Sabtu, 30 Maret 2013

KBB#33: Something Artisan: Bagels

Bagels served with Orange Marmalade


Ini adalah kali pertama saya ikut challenge dari Klub Berani Baking, setelah mencoba bergabung ke milis ini bulan lalu. Begitu dapet surat cinta dari KBB langsung kaget dan menghela nafas panjang karena challengnya bener-bener ngk familiar alias asing heheh. Pernah denger kata Bagels cuman di TV itupun cuman sekali dan yang saya ingat hanya taburan popy seeds serta bentuknya yang mirip donat. Belum pernah sekalipun makan Bagels jadi ngk kebayang sama sekali gimana rasa dan texturnya, ngeri juga bikin sesuatu yang ngk pernah kita liat langsung sebelumnya.
Baca selengkapnya

Jumat, 29 Maret 2013

Lemon & Cheese Muffins



Ini satu lagi varian muffin yang saya buat barengan denga choclate custard muffin kemarin. Rasanya unik aroma wangi lemon tapi ada texture dan rasa cheesenya. Gurih, lembut dan agak padat, karena papercup yang kecil habis akhirnya saya pakai papercup yang besar, jadilah muffinnya versi jumbo hehhehehe. 
Resepnya saya dapat dari blognya mba Endang, thank you ya mba udah sharing resepnya ....
Baca selengkapnya

Chocolate Custard Muffins...The Best Chocolate Muffin Ever !!



 

Udah lama banget pengen nyobain resep muffinnya mba Hesti yang satu ini, sayang waktu itu tertunda  karena ngk punya dark cooking coklat. Akhirnya kali ini semua bahan sudah siap, dan kebetulan juga besok ada upacara di Pura Desa , jadi bisa sekalian bikin kue untuk "aturan" (sesajen). Sebenernya bisa aja sih beli kue yang udah jadi tapi mumpung masih ada semangat dan tenaga yang tersisa, ayo kita lanjutkan eksekusi muffins yang nyoklat banget ini. 

Bikinnya ngk susah, ngk perlu mixer juga hanya dicapur-campur saja , cuman pas bikin custardnya ngk boleh teledor karena telat liat dikit aja itu adonan custard bisa gosong heheheheh. Penggunaan tepung maizenanya bikin adonannya cepat sekali kental jadi harus extra diperhatikan dan diaduk-aduk terus. Setelah proses pembuatan custard, bagian selanjutnya hanya mencampur-campur saja dan taraaaa adonannya sudah jadi tinggal dimasukin ke papercup trus dipanggang. Tunggu 20-25 menit jadi deh muffins yang moist nan nyoklat banget. Walaupun coklat banget tapi muffin satu ini ngk bikin enek loh. Saya dapet nyobain satu buah dan pengen nambah lagi tapi ngk bisa coz muffinsnya mau dipake sembahyang dulu ...kudu bersabar dulu deh nungguin sampe acara sembahyangnya selesai :)
Baca selengkapnya

Kamis, 28 Maret 2013

Banana Cake


































Habis hari raya Galungan dan banyak left over pisang , jadi nyari2 resep yang enak buat ngolah pisang-pisang yang tersisa.  Setelah blog walking kemana-mana akhirnya ketemu resep Banana Cake dari blognya mba Nien. Kalo dilihat dari fotonya, hasilnya mirip sama banana cake yang dijual di bakery bakery deket rumah, pasti enak deh. Dulu pernah beberapa kali bikin banana cake tapi hasilnya agak kurang memuaskan, tanpa pikir panjang akhirnya saya eksekusi resep banana cakenya. Berikut adalah resepnya:



































Banana Cake
By. Nien Ing  ( source. Su Lin blog )


Bahan :
  • 30 g butter
  • 20 ml minyak
  • 50 g gula pasir
  • 50 g brown sugar
  • 2 butir telur kocok lepas
  • 150 g tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda
  • 4 buah pisang ambon ukuran besar kurleb 350g (saya pakai pisang raja)
  • 1 sdt vanila bubuk
  • ½ sdt garam
Cara membuat :
  1. Siapkan loyang loaf, olesi seluruh bagian dalam loyang dengan margarine. Beri kertas roti pada alas dan bagian sisi-sisi nya, oles lagi dengan margarine
  2. Ayak tepung terigu bersama garam, baking powder dan baking soda
  3. Haluskan pisang dengan chopper
  4. lelehkan butter dan campur dengan minyak, tuang ke dalam wadah agak besar
  5. masukkan gula pasir dan brown sugar kedalam nya aduk rata
  6. masukkan telur dan vanila aduk sampai rata
  7. masukkan tepung terigu aduk sampai rata
  8. terakhir masukkan pisang yang sudah di haluskan aduk sampai rata, jangan over mix, cukup sampai tercampur rata
  9. tuang ke dalam loyang, oven pada suhu 160 selama kurleb 1 jam atau sampai matang.
Nb:
Rasanya enak , texturenya lembut persis dengan yang dijual di bakery cuman sayang saya kurang halus melumatkan pisangnya, jadia ada bagian pisang yg masih agak besar dan merusak bagusnya textur banana cake ini.
Baca selengkapnya

Minggu, 17 Maret 2013

Pandan Chiffon Cake

Chiffon pandan



































Kayaknya belakangan ini saya lagi demen liat yang ijo-ijo deh , setelah nyobain bikin pukis pandan sekarang giliran nyobain chiffon pandan dari resepnya Ibu Fatmah Bahalwan, texturnya bener-bener lembut , tambahan santannya bikin gurih banget , pas dengan harumnya pandan. Warna ijonya cantik, saking lembutnya sampe ngk berasa sekali duduk bisa ngabisin 4 potong , ditemani teh hangat mantappp surantap.
Sebelumnya saya juga pernah nyobain bikin chiffon strawberry dan lemon tapi sayang yang strawberry ngk sempet difoto keburu habis heheheh. Berikut ini adalah resep chiffon pandan dari Ibu Fat :




 CHIFFON PANDAN CAKE
:: by Fatmah Bahalwan ::

Adonan Pasta:
  • 50 gram  Gula pasir
  • 20 gram  Susu bubuk full cream
  • 20 gram  Maizena
  • 140 gram  Terigu protein sedang
  • 1 sdt  Baking powder double acting
  • 100 ml  Minyak sayur
  • 100 ml  Santan sedang
  • 140 gram  Kuning telur
  • 1 sdt  Pasta pandan
Adonan Putih Telur:
  • 300 ml  Putih telur
  • 150 ml  Gula pasir
  • ½ sdt  Garam halus
  • 1 sdt  Cream of tartar

Cara Membuat:

1) Panaskan oven suhu 150 °C. Siapkan loyang chiffon diameter bawah 20 cm. Jangan diolesi apa2.
2) Adonan pasta: Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena, tepung terigu, dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisker, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
3) Adonan putih telur: Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tartar hingga soft peak.
4) Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisker hingga rata. Tuang ke dalam loyang chiffon.
5) Panggang kurang lebih 90 menit hingga matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
6) Keluarkan loyang berisi kue dari oven. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga dengan botol atau disangga kaki-kaki loyang chiffonnya sendiri (tergantung model loyang chiffonnya). Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
7) Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas piring saji. Potong2 menggunakan pisau gergaji.
8) Sajikan


Baca selengkapnya

Pukis Pandan Keju

Pukis pandan keju

Akhir-akhir ini lagi demen banget di dapur hehhe karena baru pindah rumah dan dapurnya lebih luas dari yang terakhir. Setelah itu mulailah hobi beli cetakan kue kambuh lagi , terakhir pengen banget beli cetakan kue pukis soalnya punya keinginan terpendam mau bikin pukis sendiri yang bisa diisi topping sesuka hati. Kalo beli yang enak rada mahal trus yang jual jarang, kalo yang 500an di pasar agak takut belinya jadi paling pas nyobain bikin pukis sendiri. 

Setelah cetakan pukis nyampe di tangan dengan selamat (beli online), saatnya bergriliya di dunia maya hunting resep pukis yang kiranya enak dan anti gagal. Setelah mondar mandir kesana kemari, beruntung ketemu resep pukis pandan dari resepnya Mba. Ricke 'Bunda Nadhifa'. Resepnya langsung dicobain dan hasilnya sesuai dengan reviewnya Mba. Ricke , texturnya ngk kosong dan ngk terlalu bau ragi, pokoknya enak. Harum  pandan trus gurihnya santan kerasa banget. Berikut ini adalah resep dan penampakannya , makasi buat Mba. Ricke udah sharing resepnya yang enak.

Kebetulan sekali setelah saya bikin pukis ini , ada event baru dari NCC yaitu NCC Jajan Traditional Indonesia Week. Sekalian saya ikutan posting pukis ini supaya bisa mejeng di blognya NCC JTIW dengan hostnya "Trio TAH"  :)
Pukis pandan keju

Kue Pukis Pandan
by Ricke 'Bunda Nadhifa'

Bahan:
  • 250 gram terigu protein tinggi
  • 150 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 sdt emulsifier (SP/TBM/Ovalette) ~ Optional
  • 1/2 sdt essence vanilla
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt ragi instant/yeast (Fermipan/Saaf Instant)
  • 350 santan sedang kentalnya
  • 1 1/2 sdt pasta pandan
  • 65 gram margarin, lelehkan, dinginkan
  • 50 ml susu kental manis putih
Topping:
  • Keju cheddar dipotong memanjang
Cara membuat:
  1. Ayak tepung terigu. Sisihkan.
  2. Campur santan dengan pasta pandan. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula pasir, emulsifier dan garam hingga MENGEMBANG, KENTAL dan KAKU berwarna PUTIH dengan mixer kecepatan tinggi. Masukkan essence vanilla. Kocok rata.
  4. Turunkan kecepatan mixer hingga kecepatan paling rendah (speed 1), masukkan 1/3 bagian terigu dan kocok rata sebentar. Masukkan 1/2 bagian santan. Kocok rata lagi. Begitu berselang seling terigu dan santan dan akhiri dengan terigu. Matikan mixer.
  5. Masukkan ragi instant. Aduk rata dengan spatula.
  6. Masukkan margarin cair sedikit demi sedikit. Aduk rata dengan spatula.
  7. Terakhir masukkan susu kental manis. Aduk rata dengan spatula.
  8. Diamkan selama 20-30 menit.
  9. Panaskan cetakan kue pukis yang telah dioles minyak/margarin dengan api sedang. Setelah panas, kecilkan api (pakai api keciiil aja).
  10. Tuang adonan setinggi 3/4 tinggi cetakan. Tutup sebentar biarkan setengah matang, taburi topping selagi permukaan masih agak cair tengahnya. Tutup kembali dan masak sampai matang dan permukaan kering.
  11. Angkat dan keluarkan dari cetakan. Panas-panas oles/semir permukaan kedua sisi kulit pukis dengan margarin. Tujuannya agar kulit pukis tidak kering dan mengeras setelah dingin. Sajikan

NCC Jajanan Tradisiona Indonesia Week

Baca selengkapnya

Sabtu, 09 Maret 2013

idfb Challenge #9 : Bubur Mengguh (Buleleng - Bali)

Bubur Mengguh khas Buleleng

Akhirnya nyetor juga, setelah lama berfikir mau ikutan atau nggak di challenge idfb kali ini, secara ngebayangin harus bikin bubur yang masaknya lama plus bikin  toppingnya yang biasanya ngk kalah ribet dan ngabisin banyak waktu. 

Tema challenge idfb kali ini adalah bubur, bukan sembarang bubur tapi hanya bubur yang bercitarasa gurih atau asin. Hari pertama baca pengumuman challenge udah langsung pesimis karena di Bali kebanyakan buburnya adalah bubur manis seperti bubur ketan item dan bubur sumsum. Awalnya mau ngk ikut aja deh untuk kali ini, tapi entah kenapa rasa penasaran saya mulai ngk bisa dikendalikan. Dengan bantuan om google, browsing sana sini akhirnya ketemu satu bubur khas Bali yang gurih, namanya bubur/bubuh mengguh. 

Bubur mengguh ini merupakan bubur khas dari daerah Bali utara yaitu di Desa Teja Kula - Buleleng. Menurut beberapa teman bubur ini sering disajikan saat upacara-upacara adat. Masakan Buleleng memang beranekaragam dan punya cita rasa yang khusus sehingga banyak diburu dan dijual diaerah lain terutama di kota seperti Denpasar. Kembali ke bubur mengguh, bubur ini dibuat dari beras dan santan kemudian di sajikan bersama ayam sitsit (suwir) yang telah dibumbui, lalu disiram kuah ayam yang kental plus ditambah urap sayur yang disajikan terpisah. Rasanya bener-bener komplit, gurih, agak pedas ditambah krenyes-krenyes dari sayur urapnya...... kata suami rasanya mantap :)

Bubur Mengguh
Proses membuat bubur ini memang sesuai dugaan yaitu lumayan sangat lama, mulai dari membumbui ayam, menanak bubur sampai bikin urapnya. Untung aja sekarang hari minggu, jadi pagi-pagi habis beres-beres rumah langsung bisa ngumplek di dapur seharian.  Setelah bercucuran keringat (lebay) selama kurang lebih 2 jam akhirnya buburnya jadi juga, dan syukur hasilnya setimpal dengan waktu dan tenaga yang dihabiskan. Bagi yang mau mencoba, berikut ini adalah resepnya:

Sayur Urap

 Resep Bubur Mengguh 
Sumber: Perempuan.com

Bahan Bubur Mengguh :
  • 200 gr beras, cuci sampai bersih
  • 1200 cc air
  • 2 sdt garam
  • 2 lembar daun salam
  • 500 cc santan kental
  • 500 gr dada ayam
  • 200 gr kacang panjang, iris 1 cm
  • 100 gr kacang tanah, goreng (Saya pakai kacang serundeng)
  • bawang goreng secukupnya (Saya ngk pakai)
Bumbu yang dihaluskan :
  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 2 cm kunyit, bakar
  • 4 buah kemiri
  • 1/2 sdt merica
  • 1 sdt ketumbar
  •  garam secukupnya
Bahan Urap :
  • 100 gr kelapa parut setengah tua
  • 200 gr kacang panjang, potong 4 cm
  • 100 gr tauge panjang
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 1/2 sdt terasi
  • 2 cm kencur
  • 2 sdm gula merah
  • 2 lembar daun jeruk
  • garam secukupnya
Cara Membuat Ayam Sisit :
  1. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan daging ayam, daun salam, lengkuas, dan kaldu bubuk.
  3. Tambahkan air 500 cc.
  4. Masak sampai ayam matang dan bumbu meresap, angkat.
  5. Pisahkan ayam dengan kuahnya.
Cara Membuat Bubur :
  1. Rebus beras hingga lunak.
  2. Tambahkan santan, garam, dan daun salam.
  3. Masak lagi sampai bubur mengental.
  4. Masukkan kacang panjang.
  5. Masak sampai kacang panjang matang, aduk rata, angkat.
Cara Membuat Urap :
  1. Haluskan semua bumbu urap.
  2. Tambahkan dengan kelapa parut, aduk rata.
  3. Kukus bumbu urapan sampai matang, angkat.
  4. Campur bumbu urapan dengan kacang panjang dan tauge rebus.
  5. Sajikan bubur dalam mangkuk.
  6. Tambahkan kacang tanah goreng, dan urap kacang panjang.
  7. Sajikan selagi hangat dengan taburan bawang goreng dan suwiran ayam.

Untuk: 5 porsi




Baca selengkapnya

Rabu, 06 Maret 2013

Birthday Cake for My Borther & Sister


I wish you the double of the best of everything. You truly deserve it! Happy Birthday to the coolest and most loving brother & sister around.
 
Semalem niat banget begadang mau bikinin kue ulang tahun untuk kedua kakak saya yang kebetulan tanggal ulang tahunnya barengan. Sebenernya lebih praktis kalo beli kue tapi pengen kasi sesuatu yang saya usahakan sendiri walaupun hasilnya ngk secantik kue yang di toko-toko, maklum saya jarang banget bikin beginian dan bener2 amatir. Ditengah jalan sempet hampir frustasi gara-gara masang whipped creamnya ngk rapi-rapi heheheheh, mau dibatalin sayang banget udah lebih dari setengah jalan. Akhirnya kuenya jadi juga dengan penampakan seadanya, semoga yang dikasi maklum kalo adiknya bukan dagang kue hihihihi. 

Kali ini saya bikin vanilla fruit cake karena biasanya kakak yang cewek ngk begitu doyan coklat. Base cakenya dari sponge cake vanila yang dibikin 3 lapis, dengan isian whipped cream dan cocktail buah. Trus atasnya saya tambahin whipped cream lagi plus buah kiwi segar dan cherry. Yang sesederhana ini aja , saya bikinnya susah payah , ngk kebayang deh kalo harus buat kue-kue cantik kayak ibu-ibu food blogger yang jualan kue. 

Berikut ini adalah resep base cakenya : 

Sponge Cake Vanilla
by Fatmah Bahalwan

Bahan:
  • 8 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 1 sdt essence vanilla
  • 1 sdm emulsifier
  • 225 gr terigu
  • 100 gr margarn, dilelehkan
Cara membuat:
  1. Kocok telur dan gula hingga mengembang, tambahkan emulsifier, kocok terus hingga kental
  2. tambahkan essence vanilla dan tepung sambil diaduk rata setahap demi setahap
  3. masukkan margarin dan aduk balik sampai rata
  4. masukkan dalam loyang dan panggang sampai matang kira-kira 45 menit.  ( Saya pakai loyang kotak 20 x 20 dapet 3 lapis kue)
Isian :
  • Whipped Cream 
  • Coktail buah kalengan 
  • Sirup buah coktail ditambah gula dan sedikit rum
Topping
  • Whipped Cream 
  • Kiwi
  • Cherry 
Baca selengkapnya