Banana and Blueberry Muffin with Almond Slice Topping

Muffin Pisang
Muffin Pisang dan Bluebbery ( Banana and Blueberry Muffin with Almond Slice Topping )
Minggu ini sepertinya saya sedang kehilangan sebagian mood baking dan masuk dapur, rasanya tidak ada yang menarik untuk di coba atau dipraktekkan. Padahal biasanya ada saja resep yang menarik hati dan membuat penasaran, tapi entah kenapa akhir-akhir ini rasanya malas sekali beranjak ke dapur apalagi mau ngeluarin peralatan baking seperti mixer dan kawan-kawannya.  

Tapi melihat tumpukan pisang ambon yang sudah terlanjur masak rasanya nggak tega kalau di biarkan sampai tidak bisa dikonsumsi dan berakhir di keranjang sampah. Jadi ditengah kemalasan yang melanda saya berusaha mencari cara mau diapakan pisang ini supaya nggak sia-sia, akhirnya saya putuskan untuk dijadikan muffin saja. Memilih muffin karena cara pembuatannya yang gampang, tinggal cemplang cemplung dan aduk asal rata saja tidak perlu mixer dan lain-lainnya. Untuk menambah variasi pada rasa, saya berikan isian bluebbery palleta di bagian dalam muffin pisang ini kemudian diberi topping almond slice yang agak banyak. Rasanya pasti enak, kebayang wangi pisang dan blueberry yang manis dilengkapi taburan almond yang cripsy . Wew jadi nggak sabar nunggu muffinnya mateng hehhe. Untuk resepnya saya pakai resep muffin yang sudah sering saya praktekkan, resep aslinya dari mba Endang JTT namun saya modif sedikit disesuaikan dengan selera orang rumah.

Bagi yang mau mencoba, berikut ini saya tuliskan kembali resepnya.


Resep Muffin Pisang dan Bluebbery ( Banana and Blueberry Muffin with Almond Slice Topping )
Muffin Pisang dan Bluebbery ( Banana and Blueberry Muffin with Almond Slice Topping )

Resep Muffin Pisang dan Bluebbery ( Banana and Blueberry Muffin with Almond Slice Topping )
Muffin Pisang dan Bluebbery ( Banana and Blueberry Muffin with Almond Slice Topping )

Resep Muffin Pisang dan Bluebbery ( Banana and Blueberry Muffin with Almond Slice Topping )
Muffin Pisang dan Bluebbery ( Banana and Blueberry Muffin with Almond Slice Topping )

Resep Muffin Pisang dan Bluebbery ( Banana and Blueberry Muffin with Almond Slice Topping )
Muffin pisang blueberry ini cocok disajikan sebagai teman minum teh atau sarapan


Resep Muffin Pisang & Bluebbery
Resep modified from Just Try and Taste 

Bahan-Bahan:
  • 190 gram tepung teriguprotein sedang
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 5 buah pisang ambon yang benar-benar matang 
  • 1/2 sendok teh garam 
  • 100 gram gula pasir 
  • 1 butir telur 
  • 75 gram mentega , lelehkan 
  • 1/2 sendok teh kayu manis
  • 1 sendok makan susu bubuk 
  • 50 ml susu cair 
  • Selai blueberry secukupnya
  • Almond slice untuk taburan
Cara Membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 190 derajat celcius
  2. Siapkan loyang muffin yang sudah diberi paper case, sisihkan. 
  3. Ayak bersamaan tepung terigu, baking soda, baking powder, garam , susu bubuk dan kayu manis bubuk. Sisihkan.
  4. Dalam wadah terpisah lumatkan pisang dengan garpu atau bisa diblender sampai halus, sisihkan
  5. Dalam wadah yang lebih kecil, kocok lepas telur kemudian tambahkan gula pasir dan susu cair aduk asal rata saja.
  6. Tuang adonan telur kedalam pisang yang sudah dilumatkan, aduk hingga tercampur rata. 
  7. Tuang secara bertahap campuran tepung kedalam adonan pisang, aduk asal rata dan jangan mengaduk terlalu lama.  
  8. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan, isi 1/4 bagian saja kemudian beri selai bluebbery dan tutup lagi dengan adonan muffin sampai terisi 3/4 bagian. jangan mengisi terlalu penuh karena muffin akan mengembang lumayan tinggi.
  9. Beri taburan almond cincang di bagian atas muffin, lakukan hingga semua adonan habis.
  10. Panggang muffin dengan suhu 190 derajat celcius selama kurang lebih 30-45 menit tergantung panas oven masing-masing.
  11. Jika bagian atasnya sudah kuning kecoklatan angkat dan lepaskan dari cetakan.
  12. Muffin pisang dan bluebbery siap disajikan. 
Muffin Pisang dan Bluebbery
Muffin Pisang dan Bluebbery

Muffin Pisang dan Bluebbery
Muffin Pisang dan Bluebbery








Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

16 komentar :

  1. Aku blm punya oven, pakek hepikol ajalah. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo happycallnya yang tinggi muat ya mba seukuran muffin ? dulu pernah nyoba bikin martabak manis doang pake happycall

      Hapus
  2. woooww muffinya menggoda sekaleee....*lap iler

    BalasHapus
  3. mba sy pengen beli oven tp blm tau oven apa, mba Sashy pake oven merk apa? tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba saya cuman pake Oven Listrik Maspion Mot-600

      Hapus
  4. oke mkc mba, besok mumpung libur sy mau liat2 di carefur. btw reviewnya tu oven awet+bandel ya mba.? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu oven cuman 300 ribuan mba jadi ya standard kwalitasnya sama harganya. saya pake oven itu dari 2011 sampai sekarang masih bisa dipakai nggak ada masalah.

      Hapus
  5. Argggggghhh Mbak Sashy.... gak mood bikin hasilnya kayak gini? Huaaaa. Pisang suka. Muffin Suka. Almond Suka.

    Klop bener bikin orang lapar sangad di siang hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih mas Febriyan, hehe iya ini seriusan lagi kehilangan mood masak dan baking, pisang memang enak ya mau diolah jadi apa aja. Makan siang dulu mas :)

      Hapus
  6. Duh ngiler euy ngeliat gambarnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe salam kenal mba Monika terimakasih sudah berkunjung kesini :)

      Hapus
  7. Mba sashy klo selai nya diganti sama coklat ganache bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mba tapi kalo pake ganache lebih baik disuntikkan setelah muffinnya matang, karena ganache kena panas mencair

      Hapus
  8. Mba sashy klo blueberry nya diganti ganache bisa ga ya??

    BalasHapus

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih

Copyright © Sashy Little Kitchen: Home Cooking and Food Traveller. Designed by Sashy Little Kitchen