerah Sanur bisa sesekali mampir untuk sekedar mencoba atau membuktikan sendiri. Tapi kalau kewarung ini jangan pas sedang lapar ya, karena antriannya suka lumayan lama maklum semua hidangan langsung dimasak ketika dipesan jadi semua yang disajikan ke pelanggan selalu segar dan baru.








Oh ya dari tadi saya selalu menyebut Zomato ketika menyarankan untuk mencari restaurant atau tempat makan terdekat. Bagi yang belum tau apa itu Zomato yuk saya kenalkan sedikit, kan pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang ...siapa tau setelah baca dan mengenal Zomato bisa membantu bagi anda yang suka susah atau kesulitan menemukan restaurant/ tempat makan yang tepat.

Zomato merupakan panduan pencarian restoran online dan mobile yang menyediakan informasi mendalam untuk lebih dari 370,000 restoran di 22 negara. Fitur utama konten Zomato meliputi menu, foto, koordinat dari setiap restoran sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengulas restoran serta berinteraksi antar Foodie lainnya. Pada 6 November 2013, Zomato secara resmi membuka operasionalnya di Jakarta-Indonesia dengan lebih dari 12,000 daftar restoran. Pada September 2014, Zomato telah membuka kota baru yaitu Bali.

Saat ini situs dan platform ponsel Zomato telah diakses oleh lebih dari 80 juta pengguna setiap bulannya secara global untuk mencari tempat makan diluar, mencari layanan pesan antar, berkumpul di kafe, atau menikmati kehidupan malam. Platform yang fokus kepada pengguna memudahkan pemilik restoran berinteraksi langsung dengan konsumennya.

Sekian cerita tentang 5 makanan Indonesia Favorit versi saya, bagaimana dengan anda ? yuk berbagi cerita dan makin bangga akan kuliner Nusantara :)




Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Selasa, 14 April 2015

Tahu Brontak



Tahu Brontak NCC

Tahu Brontak

Tahu Brontak

Tahu Brontak

Tahu Brontak
 
Tahu Brontak

recipe By Fatmah Bahalwan

Bahan A:
  • 10 bh tahu kulit segitiga
  • 1 ltr minyak goreng
Bahan B:
  • 4 bh bawang putih, iris tipis
  • 3 bh bawang merah, iris tipis
  • 200 gr Tauge
  • 1 bh wortel serut
  • 1 btg daun bawang, rajang
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • ½ sdt merica bubuk
  • 3 sdm minyak goreng
Bahan C:
  • 1 ruas kunyit
  • 2 bh bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 2 btr telur
  • 200 gr tepung terigu
  • 5 sdm air
Cara membuatnya:
  1. Belah (robek dengan pisau lancip) sisi miring tahu hingga berongga, sisihkan.
  2. Bahan B: Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang merah hingga layu, masukkan wortel serut dan tauge, aduk rata. Tambahkan garam, gula, da kaldu bubuk. Aduk rata dan matangkan taugenya. Test cicip, angkat. Sisihkan.
  3. Bahan C: haluskan kunyit, bawang putih. Campur bersama tepung terigu, telur dan garam. Aduk rata dan licin, tambahkan air. Aduk rata lagi. Bila masih kurang cair dapat ditambahkan lagi sedikit air. Sisihkan.
  4. Penyelesaian: ambil satu buah tahu, isi dengan tumisan bahan B dibagian rongganya hingga penuh. Lakukan pada semua tahu.
  5. Panaskan 1 ltr minyak goreng dengan api sedang. Celupkan tahu kedalam adonan C, langsung goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat.
  6. Sajikan dengan pelengkap cabe rawit atau saus sambal.
tahu brontak sebelum dicelup ke adonan pelapis


adonan pencelup tahu yang kental
goreng dengan minyak banyak agar tahu matang sempurna, warnanya cantik dan tidak menyerap minyak
angkat dan tiriskan tahu yang sudah digoreng... siap dinikmati





Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya