Senin, 27 Juli 2015

Kue Lobak Goreng (Chai Tow Kwai)

Kue Lobak Goreng / Chai Tow Kwai
Kue lobak atau biasa dikenal dengan radish cake/turnip cake atau dalam bahasa China-nya disebut " lo baak gou" sementara kue lobak goreng disebut dengan Chai Tow Kwai. Hidangan ini merupakan salah satu sajian standard di resto dim sum di kawasan China selatan. Pertama kali saya lihat postingan kue lobak goreng ini di facebooknya ci Tania Wong, kelihatannya enak tapi sama sekali belum terbayang bagaimana rasanya. Sekilas terbayang kalau texturenya kenyal karena penggunaan tepung beras tapi untuk rasa sama sekali belum bisa ditebak dan saking penasarannya saya sampai bertanya ke salah satu temen kuliah yang kebetulan ada keturunan Tiong Hoa-nya.
Waktu saya tanya gimana sih rasa kue lobak itu ? dia malah jawab katanya nggak ada rasanya. Dia pernah beberapa kali makan di resto dimsum tapi rasanya hambar. What ? masak iya sih kelihatannya enak begitu kok katanya hambar. Mendapat jawaban begini saya justru semakin penasaran, setelah menyempatkan diri membeli lobak akhirnya saya mencoba eksekusi resep kue lobak ini. 
Kue Lobak Goreng / Chai Tow Kwai
Niat awal mau pake resepnya ci Tania Wong tapi setelah dicari-cari malah resepnya nggak ketemu lagi. Terpaksa googling kesana kemari nyari resep yang bisa dipercaya sampai akhirnya ketemu resep yang lumayan simple dan rasanya bolehlah untuk dicoba. Resep ini saya dapat dari situs Griya Kuliner, bahan-bahannya simple dan step by stepnya mudah di ikuti. Dari resep aslinya saya modifikasi bagian penggunaan ebi, karena tidak punya ebi jadi saya ganti dengan daging ayam rebus yang di suwir halus.

Hasilnya ? texture bagian luarnya crunchy dan dalamnya masih lembut, enak kalo dimakan sambil di cocol saos cabe atau potongan cabe hijau dengan kecap asin. Rasanya memang tergolong mild tidak spicy tapi yang begini ini jadi favorit suami. Waktu dia liat kue lobak ini diatas meja, langsung dicobain dan menurut dia enak hehe. Hasil setelah dikukus kuenya memang agak lengket jadi pastikan untuk mengoles minyak dengan benar di loyang atau biar aman lapisi loyangnya dengan aluminium foil baru kemudian di olesi minyak. Potong adonan setelah dingin ya, jangan langsung dipotong saat masih panas karena masih lengket dan bakal berantakan hasil potongannya.

Berikut ini saya tuliskan kembali resepnya ya, siapa tau ada yang mau nyobain bikin dirumah
Kue Lobak Goreng / Chai Tow Kwai



Kue Lobak Goreng / Chai Tow Kwai

Kue Lobak Goreng / Chai Tow Kwai
Kue Lobak Goreng 
(Fried Radish Cake/Turnip Cake/Chai Tow Kwai)
Resep dari Griya Kuliner

Bahan-Bahan:
  • 125 g tepung beras
  • 25 g tepung maizena
  • 150 ml air matang
  • 1/4 sdm garam
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/4 sdm gula pasir
  • merica bubuk secukupnya
  • 25 g ebi, rendam dalam air panas, cincang halus ( saya ganti dengan ayam rebus yang disuwir)
  • 300 g lobak putih, parut halus
  • 50 ml air
  • minyak untuk menumis
Cara membuat:
  1. Campur tepung beras, tepung maizena, air matang, garam, gula pasir, dan merica bubuk hingga rata. Sisihkan.
  2. Didihkan air, masukkan lobak, masak hingga matang, angkat, tiriskan.
  3. Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum, masukkan ebi, lobak, dan adonan tepung. Aduk rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak, tekan-tekan.
  5. Kukus adonan hingga matang, angkat, potong-potong sesuai selera.
  6. Panaskan minyak, goreng hingga berwarna kuning kecoklatan.
  7. Angkat, sajikan.

Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

Bagikan

Baca Juga

Kue Lobak Goreng (Chai Tow Kwai)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
Anonim
6 Januari 2016 22.46

aq bikin kue lobaknya lembek...stlh di kukus,aq potong mlh rusak...
kira2 knp ya??
terima kasih

Reply
avatar
7 Januari 2016 18.24

mba itu saya sudah tulis diatas sebagai berikut :

Hasil setelah dikukus kuenya memang agak lengket jadi pastikan untuk mengoles minyak dengan benar di loyang atau biar aman lapisi loyangnya dengan aluminium foil baru kemudian di olesi minyak. Potong adonan setelah dingin ya, jangan langsung dipotong saat masih panas karena masih lengket dan bakal berantakan hasil potongannya.


Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih