Selasa, 09 April 2013

Omurice (オムライス Omu-raisu)

Menurut Wikipedia, Omurice adalah salah satu jenis masakan jepang kontemporer yang terdiri dari nasi goreng yang dibalut dengan telur dadar dan biasanya diberi saus pada bagian atasnya. Nama omurice berasal dari kata omu (omelete) dan rice (nasi) atau dikenal dengan sebutan wasai-eigo. Hidangan ini biasanya diamasak dirumah tapi juga bisa ditemukan di restaurant-restaurant atau gerai makanan. Omurice dibawa ke Korean pada masa pendudukan Jepang jadi tidak mengherankan kalo hidangan ini juga sering muncul di film-film Korea. 

Hidangan ini biasa tediri dari Chiken-raisu ( Nasi ayam : nasi yang  ditumis dengan ayam dan saus tomat), varian rasa dari omurice biasanya beragam. Ada yang ditambahkan berbagai jenis sayuran dan daging, namu secara umum yang digunakan adalah daging ayam. 


Kemarin karena request dari sepupu, saya akhirnya bikin omurice. Rasanya ngk berbeda dengan nasi goreng biasa hanya saja tampilannya yang berselimut telur dadar. Kalo saya tidak salah di Indonesia hidangan ini sering disebut Nasi goreng selimut.

Bahan-Bahan:
  • 1/2 bawang bombai , dicincang 
  • 1 siung bawang putih, cincang 
  • 1 buah sosis, potong-potong
  • daging ayam,  potong-potong kecil
  • Mix vegetable (saya ngk pakai karena habis)
  • 1 piring nasi putih
  • Kecap manis
  • Saur Tiram 
  • Soy Sauce
  • Merica bubuk 
  • Garam 
  • Margarine untuk menumis 

Bahan Dadar :
  • 2 Buah telur ayam kocok lepas
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:
  1. Panaskan margarin
  2. Tumis bawang bombai dan bawang putih sampai harum
  3. Masukkan ayam dan sosis  tumis hingga agak matang 
  4. Tambahkan nasi putih aduk hingga rata
  5. Masukkan kecap manis, saus tiram , soy sauce, merica dan garam , aduk-aduk hingga nasi dan bumbu menyatu .
  6. Setelah matang, angkat dan sisihkan
  7. Buat telur dadar dengan wajan anti lengket , buat dadar tipis-tipis sampai telur habis. 
  8. Taruh telur dadar diatas piring, beri nasi goreng diatasnya , dan lipat telur kebagian atas. 
  9. Untuk pelengkap bisa tambahkan saus tomat atau saus sambal diatasnya 
  10. Untuk 2 porsi 




Baca selengkapnya

Senin, 08 April 2013

Blueberry Streusel Bread

 
Blueberry Streussel Bread
 
Kali ini saya nyobain bikin roti dengan metode water roux lagi, roti pilihannya adalah Blueberry streusel bread dan seperti biasa lagi-lagi resepnya nyontek dari blognya mba Hesti. Bagi yang belum tau streusel berasala dari bahasa Jerman yang artinya adalah topping roti yang berupa remahan (crumb) dibuat dari mentega, gula dan tepung. Pada beberapa resep streusel juga ditambahkan dengan susu ataupun kacang-kacangan yang sudah di halusakan (grounded).
 
Awalnya bikin roti ini buat ngilangin bosen aja karena ditinggal dirumah sendirian udah hampir seminggu, suami dapet tugas ke Jakarta. Karena nyoba-nyoba maunya bikin setengah resep aja , semua bahan kering sudah ditimbang setengah resep eh pas masukin air lupa untuk bagi dua takarannya dan pastinya adonannya jadi super encer hahahhaha... beginilah kalo baking sambil ngk konsen. Akhirnya untuk menyelamatkan adonan saya bikin lagi setengah resep water roux dan masukin setengah resep bahan kering lagi supaya seimbang dengan airnya, jadi deh bikin satu resep. Begitu selesai ngulenin adonan, saya langsung sadar ini hasilnya bakal banyak banget, belum ngembang aja udah hampir penuh satu baskom gimana kalo udah ngembang. Siapa nih yang bakal makan roti sebanyak ini padahal dirumah cuman sendirian :(

Sekitar 45 menit fermentasi, adonannya sudah mengembang dua kali lipat dan itu baskom bener-bener penuh. Saya bagai adonan 60 gram masing-masing, hasilnya adalah 18 buah roti dalam cup panjang , dan sekali lagi siapa yang bakal habisin roti-roti ini hehehhehe. 

Proses baking hanya 20 menit dan begitu klotter pertama matang, baunya harummmm bangett aroma butter dan susu. Ngk sabar liat texture rotinya yang empuk nan lembut, ngk seret ditenggoorkan. Pas dah diluar lagi hujan, langsung bikin teh anget buat nemenin makan roti sendirian. Berikut adalah resep yang saya contek dari mba Hesti :
 
Blueberry Streussel Bread
 
Blueberry Streussel Bread

Water roux : 
  • 50 gr tepung terigu protein tinggi
  • 250 ml air
Dalam panci, campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil.
Masak dengan api sedang sampai kental. Apabila diaduk menggunakan sendok kayu kelihatan jejak sendoknya di dasar. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
 
Bahan : 
  •  400 gr tepung protein tinggi
  • 200 gr tepung protein sedang
  • 120 gr gula pasir
  • 2 sdm susu bubuk full cream
  • 1 butir telur + 1 kuning telur
  • 10 gr ragi instan
  • 200 gr water roux
  • 175 - 200 ml air hangat
  • 80 gr margarin
  • 1 sdt garam 
Cara Membuat :
  1. Tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya.  Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Bisa juga dilanjutkan menggunakan tangan agar teksturnya bisa terasa kalau sudah elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
  2. Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang dua kali lipat (saya butuh sekitar 45 menit)
  3. Ambil 60 gram adonan lalu giling manjang dan bagi menjadi tiga tanpa putus ujung atasnya. Kepang lalu rapatkan ujungnya. Taruh dalam wadah kertas dan letakkan dalam loyang. Setelah mengembang olesi telur, taburi streussel dan beri selai blueberry.
  4. Fermentasikan selama kurang lebih 45 menit tergantung cuaca.
  5. Panggang selama sekitar 15 menit atau sampai atasnya kuning  (saya panggang 20 menit)
Untuk cara mengepang roti bisa dilihat dalam video berikut ini :

 


Baca selengkapnya

Kamis, 04 April 2013

American Risoles (Amris)

American Risoles
Akhir-akhir ini saya sering banget liat foto risoles bersliweran di fb dan blog teman-teman food blogger. Awalnya saya ngk tertarik sama risoles sampai saya liat satu foto risol yang isiannya bukan rogout melainkan sosis, daging asap dan telur. Pas dibaca lebih lanjut ternyata itu yang namanya Amris alias American Risoles. Dari penampilan dan isiannya menggoda banget apalagi ada foto yang kelihatan lumeran keju dalam risolnya ...aduhhh makin ngiler jadinya. Saya baca-baca lagi resepnya dan ketemu resep risoles dari NCC, kayaknya ngk begitu susah kalo dipraktekin cuman saya belum punya isiannya lengkap masih harus beli daging asap dan sosis. 

Kemarin pulang kerja akhirnya saya sempatkan untuk mampir ke toko frozen food buat beli isian risolesnya, sampai rumah langsung tancap gas, mulai bikin adonan untuk kulit risolnya. Bikin adonannya sih ngk susah hanya tinggal campur aja tapi dadar kulitnya itu yang lumayan bikin pegel berdiri lama deket kompor heheheh. Hasilnya saya dapat sekitar 20 risoles. Lanjut tahap gulung menggulung lumayan juga agak sedikit lama soalnya kalo cepet2 takut gulungannya bocor kesana kemari. Setelah digulung di celupin ke telur kocok dan dibalut tepung roti atau bread crumb, kemudian saya simpan di freezer selama satu jam sampai balurannya agak menempel. Setelah digoreng saya langsung ngk sabar mo nyobain soale udah ngiler sama isiannya hihihih ... tapi kudu bersabar soalnya si risol mau difoto dulu xixixixixi narsis kan. 



Begitu selesai foto sesion langsung aja saya comot satu , dan memang sesuai dugaan rasanya enakkk , isiannya gurih plus ngk begitu berminyak dan ngk bikin enek. Kulitnya garing kriuk kriuk, suami juga bilang risolnya enak dan sekali duduk dia habis 3 buah risol. Sisa risol yang belum digoreng saya simpan lagi di freezer supaya awet dan bisa digoreng lagi nanti. Berikut ini adalah resep American risoles dari NCC:

American Risoles
Sumber : NCC

Bahan kulit:
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 sdt  garam
  • 3 btr  telur
  • 250 ml susu cair
  • 1 sdm mentega, lelehkan
  • margarine untuk olesan
Cara membuat:
  1.  Ayak  terigu,  taruh  dalam  mangkuk  bersama  garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
  2. Tambahkan  susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
  3. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
  4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
  5. Olesi  wajan  dadar dengan margarine, panaskan.
  6. Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.
Bahan Isian :
  • Daging asap potong 2 bagian 
  • Telur Rebus bagi menjadi 6 bagian 
  • Sosis bagi 2 
  • Keju cheddar parut secukupnya
  • Mayonaise
Bahan lapisan :
  • Telur, tepung panir
Minyak goreng untuk menggoreng
 
Penyelesaian :
  1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan sosis/daging asap, potongan telur rebus, potongan keju dan mayones, lipat spt amplop. Sisihkan. Lakukan hingga kulit habis.Celupkan risoles isi kedalam telur kocok, lalu gulingkan dalam tepung panir.
  2. Simpan dalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
  3. Goreng hingga kuning keemasan.
  4. Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.


Baca selengkapnya

Senin, 01 April 2013

Red Velvet Cake and Our 2nd Anniversary


Tanggal 26 Maret 2013 kemarin adalah hari jadi pernikahan kami yang ke-2, ternyata sudah 2 tahun berlalu hampir tak terasa. Rasanya baru kemarin masih satu kelas dengan suami di kampus, masih ngerjain tugas bareng dan saling senyum-senyum dikelas hahahhaha. Masa-masa yang ngk akan bisa dilupakan, ketika temen sekelas tau kalo kita pacaran, sampai instruktur ikut godain kita dan akhirnya foto prewedding dibantu temen sekelas juga (maklum ngirit biaya mumpung temen-temen fotographer semua).
Baca selengkapnya