Minggu, 24 Agustus 2014

Bolu Kukus Ketan Hitam


Bolu kukus ketan hitam

Akhirnya setelah percobaan pertama gagal kali ini eksekusi kedua saya berhasil menakluk-kan si bolu kukus ketan hitamnya Mba Hesti. Percobaan pertama gagal karena saya kurang lama mengukus kuenya dan begitu dibalik bagian dalam kue masih mentah dan berhamburan padahal wangi, rasa dan lembutnya udah enak banget. Jadi kemarin saya niatkan untuk nyoba sekali lagi dan syukurlah berhasil karena waktu kukusnya saya lamakan sedikit. 

Saya modif resep ini dengan mengganti sebagian minyak menjadi santan supaya wanginya lebih gurih, sayang saya ngoles loyangnya kurangf mulus jadi pas dilepaskan tampilan kuenya ngk secantik punya Mba Hesti tapi rasa dan wangi jangan diragukan hehhe seperti biasa resep dari blog sakti mba Hesti selalu okeh. 

Rasa dari bolu ini lembut dan khas ketan hitam banget, ada rasa-rasa kasar seperti berpasir , manisnya pas, lembut agak basah bahkan sampai keesokan harinya masih lembut walaupun ditaruh di suhu ruang. Karena saya pakai sebagian santan jadi ada wangi gurih harum santan. Pas banget dinikmati dengan secangkir teh hangat. 

Bolu kukus ketan hitam



BOLU KUKUS KETAN HITAM 
Original reciped by Cake Fever, adapted from Hesti's Kitchen 

Bahan-Bahan : 
  • 250 gr tepung ketan hitam 
  • 200 gr gula pasir 
  • 200 gr minyak goreng (saya pakai 100 ml santan kental dan 100 ml minyak)
  • 6 butir telur 
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili 
  • 2 sdm susu kental manis 

Cara membuat : 
  1. Panaskan kukusan dengan api sedang cenderung tinggi. Olesi loyang dengan margarin dan beri ayakan tepung. Sisihkan. 
  2. Kocok telur dan gula dengan mikser hingga mengembang dan kental. Masukkan garam dan vanili, kocok rata lagi hingga kental berjejak. Turunkan speed hingga paling rendah. Masukkan susu kental manis, kocok rata. 
  3. Masukkan tepung ketan hitam (yang sudah diayak) ke dalam kocokan telur, aduk rata dengan menggunakan spatula besar. 
  4. Masukkan minyak goreng, aduk balik sampai rata dengan spatula. Pastikan minyak sudah tercampur rata. 
  5. Tuang dalam loyang 20 cm (aku pakai loyang tulban). Kukus selama kurang lebih 30 menit. 
  6. Angkat dan dinginkan. Potong potong dan siap disajikan.  

Bolu kukus ketan hitam

Bolu kukus ketan hitam









Baca selengkapnya

Senin, 18 Agustus 2014

Puding Kentang Lapis Biskuit

Puding kentang lapis biskuit


Sebelumnya saya sudah pernah bikin pudding ini sebelumnya tapi saya ganti kentang jadi alpukat dan hasilnya ? gagal total hahahha. Kali ini saya coba ngikutin resepnya mba Hesti sama persis dan akhirnya puding lapis biskuitnya berhasil sesuai dengan yang dibayangkan. Ternyata memang benar hobby saya ngerubah-rubah resep orang itu sering berakhir pada kegatot-an alias kegagalan total. Next harus tahan diri buat ngk ngerecokin resep yang udah bagus-bagus hihihihih. Sekali lagi terimakasih buat Mba Hesti yang sudah mau berbagi ilmu lewat blog saktinya . Berikut resepnya saya tulis kembali.

Puding kentang lapis biskuit


PUDING KENTANG LAPIS BISKUIT 
Reciped by Hesti's Kitchen 


Bahan puding kentang :
  • 200 gr kentang kukus (blender) 200 gr gula pasir
  • 1 telur utuh + 2 kuning telur
  • 1 1/2 sdm margarin (lelehkan) -1
  • 150 ml susu kental manis diencerkan dgn 150 ml air
  • 25 gr terigu protein sedang
  • 25 gr tepung maizena
  • 1/2 sdt vanili

Bahan puding cokelat (campur rata, masak sampai mendidih):
  • 200 gr gula pasir
  • 1 bks agar-agar putih 
  • 1/2 sdt vanili 
  • 3 sdm cokelat bubuk (ayak) 
  • 1 sdt moka pasta 
  • 750 ml susu cair 
Pelengkap : 
  • biskuit marie secukupnya
Cara membuat : 
  1. Puding kentang : kocok telur, gula dan vanili sampai kental dan putih. 
  2. Turunkan berturut-turut sambil terus dikocok pelan : kentang, larutan susu, dan margarin. Kocok pelan sampai rata.
  3. Tambahkan tepung terigu dan maizena, kocok rata. 
  4. Tuang di loyang bulat diameter 22 cm atau loyang kotak 20x20x7cm yang dioles margarine. 
  5. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Angkat. 
  6. Tata biskuit marie (yang terlebih dulu dicelup dalam susu cair sebentar) di permukaan puding kentang. Tuang larutan agar-agar cokelat perlahan agar biskuit tidak berhamburan. Hilangkan uap panasnya. Dinginkan dalam lemari es.

Puding kentang lapis biskuit

Baca selengkapnya

Banana Muffin ( on loaf pan)

Banana Muffin on loaf pan




































Banana Muffin ( on loaf pan)
Recipe source : Hesti's kitchen

Bahan-Bahan : 
  • 6 buah pisang yang matang sekali. Cincang halus, campur dengan 2 sdm air jeruk nipis 
  • 50 ml susu cair 
  • 100 gr margarin 
  • 25 gr butter 
  • 200 gr terigu 
  • 1 sdm susu bubuk full cream 
  • 2 butir telur 
  • 150 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam 
  • 1 sdt baking powder 
  • 1/2 sdt soda kue 
  •  taburan sesuai selera ( saya pakai keju cheddar)

Cara membuat : 
  1. Masak susu cair, margarin dan butter dan garam asal hangat saja. 
  2. Kocok telur dan gula dengan kecepatan rendah asal gula larut saja. 
  3. Masukkan campuran terigu, baking powder dan soda kue yang sudah diayak. Aduk rata. Masukkan campuran pisang. Terakhir campuran susu cair. Aduk rata. Jangan ovemix. 
  4. Tuang ke dalam cetakan mini loaf yang sudah dioles dan dialasi kertas roti. Taburi bahan taburan sesuai selera. Saya menggunakan keju. 
  5. Panggang dengan api 180 C selama kurang lebih 40 menit atau sampai ditusuk keluar dalam keadaan kering lembab (tidak basah). Angkat. Taburi gula untuk dusting.


Banana Muffin on loaf pan

Banana Muffin on loaf pan

Banana Muffin on loaf pan

Baca selengkapnya

Ice Coffee (wanna be)

Ice Coffe




































Postingan kali berawal dari stock kopi Nescafe blend 43 pemberian dari paman, karena saya dan suami tidak begitu sering ngopi dirumah jadi satu  toples kopi ini hanya diam mojok di dapur tanpa ada yang menyentuh. Sampailah hari sabatu kemarin, kebetulan libur dan seharian dirumah kita berdua iseng tiba-tiba punya ide bagaimana kalau kita bikin ice coffee alias es kopi yang kayak di cafe-cafe itu. Daripada bayar mahal-mahal ke cafe cuman buat beli segelas es kopi ayolah saya sanggupi bikin percobaan ini walaupun agak-agak ragu apakah hasilnya akan beracun ataun tidak hahahahahhaha. 

