Rabu, 13 Agustus 2014

Puding Casablanca Labu

Puding Casablanca Labu
Pernah denger nama puding casablanca atau puding bakar ? kalau saya baru baca tentang puding ini beberapa hari yang lalu dari blog saktinya mba Hesti, penasaran pastinya karena selama ini taunya puding ya yang gitu-gitu aja dicetak, didinginkan tanpa ada embel-embel dipanggang dalam proses pembuatannya. Seperti biasa kalau mba Hesti bilang enak saya ngk akan meragukan lagi pasti yakin kalau beneran enak, hanya saja kali ini rasa pensarannya agak berlebihan sampai-sampai pulang kerja langsung beli susu kental manis buat eksekusi si casablanca ini. Sebenernya Mba Hesti pernah posting dua versi dari puding ini, yang pertama versi orginal dengan warna putih dan coklat kemudian ada versi modifikasinya dimana ditambahkan labu halus didalam adonan pudingnya. Berhubung dikulkas ada pure labu yang masih belum diberdayakan jadi saya memutuskan mau nyoba bikin yang modifikasi dulu, nanti belakangan kita coba yang originalnya.

Ada yang lucu waktu saya bikin puding ini, karena kebiasaan saya suka baca resep setengah-setengah atau ngk baca keseluruhan resep sebelum eksekusi , kadang berakibat saya sering salah masukin takaran bahan hihihihih. Seperti kemarin ini dengan pedenya saya masukkan keseluruhan gula pasir ke adonan yang dikocok karena mengira mba Hesti salah ketik dari 220gram jadi 110 gram , eits dan ternyata ketika bacabagian akhir resepnya yang 100 gram gula itu dimasukkan ke rebusan agar-agarnya .... kacau kan. Akahirnya saya rebus agar-agar hanya dengan air saja tanpa ditambah gula lagi karena keseluruhan gula sudah saya masukkan ke adonan telur. Jadi intinya bagi bunda-bunda dan mba mba yang mau mencoba mempraktikkan resep janganlah meniru saya yang suka baca resep setengah-setengah nanti ujung-ujungnya kacau bahkan bisa gatot alias gagal total :)


Puding Casablanca Labu





































PUDING CASABLANCA LABU


Bahan-Bahan:
  • 3 butir telur
  • 1 1/2 bungkus agar-agar bening
  • 50 gr margarine (aku pakai Blue Band)
  • 2 sdm terigu
  • 1/4 kaleng susu kental manis
  • 220 gr gula pasir
  • 3 gelas air (750 ml)
  • 10 gr coklat bubuk
  • 200 gr labu kukus halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Cara membuat :
  1. Kocok 120 gr gula, telur dan vanili sampai mengembang. Turunkan susu kental manis sambil dimixer kecepatan rendah. Berikutnya turunkan tepung. Kocok rata. Lalu margarin cair, kocok rata. Tambahkan labu kukus, kocok rata. Sisihkan.
  2. Masak agar, air dan 100 gr gula sambil terus diaduk sampai mendidih . Tuang kedalam adonan telur sambil diaduk cepat sampai rata. Ambil 1/3 adonan. Tambahkan ditambahkan coklat bubuk (yang sudah diencerkan dengan sedikit air).
  3. Siapkan loyang puding segitiga. Olesi dengan margarin.Tuang 1/2 adonan kuning dulu. Pasang cetakan segitiga (yang sudah dioles margarin) di atasnya. Biarkan permukaannya sedikit membeku. Jangan lupa untuk mengaduk terus adonan yang lain agar tidak membeku sebelum dituang ke atas adonan pertama. Penting untuk diingat, tuang adonan kedua di atas adonan pertama secara perlahan sedikit demi sedikit, untuk menghindari tercampurnya adonan yang belum mengeras. Setelah adonan kuning sudah mulai membeku, lepas cetakan kecilnya. Tuang adonan cokelat di atas adonan kuning. Biarkan sedikit mengeras lalu tuangkan sisa puding kuning.
  4. Panggang dengan panas 175 C sekitar 30 menit.
  5. Angkat puding. Hilangkan uap panasnya. Simpan di lemari pendingin. Potong-potong, sajikan. 
Puding Casablanca Labu

Puding Casablanca Labu

Bagikan

Baca Juga

Puding Casablanca Labu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
15 Agustus 2014 01.14

Wooooowww...mulussss cantikkk. Gimana mbak Sashy nuangnya susah ngga? kadang kadang adonan keduanya cepat mengeras sementara adonan pertama belum beku atasnya. Tapi jago deh mbak Sashy, baru bikin langsung sukses...

Reply
avatar
15 Agustus 2014 01.45

asikkk pudingnya ditengokin Mba Hesti, makasi mba udah berkunjung kesini dapat pujian juga xixiix. Iya mba memang agak susah nuangnya adonannya cepat sekali dingin. kemarin itu saya masukin freezer yang coklat begitu dituang ke cetakan jadi langsung mengeras dan adonan kedua bisa dituang segera sebelum ikutan mengeras juga.Besok mau nyobain yang originalnya karena kata Mba Hesti lebih enak :)

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih