Rabu, 05 Desember 2012

Caramel Cake Happy Call


Musim hujan bawaannya pengen ngemil terus, tapi males bikin sesuatu yang harus ngeluarin oven soalnya listrik di kost suka mati kalo lagi ngidupin oven. Akhirnya dipikir-pikir kenapa nggak menggunakan si Happy Call yang baru sebulan dibeli. Menurut iklannya kan double pan ini bisa dipakai buat bikin kue juga, walaupun agak trauma pernah nyoba bikin martabak manis pake Happy Call yang hasilnya gatot alias gagal total (entah salah resep, salah api atau salah yang bikin hehhehe).

Kali ini mau bikin yang simple-simple aja, nggak pake mixer dan oven, inget deh kalo ada resep caramel cake yang simple di buku resepnya happy call. Tanpa pikir panjang langsung mulai ngelelehin gula pasir untuk bahan caramelnya tanpa berfikir kalau hasilnya akan gagal. Dan ternyata setelah selesai di panggang di atas kompor cuman dalam waktu 10 menit kuenya sudah matang tapi nggak sesuai harapan. Lobang semutnya ngk mau mengkilap dan texturnya mirip bolu, walopun rasanya tetep enak sih. Sedikit nggak puas tapi untuk nemenin minum teh anget dan nonton TV pas hujan-hujan cake ini tetep enak. Lumayan dari pada beli camilan ngk jelas diluaran, tapi nanti mau cari resep yang pas yang bisa bikin kue caramelnya jadi mengkilap dan lobangnya banyak. 

Bahan Karamel :
  • 200 gr gula pasir
  • 200 ml air hangat

Bahan cake :
  • 125 gr margarine
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 1/4 kaleng Susu Kental Manis (90 GR)
  • 100 gr tepung terigu
  • 12,5 gr maizena
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/4 sdt baking powder
Cara membuat :
  1. Karamel, gosongkan gula pasir dengan api kecil, aduk sampai gula larut, tuang air, aduk sampai gula larut semua. Dinginkan.
  2. Cake, aduk-aduk margarin dan Susu kental manis sampai lembut (menggunakan baloon whisk), tambahkan telur, aduk rata,
  3. tuang karamel yang sudah suhu ruang, aduk rata.
  4. Masukkan terigu, Baking Powder dan Soda Kue sambil diayak dan diaduk rata.
  5. Siapkan double pan, oles dengan margarin, taburi terigu, tuang adonan. Rapatkan double pan.
  6. masak dengan api kecillll (kira-kira 15 menit, 10 menit buka tutupnya, karena ada beberapa uap air yang turun) jadi cakenya keliatan basah,
  7. supaya agak kering, maka 5 menit terakhir saya masak dengan keadaan double pan terbuka.
Note:
Apabila memanggang dengan happy call gunakan api sekecil mungkin agar bagian bawah kue tidak gosong sementara bagian dalamnya belum matang

Bagikan

Baca Juga

Caramel Cake Happy Call
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
11 April 2013 02.12

Hay sashy...
Menurutku, maizenanya d tambahin say...
Aku kalo bikin bolu sarang semut g pernah gagal, hehe.. Pede bgt ya...
Sekedar share ya, d blog ku ada postingan cake ini, insya allah anti gagal deh...

Reply
avatar
11 April 2013 02.19

Wah kebetulan banget donk Lina, saya bikin caramel cake kadang berhasil kadang gagal dan gawatnya seringan gagalnya hehehe. oke saya meluncur liat resepnya yah . Makasi udah sharing :)

Reply

Halo Foodies terimakasih sudah berkunjung ke blog saya, silahkan tinggalkan comment untuk pertanyaan, saran maupun kritik yang membangun. Mohon untuk tidak berkomentar yang mengandung SARA, Kekerasan, judi maupun Pornografi karena tidak akan saya tampilakan disini. Berkomentarlah dengan bijak dan santun. Terimakasih