Selasa, 31 Maret 2015

KBB#45 Mini Chocoflan

Mini Choco Flan

Speechless mungkin satu-satunya kata yang bisa mengungkapkan bagaimana reaksi saya ketika pertama kali membaca surat tjinta Kbb kali ini. Sama sekali belum pernah denger atau tau yang namanya Chocoflan, tidak terbayang sedikitpun ini makanan jenis apa, bagaimana rupanya apalagi rasanya. Setelah tanya om google akhirnya ketemu sedikit pencerahan, dari gambarnya kelihatan Chocoflan ini sekilas mirip Caramel Pudding, tapi ada tambahan bagian cake coklatnya. Pasti endess banget rasanya (belum apa-apa udah ngiler duluan)

Awal bulan semangat masih membara mau mengerjakan tantangan Chocoflan ini sampai sengaja beli loyang mini tulban online, tapi apa daya sampai hari ini loyang-loyang itu tidak sampai dan tidak bisa membantu saya menyelesaikan PR ini. Hiks sampai mepet hari terakhir setoran akhirnya saya putuskan pake ramekin yang ada di rumah saja untuk pengganti si loyang tulban mini. Jadi mohon maaf ya Mba Host yang baik hati, saya tidak bermaksud sama sekali untuk SKS walopun tetep saja berujung SKS. Selain SKS saya juga lupa mengabadikan foto step by step tantangan kali ini, duh masih termaafkan nggak ya kesalahan saya ini? Abis salahnya banyak banget :(

Step by step pembuatan chocoflan ini bisa dibilang lancar tanpa kendala, dan kepanikan baru terjadi ketika 1 jam setelah pemanggangan, kenapa bagian flan nya hilang malah cake coklatnya naik keatas. Duh saya pasti gagal nih, pasti gara-gara nuang flannya ngk hati-hati. Dengan kecewa saya keluarkan 1 ramekin, begitu saya sendok kok bagian flannya mindah ke bawah ya? Dengan bodohnya saya masih belum sadar kalau desserts satu ini punya nama lain Magic Flan. Beberapa menit berlalu saya baru curiga jangan-jangan memang posisinya jadi terbalik, lalu saya coba tanya om google lagi dan hahahha malu lah saya ternyata memang cake dan flannya akan berubah posisi ketika dipanggang. Keunikan inilah yang memberi julukan Magic flan bagi chocoflan ini. Ketauan banget kalo saya jarang nyimak diskusi di email dan milis ya (nutup muka pake loyang). Syukurnya beberapa ramekin masih utuh belum saya sendokin, jadi masih bisa diselamatkan untuk foto dan setoran. Soal rasa jangan diragukan lagi, cake coklatnya lembut banget moist seperti cake yang dipanggang dengan sistem water bath atau au bin mariene pada umumnya. Flannya tidak begitu manis ada rasa cream cheese yang samar-samar, kemudian siraman saus caramelnya makin memperkaya rasa si choco flan ini.
Baca selengkapnya

Senin, 30 Maret 2015

Ketan Susu Kuah W'dank Bajigur



W'Dank Bajigur Hangat

Akhir-akhir ini cuaca disini makin hari makin tidak menentu, saya kira musim hujan sudah berakhir ketika matahari bersinar terik sekali dikala siang,  tapi tiba-tiba menjelang sore hujan deras turun lagi. Sampai saya beberapa kali kehujanan sepulang kerja akibat lupa bawa mantel. Kalo sudah basah kuyup begini, sampe rumah pasti langsung nyari yang hangat-hangat. Biasanya saya suka bikin teh jahe untuk menghangatkan badan tapi belakangan ini saya sedang suka minum Bajigur. Pasti sudah tau Bajigur kan ? itu loh minuman khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran santan, daun pandan dan gula aren. Rasanya gurih dan wangi mirip seperti kuah bubur kacang ijo. Nah sekarang kita tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Barat kalo hanya ingin minum bajigur yang nikmat itu, karena tersedia Bajigur instant yang tinggal seduh langsung bisa dinikmati.

Hujan-hujan ditemani segelas W'dank Bajigur sambil memandangi hujan dari balik jendela bersa orang kesayangan ..

Ketan Susu Kuah W'dank Bajigur
Bajigur ini merupakan salah satu varian dari produk W'dank yang dipasarkan oleh Nutrifood, perusahaan pangan yang menghasilkan Nutrisari dan Tropicana slim. Selain varian bajigur ada beberapa varian lain dari produk W'dank ini seperti sari jahe, pletok betawi dan sarabba, pokoknya minuman-minuman traditional khas Nusantara yang biasanya hanya bisa di dapatkan di daerah tertentu sekarang bisa kita nikmati dimana saja. Soal kwalitas dan rasa pastinya tidak usah diragukan lagi. Saking sukanya sama W'dank Bajigur ini, saya sampai coba menggabungkan dengan beberapa resep lain dan salah satu yang menurut saya paling klop adalah Ketan susu kuah W'dank Bajigur berikut ini.

Ketan susu sebenarnya bukan makanan yang baru, sajian ini sempat sangat ngehits beberapa waktu yang lalu, dibuat dari beras ketan yang diaron dan dikukus dengan santan dan susu. Menghasilkan ketan yang wangi gurih, ditambah dengan siraman W'dank bajigur hangat pas banget jadi hidangan selingan di kala hujan. Sensasi rasa traditionalnya terasa sekali, hangatnya ...sehangat tradisi Indonesia :) Bagi yang mau mencoba berikut ini saya tuliskan resepnya ya, simple kok apalagi kuahnya pake W'dank Bajigur yang super praktis.
Baca selengkapnya

Kamis, 26 Maret 2015

Martabak Brownies

Martabak brownies
Setelah berkali-kali mencoba bikin martabak manis, berkali-kali gagal dan adonan terbuang percuma, akhirnya beberapa hari lalu saya berhasil bikin martabak manis untuk pertama kalinya. Melihat bagian dalamnya bersarang tapi kulitnya tetep mulus ngk gosong, dan ada pinggiriannya yang seperti pagar itu rasanya seneng banget. Rasanya lega sekali ketika kutukan martabak manis bisa ditaklukkan hihihihihi.

Dan setelah sekali berhasil sekarang saya ketagihan bikin martabak manis, kemarin bikin lagi tapi versi coklatnya inspirasi dari mba Nina ... martabak coklat ini diberi nama martabak brownies.  Kalo mba Nina bikin toppingnya macem-macem sampai ada wafernya yang makin membuat saya mupeng ketika melihat foto-fotonya, kali ini saya hanya beri topping cchocolate spread dan meises arena hanya itu yang tersisa di dapur :). 

Walaupun isiannya simple, tapi texture martabak dan sarangnya itu sudah membuat saya nyengir-nyengir sendiri... masih belum percaya kalau akhirnya bisa bikin martabak manis sendiri dirumah. 
Bikinnya juga hanya dengan wajan teflon kecil, tidak pakai cetakan khusus dengan catatan selama mematangkan adonan menggunakan api kecil dan adonan dimasukkan saat wajan sudah benar-benar panas hingga timbul suara cessssss ketika adonan dituang. 

Resep martabak brownies ini saya pakai resepnya mba Nina (Catatan Nina), makasi sharingnya ya mba ... benar-benar menginspirasi. Berkat mba Nina saya bisa bikin martabak manis sendiri :) 
Baca selengkapnya

Selasa, 24 Maret 2015

Milk Tea Pudding

Milk Tea Pudding
Iseng nyoba bikin pudding teh susu waktu persiapan Nyepi kemarin, awalnya cuman cemplang cemplung saja ternyata hasilnya enak loh, puddingnya lembut, manisnya tidak eneg karena hanya mengandalkan rasa manis dari susu kental manis saja tanpa tambahan gula, ada wangi-wangi dan rasa tehnya. Nikmat banget dinikmati dingin-dingin, ademmm.......

