Kamis, 11 Juni 2015

Sayur Asem Favorit

sayur asem


Sayur asem merupakan salah satu masakan favorit saya dan suami apalagi kalo disajikan dengan tempe atau tahu goreng dan sambel terasi extra pedas... duh langsung kebayang sayur asem dan lapar lagi. Walopun sajian ini tergolong sederhana tapi kalo saya disuruh milih antara daging-dagingan dan sayur asem pasti saya pilih sayur asem, kuahnya yang asam segar dipadukan dengan sambel terasi udah paling TOP nggak ada lawannya. Spesial untuk masakan berbahan sayur saya lebih suka bikin dirumah dari pada beli diluar karena kapok sering banget beli sayur extra ulet hiks, dan itu ulet biar kecil tetep suka keliatan dan bikin batal makan. Jadi kalau bikin sendiri bisa bersihin dan milihin sayurnya dengan extra hati-hati, seperti pas bikin sayur ini bayamnya saya petikin satu-satu sambil dicuci dengan air mengalir, pokoknya diperiksa seteliti mungkin supaya ngk ada yang nyempil dan terlewatkan.

sayur asem



Nah ngomongin sayur asem, ternyata hidangan ini ditiap daerah beda-beda loh, walopun sama-sama asam tapi tingkat keasaman, varian isi dan tampilannya beda-beda. Katanya kalau sayur asam Jakarta warnanya lebih keruh dan pekat dengan potongan jagung manis serta nangka muda sebagi ciri khasnya. Kalau sayur asam palembang ada tambahan udang sebagai isiannya, duh ini pasti nikmat dan gurih banget ya. Lain lagi dengan sayur asem khas Bondowoso, dimana bumbunya di iris bukan diulek jadi kuahnya jauh lebih bening dan agak sedikit merah karena memakai gula merah didalamnya. Tipe sayur asam bening ini hampir merata di sebagian besar daearh di Jawa Tengah kecuali Jepara, karena disini sayur asemnya lebih mirip dengan sayur asem Jakarta. Ayo lebih suka sayur asam yang mana ? kalau saya sih bebas asal asam dan pedas, hihihi tapi yang paling pas ya yang di resep ini yang sering saya pakai walaupun kadang bahan sayurannya suka disesuaikan dengan persediaan yang ada.
 
Kemarin ini saya bikin sayur asem dengan tempe goreng, kalau tempe gorengnya cuman dilumuri bumbu garam, ketumbar dan bawang putih. Dicampur sedikit air lalu di balurkan ke tempe yang sudah di iris dan siap di goreng deh. Sambel terasinya jangan ketinggalan ya, bagi saya yang maniak sambel ini poin penting dalam menikmati sayur asem, kali ini belum share resep sambel terasi ya karena sambelnya biasa-biasa aja selama ada cabenya buat saya pasti enak hihihih :)

sayur asem

sayur asem , tempe goreng dan sambal terasi

sayur asem , tempe goreng dan sambal terasi

Sayur Asem 
Resep : Ricke Ordinary Kitchen ( modified by Sashy)

Bahan-Bahan:
  • 1 ikat kecil kacang panjang
  • 1 buah labu siam ukuran kecil atau sedang 
  • 1 buah jagung manis potong-potong 
  • 1 ikat daun bayam , siangi saya pakai daunnya saja
  • 4 buah terong bulat hijau , belah 2 atau 4 bagian 
  • 1 buah tomat hijau , belah 4
  • 1 ½ liter air
  • 2 lembar daun salam
  • 1 cm lengkuas, digeprek
  • 2 buah asem muda, digeprek 
  • 2 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah besar (saya ngk pakai tapi saya ganti dengan cabai utuh yang direbus bersama sayur)
  • 1 buah kemiri (saya ngk pakai supaya kuahnya lebih bening)
  • 1 ½ sdt garam
  • 2 sdt gula palem (pakai gula pasir juga bisa)
  • ¼ sdt terasi bakar, haluskan
Cara membuat: 
  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah dan kemiri (jika pakai).
  2. Cuci bersih sayuran. Potong-potong sesuai kebutuhan.
  3. Didihkan air. Masukkan sayuran yg keras dahulu . Masak hingga matang dan agak lunak.
  4. Masukkan bumbu halus, daun salam, lengkuas dan asem muda, garam, gula dan terasi. Aduk rata. Cicipi jika ada bumbu yg kurang. Tambahkan cabai utuh jika suka pedas
  5. Masukkan kacang panjang dan daun bayam, masak jangan sampai over cooked ya. Saya lebih suka sayuran tetap kelihatan hijau
  6. Angkat. Sajikan panas.



Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

Bagikan

Baca Juga

Sayur Asem Favorit
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih