Jumat, 29 November 2013

Chilled Mango Cheese Cake

Chilled Mango Cheese Cake by Sashy little kitchen



Postingan kali ini masih nggk  jauh-jauh dari mangga, maklum jarang-jarang mangga manalagi bisa diharga Rp. 8000 / kilo. Kebetulan tanggal 28 november kemarin suami ulangtahun, dia minta dibuatin kue yang banyak buahnya. Awalnya mau saya bikinin  japanese cheese cake dengan topping strawberry tapi ternyata gas di oven lagi habis dan jalan ke arah rumah lagi dibongkar total. Susah kalo harus keluar sendiri bawa tabung gas yang gede itu. Jadi harus cari alternative cake yang tanpa dipanggang alias unbaked cake, ketemulah dengan resep chilled mango cheese cake ini dari blognya Cythia (The Baking Biatch). Resepnya super simple dan lengkap dengan video cara pembuatannya. Dijamin yang jarang bikin kue pun pasti bisa mempraktekkan resep ini. 

Berhubung ini pertama kalinya saya bikin unbaked cake jadi belum kebayang rasanya, waktu foto ini diambil adalah satu hari sebelum ulangtahun suami jadi belum bisa liatin tampilan kue yang dipotong apalagi nyobain rasanya hehehe. Tapi setelah menunggu keesokan harinya tiup lilin, ternyata rasa kuenya enakkk bangett, manisnya pas , ngk terlalu manis, ngk bikin enek atau cepet kenyang. Dua potong cake pun pasti ngk kerasa sudah habis apalagi toping mangganya yang berlimpah serasa makan yogurt dan buah dibanding cheese cake. Suami dan kakak saya suka banget sama cake ini, sampai satu hari setelah hari h si kakak masih mampir kerumah nanyain cheese cakenya, masih blm puas dengan potongan pas ultah. 

Chilled Mango Cheese Cake by Sashy little kitchen


Bagi yang mau mencoba , berikut ini adalah link resepnya silahkan menuju ke TKP :)
http://www.thebakingbiatch.com/2013/10/cynthias-mango-cheesecake.html
Nanti kalau sudah da waktu lebih saya kettikan versi bahasa Indo nya disini ya , tapi blm bisa sekarang. 
Chilled Mango Cheese Cake by Sashy little kitchen


























Chilled Mango Cheese Cake by Sashy little kitchen

Chilled Mango Cheese Cake by Sashy little kitchen

Tutorial membentuk bunga dari mangga nya bisa dilihat disini ya : 
Protected by Copyscape Duplicate Content Finder

Baca selengkapnya

Rabu, 27 November 2013

Bubur Kacang Ijo, ketan putih dan mangga

bubur kacang hijau

Ternyata sudah sebulan saya ngk posting di blog ini sejak terakhir posting banana muffin. Lama juga ya , tapi memang akhir-akhir ini saya lagi males ngapa-ngapain. Bukan hanya baking blue dan blogging blue tapi bener-bener in blue apalagi sejak kehilangan Rallo, anjing kesayangan saya. Rasanya mau ngapa-ngapain aja males, bawaannya cuman pengen tidur dan bengong sampe-sampe suami khawatir banget sama saya. Nah lo kok jadi curcol.... kita balik ke postingan dulu.

Di Bali sedang musim hujan sekarang ini, hampir tiap malam hujan turun sampe pagi. Kalo hujan-hujan begini bawaannya pengen makan yang hangat-hangat terus. Kalo harus keluar cari makan males banget karena hujan, jadi mending nongkrong di dapur bikin bubur kacangijo. 
Pada dasarnya bubur kacang ijo ini sama aja dengan bubur kacang ijo biasa, hanya saya tambahkan ketan putih kukus dan potongan daging mangga. Heheheh biasanya bubur kacang ijo ditambahin nangka ya, tapi berhubung yang lagi musim adalah mangga jadi saya ganti nangkanya dengan mangga. Ini juga terinspirasi dari sticky rice and mango sauce yang udah lama pengen saya buat. Anggap aja kali ini saya gabungin sticky ricenya sekalian sama bubur kacang ijo. Soal rasa ternyata ngk kalah enak loh, bubur yang manis dikasi buah mangga yang ada asem-asemnya dikit menghasilkan rasa bubur yang pas. Ngk begitu manis dan ada sensasi asem-asemnya dikit. 

Berikut ini resep yang saya pakai:

bubur kacang hijau


Bubur Kacang Hijau
(dengan ketan kukus dan mangga )
 

Bahan-Bahan Bubur Kacang Hijau:
  • 100 gram kacang hijau
  • 1.250 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 cm jahe, bakar, kupas, memarkan
  • 150 gram gula merah
  •  50 gram gula pasir
  • 500 ml santan dari 1/2 butir kelapa 
  • Daun pandan
Cara Membuat :
  1. Rebus kacang hijau dan air sampai matang dan mekar. Masukkan garam, daun pandan,  jahe, gula merah dan gula pasir. Masak sampai mendidih.
  2. Tambahkan santan , aduk terus hingga mendidih. 
  3. Matikan api, sisihkan.
Bahan-Bahan Ketan kukus :
  • 100 gram ketan putih 
  • 250 ml santan cair
  • 1/4 sdt garam 
Cara Membuat :
  1. Cuci bersih ketan , masak bersama santan hingga air habis. Aduk-aduk terus agar bagian bawahnya tidak gosong.
  2. Angkat ketan , tanak dengan danddang pengukus hingga matang.
Topping tambahan :
  • Mangga dipotong dadu ( bisa diganti dengan nangka, cincau dll)
Cara Penyajian
  1. Beri ketan kukus dalam mangkok atau gelas
  2. Tambahkan bubur kacang hijau
  3. kemudian beri topping mangga 
  4. Nikmati saat masih hangat
Note :
Jangan merebus kacang bersamaan dengan gula karena akan membuat kacang tidak mekar.
Baca selengkapnya