Milk Tea Pudding
Baca selengkapnya

Senin, 23 Maret 2015

Terang Bulan / Martabak Manis

Terang Bulan / Martabak Manis

MARTABAK MANIS 
Resep dari Catatan Nina

untuk 2 loyang diameter 22 cm

Bahan : 
  • 250 gr tepung terigu serbaguna 
  • 1 sdt baking powder 
  • 75 gr gula pasir 
  • 1/4 sdt garam halus 
  • 2 kuning telur 
  • 350 ml air 
  • 1-2 tetes pewarna kuning telur (optional) 
Bahan tambahan per loyang : 
  • 1/4 sdt baking powder 
  • 1/4 sdt soda kue 
Bahan taburan per loyang : 
  • 1 sdm margarin 
  • 1 sdm gula pasir keju cheddar parut secukupnya  ( saya pakai selai coklat dan coklat silverqueen cincang)
  • susu kental manis (SKM) secukupnya 
Baca selengkapnya

Kamis, 19 Maret 2015

Fudge Cashew Brownies

Fudge cashew brownies

Resep brownies ini aslinya adalah Triple chocolate brownies atau brownies suangi chocolatos milik umi Allegra, tapi karena saya sedang kehabisan chocochips jadi saya ganti dengan kacang mente panggang dengan mengurangi takaran gulanya karena yg dua kali saya bikin dulu masih agak terlalu manis bagi saya. Resep dibawah ini adalah resep yang sudah sedikit dimodifikasi, resep aslinya bisa dilihat disini.

Baca selengkapnya

Senin, 16 Maret 2015

Foodpanda ... Bisa Makan Apa Saja Tanpa Perlu Keluar Rumah

Foodpanda indonesia delivery makanan & take away online

Padahal baru empat hari libur dari kerjaan dan blogging tapi rasanya sudah kangen ingin memperbanyak posting di blog ini sekalian ngubek-ngubek dapur. Setelah empat hari jauh dari dapur dan segala urusan yang biasanya jadi keseharian akhirnya hari ini bisa balik lagi. Karena masih terbawa suasana liburan dan keindahan kota Jogja jadi di posting ini saya belum update resep dulu ya. Kali ini cuman mau berbagi cerita dan mengenalkan tentang sebuah layanan jasa pesan antar makanan (food delivery) yang sangat membantu saya ketika kemarin baru tiba dari Jogja.

Ceritanya kemarin itu  saya berangkat ke bandara jam 5 pagi jadi belum sempat sarapan di hotel padahal pesawat berangkat jam 7.35 hehehhehe rajin banget ya check in nya sampe dua jam sebelum boarding. Tiba di Bali dan sampai dirumah sekitar jam 1 atau 2 siang, disambut terik matahari yang benar-benar menyengat. Kebayangkan dari pagi belum makan ditambah cuaca yang bener-bener tidak bersahabat, penyakit lapar yang teramat sangat ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Mau keluar beli makanan tapi begitu buka pintu panasnya itu seperti bikin meleleh kulit. Nah mulailah dilema terjadi, kalau tidak keluar rumah berarti rasa lapar ini bakal menjadi-jadi dan sangat mengganggu, sementara dikulkas tidak ada bahan makanan sama sekali. Setelah berpikir keras akhirnya memutuskan untuk delivery makanan tapi dicari-cari yang ada jasa delivery hanya junk food, ah harus kerja keras lagi browsing untuk ketemu tempat makan yang menyediakan jasa antar. Dan sepertinya saya sedang mujur, ketemu sebuah website jasa delivery makanan yang melayani kota-kota besar di Indonesia kebetulan Bali termasuk salah satu di dalamnya. Nama jasa deliverynya "Foodpanda" lucu ya, begitu denger namanya langsung kebayang kungfu pada xixiix.

Bagi yang belum tau apa sih foodpanda itu ? Foodpanda merupakan jasa pesan antar makananan online yang tersedia di berbagai kota di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Medan, Makassar dan kota besar lainnya. Foodpanda menyediakan berbagai jenis masakan dan bekerjasama dengan 500 lebih restoran. Masakan yang disediakan antara lain Masakan Indonesia, Masakan Jepang, Seafood, Masakan khas Barat, Masakan Italia, Masakan India, Masakan Thailand serta yang lainnya. Kebetulan Foodpanda mencakup sebagian besar wilayah di kota Denpasar juga, dan daerah tempat tinggal saya termasuk dalam daerah yang dilayani.
Baca selengkapnya

Kamis, 12 Maret 2015

Avocado Ice - Cream aka Es Krim Alpukat


Avocado Ice - Cream / Es Krim Alpukat

Dapet alpukat gratis dari temen kantor, katanya dirumahnya lagi musim alpukat sampai alpukat dibiarin jatuh dari pohon tanpa di pungut karena terlalu banyak. Jarang-jarang dapet buah alpukat apalagi yang gratisan begini, jadi seneng banget sampe langsung cari resep es krim, maklum sudah lama sekali saya ingin membuat es krim alpukat sendiri. Berikut ini adalah salah satu resep es krim alpukat yang simple dan hasilnya enak tanpa menggunakan kuning telur mentah ataupun maizena.
 

Avocado Ice - Cream / Es Krim Alpukat
Avocado Ice - Cream / Es Krim Alpukat

AVOCADO ICE- CREAM 
Resep dari http://www.taste.com.au

Bahan-Bahan :
  • 3 buah alpukat yang sudah matang sekitar 750 gram 
  • 2 sdm air jeruk lemon / jeruk nipis
  • 1 kaleng susu kental manis ( 395 gram)
  • 270 ml santan sedang ( saya pakai satu sachet kecil santan ditambah air hangat sampai 270 m)
  • 1 sdt vanilli extract 
  • 2 sdm kacang cincang ( bisa pakai pistachio , almond atau cashew panggang)
Cara Membuat :

  1. Belah dua dan keruk isi alpukat, jangan sampai kena kulit luar karena akan pahit.
  2. Masukkan daging buah alpukat, air jeruk lemon,susu kental manis, santan dan vanilli extract dalam food procesor atau blender. Proses hingga halus.
  3. Pindahkan campuran alpukat kedalam wadah kedap udara atau wadah yang memiliki tutup, sompan dalam freezer kurang lebih 3 jam hingga agak beku. 
  4. Blender atau masukkan lagi adonan setengah beku tadi kedalam food procesor, proces hingga lembut. 
  5. Bekukan kembali, ulangi proses tadi hingga 2 atau 3 kali sehingga menghasilkan es krim dengan texture yang lembut, sajikan dengan taburan kacang cincang.
Avocado Ice - Cream / Es Krim Alpukat
Avocado atau bahasa belandanya alpukat, sebelum di keruk kita foto dulu :)





Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Selasa, 10 Maret 2015

Matcha Magic Custard Cake


Matcha magic custard cake

Sudah lama sekali saya bookmark resep magic custard cake dari blognya mba Hesty tapi sampe sekarang tidak pernah punya vanili pod, jadi eksekusi resep original magic custard cake-pun tidak pernah terlaksana. Sampai kemarin saya ketemu resep magic custard cake versi matcha atau green tea, akhirnya bisa mencoba bikin si cake ajaib ini.

Kenapa dibilang magic cake ya ? ternyata cake ini diberi istilah magic cake karena hanya dengan satu adonan bisa menghasilkan tiga lapisan cake berbeda, lapisan atasnya spongy seperti cake, lapisan tengahnya sperti custard yang agak padat tapi lumer dan bawahnya lapisan custard yang benar-benar set. Saya sendiri melihatnya seperti adonan cake yang gagal bersatu heheh alias tiap bagian dari adonan berpisah membentuk lapisan saat dipanggang, putih telur yang ringan naik keatas membentuk lapisan spongy sementara adonan bertepungnya turun kebawah membentuk 2 lapisan custard. 
Baca selengkapnya

Tahu Bakso

Tahu Bakso
tahu bakso

Di freezer ada stok daging ayam giling yang jumlahnya nanggung banget, dari pada numpuk dan akhirnya tidak terpakai saya jadikan isian tahu bakso. Lumayan bisa dipake cemilan gurih di sore hari, cara bikinnya ngk susah kok, asal ada stok tahu bisa bikin dengan gampang. 


Tahu Bakso
tahu bakso
Baca selengkapnya

Plecing Kangkung khas Lombok

Plecing kangkung khas lombok

Plecing Kangkung khas Lombok
Resep dari Monicsimplykitchen
Bahan :
  • 1 ikat kangkung, siangi
  • 100 gr tauge (saya tidak pakai)
  • kacang goreng untuk taburan (saya tidak pakai)
Bahan sambal terasi :
  • 10 buah cabai merah keriting
  • 10 buah cabai rawit merah/rawit setan
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 1 sachet terasi bakar
  • garam secukupnya
  • gula pasir secukupnya
Cara membuat :
  1. Haluskan bahan sambal, beri gula dan garam secukupnya, cicipi rasanya
  2. Rebus kangkung hingga matang tetapi masih kelihatan crunchy/renyah, angkat lalu celupkan ke dalam mangkuk berisi air dingin, biarkan sejenak lalu tiriskan
  3. Seduh tauge dengan air panas, sisihkan
  4. Untuk penyajian : tata kangkung dan tauge di atas piring lalu beri sambal terasi dan taburi dengan kacang goreng

Resep Terkait :




Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Beberuk Terong khas Lombok


Beberuk Terong
Resep dari Femina 

Bahan:
  • 100 g kacang panjang, potong 1 cm (saya tidak pakai)
  • 4 buah terung bulat, potong dadu 1 cm
  • 2 buah tomat merah, potong dadu 1 cm
  • 50 ml minyak sayur
  • 2 buah jeruk limau, ambil airnya
Bumbu, haluskan:
  • 7 cm kencur, bakar bakar 
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah
  • 3 butir bawang merah 
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt terasi goreng
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam 
Cara Membuat:
  1. Aduk rata kacang panjang, terung,  tomat, dan bumbu halus. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak, angkat. Tuang ke atas sayuran, aduk rata.
  3. Tambahkan air jeruk limau. Aduk rata. Sajikan.
 


Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Ayam Bakar Taliwang khas Lombok


Paket ayam bakar taliwang dengan beberuk terong dan plecing kangkung khas lombok

Hari minggu kemarin niat banget sama suami mau bikin ayam bakar Taliwang, sudah lama tidak pernah lagi makan ayam bakar ini karena sekarang langganan ayam taliwang yang dulu didekat kantor sudah tidak buka lagi, entah pindah atau tutup yang pasti sampai sekarang belum ketemu tempat makan ayam taliwang yang sama enaknya. Mumpung kita lagi punya pemanggangan arang baru, jadi niat ini disetujui suami. Pagi-pagi dia nganterin ke pasar untuk beli semua bahan-bahan yang dibutuhkan, percaya tidak kalau untuk bikin satu paket ayam bakar taliwang lengkap dengan plecing kangkung dan beberuk terongnya hanya butuh uang Rp. 30.000 saja, padahal kalo makan di resto pasti harga yang dibayar berlipat-lipat jumlahnya. Memang sih butuh tenaga extra dalam pembuatannya tapi bisa dipastikan bakal puas banget makannya karena porsinya bisa disesuaikan sendiri. 

Resep ayamnya saya pakai resep dari sajian sedap, suami suka banget sama hasilnya memang rasanya mirip sama yang biasa kita beli, wangi bumbu dengan campuran santan kemudian dibakar diatas arang, benar-benar menghasilkan wangi ayam bakar yang menggugah selera, kalau dibakar pakai double pan atau oven wanginya akan sangat berbeda. Ternyata panggangan arang ini berfungsi baik, walaupun kemarin kita kira bakal mubazir karena acara manggang-manggang yang PHP minggu lalu. Suami sampe bilang mau manggang tiap sabtu walopun manggangnya berdua doang :)

Paket ayam bakar taliwang dengan beberuk terong dan plecing kangkung khas lombok
Paket ayam bakar taliwang dengan beberuk terong dan plecing kangkung khas lombok


Ayam Bakar Taliwang khas Lombok
Resep dari Sajian Sedap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
  • 1 ekor (700 gram) ayam kampung, dibelah dua tidak putus
  • 1 1/2 sendok teh air jeruk limau
  • 1 sendok teh garam
  • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula merah sisir
  • 3 sendok makan minyak untuk menumis
Bumbu halus:
  • 10 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah besar, dibakar
  • 7 buah cabai merah keriting, dibakar
  • 5 butir kemiri, disangrai
  • 1 1/2 sendok teh terasi, disangrai
Cara Pengolahan :
  1. Lumuri ayam dengan air jeruk limau dan garam. Diamkan 20 menit. Bakar di atas bara api sambil dibolak-balik sampai setengah matang. Sisihkan.
  2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan santan, garam, dan gula merah. Aduk rata. Masak sampai mendidih. Masukkan ayam. Masak di atas api kecil sampai meresap dan matang.
  3. Bakar ayam sambil dioles sisa bumbu dan dibolak-balik sampai harum.

Resep Beberuk terong dan plecing kangkungnya saya pisahkan ya, biar gampang dicari silahkan klik link berikut untuk menuju ke resepnya :
  • Beberuk Terong khas Lombok
  • Plecing Kangkung khas Lombok


Bumbu halus yang ditumis
Masak ayam dengan bumbu yang sudah diberi santan sampai airnya menyusut
Bakar ayam yang sudah di masak, olesi dengan sisa bumbu






Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Jumat, 06 Maret 2015

Chocolate Chips Cookies Famous Amos

Chocolate Chips Cookies Famous Amos
Dua hari lalu saya bikin cookies ini, penampakannya mirip go*dtime ya dan rasanya tidak kalah enak loh sama go*dtime. Sebenarnya resep ini sudah saya bookmark sejak lama hanya selalu tidak sempat eksekusi, biasanya ada saja  bahan yang sedang kosong jadi rasanya nanggung kalo dipraktekkan tapi bahannya tidak lengkap. Sampai akhirnya kemarin semua bahan saya rasa lengkap termasuk si kacang mede panggang yang paling jarang ada di dapur. 

Tanpa cek bahan-bahan lagi, saya langsung bikin cookies ini dan ternyata chocochips yang coklat habis hehehe, hanya ada beberapa butir sisanya, untung masih punya chocochips yang white chocolate jadi paling tidak bisa untuk menggantikan walopun pasti rasanya akan sedikit berbeda. Kurangi takaran gula jika mengganti chochips dengan yang putih karena white chocochips lebih manis dari yang dark. Resepnya saya dapat dari blognya kak Melly Octaviana (Masakan Melly), dulu juga pernah lihat Kak CT bikin cookies ini dan  sempat ngehits banget waktu itu.
Baca selengkapnya

Kamis, 05 Maret 2015

Bolu Kukus Gula Merah Mekar

bolu kukus gula merah mekar

Sudah beberapa kali saya bikin bolu kukus gula merah ini, karena hasilnya selalu mekar dan rasanya enak, selalu habis tak bersisa. Biasanya saya bikin bolu kukus ini pada hari-hari tertentu, seperti purnama, galungan dan kuningan jadi bikinnya selalu buru-buru dan tidak pernah sempat untuk difoto dengan baik. Hanya difoto pake hp untuk diupload di instagram.. biasa suka pamer xixixix.

Resep yang saya pakai adalah resep Bolu kukus gula merah merak milik Mba Nina Agustina, resep ini konon katanya adalah resep dari Ibunda mba Nina jadi tidka mengherankan kalau hasilnya benar-benar enak. Terimakasih mba Nina sudah sharing resep bolu kukus gula merahnya ... TOP deh.
Baca selengkapnya

Rabu, 04 Maret 2015

Cynthia's Oreo Cheese Cake

Oreo Cheese Cake with Cashew Topping

Sebenernya cheese cake ini sudah saya buat bulan lalu tapi baru ketemu fotonya hari ini, jadi baru diupload sekarang. Ini adalah cake hasil request kakak saya yang cowok, dia minta dibuatkan cake untuk istrinya yang berulang tahun tanggal 22 Februari kemarin. Requestnya lengkap banget, minta dibuatkan cheesecake, tidak boleh terlalu manis, tidak pake hiasan cream-creaman dan toppingnya kacang. Bingunglah saya secara belum pernah bikin cheese cake dengan topping kacang, rasanya tidak matching cheese cake sama kacang tapi mau bagaimana lagi, tidak mungkin kalo saya kekeh bikinin cheese cake versi saya yang penuh dengan topping buah-buahan dan selai sementara yg request minta kacang sebagai toppingnya. 

Browsing sana sini tidak ketemu resep yang pake kacang, sampai sempat minta bantuan pemilik web The Baking Biatch untuk share resep cheese cake yang ada kacangnya, tapi waktu itu  Cynthia mungkin sibuk dan blm sempat balas inbox saya. Tetap tidak patah semangat saya blog walking di webnya Cythia dan ketemu resep oreo cheese cake ini, hanya saya modifikasi dengan menambahkan satu layer coklat ganache plus taburan kacang diatasnya. Hasilnya, ternyata tidak mengecewakan, rasanya tidak begitu manis, anti gagal dan yang penting yang dikasi kue senang dengan kuenya. Lunas sudah kewajiban saya jadi adik dan ipar yang berbakti xixiixixix
Baca selengkapnya

Senin, 02 Maret 2015

Homemade Chicken Burger ( Penyajian)

Homemade Chicken Burger
Setelah membuat burger bun atau roti burger dan daging burger atau patty sendiri, sekarang waktunya menyajikan burger ayam buatan sendiri. Tentunya tidak ada yang lebih nikmat dan terjamin dibandingkan sesuatu yang kita buat sendiri dirumah. Kesegaran dan komposisi bahan serta kwalitas bahan yang dipakai bisa kita jamin, pastinya kita tidak akan memilih bahan berkwalitas buruk untuk dihidangkan pada keluarga tercinta bukan ? nah berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan dalam penyajian burger atau tepatnya chicken burger. 

Dalam menata burger saya menggunakan referensi dari Thekitchn.com (How to build a better burger)

Baca selengkapnya

Homemade Chicken Patty

Homemade Chicken Patty



Sesuai janji saya setelah membuat homemade burger bun berikut ini adalah resep membuat patty burger sendiri dirumah, saya hanya ada daging ayam jadi saya bikin chicken patty.

Homemade Chicken Patty
Resep dimodifikasi dari Nina Herlina

Bahan :
  • 500 gr daging ayam giling (saya blender jd hasilnya kurang halus)
  • 100 gr bawang bombay, cincang
  • 2 lembar roti tawar
  • 75 ml susu cair
  • 1 btr telur
  • 2 sdt garam
  • 1 sdt lada 
  • 1/2 btr pala, diparut (saya pakai pala bubuk)
  • 1 sdm kecap inggris
  • Tepung roti secukupnya 

Baca selengkapnya

Homemade : Perfect Burger Bun

Homemade : Perfect Burger Bun
Ini adalah kali pertama saya membuat burger bun atau roti burger sendiri, biasanya hanya beli jadi dan itupun jarang. Beruntungnya saya sekali bikin langsung dapet resep yang menurut saya perfect, resepnya saya dapat dari blognya mba Rina Rinso yang merupakan hasil adaptasi dari Annie's Eat yang juga hasil adaptasi dari Smitten Kitchen yang ternyata bersumber dari New York Times.

Hasil roti burgernya empuk, kering  tidak lembek dan tidak berminyak, jika dibandingkan memang mirip dengan bun fillet o fish nya McDonald seperti kata mba Rina. Jadi resep ini bakal jadi resep favorit dan andalan saya karena sudah terlanjur jatuh hati sama rasa dan texturenya , the perfect burger bun I ever made.
Baca selengkapnya

Puding Cokelat ala KFC

Puding Cokelat ala KFC
Setiap kali mau bikin puding cokelat, yang terbayang di kepala saya selalu puding cokelat ala KFC dari blognya Mba Hesti. Sudah beberapa kali bikin puding ini karena terlanjur jatuh cinta sama rasanya yang nyoklat dan ngk begitu manis, texturenya super lembut dengan siraman vla yang wangi dan creamy... pokoknya paling top diantara semua puding coklat yang pernah saya buat. Puding ini selalu jadi andalan saya untuk sajian pencuci mulut.

Ceritanya sabtu kemarin suami dan kawan-kawan ditempat kerjanya yang lama merencanakan untuk ngumpul dirumah dan bikin acara manggang ikan sambil nostalgia mungkin. Saya putuskan bikin puding cokelat ini untuk sajian pencuci mulut nanti, jadi sepulang kerja saya langsung eksekusi pudingnya kebetulan semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah ada didapur. Rencana ada sekitar 10 orang yang datang jadi saya putuskan bikin 2x resepnya Mba Hesti.
Baca selengkapnya