Selasa, 01 September 2015

Resep Kailan Tofu Saus Tiram

Kailan Saus Tiram
Kailan Tofu Saus Tiram

Resep Kailan Tofu Saus Tiram ini terinspirasi dari menu favorit yang akhir-akhir ini sering di pesan pak suami ketika makan di salah satu resto langganan kami. Dulu sih sama sekali nggak kenal sama yang namanya kailan, palingan tiap pesen menu sayur ya  kangkung blacan atau buncis zhecuan, tapi beberapa bulan ini si pak suami sedang kesemsem sama kailan. Setelah kemarin-kemarin dimasakin kailan dua rasa, lalu kali ini iseng nyobain masak kailan saus tiramnya. Nggak dapet contekan resep yang mirip dari google, akhirnya dengan mengandalkan ingatan dan rasa dari sajian itu saya ngarang sendiri resepnya. Meraba-raba rasa dan bahan-bahannya yang rasanya tidak terlalu susah untuk dibuat dirumah. 

Jadi kemarin pulang kerja langsung mampir ke supermarket untuk beli kailan, karena si abang sayur nggak pernah bawa sayur jenis ini. Sampai rumah langsung masak dan matang pas di jam makan malam. Sambil deg-degan ngasi kailannya ke pak suami, menunggu komentarnya. Seperti biasa dia bilang enak katanya mirip sama yang biasa dipesan. Ah ini pelanggan tiap ditanya jawabannya pasti enak, jadi agak curiga beneran enak atau cuman mau menyenangkan hati istrinya. Anyway menurut saya hasilnya lumayan mirip sama yang di resto itu, bumbunya juga nggak susah cuman pake bawang putih dan saus tiram. berikut ini saya tuliskan resepnya. 

Kailan Saus Tiram
Kailan Tofu Saus Tiram

Kailan Saus Tiram
Kailan Tofu Saus Tiram

Kailan Saus Tiram
Kailan Tofu Saus Tiram




Kailan Tofu Saus Tiram

Resep by Sashy

Bahan-Bahan :
  • 2 ikat kailan ( bersihkan dan petik daun dan batang mudanya)
  • 1 bungkus tofu (tahu sutra)
  • 3 sdm tepung maizena 
  • 150 ml air 
  • 4 siung bawang putih ( dicincang )
  • 1 buah cabe berah besar ( iris tipis)
  • 1 bungkus saos tiram sachet 
  • Minyak untuk menggoreng 
  • 1 sdm margarine untuk menumis
Cara Membuat : 
  1. Rebus kailan dalam air mendidih hingga matang, segera angkat dan pindahkan dalam air es. Tiriskan dan sisihkan. 
  2. Potong-potong tofu lalu gulingkan dalm 2 sdm tepung maizena, ini bertujuan agar tofu tidak hancur saat digoreng. 
  3. Panaskan minyak kemudian goreng tofu yang sudah dibalur maizena hingga matang, angkat dan sisihkan. 
  4. Panaskan margarine, tumis bawang putih dan cabai merah hingga haru. 
  5. Masukkan air kemudian aduk dan tambahkan saus tiram
  6. Larutkan 1 sdm maizena dengan sedikit air, kemudian tuang larutan maizenanya ke dalam campuran saus tiram. masak hingga mendidih dan saus tiram mengental, gunakan api kecil saja. 
  7. Dalam piring saji, tata kailan dan tofu kemudian siram dengan saus tiram. 
  8. Kailan Tofu Saus Tiram siap disajikan.


Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

Bagikan

Baca Juga

Resep Kailan Tofu Saus Tiram
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

7 comments

Tulis comments
avatar
1 September 2015 23.32

Saya dulu juga nggak pernah tahu n makan yang namanya kailan ini, trus istri ngenalin deh ama baby kailan. enak juga ternyata :D

Reply
avatar
1 September 2015 23.33

sama berarti kita ya mas baru-baru kenal si kailan ini ... suami malah jdi doyan banget.

Reply
avatar
2 September 2015 20.12

aku bahkan gak tau kailan itu macam gimana T_T

Reply
avatar
3 September 2015 11.19

Mbak Sashy, aku dalam kondisi kelaperan tengah malem begini dan baca artikel ini menyebabkan kelaparan tingkat dewa. *telpon14045* haha.
foto - fotonya baguuus. akuh sukaaaak!!!.

Reply
avatar
4 September 2015 01.21

kalau saya bilang antara pokcoy dan bayam mba hehehe

Reply
avatar
4 September 2015 01.22

hihihi, terimakasih mba Astari.. selama masih ada 14045 nggak apa2 lah ya mba laper malam2

Reply
avatar
4 September 2015 02.08

Saus tiramnya disiram ya Mbak. Kirain ditumis bareng gitu. Saya laparrrrr

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih