Jumat, 27 Februari 2015

Martabak Telur Praktis


Martabak Telur Praktis
Menurut Wikipedia "Martabak" berasal dari bahasa Arab yang berarti "terlipat", Martabak sendiri bisa ditemu di beberapa wilayah di Dunia seperti Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Komposisi dan varian Martabak bisa sangat berbeda anatar satu wilayah dan wilayah lainnya, di Indonesia sendiri kita mengenal dua jenis Martabak, yaitu : Martabak asin (Martabak telur) yang terbuat dari campuran telur dan daging, serta Martbak manis atau dikenal dengan sebutan Kue Terang Bulan. Martabak manis cenderung seperti pancake dengan aneka isian yang manis seperti meises, selai, kacang-kacangan, keju dan lainnya. 

Kali ini yang saya posting adalah Martabak asin, biasanya hanya bisa beli di abang-abang yang jual martabak di pinggir jalan karena dulu taunya kalo kulit martbak itu susah dibuat, harus diuleni lama dan direndam minyak, kemudian ditipiskan dengan tekhnik ala abang-abang yang ngeliatnya aja udah ribet minta ampun. Sampai akhirnya beberapa hari yang lalu saya ketemu resep di FB group Natural Cooking Club (NCC), dengan judul Martabak praktis, dibaca sekilas cara pembuatannya gampang. Kulitnya tidak seperti kulit yang dibuat abang-abang martabak tapi lebih mirip kulit risoles, jadi adonan kulit dipanaskan hingga setengah matang seperti kita membuat dadar , lalu isian dimasukkan sampai agak set dan kulit dadar tadi dilipat hingga menutupi adonan isi. Jauh lebih simple dari resep-resep martabak yang pernah saya baca sebelumnya. Tapi sayangnya saya lupa catat komposisi bahannya, di ubek-ubek di file group juga ngk ketemu. Akhirnya dicari di google saya ketemu resep serupa, resep dari blognya Ummu Fatima. Terimakasih sudah berbagi resep ya Ummi :). Berikut saya tuliskan kembali resepnya dengan sedikit modifikasi pada bahan isi. Untuk isian bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya, kebetulan saya bikin versi ayam jamur.
Baca selengkapnya

Selasa, 24 Februari 2015

Churros


Ini kali kedua saya bikin churros, dan hasilnya jauh lebih memuaskan dari yang pertama. Churrosnya lebih garing dan tahan lama garingnya, tidak seperti percobaan pertama churrosnya cenderung lembek dan ngk mau garing. Kali ini adonan yang saya buat sedikit lebih padat dari pada yang pertama, mungkin itu sebabnya churrosnya bisa garing bagian luarnya lumayan lama di suhu ruang. 
Jumlah penggunaan telur dalam adonan ternyata sangat mempengaruhi texture akhir churros ini, jadi saat mencampur adonan lebih baik telurnya dimasukkan bertahap sampai didapat konsistensi adonan yang diinginkan, mengingat ukuran telur berbeda-beda supaya ngk terlanjur lembek adonannya .

Churros ini bisa dinikmati dengan baluran gula dan bubuk kayu manis atau saus coklat yang dibuat dari campuran cream kental dan cooking chocolate (DCC) atau yang lagi hits sekarang dicelupin ke dulce de leche. Apapun dippingnya tinggal disesuaikan dengan selera masing-masing :)

Churros
Baca selengkapnya

Kue Cubit (Green Tea)


Awalnya saya ngk pernah begitu ngeh pada kue cubit ini, sampe suatu hari sering banget liat kue ini bersliweran di instagram dengan berbagai topping yang keliatan menggiurkan. Trus beberapa hari lalu juga sempet denger iklan radio tentang sebuah warung di daerah Kuta yang katanya jual kue cubit green tea, saya jadi penasaran kayak apa sih kok sampe se ngehits ini. Mulai buka-buka halaman om google dan cari resep kue cubit, ketemu resepnya mba Rina Rinso yang katanya gampang dan simple ngk pake ngeluarin mixer atau oven , adonannya tinggal di campur-campur. Pulang kerja langsung eksekusi resepnya, kebetulan ada stock bubuk green tea, dan memang bikin adonannya simple banget hanya pake whisker sudah jadi. Supaya adonannya licin, saya saring lagi adonannya.

Hasilnya enak deh, cuman sayang topingnya hanya ada keju cheddar saja, lain kali mau bikin yang ada topping coklat atau kitkat green tea pasti lebih mantep  kue cubitnya.

Kue Cubit Green Tea
Baca selengkapnya

Senin, 23 Februari 2015

Pancake with Strawberry Compote

Pancake with Strawberry Compote
Akhir-akhir ini cuaca sedang tidak bersahabat di Bali, beberapa hari lalu bahkan terjadi banjir hampir di semua kawasan di Denpasar. Hujan turun hampir tiap hari, dengan mendung tebal dilengkapi angin yang lumayan kencang. Suasana yang sangat tidak mendukung untuk pergi keluar rumah, jadi minggu kemarin seharian hanya dirumah dan kutak katik dapur serta tumpukan baju yang harus disetrika.

Cuaca mendung dan dingin seperti ini membuat malas sekali beranjak dari tempat tidur, bawaannya pengen sembunyi dibawah selimut tapi mau ngk mau harus bangun karena ada yang harus dikasi sarapan hehhehe. Biarpun libur kerja tapi perut tetap minta sarapan hehehhe, karena bangun kesiangan warung tempat biasanya beli sayur sudah tutup jadi mau ngk mau harus memanfaatkan apa yang ada di kulkas saja. Jadilah bikin pancake dengan saus strawberry atau strawberry compote kebetulan ada banyak strawberry oleh-oleh dari Bedugul waktu imlek kemarin. 

Pancakenya seperti biasa pakai resep Buttermilk Pancake yang dulu sudah pernah saya posting disini, hasil pancakenya lembut dan fluffy pas buat sarapan. Saus strawberrynya asam-asam segar, dibuat dari campuran buah strawberry segar, gula castor dan daun mint. Wangi strawberry dan daun mintnya seger banget semakin membuat si perut ngk bisa menunggu lama. Berikut ini saya tuliskan kembali resep pancake dan strawberry compote nya.
Baca selengkapnya

Sabtu, 21 Februari 2015

Tahu Lapis Kukus (Cooking with LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole)

Tahu Lapis Kukus (Cooking with LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole)

Hidangan Tahu Lapis ini saya masak dengan menggunakan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole. Apa itu LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ?

Bagi yang belum tau LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole merupakan varian produk terbaru dari LOCK&LOCK, piranti masak ini berupa wadah kaca tahan panas dengan tutup silikon warna warni yang tahan hingga suhu 200 derajat celcius. Jadi LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini bisa digunakan untuk mengukus, memanggang maupun dimasukkan dalam freezer. Dengan menggunakan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole memasak jadi lebih mudah dan pastinya lebih aman.

LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole
Baca selengkapnya

Jumat, 20 Februari 2015

Gurami Garing Siram Cabai Garam

Gurami Garing Siram Cabai Garam


Gurami Garing Siram Cabai Garam

Gurami Garing Siram Cabai Garam
Recipe from Just Try and Taste

Bahan :
  • 1 ekor gurame uk besar ( saya pake 3 ekor ukuran sedang)
  • 1 jeruk nipis
  • 1 sdm garam
  • Minyak goreng

Baca selengkapnya

Senin, 16 Februari 2015

Roti Maryam

Roti Maryam

ROTI MARYAM
Resep Modifikasi: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 200 ml susu cair tawar
  • 2 kuning telur
  • 125 gr mentega/butter unslated, cairkan
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt gula pasir
Bahan Tambahan:
  • 3 sdm minyak goreng untuk melumuri adonan roti maryam
  • 100 gr mentega/butter yang dilelehkan untuk olesan adonan saat digiling
  • tipis
  • Yang dipakai buat olesan bukan margarin lho yaa...ingat, mentega atau
  • butter yang tawar/unsalted
Baca selengkapnya

Nastar


Rasanya sudah lama ngk bikin kue kering, terakhir kali bikin waktu mau lebaran dua tahun lalu ya heheheh abisnya males ngebentuknya. Apalagi ngebentuk manual tanpa cetakan, keburu gregetan dan hasilnya bakal ngk seragam atau biar cepet kelar hasilnya jadi gede-gede dan abnormal xixiixx. 

Kali ini kangen sama nastar, gara-gara efek imlek dan abis dapet oleh-oleh pineapple cake khas Taiwan. Rasanya beda tipis sama nastar hanya ukurannya lebih besar dan bentuknya kota balok. 
untuk menghilangkan kangen jadi saya niatkan bikin nastar ini, bikinnya cuman satu resep aja biar ngk kebanyakan. Memang capek sih pas ngebentuknya tapi waktu giliran dah mateng , rasanya puas sekali bisa makan nastar sepuasnya, rasanya juga enak, lumer dimulut padahal ngk pake full butter. 
Saya kasi topping keju cheddar diatasnya biar ada sensasi keju-kejunya dikit.

Nastar NCC

Nastar  
Resep : Fatmah Bahalwan


Bahan kulit:
  • 250 gr Margarine
  • 250 gr, Butter
  • 100 gr gula halus
  • 4 btr kuning telur
  • 700 gr tepung terigu
  • 4 sdm susu bubuk fullcream
Bahan olesan:
  • 3 btr kuning telur, kocok lepas dengan 1 sdt susu cair
Baca selengkapnya

Nasi Bakar isi Cakalang Pampis


Nasi Bakar isi Cakalang Pampis


Minggu kemarin saya hanya masak Nasi Bakar Cakalang untuk makan siang bareng suami. Kebetulan masih ada sisa ikan cakalang yang sudah disuwir dan ada nasi juga, jadi saya bikin nasi bakar isi cakalang pampis. yang saya buat ini adalah nasi bakar versi praktis, karena menggunakan sisa nasi atau nasi yang sudah matang, bukan membuat nasi dari awal. Resepnya saya modifikasi sedikit dari resepnya mba Nina (Catatan Nina), isian cakalang pampisnya juga pakai resepnya mba Nina tapi saya hanya bikin setengah dari resep aslinya. Resep yang saya tuliskan dibawah untuk cakalang pampis adalah satu resep utuh jadi kalau mau bikin setengah tinggal dibagi dua saja takarannya.

Walapun dibilang nasi bakar praktis tapi rasanya tidak kalah enak, buktinya pelanggan setia saya (baca: suami) sampai ngk sabaran nunggu giliran makan selama nasinya masih sesi pemotretan hehehe. Katanya enak, nasinya empuk dan gurih, isian cakalang pampisnya juga nikmat. Makasi banyak mba Nina untuk sharing resepnya dan karena saya sedang tidak makan nasi, jadi suami saya ini bisa makan nasi bakar sepuasnya sementara saya hanya bisa nonton dia makan sambil ngunyah si cakalang pampis tanpa nasi :(

Baca selengkapnya

Jumat, 13 Februari 2015

Mie Cakalang - "Skipjack Tuna Noodles"


Mie Cakalang - Skipjack Tuna Noodles
Mie Cakalang adalah salah satu hidangan olahan mie khas Manado, taburan ikan Cakalang Fufu (asap) yang disuwir dan dibumbui agak pedas merupakan ciri khas dari sajian ini. Kebetulan di Bali sudah kembali turun hujan lagi, dan kerap kali pulang kerja harus basah kuyup karena kehujanan, saya pikir Mie ini bisa jadi penghangat yang pas sepulang kerja. Jadi kemarin ketika dikantor ada nelayan yang menjual Cakalang segar, saya langsung beli cakalangnya dan sudah terbayang sampai rumah mau bikin Mie Cakalang yang terkenal itu. 

Proses pembuatannya memang lumayan menyita waktu tapi percayalah rasa Mienya akan mengobati semua lelah dan dingin di hari yang hujan. Berikut ini saya tuliskan kembali resepnya yang saya dapat dari Sajian Sedap.

Mie Cakalang - Skipjack Tuna Noodles
Baca selengkapnya

Selasa, 10 Februari 2015

Green Tea Muffin with White Chocolate

Green tea muffin with white chocolate
Green Tea Muffin with White Chocolate 
Recipe adapted from Cookpad.com


Bahan-Bahan : 
  • 110 gram terigu serbagunna
  • 10 gram green tea bubuk
  • 1 sdm baking powder 
  • 60 gram gula halus
  • 50 gram mentega
  • 1 butir telur(kocok lepas)
  • 50 ml susu cair
  • 1 sdm susu kental manis atau madu
  • 1 bar coklat putih blok (wcc) tapi sayapakai white chocochip karena sedang tdk ada stok coklat putih

Green tea muffin with white chocolate

Cara Membuat:
  1. Ayak tepung terigu, bubuk green tea dan baking powder, sisihkan
  2. Dalam wadah lain campur mentega dalam suhu ruang dengan gula, kocok hingga creamy dan kental.
  3. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas, kedalam adonan mentega dan gula, aduk hingga rata
  4. Tambahkan susu cair, aduk asal rata saja kemudian terakhir masukkan susu kental manis atau madu. aduk rata. 
  5. Campur adonan dengan campuran tepung terigu baking powder dan bubuk grentea, aduk balik hingga adonan Tercampur rata.
  6. Potong-potong coklat blok kecil-kecil atau sesuai selera, masukkan kedalam adonan muffin. aduk sedikit saja . 
  7. Tuang adonan muffin kedalam cupcase yg sudah disiapkan, isi sebanyak 3/4 cupcase jangan sampai penuh. diatasnya bisa ditaburi sisa coklat blok lagi. 
  8. Panggang dengan suhu 170 derjat celcius selama kurang lebih 20 - 25 menit tergantung oven masing-masing. 
  9. Lakukan tes tusuk untuk meyakinkan muffin sudah matang atau belum. 

 Green tea muffin with white chocolate
Green tea muffin with white chocolate
Green tea muffin with white chocolate
Baca selengkapnya

Senin, 09 Februari 2015

Bitterballen Kentang (Kroket ala Belanda)

Bitterballen

Bitterballen merupakan salah satu camilan khas Belanda, rasanya menyerupai kroket namun dibentuk bulat-bulat dengan diameter sekitar 3 atau 4 cm. Di negeri asalnya Bitterballen ini dibuat dari daging cincang, yang dicampur dengan mentega, tepung, susu dan kaldu sehingga membentuk campuran kental yg kita kenal dengan sebutan rogout, kemudian dibalur dengan tepung panir atau tepung roti sebelum digoreng dan umumnya disajikan bersama saus Mustard. 

Nah kali ini saya penasaran dan pengen nyobain bikin Bitterballen ini untuk camilan dirumah, saya pakai ketang tumbuk untuk campuran daging ayam dan frozen mix vegetable. Rasanya mirip sekali dengan kroket, tapi sayang suami saya ngk suka sama kentang jadilah saya makan bitterballen ini sendirian sebagai sarapan selama dua hari berturut-turut.

Resep yang saya pakai saya contek dari blognya mba Diah Didi, tapi saya modifikasi sedikit disesuaikan dengan isi kulkas. Jika ingin melihat resep aslinya bisa dilihat disini ya "Bitterballen Lembut : Diah Didi Kitchen"

Bitterballen
Baca selengkapnya

Jumat, 06 Februari 2015

Steak Tempe

Steak tempe
Mungkin minggu ini bisa dibilang tema masakan dirumah adalah tempe, setelah kari tempe dan sate tempe, kali ini saya masak steak tempe untuk makan malam. Resep steak tempenya nyontek dari blognya mba Nina, tapi karena lagi ngk ada stok ayam, jadi bagian ayam yg ada diresep saya ganti dengan sayuran yang diblender halus.
Baca selengkapnya

Kamis, 05 Februari 2015

Mexican Bun aka Roti Boy


Mexican Bun aka Roti Boy


Sebenarnya Mexican bun ini adalah challenge ke-43 dari KBB tapi wkatu itu lagi sibuk hari raya galungan dan kuningan jadi sama sekali ngk bisa ikuta setor PR. Untuk menuntaskan rasa penasaran akhirnya saya bikin Mexican bun ini kemarin malam. Bukan pertama kali sih tapi ini Mexican bun yang ke-3 yang pernah saya coba buat setelah yang pertama dan kedua gagal dengan sukses. Masih ingat waktu itu awal-awal saja belajar baking dan blogging, berbekal resep dari Mba Hesti saya mencoba membuat Mexican bun ini tapi hasilnya gagal total aahahhahah, rotinya ngk mau mengembang saat proofing. Jangan salahkan resep tapi dasarnya saya yang ngawur sudah jelas dalam resep disebutkan air suam suam atau hangat untuk mencampur ragi , tapi saya malah pakai air yg masih panas sekali dan betul raginya mati tapi saya nggak ngerti sama sekali soal hal ini. Bingung kenapa kok rotinya melempem, ngk ngembang sampai akhirnya dijelasin sama mba Hesti via komen. Walopun gagal tapi paling tidak dari kegagalan itu saya tau kalau ragi ngk boleh disiram air mendidih xixiixixixix. 

Nah percobaan yang kedua, roti berhasil mengembang tapi saya lupa ngk punya mentega asin. sadarnya itu pas roti sudah selesai proofing. keliling-keliling nyari salted butter ngk ketemu. Akhirnya itu roti over fermentasi. rasa dan baunya ngk karuan, karena sayang tetep saya panggang tapi tanpa isian dan bisa ditebak ngk laku pemirsah. Suami dan saya sendiri ngk mau makan ... baunya ngk banget. 

Baca selengkapnya

Selasa, 03 Februari 2015

CRISPY HONEY CHICKEN

Crispy honey chicken

CRISPY HONEY CHICKEN

Bahan Saus :
  • 1/2 cup madu 
  • 2 sdm kecap manis 
  • 1/2 sdt minyak wijen 
  • 1 sdm bubuk cabai(extra cabai iris)
  • 2 sdm saus tomat extra pedas 
  • 1 sdm saus teriyaki
  • Biji wijen (optional) 
  • 50 ml air 

Baca selengkapnya

Triple Choco Muffin


Triple choco muffin

 
Triple Choco Muffin ini saya buat kemarin pagi, jadi ceritanya kemarin itu saya kekantor siang karena dapet tugas dari suami untuk jagain tukang yang lagi benerin genteng rumah. Nah lagi santai nungguin tukang beres kerja ternyata ada beberapa genteng yang jatuh langsung ke plavon, suara jatuhnya bikin kaget dan lebih kaget lagi saya ketika melihat plavon ruang tamu dan kamar tidur tamu jebol berlubang kena genteng. Duh rasanya ini tensi darah langsung naik, perasaan belum 6 bulan pindah kerumah ini tapi dah hancur begini. Kalo ngk diinget-inget saya pasti langsung marah-marah ke tukangnya. Tapi suami bilang jangan emosi, nah buat mengalihkan perhatian dan meredam emosi akhirnya saya putuskan bikin muffin ini. Lumayan perhatian saya jadi ngk fokus ke bolongnya plavon  itu lagi, tapi sekarang sibuk dengan adonan coklat yang keliatan nyoklat bangett ini.
Baca selengkapnya

Senin, 02 Februari 2015

Jukut Bejek (khas Bali)


Jukut Bejek khas Bali
Jukut Bejek merupakan salah satu makanan khas Bali, biasanya disajikan bersama ayam sitsit atau ayam suwir dalam nasi campur Bali. Jukut Bejek jika di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia akan memiliki arti Sayur (jukut) Remas (bejek) nama yang agak aneh memang tapi istilah bejek atau remas ini didapat dari cara pencampuran bumbu dan kacang panjang yang diaduk dengan tangan sambil diremas-remas agar bumbunya tercampur rata. 

Sudah lama saya ingin sekali memasak hidangan satu ini, bumbunya yang gurih dan kacang panjang renyah sangat nikmat disantap bersama nasi hangat sayang selama ini hanya bisa beli belum bisa bikin sendiri. Nah bak gayung bersambut,  kemarin ada salah satu teman kantor yang berbaik hati memberikan resep yang biasa dia gunakan. Tanpa menunggu lama, pulang kerja saya langsung praktekan resepnya ... dan rasanya memang endes alias enak, suami sampe nambah dua kali makannya hihihiihi. Bumbunya pas seperti yang biasa saya beli, ternyata bumbu-bumbu yang dipakai tidak serumit "Base genep" atau bumbu Bali yang biasa digunakan pada sebagian besar masakan khas Bali. 

Bagi yang mau mencoba berikut ini saya tuliskan kembali resepnya :

Jukut Bejek khas Bali



Jukut Bejek khas Bali

Baca selengkapnya

KBB#44 Pisang Molen (khas Indonesia)

Pisang Molen

Akhirnya Surat Tjinta  (baca : tantangan) pertama di tahun 2015 tiba, seperti biasa selalu deg degan ketika akan membaca isi tantangan yang harus dikerjakan dan taraa.. ternyata Pisang Molen. Langsung lega karena sudah beberapa kali pernah bikin dengan resep serupa, kalau di milis yang saya ikuti resep ini dikenal dengan pisang Molen atau Bolen pisang ekonomis. Kenapa disebut ekonomis ? karena bahannya tidk menggunakan puff pastry atau melibatkan korsvet didalam pembuatan adonan kulit. Bersyukur sekali karena resep yang digunakan adalah versi ini, pasti bakal beda cerita jika resep yang dipakai adalah resep dengan korsvet, belum tentu saya bisa laporan tanggal segini soalnya beli korsvetnya membutuhkan niat yang luar biasa heheheheh (dasarnya aja males). Tapi memang kenyataannya kalau mau korsvet yang bagus saya harus ke salah satu toko bahan kue besar di jalan Kartini dan jam bukanya yang selalu membuat saya kesusahan, tidak pernah buka saat libur .. fiuhhh.

Oke kembali lagi ke tugas kali ini yaitu si Pisang Molen, jajanan satu ini merupakan alah satu jajajan khas Indonesia bahkan menjadi salah satu ciri khas oleh-oleh daerah Bandung dengan merk Kartika Sari sebagai yang paling diminati dan dikenal. Saya dulu sering sekali nitip beli molen ini kalau ada saudara yang mudik ke Bandung, rasanya yang enak itu membuat rela bayar mahal. Waktu itu rasanya harganya memang mahal sekali tapi begitu merasakan bikin molen sendiri dari nol, akhirnya saya sadar ternyata harga segitu belum apa-apa kalau dibandingkan disuruh bikin molen sendiri dirumah.
Baca selengkapnya

Minggu, 01 Februari 2015

Karedok

Karedok

Karedok merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Barat. Dibuat dari irisan sayur-sayuran mentah dan disajikan dengan saus kacang. Meskipun sayurannya mentah tapi jika paduan bumbunya pas maka tidak akan timbul rasa langu dari sayuran tersebut. Tambahan kencur dan larutan asam jawa menciptakan rasa yang unik dan membedakan bumbu kacang karedok dengan bumbu kacang gado-gado.

Baca selengkapnya