Senin, 28 Mei 2012

Green Tea Bubbles Drink


































Bubbles drink adalah salah satu jenis minuman yang sedang marak saat ini, kita bisa menemukan stand stand bubble drink di mall atau tempat ramai lainnya. Rasanya yang unik ; perpaduan teh dan susu dengan tambahan bubble yang kenyal membuat minuman  ini sangat digemari terutama kalangan remaja dan anak-anak tapi bukan berarti yang udah berumur ngk boleh minum loh. 

Suatu hari setelah ngubek-ngubek blognya mba Hesti , saya menemukan resep Green Tea Bubble Drink yang keliatan menggoda banget. Setelah sekian lama menunggu waktu yang tepat akhirnya saya nyobain bikin minuman ini, dengan harapan hasilnya ngk gatot alias gagal total. Syukurnya dengan sedikit perjuangan pas bentuk bubblenya akhirnya jadi deh Green Tea Bubble Drink yang hijau menggoda :). Berikut ini adalah resepnya, untuk resep aslinya bisa dilihat di blognya mba Hesti .















 














Bahan bubble :
- 100 gr tepung tapioka
- 1/4 sdt garam
- air panas mendidih secukupnya

Bahan sirup gula (rebus sampai mendidih, setelah dingin simpan dalam kulkas) :
- 200 gr gula pasir
- 500 ml air

Bahan pelengkap :
- 2 sdm matcha powder (kalau kurang terlalu suka aromanya bisa dikurangi)
- 300 ml air hangat
- susu kental manis secukupnya (saya pakai 2 sachet susu kental manis kemasan)
- es serut ( Saya pakai Es Batu)

Cara membuat :

  1. Taruh tepung dalam wadah. Begitu setelah mendidih, masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok dan adonan mulai bergumpal. Lanjutkan mengulen dengan tangan sampai adonan kalis. Kalau masih lengket tambahkan tepung tapioka lagi sampai didapat tekstur seperti plastisin. 
  2. Beri pewarna sesuai selera. Bentuk bulat kecil dan letakkan di atas wadah bertabur sedikit tepung tapioka agar tidak saling melengket. Setelah selesai semua, panaskan air hingga mendidih dan rebus bubble sampai mengapung. Angkat dan tiriskan lalu rendam dalam sirup gula dingin. Simpan di suhu ruang, kalau dimasukkan ke dalam kulkas, bubble akan mengeras seperti mentah.
  3. Siapkan bubble dalam gelas saji. Campur bubuk matcha , susu kental manis dan air hangat dalam shaker, kocok hingga tercampur rata , kemudian tambahkan es batu secukupnya, kocok lagi sampai dingin. Tuangkan campuran matcha kedalam gelas yg sudah diisi buble. bisa ditambahkan es batu lagi agar lebih dingin.
Nb:
Resep asli milik mbak Hesti, larutan susu dan matcha diblender bersama es serut. berhubung blender lagi rusak jadi saya pakai shaker dan es Batu. 

Baca selengkapnya

Selasa, 01 Mei 2012

Kue Rangi

Kue Rangi adalah salah satu jenis kue traditional yang dipopulerkan oleh masyarakat betawi, sebenearnya saya cuman pernah lihat gambar dan tayangan tv tentang kue ini. Belum pernah mencicipi aslinya , tapi berdasarkan bahan-bahannya rasanya kue ini mirip kue traditional Bali yang disebut "abug" , sama-sama dibuat dari campuran parutan kelapa dan tepung bedanya kalo "abug" di kukus sementara rangi di panggang. 

Karena dapet resep yang keliatannya gampang , akhirnya saya mencoba membuat kue ini walopun ngk punya cetakannya. Kalo beli cetakannya lumayan mahal dan rasanya mubasir , alhasil saya hanya pakai wajan anti lengket yg tebal untu mematangkan kue ini . Berikut ini adalah resepnya yg saya ambil dari Tabloid Nova :


Bahan:
250 gr tepung kanji
50 gr kelapa parut
1 sdt garam
450 ml air

Sirop Gula Merah:
(masak sampai kental)
250 gr gula merah
100 ml air
2 lbr daun pandan

Cara Membuat:
1. Larutkan garam dalam air.
2. Campur semua bahan sambil tuangi air, aduk sampai rata.
3. Siapkan cetakan kue rangi, oles dengan minyak, tuang adonan, ratakan.
4. Masak sampai matang. Angkat, siram kue rangi dengan sirop gula merah. Sajikan, hangat.

nb :
saya menggunakan wajan anti lengket yg agak tebal , setelah matang dilipat kedalam jadi bentuknya seperti di foto.
Baca selengkapnya