Rabu, 26 September 2012

Bakpao isi Daging
























Setelah seminggu nangkring di list requestan suami , akhirnya malem ini bikin Bakpao juga.  Berhubung kita berdua sama-sama tidak begitu suka bakpao manis jadi kali ini bakpaonya diisi daging. Saya buat dua jenis isian yaitu daging babi dan daging ayam , yg pertama request suami dan yang kedua favorit saya sendiri (biasanya beli). Bakpao ini adalah bakpao pertama saya , awalnya deg-degan takut adonan bakpaonya ngk mau ngembang seperti dulu waktu pertama nyoba bikin roti ( so sad). Setelah 15 menit harap-harap cemas akhirnya senyum-senyum sendiri liat adonannya mengembang tiga kali lipat. Selanjutny tinggal ke tahap pembentukan, niat awal bikin bentuk bunga mawar seperti Bakpaonya Mba Hesti, tapi apa daya sudah malam dan males pula ngebentuknya , jadi kali ini dibentuk seperti bakpao kebanyakan saja. Berikut ini adalah resep dan cara membuatnya hasil nyontek dari blognya mba Hesti :

Bahan Kulit Bakpao :
  • 280 gr tepung protein rendah
  • 140 gr tepung protein sedang
  • 3 sdm gula pasir 
  • 1/2 sdt garam halus 1 sdt baking powder 
  • 1 1/2 sdt ragi instan 
  • 250 ml susu hangat (bisa kurang or lebih sedikit) 
  • 1 sdm minyak
 Bahan Isi :
  • 250 gr daging ayam cincang
  • 1 butir bawang bombay, cincang
  • 2 sdm bawang putih bubuk
  • 2 cm jahe (dirajang)
  • 1/2 sdt merica
  • Kecap manis secukupnya
  • 1 sdm saus tiram ( saya pakai saus teriyaki)
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm kecap asin
  • garam secukupnya
  • daun bawang
  • 1/2 sdt minyak wijen
  1. Tumis bawang mombay dan jahe hingga harum , tambahkan bubuk bawang putih, aduk hingga tercampur
  2. Masukkan daging ayam / babi , tambahkan merica, kecap manis, saus teriyaki, gula pasir, kecap asin , dan garam. aduk hingga rata
  3. Tambahkan minyak wijen serta irisan daun bawang, masak sampai daging agak mengering. Sisihkan

Cara Membuat :

  1. Campurkan tepung, gula, garam, ragi dan baking powder. Aduk rata.
  2. Masukkan susu cair hangat sambil dimixer sampai tercampur. Tambahkan minyak. Mixer lagi sampai kalis dan lembut.
  3. Tutup cling wrap atau serbet basah. Fermentasikan 15 menit.
  4. Gulung panjang bentuk silinder. Potong-potong. Bentuk bulat.
  5. Pipihkan. Beri isian ayam lalu bulatkan kembali, taruh diatas kertas roti atau daun pisang.
  6. Masukkan dalam kukusan yang belum menyala. Tutup. Biarkan 15 menit. Lanjutkan mengerjakan Bakpao yang lain.
  7. Nyalakan kukusan dengan pau di dalamnya. Setelah air mendidih turunkan apinya dan lanjutkan mengukus sekitar 7-10 menit.
  8. Buka tutupnya lalu keluarkan pau perlahan-lahan. Lanjutkan mengukus pau berikutnya.
  9. Siap disajikan hangat.
Note :
Untuk isian daging babi tinggal mengganti daging ayam dengan daging babi, sisa resep dan langkah-langkahnya sama.
Bungkus tutup panci dengan kain bersih, agar air kukusan tidak menetes ke pau.



 
Baca selengkapnya

Minggu, 23 September 2012

Pangsit Ayam Kuah Jamur

Pangsit kuah jamur



Hari minggu memang hari yang selalu saya tunggu - tunggu , karena cuma di hari ini saya bisa menghabiskan banyak waktu didapur kecil saya. Kali ini resep yang dipraktekkan adalah Pangsit kuah dari Sajian Sedap. Awalnya ingin buat pangsit goreng tapi berhubung saya lagi menghindari makanan berminyak akhirnya saya jatuhkan pilihan ke pangsit kuah ini. Hasilnya benar-benar memuaskan , pangsitnya gurih dengan kuah kaldu yang ayam banget ditambah sayur dan jamur yang makin membuat lengkap rasa sajian ini. berikut ini adalah resep yang sudah saya modif , untuk resep aslinya bisa buka di sini:

Pangsit setelah diisi dan dibentuk


Kulit :
  • 32 lembar kulit pangsit bentuk kotak  

Bahan Isi :
  • 100 gram ayam giling 
  • 100 gram tahu putih, dihaluskan 
  • 1 butir telur 
  • 3/4 sendok teh garam 
  • 1/4 sendok teh merica bubuk 
  • 1/4 sendok teh gula pasir 
  • 1 sendok makan tepung sagu 
  • 1 batang daun bawang, diiris halus 

Bahan Kuah :
  • 6 siung bawang putih goreng, dihaluskan
  • 3 liter kaldu ayam dari tulang ayam ( kalau tidak ada bisa diganti kaldu blok)
  • 10 tangkai baby pockcoy
  • 1 sendok makan kecap ikan
  • 4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh pala bubuk
  • 1 batang daun bawang, diiris 
  • 300 gram Jamur Champignon ( cuci dengan air hangat kemudian belah 2) 
  • 10 buah cabai utuh

Cara Pengolahan :
  1. Isi: aduk rata ayam giling, tahu, telur, garam, dan merica bubuk. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
  2. Ambil selembar kulit pangsit. Beri isi. Lipat segitiga tidak saling ketemu. Tekuk sisi kanan kirinya saling ketemu. Sisihkan.
  3. Kuah: rebus bawang putih dengan kaldu ayam sampai mendidih. Masukkan Jamur. Masak sampai setengah matang. Tambahkan pangsit. Masak sampai matang.
  4. Masukkan caisim, kecap ikan, garam, merica bubuk, dan pala bubuk. Aduk rata. Tambahkan daun bawang. Masukkan cabai utuh aduk rata. Masak sampai matang.
  5. Tata di dalam mangkok, sekitar 4 buah pangsit , kemudian lettakkan baby pockcoy yang sudah direbus, tambahkan 2 atau 3 buah jamur dan beri kuah. Jika suka pedas beri 1 buah cabai utuh. Pangsit kuah jamur siap untuk dinikmati.

Tips:
  • Pastikan memilih kulit pangsit yang agak tebal, karena jika kulitnya terlalu tipis saat direbus pangsit akan hancur berantakan.
  • Jangan menumpuk pangsit yg sudah di bentuk , agar tidak melengket satu sama lain. 

Baca selengkapnya

Senin, 17 September 2012

Chicken Teriyaki

Chicken teriyaki kali ini adalah request dari suami yang sudah antri 1 bulan sebelum aku wujudkan.  Kalau biasanya chicken teriyaki bahan utamanya boneless chicken breast alias dada ayam tanpa tulang maka kali ini saya pakai sayap ayam. Lagi - lagi ini adalah permintaan suami , dia suka sekali dengan bagian kulit ayam yang ada di sayap apalagi kalo dibumbui teriyaki dan bagian kulitnya agak kering , kebayang deh gimana enaknya nyam nyam. Resep chicken teriyaki ini aslinya saya dapat dari Sajian sedap tapi dengan sedikit modifikasi menyesuaikan dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Berikut ini adalah resep dan cara membuatnya :

Bahan:

  • 7 buah sayap ayam
  • 1 sendok teh jahe parut
  • 3/4 sendok teh garam
  • 2 sendok teh dark soy sauce
  • 2 sendok makan saus teriyaki
  • 1 sendok teh merica hitam kasar
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 sendok teh tepung sagu, dilarutkan dalam 2 sendok teh air
  • 1 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
  • Sedikit wijen sangrai dan daun bawang cincang untuk taburan 

Cara membuat:
  1. Lumuri ayam dengan jahe parut, garam, dark soy sauce, saus teriyaki, merica bubuk, dan gula pasir. Remas-remas dan diamkan 30 menit dalam lemari es. ( saya diamkan semalaman )
  2. Panaskan minyak goreng. Tumis ayam yang sudah direndam sampai berubah warna.
  3. Masukkan air sedikit-sedikit sambil dimasak sampai meresap.
  4. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai kental.
  5. Angkat taburi dengan wijen sangrai dan daun bawang , siap dihidangkan



Baca selengkapnya

Minggu, 16 September 2012

Es Buah Pomegranate

es buah pomegranate


Hari minggu kemarin cuaca benar-benar panas, dan yang paling pas saat panas-panas seperti ini adalah minum minuman dingin yang menyegarkan. Begitu berbicara soal minuman dingin, suami pun minta dibelikan es buah , karena saya malas beli es dipinggir jalan akhirnya saya ajakin dia untuk bikin es buah sendiri dengan isian varian buah kesukaannya. tanpa menunggu lama diapun langsung setuju , dan meluncurlah kita kesupermarket terdekat untuk beli buah-buahan yang dibutuhkan. Diperjalanan pulang kami baru sadar kalo kami lupa membeli es batu , akhirnya suami pergi lagi keliling untuk beli es nya. Setelah 30 menit berlalu akhirnya dia datang dengan es batu dan mengeluh kalau semua minimarket kehabisan stok es dan dia keliling untuk mencari es batu. Oh ya es ini diberi nama es buah pomegranate karena saya memakai jus pomegranate sebagai pengganti santan dan air , ini special request dari suami, dia adalah penggemar sejati jus pomegranate. Bagi yang ingin mencoba, berikut ini adalah resep dan cara membuatnya : 


bahan-bahan es buah pomegranate























Bahan-Bahan:
  • Buah melon ( saya pakai rock melon) potong kotak
  • Buah naga, potong kotak 
  • Buah mangga arumanis, potong kotak
  • Buah strawberry , belah 4 bagian
  • Buah alpukat , dikerok isinya 
  • Kelapa muda , dikerok isinya
  • Nata de coco ( sari kelapa)
  • Biji selasih 
  • Sirup pomegranate
  • Susu kental manis
  • Jelly aneka rasa (saya pakai jelly wong coco)
  • Es Batu 
Cara Membuat : 
  1. Tata es batu dibagian bawah gelas, tambahkan berturut - turut jelly, biji selasih, kelapa muda kerok, mangga arumanis, melon, buah naga , strawberry, dan alpukat. 
  2. Beri sedikit es batu lagi diatasnya , kemudian tuang sirup pomegranate sesuai selera, beri susu kental manis.
  3. Hias bagian atas dengan alpukat, strawberry dan buah naga agar kelihatan lebih cantik. 
  4. Es buah pomegranate siap dinikmati ....Segerrrrr

es buah pomegranate



Baca selengkapnya

Molen Pisang Keju - Khas Bandung

Molen pisang keju
Molen pisang keju adalah salah satu oleh-oleh favorit saya apabila ada keluarga yang pergi ke Bandung, makanan satu ini selalu jadi request rutin saya , rasanya yg gurih , manis, dengan balutan kulit puff pastry membuat saya ketagihan. Tapi karena adanya cuman di Bandung jadi agak sulit kalo nunggu sodara pergi ke Bandung dulu. Tiba-tiba jumat kemarin saya liat resep molen pisang keju ini di blog saktinya mba HESTI, pertama dibaca kayaknya bikin puff pastry bener-bener butuh perjuangan dan  memakan waktu . Sempet mengurungkan niat untuk mencoba resep ini, tapi karena rasa kangen dengan molen ini tak tertahankan akhirnya saya putuskan untuk mencoba resepnya. Saya buat kulitnya di hari jumat dan memanggangnya di hari sabtu , dan hasilnya tidak mengecewakan. Pada resep asli mba Hesti menggunakan pisang raja tapi kemarin saya keliling pasar dan tidak menemukan pisang raja yang ada hanya pisang tanduk. Berhubung kulitnya sudah dibuat mau tak mau saya pakai pisang tanduk. Rasanya memang tidak seenak dan semanis pisang raja tapi syukurlah dalam resep ada taburan gula pasir dan susu kental manis yang membuat rasa asam pisang tanduknya tersamarkan. Berikut ini adalah resep dan cara pembuatannya:

Molen pisang keju
Bahan Kulit :
  • 250 gr terigu protein sedang
  • 30 gr gula pasir
  • 2 kuning telur
  • 1 sdm margarine/butter
  • kurang lebih 100 ml air es
  • 125 gr korsvet
  • 1/2 sdt garam 
Bahan Isian :
  • Pisang raja yang matang sekali, kukus, potong-potong (saya pakai pisang tanduk)
  • Keju, potong-potong kotak memanjang
  • Gula pasir dan susu kental manis
Bahan Olesan:
  • 1 butir kuning telur
  • 3 sdm madu
Cara Membuat : 
Kulit pastry
  1. Campur terigu, gula, garam. Aduk rata. Tambahkan kuning telur dan air sambil diulen ringan asal rata. Tambahkan margarin/butter. Aduk sampai kalis. Tidak perlu sampai elastis. Bulatkan. Simpan di kulkas selama sekitar 15 menit.
  2. Keluarkan dari kulkas. Giling membentuk persegi panjang. Isi dengan korsvet 2/3 nya. Tutup dari bagian yang tidak terkena korsvet ke tengah, lalu lipat lagi. Giling lagi. Lipat lagi seperti tadi. Lakukan sampai 4x. Simpan di kulkas lagi selama 15 menit. Kalau adonan mulai terlalu lembek atau susah pada saat dikerjakan, letakkan terlebih dahulu dalam kulkas.
Menggulung Pisang
  1. Giling tipis adonan puff pastry , potong bentuk kotak. Taburi adonan dengan gula pasir, beri satu potong pisang yang sudah diselipi dengan keju potong. Taburi dengan sedikit gula pasir lagi dan beri susu kental manis sedikit saja ( saya memakai  susu kental manis dan gula karena pisang tanduk lebih asam dari pada pisang raja). Lipat seperti amplop hingga tertutup rata beri olesan kuning telur yang dicampur madu.
  2. Simpan di talam yang di alas kertas roti tanpa dioles margarin. Beri jarak sedikit untuk pastry mengembang. Panggang dengan suhu 180 C sampai mulai kekuningan. Turunkan panas hingga 160 C. Panggang hingga berwarna coklat keemasan.
  3. Setelah coklat keemasan dan matang , angkat dan olesi lagi dengan madu agar bagian atasanya nampak mengkilap dan lebih manis.
bagian dalam molen pisang keju
Note:
Bagi yang belum kebayang cara bikin puff pastrynya bisa lihat video tutorial disini 




Baca selengkapnya

Kamis, 13 September 2012

Banana Peanut Butter Ice Cream
























Ceritanya kemarin saya baru beli mesin es krim mini yang harganya tergolong murah , maklum mesin ini hanya memakai kekuatan 2 buah batre dengan ukuran AA. Setelah bongkar-borngkar kulkas yang ada hanyalah pisang tapi saking ngebetnya untuk nyobain alat baru akhirnya saya putuskan untuk membuat es krim pisang dengan campuran peanut butter dan yogurt. Mulailah saya berexperiment dengan si alat baru , berikut ini adalah resepnya:

Bahan:
  • 7 buah pisang masak
  • 4 sdm peanut butter 
  • 4 sdm yogurt 
  • 1/4 cup susu low fat 
  • Saus coklat dan kacang untuk taburan
  •  
Cara membuat :
  1. Potong pisang tipis-tipis kira-kira setebal 2 cm, tata pisang diatas loyang datar , bekukan pisang dalam freezer minimal selama 2 jam atau semalaman.
  2. Keluarkan pisang dari freezer kemudian blender dengan campuran peanut butter, yogurt dan susu hingga halus.
  3. Masukkan campuran es krim kedalah mesin es krim , kalo mesin saya harus dimasukkan dalam freezer tapi setau saya setiap mesin es krim punya aturan dan cara pakai tersendiri jadi bisa disesuaikan.
  4. Setelah kurang lebih 4 jam , es krim sudah siap untuk dinikmati . Taburi dengan kacang almon atau kacang kesukaan anda dan beri saus coklat. 
Rasa dari campuran pisang dan peanut butter ternyata enak sekali , es krimnya jadi manis asam gurih karena ada campuran yogurtnya. texturnya juga lembut .. pokoknya ngk nyesel nyobain bikin es krim yang satu ini. 


Baca selengkapnya

Senin, 03 September 2012

Puding Jagung Nangka

Awalnya tidak pernah terpikirkan untuk bikin puding dari jangung karena selama ini saya hanya tau jagung itu direbus atau di bakar, sampai suatu saat suami pulang dari rumah bibinya dengan cerita mengenai puding yang enak banget. Saya agak heran karena tumben - tumbennya dia cerita soal makanan manis sampe se-antusis itu , saya jadi penasaran dan mulai bertanya banyak hal pada suami tentang makanan yang dia makan. Dia bilang tentang sesuatu seperti pudding tapi ngk halus , dibuat dari jagung , gurih trus ada keju diatasnya. Mulailah saya menjelajah dunia google mencari apakah yang dia maksud adalah pudding jagung ? setelah browsing gambar kemudian saya tunjukkan pada dia dan ternyata benar yang dia maksud adalah pudding jagung. Saya berjanji untuk membuatkan dia puding yang sama  dan minggu kemarin kita berkunjung lagi kerumah bibinya sambil minta resep pudingnya . Begitu dapet resepnya langsung tidak sabaran mau bikin yang sama untuk suami dan beginilah hasilnya :
























Rasa dari puding ini ternyata tidak kalah enak dengan puding vla modern , paduan rasa jagung yang manis dengan buah nangka yang harum legit serta santan yang gurih membuat puding ini punya ciri khas rasa tersendiri , manis , legit , sehat dan berenergi. Berikut ini adalah resep dan cara membuatnya:

Bahan-Bahan:
  • 4 Buah jagung manis
  • 1 bungkus tepung hunkwe
  • 1 bungkus agar-agar putih / tanpa warna
  • 1 cup buah nangka yang dipotong kecil-kecil
  • 200 ml santan kental ( saya pakai santan instant )
  • 1 cup gula pasir
  • 1 sdm essens nangka 
  • 500 ml air 
  • 1/2 sdm garam
  • 2 lembar daun pandan
  • Keju cheddar parut secukupnya untuk topping
  • Strawberry untuk hiasan
Cara Membuat:
  1. Iris biji jagung dari batangnya, kemudian blender sampai halus, sisakan sedikit yg utuh  (kira-kira 1 cup)
  2. Campurkan larutan jagung yg sudah di blender halus dengan agar-agar bubuk, buah nangka, gula pasir, santan kental , garam, daun pandan serta 400 ml air.
  3. Panaskan dengan api kecil, masukkan irisan jagung yang masih utuh, aduk hingga rata.
  4. Aduk terus adonan perlahan-lahan agar bagian bawahnya tidak gosong 
  5. Dalam mangkok kecil larutkan tepung hunkwe dengan sisa 100 ml air.
  6. Campurkan kedalam adonan jagung , aduk terus kemudian tambahkan 2 sdm essens nangka agar warna kuningnya lebih cantik.
  7. Aduk sampai adonan mengental dan meletup-letup, jika sudah , matikan api dan tuang dalam cup-cup kecil atau cetakan pudding besar. 
  8. Dinginkan , setekah dingin hias bagian atas dengan potongan daun pandan, keju cheddar parut serta strawberry.
  9. Resep ini menghasilkan 1 buah pudding ukuran diameter 20 cm dan 5-6 cup kecil.



Baca selengkapnya