Tanpa disangka campuran yang saya buat bikin kita ketagihan, sampe dua hari berturut - turut bikin terus. Bahannya simple saja , hanya cemplung-cemplungin semua bahan yang tersedia di stok. Kira-kira seperti dibawah ini, kalau mau dimodif sesuai selera juga sepertinya fine-fine saja. 

Ice Coffe



































ICE COFFEE (wanna be)

Bahan-Bahan:
  • 2 sdm kopi bubuk (saya pakai nescafe blend 43) 
  • 1 sdm coklat bubuk ( pakai kwalitas yang baik)
  • 1 sdm gula pasir 
  • 2 sdm gula karamel ( kebetulan ada sisa gula dari bikin cake sarang semut , kalau mau di skip sepertinya tidak masalah)
  • 1 sdm gula palem 
  • 1 sdt bubuk kayu manis
  • 3 sdm susu kental manis 
  • 50 ml susu cair full cream ( bisa diganti dengan susu bubuk yang dilarutkan dalam air matang)
  • es batu secukupnya (saya pakai agak banyak agar es nya kental)

Cara Membuat : 
  1. Blender semua bahan jadi satu hingga halus .
  2. Tuang dalam gelas saji, beri ayakan coklat bubuk diatasnya
  3. Ice Coffe siap dinikmati 

Note : Untuk 2 gelas 



Baca selengkapnya

Kamis, 14 Agustus 2014

CEKER AYAM LADA HITAM

ceker lada hitam

 

CEKER AYAM LADA HITAM   

reciped by Sajian Sedap



Bahan-Bahan:
  • 500 gram ceker ayam, dibersihkan dan dimemarkan
  • 2 cm jahe
  • 1.000 ml air untuk merebus

Bumbu Ceker:
  • 5 siung bawang putih, dicincang kasar
  • 1 cm jahe, diparut
  • 2 buah cabai merah keriting, dipotong-potong
  • 1 buah pekak
  • 1/2 sendok makan angkak, diseduh, ditiriskan
  • 2 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok teh merica hitam kasar
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 500 ml air kaldu ayam sisa rebusan ceker
  • 1/2 sendok makan tepung sagu dan 1/2 sendok makan air, dilarutkan untuk pengental
  • 1 batang daun bawang, diiris miring
  • 1 sendok teh minyak wijen
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis


Cara membuat:
  1. Rebus air dan jahe sampai mendidih. Tambahkan ceker ayam. Rebus 10 menit. Tiriskan dan masukkan dalam air es. Angkat dan tiriskan.
  2. Goreng ceker ayam asal berkulit.
  3. Seduh angkak dengan air mendidih. Tiriskan dan lakukan sekali lagi. Tiriskan. Ulek halus.
  4. Panaskan minyak. Tumis bawang putih, cabai merah keriting, jahe, pekak, dan angkak sampai harum. Tambahkan ceker ayam. Aduk rata.
  5. Masukkan saus tiram, merica hitam, dan gula pasir. Aduk rata.
  6. Tuang air kaldu ayam sedikit-sedikit. Masak sampai meresap. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Aduk  sampai kental. Tambahkan daun bawang dan minyak wijen. Aduk rata.

Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Rabu, 13 Agustus 2014

Puding Casablanca Labu

Puding Casablanca Labu
Pernah denger nama puding casablanca atau puding bakar ? kalau saya baru baca tentang puding ini beberapa hari yang lalu dari blog saktinya mba Hesti, penasaran pastinya karena selama ini taunya puding ya yang gitu-gitu aja dicetak, didinginkan tanpa ada embel-embel dipanggang dalam proses pembuatannya. Seperti biasa kalau mba Hesti bilang enak saya ngk akan meragukan lagi pasti yakin kalau beneran enak, hanya saja kali ini rasa pensarannya agak berlebihan sampai-sampai pulang kerja langsung beli susu kental manis buat eksekusi si casablanca ini. Sebenernya Mba Hesti pernah posting dua versi dari puding ini, yang pertama versi orginal dengan warna putih dan coklat kemudian ada versi modifikasinya dimana ditambahkan labu halus didalam adonan pudingnya. Berhubung dikulkas ada pure labu yang masih belum diberdayakan jadi saya memutuskan mau nyoba bikin yang modifikasi dulu, nanti belakangan kita coba yang originalnya.

Ada yang lucu waktu saya bikin puding ini, karena kebiasaan saya suka baca resep setengah-setengah atau ngk baca keseluruhan resep sebelum eksekusi , kadang berakibat saya sering salah masukin takaran bahan hihihihih. Seperti kemarin ini dengan pedenya saya masukkan keseluruhan gula pasir ke adonan yang dikocok karena mengira mba Hesti salah ketik dari 220gram jadi 110 gram , eits dan ternyata ketika bacabagian akhir resepnya yang 100 gram gula itu dimasukkan ke rebusan agar-agarnya .... kacau kan. Akahirnya saya rebus agar-agar hanya dengan air saja tanpa ditambah gula lagi karena keseluruhan gula sudah saya masukkan ke adonan telur. Jadi intinya bagi bunda-bunda dan mba mba yang mau mencoba mempraktikkan resep janganlah meniru saya yang suka baca resep setengah-setengah nanti ujung-ujungnya kacau bahkan bisa gatot alias gagal total :)


Puding Casablanca Labu





































PUDING CASABLANCA LABU


Bahan-Bahan:
  • 3 butir telur
  • 1 1/2 bungkus agar-agar bening
  • 50 gr margarine (aku pakai Blue Band)
  • 2 sdm terigu
  • 1/4 kaleng susu kental manis
  • 220 gr gula pasir
  • 3 gelas air (750 ml)
  • 10 gr coklat bubuk
  • 200 gr labu kukus halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Kocok 120 gr gula, telur dan vanili sampai mengembang. Turunkan susu kental manis sambil dimixer kecepatan rendah. Berikutnya turunkan tepung. Kocok rata. Lalu margarin cair, kocok rata. Tambahkan labu kukus, kocok rata. Sisihkan.
  2. Masak agar, air dan 100 gr gula sambil terus diaduk sampai mendidih . Tuang kedalam adonan telur sambil diaduk cepat sampai rata. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan ditambahkan coklat bubuk (yang sudah diencerkan dengan sedikit air).
  3. Siapkan loyang puding segitiga. Olesi dengan margarin.Tuang 1/2 adonan kuning dulu. Pasang cetakan segitiga (yang sudah dioles margarin) di atasnya. Biarkan permukaannya sedikit membeku. Jangan lupa untuk mengaduk terus adonan yang lain agar tidak membeku sebelum dituang ke atas adonan pertama. Penting untuk diingat, tuang adonan kedua di atas adonan pertama secara perlahan sedikit demi sedikit, untuk menghindari tercampurnya adonan yang belum mengeras. Setelah adonan kuning sudah mulai membeku, lepas cetakan kecilnya. Tuang adonan cokelat di atas adonan kuning. Biarkan sedikit mengeras lalu tuangkan sisa puding kuning.
  4. Panggang dengan panas 175 C sekitar 30 menit.
  5. Angkat puding. Hilangkan uap panasnya. Simpan di lemari pendingin. Potong-potong, sajikan. 
Puding Casablanca Labu

Puding Casablanca Labu

Baca selengkapnya

Senin, 11 Agustus 2014

Homemade Tortilla Chips with Fresh Tomato Salsa

Tortilla chips with tomato salsa
Tortilla chips with tomato salsa

Sudah lama saya membayangkan enaknya makan tortilla chips dengan cocolan tomato salsa yang seger sambil nonton tv. Tapi dari sekian lama saya bookmark resep akhirnya baru kemarin kesampean bikin tortilla chips ini. Saya buat dari nol loh mulai dari bikin tortila, manggang jadi chips atau keripik dan terakhir bikin salsanya. Lumayan banyak juga prosesnya tapi memang sudah diniatkan jadi oke oke saja didapur berlama-lama.Yang paling bikin semangat adalah bikin salsanya pake cilantro atau daun ketumbar yang fresh dari potnya heheheh. Saya punya kebun herbs loh walaupun belum lengkap tapi sudah lumayan ... gaya banget hahaha punya kebun 4 pot aja pamer.

pamer kebun herbs

























Okelah bunda-bunda semua, tanpa cerita panjang lebar saya mulai saja resepnya ya soalnya step-stepnya lumayan panjang. Selamat menikmati :)


Tortilla

Bahan-Bahan :
  • 3 Cup tepung terigu 
  • 2 sdt baking powder 
  • 1 sdt garam 
  • 6 sdm margarin
  • 200 ml air 

Cara membuat :
  1. Campur semua bahan jadi satu, tambakan margarine, gunakan pastry blend atau garpu untuk mencampur sampai adonan berbutir-butir. 
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan menjadi kalis dan tidak lengket di baskom ( saya menggunakan mixer dengan adukan spiral sekitar 5 menit)
  3. Istirahatkan adonan dengan ditutup cling wrap atau lap lembab, kurang lebih 30 menit. 
  4. Bagi adonan menjadi 2 bagian sama rata, bagi lagi jadi 4 dan seterusnya sehingga adonan menjadi 16 buah. 
  5. Bentuk bulat dan diamkan di wadah yang ditutup kurang lebih 15 sampai 20 menit. 
  6. Panaskan wajan teflon tanpa memberi minyak
  7. Gilling adonan berbentuk bulat , kemudian taruh diatas wajan yang sudah dipanaskan. 
  8. Masak hingga keluar gelembung-gelembung , kemudian balik tortilla dan masak hingga matang kedua sisinya.
  9. Angkat dan ulangi sampai adonan habis. 
Tortilla chips with tomato salsa


Tortilla Chips

Bumbu Tortilla
  • Cilantro atau daun ketumbar dicincang halus
  • Merica Bubuk 
  • Garam halus
(Campur semua bahan ini sampai rata, sisihkan)

Cara Membuat:
  1. Potong tortilla yang sudah siap membentuk segitiga-segitiga kecil atau sesuai bentuk yang diinginkan. 
  2. Panaskan oven 200 derajat celcius. 
  3. Tata tortila diatas loyang anti lengket jangan sampai menumpuk, spray dengan baking spray ( saya pakai margarin yang dicairkan) hingga rata kedua permukaannya kemudia taburi dengan bumbu yang sudah dicampur tadi. Ratakan tipis-tipis saja. 
  4. Panggang dengan suhu 200 derajat celcius selama 8 sampai 10 menit. Angkat dan biarkan uap panasnya hilang kemudian simpan dalam toples. 
  5. Lakukan pemanggangan untuk seluruh potongan tortilla yang telah disiapkan. 

Tortilla chips with tomato salsa

Tomato Salsa
 
Bahan-Bahan :
  • 3 buah tomat segar, buang bijinya , potong dadu 
  • 1 buah paprika merah, buang bijinya , potong dadu
  • 1 buah paprika hijau yang kecil, buang bijinya, potong dadu
  • 4 biji cabai rawit hijau ( bila tidak suka pedas bisa di skip)
  • 1 buah bawang bombai , cincang atau potong dadu 
  • daun ketumbar atau cilantro , dirajang
  • perasan jeruk nipis dari 2 buah jeruk , saring buang bijinya
  • 1 sdt merica bubuk 
  • 1/2 sdt merica hitam yg digerus ( bisa di skip)
  • 1 sdt garam 
Cara membuat :
  1. Campur semua bahan diatas menjadi satu, diamkan kurang lebih selama 4 jam atau semalaman dalam kulkas. Salsa yang segar siap dinikmati bersama tortilla chips...kriuk, kriuk nikmat



Baca selengkapnya

Minggu, 10 Agustus 2014

Brownies Sungai Chocolatos (Version 1 - Masih gagal)

Brownies Sungai Chocolatos


Harusnya ini adalah brownies sungai coklat, resep asli dari Ummu Allegra tapi entah kenapa bagian tengah coklat saya ngk mau kayak aliran sungai malah lebih mirip sisa letusan gunung hahahahahah . coklatnya ngk meleleh dan mencair seperti yang diharapkan tapi soal rasa ummmm yummy jangan ditanya lagi. Kata suami ini brownies paling nikmat diantara semua brownies yang pernah saya coba buat. Lapisan atas atau permukaannya shinny crusty sementara tengahnya masih chewy , ahh nikmat pokoknya. Sampai postingan ini saya tulis saya masih membayangkan makan brownies ini dengan satu scoop vanilla ice cream ... deh pasti tambah nikmat . Sayang dirumah ngk ada es krim jadi makan browniesnya ditemenin secangkir teh panas hhehehehhe... tidak mengurangi kenikmatannya.

Brownies Sungai Chocolatos

Brownies Sungai Chocolatos


BROWNIES SUNGAI CHOCOLATOZ
original recipe by Ummu Allegra


Bahan-Bahan :
  • 200 gram tepung terigu , ayak 
  • 25 gram coklat bubuk 
  • 250 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1/2 sdt vanilla 
  • 100 ml minyak goreng 
  • 100 gram DCC tim hingga meleleh
  • Chocochips dan almond secukupnya ( saya hanya pakai chocohips)

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius.
  2. Siapkan loyang brownies, olesi dengan margarin dan beri kertas roti, sisihkan.
  3. Kocok telur, gula dan vanila asal tercampur rata, jangan sampai mengembang nanti jadi bolu bukan brownies. 
  4. Masukkan campuran tepung dan coklat bubuk yang sudah diayak, tambahkan minyak goreng, aduk cepat. 
  5. Terakhir masukkan DCC leleh, aduk semua bahan hingga tercampur. 
  6. Tuang adonan kedalam loyang, beri almond slice dipinggir dan chocochips ditengah ( saya hanaya pakai chocohips dan sedikit DCC yang dicindang kasar)
  7. Panggang dalam oven selama kurang lebih 30 menit. Angkat biarkan dingin , lepaskan dari loyang perlahan-lahan. 

Brownies Sungai Chocolatos

Brownies Sungai Chocolatos


Baca selengkapnya

Ayam Sitsit (suwir) Sambel Matah
























Sambel matah merupakan salah satu hidangan khas Bali, yang sering disajikan bersama olahan ikan ataupun ayam dan bebek. Cara membuatnya sangat sederhana yaitu hanya dengan mencampur irisan bawang mentah dengan terasi, garam, cabai dan minyak kelapa. Tingkat kepedasannya tergantung dari selera masing-masing, tapi kalau saya sendiri saya paling suka makan pedas jadi sambal matah ngk akan memuaskan kalo ngk extra pedas hehhehe. Kali ini mumpung malam minggu jadi saya bikin sambel matah dengan ayam sitsit atau ayam suwir untuk suami, ini salah satu makanan favoritnya dan benar saja makannya sampe nambah loh padahal cuman makan dengan satu lauk ini saja. Ngk ada yang lebih menyenangkan kalo suami suka apa yang kita buatkan :). 


Ayam Sitsit Sambel Matah 

Bahan-Bahan:
  • Ayam yang digoreng atau dipanggang ( saya pakai 1 buah dada ayam yang digoreng)
  • 4 buah terong bulat ( diiris tipis, kalo ngk suka bisa di skip)
  • 8 butir bawang merah ( bersihkan kulitnya dan iris tipis)
  • 3 buah cabai rawit ( sementara pakai 3 dulu karena suami ngk doyan pedes)
  • sedikit terasi yang dibakar 
  • garam secukupnya 
  • 2 sdm minyak kelapa (paling enak pakai minyak kelapa buatan rumahan, wanginya itu ngk nahan )
  • 1/2 sdt gula pasir ( sebagai pengganti penyedap)
  • 1/2 buah jeruk lemo
Cara Membuat:
  1. Campur semua bahan jadi satu kemudian remas - remas agar tercampur dengan rata.
  2. Beri perasan jeruk lemo.
  3. Sambel matah siap disajikan , paling enak dinikmati dengan nasi hangat. 

Selamat Mencoba:)




Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Jumat, 08 Agustus 2014

Mie Goreng Jawa


Ini adalah Mie goreng yang saya buat dengan menggunakan bumbu dasar merah yang sudah saya
siapkan sebelumnya. Cuman butuh beberapa menit ngk pake ngulek-ngulek lagi hehhe , biasanya saya paling malas kalau harus masak yang bumbunya diulek (takut lengen makin kekar) jadi saya lebih sering masak yang bumbunya dirajang. 
Mie Goreng Jawa

MIE GORENG JAWA

Bahan - Bahan :

  • 1 Bungkus mie telor
  • 2 butir telor ( kocok lepas dan buat orak-arik)
  • Wortel potong tipis
  • Kol potong-potong
  • Buncis potong menyerong
  • Daun seledri di iris tipis
  • Daun bawang dipotong memangjang
  • Bakso iris tipis
Bumbu - bumbu :
  • 1 sdm bumbu merah (resep bisa dilihat disini)
  • 1 saos tiram
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • 2 sdm saos sambal
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap manis atau manis pedas.
Bahan tambahan :
  • air untuk merebus mie
  • minyak untuk menggoreng dan campuran pada mie.

Cara Membuat:
  1. Didihkan air, masukkan mie dan rebus kurang lebih 2 menit . Jangan sampai terlalu lembek.Angkat dan tiriskan, beri sedikit minyak goreng sambil diaduk-aduk. minyak berfungsi untuk melepaskan mie satu sama lain sehingga tidak lengket atau menggumpal. sisihkan. 
  2. Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu merah , tambahkan bakso, wortel, kol dan buncis. aduk -aduk hingga rata.
  3. Masukkan saos tiram, garam, merica, saos sambal, gula pasir dan kecap manis, aduk hingga rata. masak diatas api kecil agar tidak gosong dibagian bawah. 
  4. Tambahkan irisan seledri dan daun bawang, kemudian masukkan orak arik telu, campur hingga semua bahan terlapisi bumbu. 
  5. Angkat dan sajikan, nikmat dinikmati saat masih hangat.
Mie Goreng Jawa

Mie Goreng Jawa

Mie Goreng Jawa

Mie Goreng Jawa


Selamat mencoba :)


 Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Bumbu Dasar ( Merah, kuning dan putih)


Aneka bumbu dasar
 
Postingan kali ini adalah alternative bagi yang mau masak cepet dan praktis tapi tetep sehat dan tidak mengandung bahan pengawet. beberapa hari lalu saya liat postingan Mba Anitajoyo di Ig, beliau memposting foto mengenai pembuatan bumbu dasar yang biasa dipakai dalam masakan Indonesia. Secara garis besar bisa dibagi menjadi tiga yaitu bumbu merah, bumbu kuning dan bumbu putih. Sebenernya dipasaran sudah lama dijual bumbu dasar siap pakai tapi entah kenapa saya tidak begitu suka rasanya, saya lebih memilih untuk mengikuti jejak mba Anitajoyo yang rela repot-repot terlebih dahulu untuk menyiapkan bumbu dasar ini kemudian menyimpannya di kulkas sehingga saat waktu memasak tiba kita tidak usah lagi berurusan dengan ulekan. Tinggal ambil sesuai takaran yang dibutuhkan dan hanya menambahkan rempah-rempah atau bahan-bahan yang dibutuhkan saja. 

Pagi ini saya sudah benar-benar merasakan manfaatnya, jika biasanya dipagi hari cuman bisa masak yang instan-instan seperti telur dan kawan-kawannya kali ini saya bisa masak mie goreng jawa yang dibumbui dengan bumbu merah kemudian ditambahkan aneka sayuran dan bakso. Masih dalam bentuk mie tapi paling tidak tanpa msg dan tanpa bahan pengawet dari bumbu-bumbunya. Menyiapakan bumbu dasar ini tidaklah begitu sulit hanya butuh bantuan blender , tekan tombol , tumis sebentar dan jadi. Niscaya bisa menghemat banyak waktu didapur, bagi yang mau membuat disini saya share resepnya ya, resep aslinya saya dapat dari tabloid Nova. 


Baca selengkapnya

Kamis, 07 Agustus 2014

Coklat Kacang (Even # 1 # Dapurku Istanaku)

kacang coklat - sashy little kitchen

Satu lagi resep cookies yang saya contek dari blognya mba Rina Audi. Bahannya cuman Kacang tanah dan coklat serta sedikit tepung maizena. Kebayang kan gimana enaknya kacang dan coklat dipaduin jadi satu apalagi dengan cara dipanggang, wanginya pasti kemana-mana. Sesuai dengan reviewnya mba Rina , hasilnya memang enak. nyoklat dan ngacang banget nikmat buat temen ngeteh sore-sore atau temen nonton tv tapi jangan banyak-banyak lumayan kandungan lemaknya :). 

Tanpa panjang lebar berikut ini resep yang saya copas dari Dapur manis.

kacang coklat - sashy little kitchen




































Coklat Kacang 
Recipe by : Rina Audi (Dapur Manis) 

Bahan :
  • 500 gr kacang tanah kupas
  • 2 butir telur utuh
  • 175 gr gula halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili
  • 50 gr coklat bubuk
  • 1 sdm tepung jagung/maizena

Cara membuat :
  1. Panaskan oven dengan suhu 180°C. Letakkan kacang di atas loyang dan ratakan jangan sampai bertumpuk-tumpuk. Panggang selama 15 menit. Keluarkan dari loyang dan dinginkan. Setelah dingin tumbuk kasar dan sisihkan.
  2. Panaskan kembali oven dengan suhu 160°C. Siapkan loyang kue kering, alasi kertas roti dan olesi margarin. Sisihkan.
  3. Dalam mangkok besar kocok telur, gula, garam dan vanili sampai pucat dan mengembang. Masukkan kacang tumbuk, coklat bubuk dan tepung jagung. Aduk rata.
  4. Sendokkan adonan ke atas loyang sebanyak 1/2 sdm. Panggang selama 15 menit sampai kelihatan agak kering. Jangan overbake supaya tidak gosong.  Angkat dan keluarkan dari oven. Ketika masih panas kue masih lembek dan setelah dingin akan keras dengan sendirinya.
kacang coklat - sashy little kitchen

kacang coklat - sashy little kitchen

Postingan ini sekaligus saya sumbit untuk Even # 1 # Dapurku Istanaku

Protected by Copyscape Duplicate Content Finder
Baca selengkapnya

Selasa, 05 Agustus 2014

Roti isi Kurma Coklat dan Sarikaya Pandan (WateR Roux Method)


Resep rotinya masih pakai resep water roux yang pernah saya posting disini

 

Isi Sarikaya Pandan
recipe by Natural Cooking Club

Bahan:
  • 500 ml santan kental
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt vanilli
  • 5 btr kuning telur
  • 50 gr tepung terigu
  • 2 lbr daun pandan
  • 1 sdm pandan pasta
  •  
Cara Membuatnya:
  1. Campur semua bahan, aduk hingga larut, saring.
  2. Masukkan daun pandan, masak hingga mendidih dan mtanag. Angkat, dinginkan.

Roti sobek sarikaya pandan
Roti isi sarikaya pandan

Roti is Kurma coklat


Roti isi kurma coklat

Roti isi kurma coklat
Baca selengkapnya